MENGAPA WRITING SKILL PENTING UNTUK MEMENANGKAN HATI PELANGGAN ERA 4.0?

Tidak semua peran manusia dapat digantikan oleh mesin dan teknologi canggih. Pada era digital sekarang dimana hampir semua kerja manusia sudah dapat diambil alih oleh komputer, ternyata masih ada juga beberapa peran yang tak bisa tergantikan. Dan di antara salah satu peran yang hanya bisa dilakukan oleh manusia itu adalah keahlian menulis atau writing skill.

Keterampilan menulis khususnya untuk tujuan internet marketing saat ini memegang peranan yang krusial. Peran ini sama sekali tidak dapat digantikan oleh mesin. Kepenulisan yang efektif dalam internet setidaknya harus memiliki ‘cita rasa’ didalamya. Artinya sebuah tulisan tidak boleh hanya berisi barisan kata-kata semata, namun lebih daripada itu kepenulisan yang ideal harus juga menjadi media komunikasi yang efektif kepada pembaca.

Dan disanalah kemudian peran writing skill berada. Sebuah kemampuan menulis yang efektif dan tepat sasaran dalam era pemasaran digital. Keterampilan menulis yang baik dan efektif baik dari sisi tujuannya, tekniknya, penggunaan bahasanya dan juga waktunya. Dengan kemampuan menulis yang baik seperti ini, peluang untuk mampu memenangkan persaingan dalam indutsri 4.0 makin terbuka lebar.

Source: http://www.northeasternuniversity.com

Writing Skill Dalam Internet Marketing

Secara sederhana writing skill dapat kita artikan sebagai suatu keterampilan menulis yang dilakukan oleh seseorang dengan tujuan eksistensi promosi atau selling di internet. Semakin bagus skill menulis seseorang, semakin komunikatif dan menarik tulisannya dibaca orang, maka semakin kuatlah pengaruh yang mampu ia tumbuhkan sebagai feedback. Dan pada hakikatnya, feedback itulah yang kemudian menjadi tujuan final dari sebuah writing skill dalam internet marketing,

Mengapa Writing Skill Itu Penting?

Source: http://www.reputationtoday.com

Kita mungkin pernah membaca sebuah laman internet yang penuh dengan tulisan yang seolah ditulis tanpa ‘rasa’. Tulisan itu terasa kaku dan nampak sebagai sebuah formalitas untuk mengisi gap kosong saja dari laman tersebut. Jangankan tertarik untuk memberi feedback pada jenis tulisan seperti ini. Dalam hati saja kita mungkin bertanya, apakah yang menulis ini manusia atau robot?

Untuk mendapatkan kesan human reading (nyaman dibaca manusia), dibutuhkan kemampuan menulis yang tidak hanya baik, namun juga mampu mempengaruhi perasaan sang pembaca. Ini adalah salah satu peran penting dari writing skill, tentang kemampuan menghasilkan sebuah tulisan yang mampu melakukan penetrasi hingga dalam perasaan pembaca.

Pada era digital internet marketing saat ini, kebutuhan akan skill writing sangat tinggi. Karena hampir semua bisnis dipasarkan melalui jaringan internet, maka ujung tombak pemberi informasi pertama kepada pengguna internet adalah tulisan. Oleh sebab itulah kemudian betapa pentingnya sebuah tulisan yang ideal dan berkualitas sebagai salah satu penentu keberhasilan dalam perlombaan internet marketing.

Manfaat Skill Writing dalam Internet Marketing

Source: http://www.cybercashworldwide.com

Kita mungkin sudah membahas beberapa manfaat utama dari keterampilan menulis pada era digital sekarang. Namun untuk lebih lengkapnya berikut adalah dua alasan mengapa writing skill sangat dibutuhkan dalam dunia pemasaran di internet sebagai gerbang utama pengenalan produk dan jasa yang ditawarkan kepada konsumen.

Tulisan yang komunikatif, teratur dan nyaman dibaca adalah kunci utama dari pengunjung betah berlama-lama pada sebuah website. Dengan semakin lamanya para pengunjung mampir di website, maka semakin banyak pula informasi produk dan jasa yang bisa mereka ketahui sebagai sarana promosi yang memadai

Ini erat kaitannya dengan teknis penulisan internet marketing semacam SEO, artikel yang google friendly, dan juga memenuhi syarat human reading. Dengan kemampuan penulisan yang baik, didukung pula oleh teknologi yang memadai. Sebuah tulisan yang berkualitas dapat menjadi promosi yang sangat efektif di internet.

Beberapa Hal Yang Sering Merusak Citra Writing Skill

  • Plagiat

Bukan hanya dalam internet marketing, tindakan plagiat memiliki dampak yang buruk dalam industri apa saja. Tulisan yang terindikasi sebagai sebuah plagiarisme tidak hanya mampu meruntuhkan reputasi penulisnya. Namun juga mampu merusak citra dari tempat yang memuat tulisan plagiat itu sendiri.

  • Robotic Style

Disebut robotic style karena ini seperti tulisan robot yang disalin secara otomatis. Biasanya hal seperi ini terjadi pada jenis tulisan copy writing yang tidak mengindahkan nilai-nilai human reading dalam menyalinnya.

Penerapan Writing Skill

Contoh penerapan writing skill dapat ditemukan dengan mudah dalam dunia internet marketing sekarang ini. Salah satu yang paling familiar adalah kemampuan skill writing dan jenis komunikasi story telling melalui tulisan. Contoh konretnya mungkin dapat kita cermati bagaimana sebuah organisasi amal mengajak dan menggugah masyarakat untuk berderma dengan cara menceritakan kehidupan objek penerima derma yang penuh derita dan sangat layak untuk dibantu.

Jadi dengan melihat hal ini secara keseluruhan, kita dapat mengambil sebuah kesimpulan sederhana bahwa keterampilan menulis itu sangat penting dalam indutsri teknologi seperti ini. Keterampilan menulis yang baik tidak hanya akan memberi gambaran komprehensif mengenai produk atau jasa yang ditawarkan di internet. Namun lebih daripada itu semua, kemampuan menulis yang baik juga dapat menjadi instrumen penting untuk memenangkan persaingan yang kian ketat dalam dunia internet marketing yang kian kompetitif.


Untuk anda yang membutuhkan konten berkualitas dan efektif guna menunjang performa bisnis anda di internet,

Saya adalah penulis anda!

http://www.penulisgunung.id

Satu respons untuk “MENGAPA WRITING SKILL PENTING UNTUK MEMENANGKAN HATI PELANGGAN ERA 4.0?

Add yours

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog di WordPress.com

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: