10 HAL PENTING YANG HARUS DIPAHAMI OLEH SETIAP JASA PENULIS ARTIKEL

Seorang jasa penulis artikel baik mandiri mau pun dalam skala yang lebih besar, tentunya haruslah memahami struktur penulisan artikel yang efektif.  Untuk penulisan artikel di internet khususnya yang mengedepankan SEO, struktur seperti ini lebih dibutuhkan lagi. Artikel online untuk kebutuhan copywriting  pada dasarnya haruslah memahami faktor-faktor mendasar dalam penulisannya berikut ini.

Konten mungkin saja adalah seorang raja.

Namun jangan lupa, kualitas adalah ratunya!

Anonim

Beberapa Faktor Dasar yang Harus Dimengerti Oleh Setiap Jasa Penulis Artikel

Source: Freepik

Dalam profesionalitas jasa penulis artikel SEO, efektivitas adalah sesuatu yang sangat penting untuk diprioritaskan. Efektivitas ini kemudian dapat pula dibagi dalam beberapa kategori secara spesifik berdasarkan tujuan penulisan. Namun untuk artikel SEO secara umum dapat disimpulkan sebagai sebuah artikel yang ditulis dengan tujuan mengoptimalkan kemampuan tampil sebuah website dalam mesin pecairan berdasarkan keyword yang ditargetkan.

Hal ini kemudian menjadi lebih menantang ketika artikel yang ditargetkan untuk optimasi pada mesin pencarian atau SEO, dipadukan pula dengan tujuan copywriting  atau softselling. Kombinasi dua tujuan ini memiliki nilai kerumitan sendiri untuk diaplikasikan. Namun berita baiknya, hal ini bukanlah sesuatu yang mustahil untuk dilakukan dengan efektif.

Untuk membuat efektivitas penulisan kombinasi ini semakin produktif, tentunya dibutuhkan pemahaman yang baik dari setiap Jasa Penulis Artikel supaya tulisan yang mereka hasilkan mampu mencapai tujuan. Menjadi semakin menarik kemudian karena dalam ilmu penulisan copywriting  sendiri, setidaknya adalah 10 hal penting yang harus diperhatikan oleh setiap penulis untuk menghasilkan konten yang baik.

Nah, apa saja 10 hal penting yang harus dipahami oleh seorang penulis konten untuk menghasilkan konten yang efektif, produktif dan juga sesuai dengan orientasi yang diharapkan? Berikut uraian lengkapnya untuk kamu.

Kenali Target Penulisan Dengan Baik

Source: Freepik

Seorang yang bekerja secara profesional dalam bisnis jasa penulis harus dapat mengenal siapa audience  atau target penulisan mereka dengan sebaik mungkin. Semakin baik seorang penulis konten untuk copywriting  atau SEO mengenal target penulisan mereka, maka semakin baik pula input informasi yang dapat ia kembangkan sebagai bahan utama penulisan.

Beberapa informasi tentang target yang misalnya dapat diidentifikasi oleh seorang penulis artikel profesional adalah;

  • Berapa usia rata-rata target pembaca yang dituju?
  • Apa ketertarikan utama dari target yang dapat dieksplorasi?
  • Apa hobi mayoritas target yang dituju?
  • Apa pekerjaan mayoritas atau yang paling banyak dilakukan dari target yang dibidik?
  • Berapa perkiraan penghasilan mayoritas target yang akan disasar?
  • Dan lain-lain.

Dengan kemampuan mengenali customer yang akan dijadikan sebagai target penulisan sebuah konten artikel SEO atau pun copywriting , maka dampak yang akan dihasilkan pun akan semakin besar dan efektif.

Fokus Pada Kata “Anda” Bukan “Kami”

Source: Freepik

Salah satu kesalahan yang masih cukup sering dilakukan jasa penulis konten untuk copywriting  atau SEO adalah, mereka lebih berfokus pada keunggulan produk yang dipromosikan, bukannya pada konsumen. Sebuah metode penulisan yang efektif semestinya tidak berbicara mengenai betapa hebatnya sebuah produk yang ingin dijual, namun seberapa besar kepedulian pemilik produk tersebut kepada kebutuhan pelanggan.

Penulis konten yang profesional untuk softselling atau branding awareness harus memahami hal ini untuk diaplikasikan pada tulisan mereka. Fokus pada problem yang dihadapi audience , perjuangan mereka dan, kebutuhan yang mereka harapkan terpenuhi adalah mantra yang paling manjur dilakukan. Semakin baik seorang penulis konten untuk berfokus pada target penulisan, maka semakin besar pula stigma kepedulian produk yang ia perkenalkan.

Tampilkan Keunggulan Produk yang Ditawarkan

Tidak ada yang membaca iklan.

Orang-orang membaca apa yang menarik bagi mereka. Dan itu kadang-kadang itu bukanlah sebuah iklan.

Howard Gossage
Source: Freepik

Pada umumnya  satu jasa penulis artikel murah sekali pun akan lebih memprioritaskan pembahasan penulisan yang menyoroti keunggulan produk yang sedang ditawarkan. Namun sebenarnya yang lebih menarik adalah, bagaimana kemudian memfokuskan tulisan pada keunggulan produk yang memiliki nilai manfaat kepada target yang menjadi tujuan.

Pada bagian ini seorang penulis artikel atau penulis konten harus dapat melihat kebutuhan apa dari sisi target yang dapat disesuaikan dengan keunggulan produk yang dimiliki. Dengan kemampuan seorang penulis copywriting  menggambarkan manfaat besar dari suatu produk yang disampaikan, maka akan semakin besar pula perhatian target terhadap produk tersebut.

Ungkapkan Kelemahan Kompetitor Dengan Elegan

Source: Freepik

Ketika penulis blog ini masih bekerja sebagai salah satu penulis untuk jasa penulis artikel Jogja, editor penulisan copywriting  kadang memberikan saran untuk meminta untuk mengeskpose kelemahan kompetitor penulisan. Menariknya adalah, saran untuk mengungkapkan kelemahan kompetitor ini diikuti pula dengan syarat harus dilakukan dengan cara yang elegan dan estetis.

Mengungkapkan kelemahan kompetitor dengan elegan sama sekali berbeda dengan menjelek-jelekkan atau merendahkan produk kompetitor. Maksud paling ideal dari tujuan ini adalah kemampuan seorang penulis artikel terbaik untuk menunjukkan kepada target pembaca bahwa produk kompetitor memiliki kelemahan yang dapat diselesaikan oleh produk yang sedang  di-endorse.

Pahami Apa Manfaat Informasi yang Dituliskan Dari Sisi Target

Jangan jual kasur.

Tapi juallah tidur yang nyaman dan nyenyak!

Source: Freepik

Penulis artikel yang baik adalah penulis yang mampu menghadirkan benefit untuk pembaca pada setiap tulisan-tulisannya. Benefit  ini bisa merupakan wawasan dan pengetahuan baru, kemampuan baru, pemahaman teknis baru, dan lain sebagainya. Semakin besar manfaat yang bisa dirasakan oleh pembaca pada hasil tulisan yang dibuat, maka semakin kuat pula dampak yang bisa diciptakan.

Oleh sebab itu, penting bagi setiap jasa penulis artikel online atau pun offline untuk memahami benefit  apa yang bisa ia fokuskan dari sudut pandang pembaca. Menghasilkan benefit  dalam setiap penulisan adalah sesuatu yang memang seharusnya menjadi perhatian seorang penulis artikel profesional.

Hindari Penulisan yang Terlampau Teknis dan Mendetail

Buat mudah. Buat gampang diingat. Buat orang tertarik untuk melihat. Dan buat mereka senang membacanya!

Gary Vaynerchuk
Source: Freepik

Untuk pembahasan mendetail dan sangat teknis seharusnya tidak begitu diprioritaskan dalam metode penulisan artikel untuk copywriting  atau pun SEO. Jasa penulis buku atau ghostwriting mungkin membutuhkan detail seperti ini, namun untuk konten di internet yang sifatnya untuk efektivitas pencarian dan softselling, terlampau mendetail secara teknis justru tidak begitu baik untuk dilakukan.

Jika seorang penulis artikel atau konten lebih memfokuskan perhatian pada bahasan teknis yang mendetail, maka hanya sebagian kecil orang saja yang akan menaruh perhatian. Sebaliknya jika penulisan difokuskan pada benefit  yang dihasilkan, keunggulan produk yang ditawarkan, dan kemungkinan-kemungkinan yang dapat menjadi solusi bagi pelanggan, maka impact-nya akan jauh lebih efektif.

Jangan Mengambil Risiko Terlampau Jauh

Source: Freepik

Berani mengambil risiko tentu saja bagus untuk bisnis, namun jika terlalu berani mengambil risiko yang sebenarnya dapat dihindari dengan baik, itu bukan lagi hal menarik untuk dilakukan. Seorang jasa penulis konten website atau blog dalam hal ini harus pula dapat menaksir sejauh mana risiko yang relevan ia tawarkan untuk menarik minat pelanggan.

Beberapa contoh risiko yang cukup riskan untuk diambil misalnya menawarkan ekspektasi pada calon pelanggan yang sebenarnya tidak dapat dipenuhi. Atau, menjanjikan sesuatu hal yang terlampau hebat hanya untuk mengikat seorang pembaca menjadi pembeli, dan lain sebagainya. Kurangi mengambil risiko yang tidak perlu seperti ini karena hanya akan menjadi bumerang penulisan itu sendiri di kemudian hari.

Pahami Media yang Digunakan Pelanggan

Source: Freepik

Hal penting selanjutnya yang harus pula dimengerti oleh seorang jasa penulis konten media adalah tidak semua pelanggan menggunakan media yang sama untuk membaca tulisan yang dibuat. Ini artinya dibutuhkan sebuah teknis untuk menyesuaikan supaya layout penulisan dapat diterima dengan nyaman untuk semua jenis media yang digunakan oleh target pembaca.

Ini mungkin terdengar agak teknis, akan tetapi ini sebenarnya juga merupakan bagian dari pengaturan bahasa yang efektif dan efisien. Jika kemudian seorang penulis konten atau artikel mengambil sumber penulisannya dari copy-an media lain, pastikan juga bahwa hasil paste dari sumber itu tetap nyaman dibaca oleh target penulisan.

Jangan Lupakan Proofreading

Source: Freepik

Kelemahan yang tidak jarang ditemui pada penulisan konten SEO kadang adalah bahasanya yang terkesan terlampau ‘machine style’  karena menargetkan indexing mesin pencarian. Fokus pada hal ini kemudian membuat struktur penulisan seolah tidak lagi nyaman dibaca oleh manusia yang notabene memiliki perasaan saat menelusurinya kata per kata, sama sekali adalah sebuah kesalahan yang fatal.

Menyusun struktur tulisan yang sistematis dengan tujuan supaya keyword yang ditargetkan dapat terindeks dengan cepat dan baik di mesin telusur tentu saja adalah hal hebat. Namun untuk tujuan ini jangan mengorbankan target pembaca. Bagaimana pun juga, target penulisan adalah manusia yang dapat merasa dan berpikir yang kemudian bisa juga mengambil keputusan.

Jadi kesimpulannya, seorang jasa penulis SEO tetap harus mengutamakan manusia di atas mesin pencari.

Akhiri Konten atau Artikel Dengan CTA

Source: Freepik

Sebagai bagian terakhir dari artikel yang ditulis, setiap jasa penulis artikel atau pun konten di internet sebaiknya juga menyertakan bagian call to action untuk pembaca supaya segera mengambil tindakan. Tombol CTA yang powerfull dapat dilakukan dengan beragam, tergantung tujuan penulisan yang dinginkan itu sendiri.

Kata-kata “Cepetan! Ayo bergabung sekarang! Beli sekarang juga! Dan lain-lain” mungkin bisa menjadi pilihan untuk ditambahkan pada CTA. Namun untuk beragam konsep penulisan, baik ia SEO atau copywriting , CTA tentu juga dapat dilakukan penyesuaian yang relevan dan tepat. CTA yang baik harus tetap terasa alami dan tidak berlebih-lebihan, apalagi memaksakan sesuatu kepada pelanggan.

Anda Membutuhkan Jasa Penulis Artikel Profesional?

Marketing tidak lagi semata tentang barang yang anda jual atau produk yang anda ciptakan.

Namun marketing juga adalah tentang sebuah kisah yang anda ceritakan.

Seth Godin

Jika anda yang membaca tulisan ini adalah pemilik website, blog atau media di internet yang membutuhkan penulisan konten berkualitas seperti yang telah diuraikan di atas, maka jangan ragu untuk menghubungi kontak www.penulisgunung.id.

Source: Freepik

Penulis dari blog ini adalah seorang profesional dalam penulisan lintas bidang. Selama dua tahun belakangan telah menyelesaikan berbagai project penulisan yang produktif dan beragam. Menulis ribuan artikel untuk SEO, artikel copywriting , artikel umum, dan masih banyak lagi, telah memberi pengalaman yang kuat untuk dapat menghasilkan artikel yang berkualitas dan juga efektif.

Oleh karena itu, jika anda kemudian membutuhkan kualitas dan efektivitas untuk hal berikut ini;

  • Jasa penulis artikel SEO
  • Jasa penulis artikel copywriting  
  • Jasa penulis untuk diktat, skripsi, dan jurnal.
  • Jasa penulis buku atau ghostwriting.
  • Bimbingan penulisan
  • Dan lain sebagainya

Tentu anda dapat menghubungi penulis blog ini dan mengajak bekerja sama. Hasil penulisan konten yang berkualitas akan mampu membantu anda untuk mencapai apa yang selama ini anda inginkan.

Jadi tunggu apa lagi, segera hubungi jasa penulis artikel profesional terbaik untuk kepentingan kepenulisan anda sekarang!

BUAT PROJECT MENULIS SEKARANG


Note:

Tulisan lain penulis blog ini dapat dilihat juga di website:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog di WordPress.com

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: