Lompat ke konten
Beranda » Blog » Jasa Penulis Artikel Online dan 10 Rahasianya

Jasa Penulis Artikel Online dan 10 Rahasianya

Jasa Penulis Artikel Online

Seorang jasa penulis artikel online baik mandiri mau pun korporasi, tentu harus memahami struktur penulisan artikel yang efektif. 

Untuk penulisan artikel di internet yang mengedepankan SEO, struktur seperti ini lebih penting lagi. Artikel online untuk kebutuhan copywriting  pada dasarnya haruslah memahami faktor-faktor yang menjadi substansi penulisannya.

Nah, apa saja prinsip penting dalam penulisan artikel online?

Yuk, simak pembahasannya berikut ini.

Kamu punya kisah hidup menarik untuk dijadikan buku namun bingung cara menuliskannya?

Daftar Isi Artikel

  1. Jasa Penulis Artikel Online dan 10 Prinsip Dasarnya
    1. 1. Kenali Target Penulisan dengan Baik
    2. 2. Fokus pada Kata “Anda” bukan “Kami”
    3. 3. Tampilkan Keunggulan Produk yang Ditawarkan
    4. 4. Ungkapkan Kelemahan Kompetitor dengan Elegan
    5. 5. Pahami Apa Manfaat Informasi bagi Audience
    6. 6. Hindari Penulisan yang Terlampau Teknis
    7. 7. Jangan Mengambil Risiko Terlampau Jauh
    8. 8. Pahami Media yang Digunakan Pelanggan
    9. 9. Jangan Lupakan Proofreading
    10. 10. Akhiri Konten atau Artikel dengan CTA
  2. Anda Membutuhkan Jasa Penulis Artikel Profesional?
  3. Tingkatkan skill menulismu

Jasa Penulis Artikel Online dan 10 Prinsip Dasarnya

Source: Freepik

Konten mungkin saja adalah seorang raja, namun jangan lupa kualitas adalah ratunya!

Anonim

Dalam profesionalitas jasa penulis artikel SEO, efektivitas adalah sesuatu yang sangat penting untuk diprioritaskan. Efektivitas ini kemudian dapat pula dibagi dalam beberapa kategori secara spesifik berdasarkan tujuan penulisan.

Namun untuk artikel SEO sendiri sebagai dapat diartikan sebagai sebuah artikel yang ditulis dengan tujuan mengoptimalkan kemampuan tampil sebuah website dalam mesin pecairan berdasarkan keyword yang ditargetkan.

Hal ini kemudian menjadi lebih menantang ketika artikel yang ditargetkan untuk optimasi pada mesin pencarian atau SEO, dipadukan pula dengan tujuan copywriting  atau softselling. Kombinasi dua tujuan ini memiliki nilai kerumitan sendiri untuk diaplikasikan. Namun berita baiknya, hal ini bukanlah sesuatu yang mustahil untuk dilakukan dengan efektif.

Untuk membuat efektivitas penulisan kombinasi ini semakin produktif tentu membutuhkan pemahaman yang baik dari setiap Jasa Penulis Artikel supaya tulisan yang mereka hasilkan mampu mencapai tujuan. Dalam ilmu penulisan copywriting sendiri, setidaknya adalah 10 hal penting yang harus menjadi perhatian setiap penulis untuk menghasilkan artikel yang baik.

Nah, apa saja 10 hal penting untuk menghasilkan konten yang efektif, produktif tersebut?

Berikut uraian lengkapnya untuk kamu.

1. Kenali Target Penulisan dengan Baik

Source: Freepik

Seorang yang bekerja secara profesional dalam bisnis jasa penulis harus dapat mengenal siapa audience atau target penulisan mereka dengan sebaik mungkin. Semakin baik seorang penulis konten untuk copywriting  mengenal target penulisan mereka, maka semakin baik pula input informasi yang dapat ia kembangkan sebagai bahan utama penulisan.

Beberapa informasi tentang target yang misalnya dapat diidentifikasi oleh seorang penulis artikel profesional adalah;

  • Berapa usia rata-rata target pembaca yang menjadi tujuan?
  • Apa ketertarikan utama dari target yang dapat dieksplorasi?
  • Apa hobi mayoritas target tujuan?
  • Apa pekerjaan mayoritas atau yang paling banyak dilakukan dari target yang dibidik?
  • Berapa perkiraan penghasilan mayoritas target?
  • Dan lain-lain.

Dengan kemampuan mengenali customer yang menjadi target penulisan sebuah konten artikel SEO atau pun copywriting, maka dampaknya pun akan semakin besar dan efektif.

2. Fokus pada Kata “Anda” bukan “Kami”

Photo by Sora Shimazaki

Salah satu kesalahan yang masih sering dilakukan jasa penulis konten untuk copywriting  atau SEO adalah, mereka lebih berfokus pada keunggulan produk yang dipromosikan, bukannya pada konsumen.

Sebuah metode penulisan yang efektif semestinya tidak berbicara mengenai betapa hebatnya sebuah produk, melainkan seberapa besar kepedulian pemilik produk tersebut kepada kebutuhan pelanggan.

Penulis konten yang profesional untuk softselling atau branding awareness harus memahami hal ini untuk diaplikasikan pada tulisan mereka. Fokus pada problem yanga audience miliki, perjuangan mereka dan, kebutuhan yang mereka harapkan terpenuhi adalah mantra yang paling manjur menghasilkan artikel yang tepat.

Semakin baik seorang penulis konten untuk berfokus pada target penulisan, maka semakin besar pula stigma kepedulian produk yang ia perkenalkan.

3. Tampilkan Keunggulan Produk yang Ditawarkan

Source: Freepik

Jasa penulis artikel murah sekali pun akan lebih memprioritaskan pembahasan penulisan yang menyoroti keunggulan produk yang sedang ditawarkan. Namun sebenarnya yang lebih menarik adalah, bagaimana memfokuskan tulisan pada keunggulan produk yang memiliki nilai manfaat bagi audience yang menjadi target.

Pada bagian ini seorang penulis artikel harus dapat melihat kebutuhan apa dari sisi target yang dapat disesuaikan dengan keunggulan produk yang dimiliki.

Dengan kemampuan copywriting yang menggambarkan manfaat besar dari suatu produk yang disampaikan, maka akan semakin besar pula perhatian target terhadap produk tersebut.

4. Ungkapkan Kelemahan Kompetitor dengan Elegan

Source: Freepik

Ketika penulis blog ini masih bekerja sebagai salah satu penulis untuk jasa penulis artikel Jogja, editor penulisan copywriting  kadang memberikan saran untuk mengeskpose kelemahan kompetitor penulisan. Menariknya, saran untuk mengungkapkan kelemahan kompetitor ini diikuti pula dengan syarat harus dilakukan dengan cara yang elegan.

Mengungkapkan kelemahan kompetitor dengan elegan sama sekali berbeda dengan menjelek-jelekkan atau merendahkan produk kompetitor.

Maksud ideal dari tujuan ini adalah kemampuan seorang penulis artikel untuk menunjukkan kepada target bahwa produk kompetitor memiliki kelemahan yang dapat diselesaikan oleh produk yang sedang  di-endorse.

5. Pahami Apa Manfaat Informasi bagi Audience

Source: Freepik

Jangan jual kasur. Tapi juallah tidur yang nyaman dan nyenyak!

Penulis artikel yang baik adalah penulis yang mampu menghadirkan benefit untuk pembaca pada setiap tulisan-tulisannya.

Benefit  ini bisa merupakan wawasan dan pengetahuan baru, kemampuan baru, pemahaman teknis baru, dan lain sebagainya. Semakin besar manfaat yang bisa dirasakan oleh pembaca pada hasil tulisan yang dibuat, maka semakin kuat pula dampak yang bisa diciptakan.

Oleh sebab itu, penting bagi setiap jasa penulis artikel online atau offline untuk memahami benefit  apa yang bisa ia fokuskan dari sudut pandang pembaca. Menghasilkan benefit  dalam setiap penulisan sudah seharusnya menjadi perhatian seorang penulis artikel profesional.

6. Hindari Penulisan yang Terlampau Teknis

Source: Freepik

Buat mudah. Buat gampang diingat. Buat orang tertarik untuk melihat. Dan buat mereka senang membacanya!

Gary Vaynerchuk

Pembahasan mendetail dan teknis seharusnya tidak harus menjadi perhatian dalam metode penulisan artikel untuk copywriting  atau pun SEO.

Jasa penulis buku atau ghostwriting mungkin membutuhkan detail seperti ini, namun untuk konten di internet yang sifatnya untuk efektivitas pencarian dan softselling, terlampau mendetail secara teknis justru tidak bagus bagi penulisan.

Jika seorang penulis artikel lebih memfokuskan perhatian pada bahasan teknis yang mendetail, maka hanya sebagian kecil orang saja yang akan menaruh perhatian.

Sebaliknya jika penulisan berfokus pada benefit, keunggulan produk, dan kemungkinan-kemungkinan yang dapat menjadi solusi bagi pelanggan, maka impact-nya akan jauh lebih efektif.

7. Jangan Mengambil Risiko Terlampau Jauh

Source: Freepik

Berani mengambil risiko tentu saja bagus untuk bisnis, namun jika terlalu berani mengambil risiko yang sebenarnya tidak perlu, itu bukan lagi hal menarik untuk dilakukan. Jasa penulis konten website atau blog dalam hal ini harus pula dapat menaksir sejauh mana risiko yang relevan ia tawarkan untuk menarik minat pelanggan.

Beberapa contoh risiko yang cukup riskan misalnya menawarkan ekspektasi pada calon pelanggan yang sebenarnya tidak dapat dipenuhi. Atau, menjanjikan sesuatu hal yang terlampau hebat hanya untuk mengikat seorang pembaca menjadi pembeli, dan lain sebagainya.

Kurangi mengambil risiko yang tidak perlu seperti ini karena hanya akan menjadi bumerang sendiri di kemudian hari.

8. Pahami Media yang Digunakan Pelanggan

Source: Freepik

Hal penting selanjutnya dari jasa penulis konten media adalah tidak semua pelanggan menggunakan media yang sama untuk membaca tulisan yang dibuat. Ini artinya dibutuhkan sebuah teknis untuk menyesuaikan supaya layout penulisan dapat diterima dengan nyaman untuk semua jenis media yang digunakan oleh target pembaca.

Ini mungkin terdengar agak teknis, namun merupakan bagian dari pengaturan bahasa yang efektif dan efisien.

Jika kemudian seorang penulis konten atau artikel mengambil sumber penulisannya dari copy-an media lain, pastikan juga bahwa hasil paste dari sumber itu tetap nyaman dibaca oleh target penulisan.

9. Jangan Lupakan Proofreading

Source: Freepik

Kelemahan yang umum pada penulisan konten SEO adalah bahasanya yang terkesan terlampau ‘machine style’  karena menargetkan indexing mesin pencarian. Terlalu berfokus pada indexing membuat artikel tidak lagi nyaman bagi manusia yang notabene memiliki perasaan. Dan ini adalah sebuah kesalahan yang fatal.

Menyusun struktur tulisan yang sistematis dengan tujuan supaya keyword dapat terindeks dengan cepat di mesin telusur tentu saja adalah hal hebat. Namun untuk tujuan ini jangan mengorbankan target pembaca.

Bagaimana pun juga, target penulisan adalah manusia yang dapat merasa dan berpikir yang kemudian bisa juga mengambil keputusan.

Jadi kesimpulannya, seorang jasa penulis SEO tetap harus mengutamakan manusia di atas mesin pencari.

10. Akhiri Konten atau Artikel dengan CTA

Photo by Cup of Couple

Sebagai bagian terakhir dari artikel, setiap jasa penulis artikel atau pun konten di internet sebaiknya juga menyertakan bagian call to action untuk pembaca supaya segera mengambil tindakan. Tombol CTA yang powerfull memiliki jenis beragam, tergantung tujuan penulisan yang dinginkan itu sendiri.

Kata-kata “Cepetan! Ayo bergabung sekarang! Beli sekarang juga!” mungkin bisa menjadi pilihan untuk ditambahkan pada CTA. Namun untuk beragam konsep penulisan, baik ia SEO atau copywriting , CTA tentu juga dapat menyesuaikan dengan kebutuhan yang relevan.

CTA yang baik harus tetap terasa alami dan tidak berlebih-lebihan, apalagi memaksakan sesuatu kepada pelanggan.

Anda Membutuhkan Jasa Penulis Artikel Profesional?

Source: Freepik

Marketing tidak lagi semata tentang barang yang anda jual atau produk yang anda ciptakan. Namun marketing juga adalah tentang sebuah kisah yang anda ceritakan.

Seth Godin

Jika anda yang membaca tulisan ini adalah pemilik website, blog atau media di internet yang membutuhkan penulisan konten berkualitas, maka jangan ragu untuk menghubungi kontak www.penulisgunung.id.

Penulis dari blog ini adalah seorang profesional dalam penulisan lintas bidang. Selama dua tahun belakangan telah menyelesaikan berbagai project penulisan yang produktif dan beragam. Menulis ribuan artikel untuk SEO, artikel copywriting juga artikel umum telah memberi pengalaman yang kuat untuk dapat menghasilkan artikel yang berkualitas dan juga efektif.

Oleh karena itu, jika anda kemudian membutuhkan kualitas dan efektivitas untuk hal berikut ini;

  • Jasa penulis artikel SEO
  • Jasa penulis artikel copywriting  
  • Jasa penulis untuk diktat, skripsi, dan jurnal.
  • Jasa penulis buku atau ghostwriting.
  • Bimbingan penulisan
  • Dan lain sebagainya

Tentu anda dapat menghubungi penulis blog ini dan mengajak bekerja sama. Hasil penulisan konten yang berkualitas akan mampu membantu anda untuk mencapai apa yang selama ini anda inginkan.

Jadi tunggu apa lagi, segera hubungi jasa penulis artikel profesional terbaik untuk kepentingan kepenulisan anda sekarang!


Tingkatkan skill menulismu

Yuk, gabung di Kelas Menulis Online Penulis Gunung dan keterampilan menulismu akan naik satu level


Penulis terbaik

Anton Sujarwo

Saya adalah seorang penulis buku, content writer, ghost writer, copywriters dan juga email marketer. Saya telah menulis 19 judul buku, fiksi dan non fiksi, dan ribuan artikel sejak pertengahan tahun 2018 hingga sekarang.

Dengan pengalaman yang saya miliki, Anda bisa mengajak saya untuk bekerjasama dan menghasilkan karya. Jangan ragu untuk menghubungi saya melalui email, form kontak atau mendapatkan update tulisan saya dengan bergabung mengikuti blog ini bersama ribuan teman yang lainnya.

Tulisan saya yang lain dapat dibaca pula pada website;

Saya juga dapat dihubungi melalui whatsapp di tautan ini.

Fortopolio beberapa penulisan saya dapat dilihat disini:


%d blogger menyukai ini: