CARA MENULIS FLASHBACK DALAM NOVEL DENGAN MUDAH DAN EFEKTIF

Flashback atau kilas balik adalah sesuatu yang lumrah ditemui dalam dunia penulisan. Namun secara khusus, ada metode atau cara menulis flashback dalam novel yang harus diikuti supaya hasilnya bagus. Penulisan flashback yang tidak tepat dan terkesan sembarangan atau dipaksakan, justru akan menciderai alur cerita yang disampaikan itu sendiri.

Lalu, bagaimana sebenarnya cara yang harus dilakukan untuk membuat kilas balik dalam penulisan novel? Apakah ada kiat dan pertimbangan khusus dalam melakukan hal ini? Bahasan berikut ini akan membantu kamu melakukannya dan mampu mengeksekusi penulisan flashback secara efektif dan menarik.

5 Tips Serta Cara Menulis Flashback Dalam Novel Untuk Mendapatkan Hasil Cerita yang Maksimal dan Efektif

Source: Freepik

Sebelum masuk dalam tips-tips penulisan kilas balik, mengenal apa arti flashback juga penting untuk disampaikan kembali supaya kamu dapat memahami proses-prosesnya penulisannya nanti dengan lebih mudah. Tanpa mengerti maksud dan arti penulisan flashback, beberapa penulis kadang terjebak membuat sebuah cerita yang terlihat kusut dan kurang efektif.

Secara sederhana pengertian flashback adalah kilas balik sebuah kejadian. Sementara dalam ranah penulisan cerita flashback dapat diartikan sebagai sebuah upaya dari penulis untuk menyampaikan bagian krusial pada masa lalu dalam sebuah penceritaan yang sedang berjalan. Hal yang harus kamu ingat ketika kamu memutuskan untuk menulis sebuah flashback adalah keputusan ini akan menghentikan alur cerita untuk sementara.

Nah, karena sifatnya dapat menghentikan alur cerita yang sedang kamu tulis, maka kamu harus melakukannya dengan penuh kehati-hatian dan juga pertimbangan. Sebuah teknik yang benar dan sempurna dalam penulisan flashback akan membuat ceritamu semakin kuat, dan tentunya mampu pula mendelegasikan pemikiranmu secara efektif kepada pembaca.

Untuk mempermudah proses itu, berikut 5 hal yang harus kamu lakukan sebagai pertimbangan dan cara menulis flashback di novel supaya mendapatkan hasil yang sesuai dengan yang kamu harapkan.

Flashback atau Kilas Balik yang Diceritakan Haruslah Sesuatu yang Penting dan Krusial

Source: Freepik

Pertimbangan pertama yang harus kamu lakukan dalam menulis kilas balik sebuah cerita atau peristiwa adalah dengan mengajukan sebuah pertanyaan; Apakah hal ini memang penting untuk disampaikan?

Jika kemudian kamu mendapati bahwa sebuah peristiwa itu memang penting dan krusial, maka kamu dapat mengeksekusinya sebagai flashback. Akan tetapi jika kemudian kamu mengidentifikasi bagian yang ingin disampaikan itu tidak memiliki derajat krusial dalam alur cerita, atau dengan kata lain; bahwa bagian yang  ingin dijadikan flashback itu tidak banyak mempengaruhi alur cerita, maka kamu bisa melupakannya.

Sebagai catatan penting untuk kamu perhatikan, flashback adalah sesuatu yang penting dan memegang kunci sebuah alur supaya cerita bisa berlanjut. Jika kemudian kamu mendapati bahwa sebuah peristiwa hanyalah bagian penjelasan yang bisa disampaikan tanpa menggunakan metode kilas balik, maka jelaskan saja dengan sederhana. Jangan memaksakan flashback yang justru akan menginterupsi alur cerita.

Contoh cerita flashback yang saya tulis misalnya pada novel Merapi Barat Daya dimana peristiwa kematian tokoh bernama Derrick harus disampaikan sebabnya. Peristiwa kematian Derrick, apa penyebabnya, bagaimana hubungannya dengan tokoh utama bernama Tatras, sangat penting untuk dituturkan dalam bentuk kilas balik. Tanpa menggunakan metode ini, alur cerita novel Merapi Barat Daya tidak bisa saya selesaikan.

Flashback yang Disampaikan Harus Memiliki Peran Untuk Membuat Alur Cerita Tetap Berjalan

Source: Writer’s Diggest

Pertimbangan kedua dalam menulis flashback ini mungkin secara esensi sama pentingnya dengan pertimbangan yang pertama. Akan tetapi, penekanan yang harus kamu perhatikan pada langkah atau tips yang kedua ini adalah;bahwa kilas balik yang kamu ceritakan haruslan memiliki peran yang signifikan dalam membuat alur cerita ke depan.

Andaikata peristiwa kilas balik yang akan kamu tulis justru akan membuat cerita menjadi berputar-putar dan menahan alurnya karena terlalu membutuhkan lebih banyak penjelasan, maka tinggalkan. Flashback yang ditulis namun kemudian menggangu flow-nya jalan cerita dan membuat interupsi yang berlebihan, bukan saja tidak efektif, namun juga akan menampilkan kesan yang tidak lagi natural.

Jadi, cara membuat adegan flashback dalam novel kedua yang harus kamu perhatikan adalah; pastikan kilas balik atau flashback yang akan diceritakan memiliki kontribusi yang signifikan untuk membuat alur cerita dalam novelmu tetap berjalan.

Flashback Harus Ditulis Dengan Efisien dan Jangan Buat Pengembangan yang Bercabang

Source: Freepik

Selanjutnya yang juga tidak boleh diabaikan dalam penulisan sebuah cerita kilas balik adalah tentang efisiensi. Semakin efisien semakin baik, semakin singkat, padat dan jelas, semakin baik. Atau dalam bahasa yang lain, kamu harus dapat menentukan dengan jelas titik poin masuk dalam sebuah flashback sekaligus juga menentukan titik keluarnya.

Flashback off artinya adalah sebuah teknik menyudahi kilas balik sebuah peristiwa dalam cerita ketika poin utama penulisan flashback sudah berhasil dilakukan. Hindari untuk menambahkan penjelasan yang terlalu melebar yang pada akhirnya justru membuat alur ceritamu menjadi bercabang dan tidak lagi fokus ke depan.

Misalnya kembali pada flashback kematian karakter bernama Derrick dalam novel Merapi Barat Daya, saya membuat sangat efisien dan sesuai dengan kepentingannya yaitu; menjelaskan sebab tokoh Derrick meregang nyawa terjatuh di Puncak Selatan Gunung Merapi.  Ketika poin penjelasan ini sudah didapatkan, flashback langsung ditutup dengan kalimat yang mampu menguncinya dengan baik.

Flashback Haruslah Sesuatu yang Bernilai Pada Keseluruhan Alur Cerita, Bisa Memberikan Efek Dramatisasi atau Menggugah Emosi Pembaca

source: Freepik

Meskipun bersifat online, cara menulis flashback di wattpad dan cara menulis kilas balik dalam sebuah buku riil, teknisnya hampir sama saja. Sebuah flashback haruslah sesuatu yang bernilai dan memberikan efek yang berarti dalam alur cerita. Pertimbangan lain adalah kilas balik juga harus mampu menambah dramatisasi cerita dan juga mungkin efek emosional bagi pembaca.

Sebuah penulisan flashback bisa saja menjadi useless jika tidak memberi pengaruh apa-apa pada jalan cerita novel yang kamu tuliskan. Dengan kata lain, baik dengan adanya flashback atau pun dengan tidak adanya flashback, jalan cerita dan kesan yang diperoleh tetaplah sama saja. Jika ini yang terjadi, sebaiknya kamu tidak menambahkan sebuah kilas balik dalam ceritamu yang hanya akan menginterupsi alur cerita tanpa memberi value yang berarti.

Ketika saya memutuskan mengapa harus ada sebuah flashback mengenai kematian Derrick dan sebabnya, itu karena kilas balik tersebut memiliki nilai substansial yang penting bagi ending cerita. Efek emosional pembaca akan lebih tergugah ketika mengetahui bahwa karakter pembantu wanita menghakimi karakter utama pria berdasarkan tuduhan yang selama ini tidak ia ketahui sebagai penyebab kematian Derrick.

Dalam novel Merapi Barat Daya, tanpa menambahkan bagian flashback tersebut, efek dramatisasi dan emosional bagi pembaca menjadi kurang maksimal. Untuk alasan itulah salah satunya, mengapa flashback penyebab kematian karakter bernama Derrick harus dituliskan secara jelas.

Flashback Harus Mempertimbangkan Waktu; Bisa Mengungkap Sebuah Rahasia Sekaligus Juga Memicu Ketegangan

Source : Freepik

Pertimbangan terakhir yang kamu juga harus lakukan dalam penulisan sebuah kilas balik adalah mengenai waktu, dan ini lagi-lagi tentang efisiensi dan efektivitas.

Akan tetapi untuk memperkaya pertimbanganmu pada langkah yang kelima ini adalah dengan mengajukan pertanyaan kembali yakni; Apakah flashback yang akan dituliskan memiliki nilai rahasia yang harus diungkapkan? Dan apakah kilas balik itu juga mampu membah tensi ketegangan suasana dalam cerita?

Mengungkapkan rahasia bisa jadi adalah sebuah kunci yang gampang untuk diingat dalam penulisan flashback. Artinya flashback tersebut memiliki peran kunci untuk mengungkapkan sebuah rahasia dalam cerita. Jika kemudian flashback itu tidak dihadirkan, maka ada sebuah ruang kosong pada alur yang membuat keseluruhan cerita menjadi terganggu.

Seperti halnya penulisan flashback dalam buku, menulis flashback dalam wattpad juga harus memperhitungkan hal ini secara cermat. Novel online seperti wattpad meskipun hanya dapat dijelajahi dengan mata, tetaplah harus mampu pula diraba dengan rasa dan kepekaan. Dan untuk alasan itu, proses penulisan flashback tetap harus memenuhi unsur yang menyempurnakan sebuah cerita.

Hal lain yang juga cukup penting dalam penulisan flashback adalah meyakinkan bahwa bagian yang menjadi titik utama kilas balik harus juga mampu menghadirkan ketegangan pada pembaca. Dalam novel Merapi Barat Daya, flashback itu adalah tentang jatuhnya Derrick dari ketinggian hampir 40 meter di atas tebing Gunung Merapi yang perkasa. Jadi selain mengungkapkan sebuah rahasia, flashback itu juga berupaya menimbulkan rasa tegang dalam pikiran pembaca.

Apakah Menulis Flashback Adalah Keharusan?

Source: Freepik

Untuk menjawab pertanyaan ini maka kamu hanya perlu mempertimbangkan kembali 5 tips dan langkah di atas. Jika kemudian kesimpulan yang kamu dapat adalah memang semestinya menggunakan flashback, maka tuliskan itu dengan semenarik mungkin. Namun jika kemudian yang kamu dapatkan malah sebaliknya, maka jangan memaksakan untuk menyisipkan sebuah flashback dalam cerita.

Flashback yang baik akan mampu membuat cerita menjadi lebih sempurna dan memiliki kesan yang mendalam pada pembaca. Sebaliknya flashback yang tidak tepat justru dapat merusak alur cerita yang kamu tuliskan. Jadi, putuskan untuk menggunakan flashback atau tidak secara bijaksana dengan mengikuti metode cara menulis flashback dalam novel seperti yang telah disampaikan di atas.

Jadi selanjutnya, selamat menulis dan selamat berkarya!


Note:

Tulisan Anton Sujarwo lainnya dapat dibaca pula pada website;


Penulis blog ini juga membuat bimbingan kepenulisan secara online dan offline. Kamu dapat menghubungi penulis melalui form kontak yang disediakan untuk mengikuti kelas menulis yang disediakan.

Satu respons untuk “CARA MENULIS FLASHBACK DALAM NOVEL DENGAN MUDAH DAN EFEKTIF

Add yours

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog di WordPress.com

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: