Lompat ke konten
Beranda » Blog » 9 Cara Menemukan Ide Menulis Novel yang Efektif

9 Cara Menemukan Ide Menulis Novel yang Efektif

Cara Menemukan Ide Menulis Novel

Untuk penulis pemula yang ingin menghasilkan karya hebat, atau pun untuk penulis lama yang ingin memulai proyek penulisan baru, cara menemukan ide menulis novel yang tepat kadang dapat menjadi tantangan yang serius. Untuk itulah kamu membutuhkan teknik atau tips khusus mengenai cara mencari ide menulis yang efektif.

Nah, bagaimanakah cara menemukan ide menulis novel yang menarik?

Yuk, simak ulasannya berikut ini.

Kamu punya kisah hidup menarik untuk dijadikan buku namun bingung cara menuliskannya?

Cara Menemukan Ide Menulis Novel Berdasarkan Pengalaman Sendiri

Menemukan ide tulisan kadangkala bukanlah bagian paling sulit dari menjadi seorang penulis. Bagian paling tidak mudah dari seorang penulis khususnya pemula, adalah tetap konsisten menyelesaikan tulisannya. Gagasan penulisan yang tidak begitu powerfull kadang lebih sering menguap sebelum bisa berubah menjadi karya yang nyata.

Sebenarnya ada banyak cara mencari ide menulis yang dapat bisa kamu aplikasikan.

Namun memilih salah satu yang paling tepat untuk dikembangkan adalah bagian yang mungkin tidak semua penulis mampu memutuskannya secara bijaksana. Ada banyak naskah buku berupa novel atau bahkan cerpen yang tidak pernah selesai karena gagasan ide awalnya sendiri tidak begitu kuat untuk diteruskan.

Nah, bagaimana sebenarnya cara mendapatkan ide untuk menulis novel, cerpen, artikel, atau apa pun itu yang efektif sekaligus kuat untuk diimplementasikan dalam tulisan berdasarkan pengalaman?

Berikut ulasan lengkapnya.

Beberapa Ide Menulis Buku Berdasarkan Pengalaman Sendiri

Menulis buku dengan berdasarkan pengalaman sendiri adalah sesuatu yang menarik untuk dilakukan. Hal yang paling menguntungkan dari ide seperti ini adalah sudut pandang kepenulisannya yang lebih dalam karena merupakan sebuah pengalaman yang pernah penulis rasakan secara langsung.

Akan tetapi, ada banyak pula penulis yang mampu membuat sebuah kisah fiksi yang luar biasa bagus, dengan menggunakan pengalaman pribadi sebagai unsur yang menyempurnakannya.

Hal ini misalnya dengan mengambil latar belakang berupa tempat, kejadian, waktu, konflik, untuk kemudian penulis adaptasikan menjadi sebuah kisah imajiner yang jauh lebih kompleks dan menarik.

Ide cerita penulisan yang berdasarkan pada pengalaman penulisnya, memiliki banyak sudut padang dan sangat luas. Dengan gaya bercerita yang baik dan pengolahan diksi yang luar biasa, sebuah pengalaman dapat berubah menjadi sebuah cerita yang bahkan mampu melintasi batas-batas imajinasi kisah nyatanya sendiri.

Nah sekarang, bagaimana cara membuat ide cerita yang dapat dikembangkan dari sebuah pengalaman pribadi untuk dituliskan menjadi sebuah gagasan penulisan?

1. Tulis Sesuatu yang Membuat Kamu Merasa Ketakutan

Source: http://www.penstateuniversity.com

Cara menemukan ide menulis novel yang pertama adalah dengan menggunakan ketakutanmu sendiri.

Menulis tentang hal yang paling kamu takutkan adalah sesuatu yang menantang, dan pastinya dapat kamu kembangkan menjadi sebuah contoh ide cerita yang menarik. Setiap orang tentu saja memiliki skala ketakutan yang beragam. Pada kasus ini, menulis sesuatu yang paling membuat takut adalah ide menulis yang menarik.

Rasa takut akan kehilangan, rasa takut akan kegagalan, rasa takut dan khawatir akan ditinggalkan, adalah beberapa rasa takut yang justru dapat diubah menjadi sebuah naskah cerita.

Bahkan lebih daripada itu, ketakutan pada sesuatu yang lebih unik seperti takut hantu, takut ketinggian, takut gelap atau rasa takut yang lainnya, juga dapat kamu kembangkan menjadi karya penulisan yang luar biasa.

2. Lakukan Sesuatu yang Luar Biasa kemudian Tulis Pengalamannya

Source: http://www.brandquarterly.com

Apakah mendaki gunung selama satu bulan penuh adalah sesuatu yang luar biasa? Jika iya, maka kamu dapat melakukannya untuk kemudian menjadikan pengalamannya sebagai ide tulisanmu.

Melakukan sesuatu yang luar biasa pada dasarnya bukan hanya akan membuat seseorang mendapat ide cerita, namun juga akan membuat bertambahnya pengalaman dalam hidup.

Sesuatu yang menantang dan luar biasa untuk dilakukan tidak harus berbahaya dan mengancam nyawa seperti mendaki gunung. Pada konteks yang lebih realistis, contoh ide cerita yang menarik ini misalnya dapat berkembang menjadi sesuatu yang lebih variatif dan mudah untuk kamu lakukan.

3. Menulis Blog dengan Satu Chapter per Satu Waktu

Cara Menemukan Ide Menulis Novel
Photo by Melike Benli on Pexels.com

Seorang penulis atau calon penulis sudah seharusnya memiliki blog atau website pribadi.

Nah sebagai penulis, kamu misalnya dapat memposting secara serial untuk sesuatu tema yang kamu mungkin memiliki ketertarikan lebih.

Umpamanya menulis cerita misteri, maka hal ini dapat kamu tulis secara berkala di blog yang kamu miliki.

Selain akan menebarkan jaring untuk pembaca tulisan secara setia, metode ini juga akan membuat rangkaian kisah dalam blog yang telah ditulis, dapat diubah menjadi sebuah karya yang lebih besar. Seperti buku misalnya.

3. Menulis Tentang Seseorang yang Paling Berarti dalam Hidup

Saya menulis sebuah buku setebal hampir 800 halaman yang saya bagi dalam dua jilid. Kepenulisan buku ini berasal dari arti seseorang yang demikian besar dalam kehidupan saya. Sosok ini telah menjadi bayangan dalam langkah saya, dan karena itu, tentu saja saya dapat menuliskan kisahnya dengan sangat baik dalam cerita yang mungkin cukup panjang.

Setiap orang memiliki sosok yang sangat berarti dan berpengaruh dalam kehidupan mereka. Dengan cara melihat yang lebih komprehensif, menulis tentang seseorang yang berarti dalam hidup adalah sesuatu yang sangat berharga untuk dilakukan.

Topik tentang seseorang yang berarti ini dapat kamu ubah menjadi salah satu cara mendapatkan ide menulis artikel, puisi, atau bahkan yang lebih banyak daripada itu.

4. Menulis Tentang Salah Satu Hobi yang Paling Digemari

Cara Menemukan Ide Menulis Novel
Source: http://www.leverageedu.com

Kegemaran atau hobi tentu saja dapat menjadi bahan menulis yang menyenangkan. Apa pun  jenis hobi atau kegemaran yang sungguh-sungguh membawa kesenangan saat melakukannya, akan menjadi modal yang bagus untuk menulis sebuah karya tulis yang bisa dikembangkan.

Hobi fotografi dapat membuat buku berisi album foto. Hobi travelling dapat membuat buku yang berisikan catatan perjalanan, sementara hobi memasak, dapat pula menulis karya tulis berupa resep-resep dan sejenisnya.

Pendek kata, apa pun hobi yang kamu lakukan pada dasarnya dapat pula menjadi ide sebuah penulisan.

5. Menulis Berdasarkan Inspirasi dari Lagu Favorit

Source: http://www.Mindsjournal.com

Orang menyukai lirik lagu bukan karena suka secara benar-benar suka, namun lebih banyak karena lirik itu serasa tepat untuk menggambarkan diri dan perasaannya. Kamu yang merasa sepakat dengan pernyataan ini maka dapat menuliskannya menjadi kerangka cerita untuk kamu kembangkan lebih jauh.

Lirik lagu kadang bercerita lebih banyak kepada orang yang merasa bahwa perasaannya terwakili dengan  lirik tersebut. Lantunan suara dan nada sang penyanyi akan membantumu untuk semakin jauh mengekplorasi perasaan dan alasan yang melatarbelakangi menjadikan lagu tersebut sangat kamu senangi.

Metode menulis berdasarkan lirik lagu ini juga mudah untuk dikembangkan dan diimplementasikan dalam sebuah karya tulis.

Pada umumnya, menjadikan lirik lagu sebagai cara menemukan ide dalam menulis puisi catatan yang singkat telah banyak dilakukan. Namun, hal ini bukan berarti bahwa lirik lagu tidak dapat kamu jadikan sebagai ide dasar dalam penulisan yang lebih luas lagi.

6. Menulis tentang Masalah Paling Besar yang Kamu Hadapi dan Solusi untuk Mengatasinya

Cara Menemukan Ide Menulis Novel
Source: http://www.Tsss.com

Menulis dengan gagasan yang satu ini selain dapat membuat kamu mampu memandang persoalan secara lebih objektif,  pastinya juga akan melatih nalarmu untuk mencari jalan keluar yang relevan.

Dan karena kamu penulis, kamu pasti akan mampu menjabarkan solusi yang kamu berikan secara panjang lebar dan mendetail. Bahkan dengan sudut pandang yang lebih luas, kamu mungkin juga bisa menawarkan beberapa opsi jalan keluar yang variatif.

Anggaplah misalnya kamu melihat permasalahan yang ada di lingkunganmu atau di sekelilingmu. Persoalan itu kemudian kamu lihat dari sudut pandang yang sederhana dimana kamu juga menjadi bagian dari orang yang merasa mendapat imbas masalah tersebut. Selanjutnya kamu dapat melihat permasalahan itu secara lebih komprehensif dan menawarkan solusi menurut pemikiranmu yang paling efektif.

Hal ini kemudian dapat pula menjadi jawaban dari pertanyaan; bagaimana cara menemukan ide pada penulisan cerita fantasi?

Dengan mengimajinasikan persoalan sebagai medan fantasi, maka jawaban dan solusinya dapat kamu jadikan sebagai pengembangan materi tulisan yang dapat dengan mudah kembangkan kembali.

7. Menulis Kebaikan yang Ditemukan Sehari-hari

a man talking to an elderly man sitting on a wheelchair
Photo by RODNAE Productions on Pexels.com

Ini adalah cara mencari ide menulis kreatif yang sangat sederhana. Namun jangan salah, hal ini juga akan membawamu pada sebuah tulisan yang menyenangkan dalam bentuk karya tulis. Beberapa orang menganggap hal ini mungkin remeh saja, namun tanpa komitmen dan konsisten yang kuat, hal paling remeh pun tidak mungkin selesai.

Anggap saja misalnya kamu membuat sebuah program selama 100 hari untuk menuliskan semua kebaikan yang kamu temui. Sambil menjalani hari-hari seperti biasa dan menjumpai kebaikan di dalamnya, maka kamu akan melihat berbagai keajaiban yang luar biasa.

Dan ketika keajaiban itu kamu pindahkan dalam tulisan, maka kamu akan melihat kebaikan dan keajaibannya pun akan berlipat ganda.

8. Menulis Jawaban dari Pertanyaan yang Paling Banyak Diajukan untuk Orang-orang Terdekat

Cara Menemukan Ide Menulis Novel
Photo by Christina Morillo on Pexels.com

Mengapa kamu memilih untuk tinggal di Pondok Pesantren? Mengapa kamu menganggap bahwa uang adalah hal terpenting dalam hidup? Apa yang akan kamu lakukan jika Tuhan menjamin bahwa kamu tidak akan pernah gagal? Dan lain sebagainya.

Dalam cara mendapatkan ide untuk menulis novel atau cerpen yang terakhir ini, kamu dapat meracik pertanyaan paling menarik yang kamu miliki kemudian mengumpulkan jawabannya.

Dengan jawaban yang beragam dari orang-orang terdekat yang kamu tanyakan, kamu akan melihat sebuah dimensi yang menarik dari orang di sekelilingmu saat mereka mendapat pertanyaan yang sama darimu.

Kesimpulan

Dari 9 cara menemukan ide menulis novel atau artikel berdasarkan pengalaman sendiri di atas, mana yang menurut kamu paling mudah untuk kamu aplikasikan?

Sebagai penulis yang menulis hampir 2000 – 4000 kata setiap harinya, saya harus mengatakan bahwa 9 ide menulis dari pengalaman sendiri di atas pada dasarnya mudah untuk dilakukan.

Shopee Mantul

Namun sekali lagi saya juga akan menyampaikan seperti pada banyak kesempatan; bahwa komitmen adalah hal penting untuk mengawali sebuah penulisan, namun untuk menyelesaikannya, kamu akan membutuhkan lebih banyak konsisten.

Jadi, selamat mencoba ya, tetap konsisten untuk terus menulis!


Tingkatkan skill menulismu

Yuk, gabung di Kelas Menulis Online Penulis Gunung dan keterampilan menulismu akan naik satu level


Penulis terbaik

Anton Sujarwo

Saya adalah seorang penulis buku, content writer, ghost writer, copywriters dan juga email marketer. Saya telah menulis 17 judul buku, fiksi dan non fiksi, dan ribuan artikel sejak pertengahan tahun 2018 hingga sekarang.

Dengan pengalaman yang saya miliki, Anda bisa mengajak saya untuk bekerjasama dan menghasilkan karya. Jangan ragu untuk menghubungi saya melalui email, form kontak atau  mendapatkan update tulisan saya dengan bergabung mengikuti blog ini bersama ribuan teman yang lainnya.

Tulisan saya yang lain dapat dibaca pula pada website;

Saya juga dapat dihubungi melalui whatsapp di tautan ini.

Fortopolio beberapa penulisan saya dapat dilihat disini:


%d blogger menyukai ini: