Lompat ke konten
Beranda » Blog » 5 Tips Cara Menjadi Penulis Handal dan Produktif

5 Tips Cara Menjadi Penulis Handal dan Produktif

Cara Menjadi Penulis Handal

Ada banyak cara menjadi penulis handal yang bisa kamu temukan dengan mudah. Namun kenyataannya, cara-cara tersebut bahkan tidak benar-benar dapat dengan mudah mempraktikkannya secara efektif. Berbagai kendala yang ada pada proses penerapannya di lapangan, membuat berbagai tips menjadi penulis handal itu, tidak bermanfaat dengan maksimal.

Nah, adakah berbagai kiat dan cara yang sistematis untuk menjadi seorang penulis yang handal? Baik itu andal dalam produktivitas, andal dalam penyusunan diksi kalimat, dan andal pula dalam menemukan topik penulisan?

Artikel berikut ini akan membagikan tips sederhananya buat kamu.

Jadi, dibaca sampai selesai, ya!

Kamu punya kisah hidup menarik untuk dijadikan buku namun bingung cara menuliskannya?

5 Tips Sederhana Cara Menjadi Penulis Handal yang Produkif

Ada sangat banyak teori dan tips menjadi penulis novel, penulis artikel, cerpen atau pun puisi di internet. Namun tidak semua tips dan saran-saran itu bisa kamu aplikasikan secara nyata. Bahkan beberapa tips yang terdengar sangat sederhana pun, tidak mudah diterapkan tanpa ada kemauan keras untuk mempraktikkannya.

Akan tetapi, setelah berhasil menulis dan menerbitkan selusin buku dalam dua tahun terakhir,  saya mungkin bisa berbagi tips menulis yang cukup efektif untuk pembaca. Beberapa tips inilah yang menjaga saya tetap antusias menulis buku DEWI GUNUNG dengan tebal lebih dari 600 halaman tanpa merasa kehilangan antusiasme dalam mengerjakannya.

Untuk menjadi seorang penulis pemula yang sukses, tekad dan antusias tentu saja adalah modal yang utama.

Kesungguhan untuk terus berkarya adalah hal penting yang harus senantiasa dipupuk dan dijaga semangatnya. Tanpa semangat dan keseriusan dalam  menulis, tidak mudah rasanya untuk menyelesaikan topik yang bahkan paling sederhana sekali pun.

Lalu, apa saja sih cara menjadi penulis novel pemula yang handal dan produktif?

1. Mempelajari Kata-kata Baru setiap Hari

Cara Menjadi Penulis Handal
Source: Unsplash

Tidak ada kata tamat untuk belajar. Kamu bisa memperoleh gelar dengan bersekolah, dan dengan gelar itu sekolah kamu dianggap selesai. Namun untuk menjadi seorang penulis yang baik, kamu tidak bisa berhenti  belajar.

Profesi menjadi penulis adalah profesi yang menuntut untuk belajar terus menerus, tidak ada kata berhenti dan tidak ada kata selesai untuk hal ini.

Seorang penulis yang hebat, selalu mempelajari kosakata baru setiap hari untuk menambah perbendaharaan literasi otak mereka. Dengan bertambahnya kata-kata baru setiap hari, topik yang kamu tulis pun akan menjadi lebih kaya. Dan pada perkembangannya, akan pula meningkatkan kualitas penulisan serta sudut pandang penceritaannya sendiri.

Jadi, cara menjadi penulis buku yang pertama jika kamu sungguh-sungguh ingin berhasil dan handal adalah dengan tetap belajar dan menambah perbendaharaan kata-katamu setiap hari.

Jangan cepat puas jika kamu merasa sudah menulis cukup baik, tetap belajar dan tetaplah haus ilmu pengetahuan, khususnya perbendaharaan kosakata.

2. Membaca, membaca & membaca

Tips ini tidak hanya tentang membaca apa yang hanya kamu suka. Namun juga membaca segalanya, bahkan apa yang tidak kamu suka, apa yang kamu tidak tertarik untuk mendalaminya. Jika kamu serius ingin jadi penulis, maka membaca adalah sesuatu yang tidak bisa kamu kesampingkan.

Memperkaya bacaan adalah memperluas wawasan dan pengetahuan.

Wawasan serta pengetahuan adalah apa yang ‘dijual’ oleh seorang penulis dalam bentuk tulisan. Banyak membaca dengan berbagai topik dan tema adalah salah satu cara menjadi seorang penulis yang mudah dan menyenangkan.

3. Menulislah Setiap Hari

Ini adalah salah satu langkah paling penting untuk menjadi penulis yang berhasil. Disiplin menulis setiap hari adalah cara para penulis untuk terus produktif dalam berkarya. Kamu tidak bisa menunggu mood baru menulis. Namun menulislah dan mood itu nanti akan muncul dengan sendirinya.

Mood dan inspirasi tidak datang setap hari, dan oleh kaerena itu kamu harus memaksanya dengan cara memancingnya untuk tetap datang bahkan pada saat kamu paling enggan untuk menulis.

Tidak ada kunci terbesar untuk sukses dalam bidang apa pun kecuali kedisiplinan. Dan dalam dunia seorang penulis, rutin menulis setiap hari adalah bagian penting dari kedisiplinan itu.

Ada yang menulis hingga 3000 kata setiap harinya. Ada yang hanya 500 kata, atau ada yang 1000 kata. Sementara saya sendiri setiap hari setidaknya menulis sekitar 1000 sampai 4000 kata setiap hari.

Intinya adalah, berapa pun jumlah kata yang berhasil kamu tuliskan, lakukan hal itu setiap hari secara konsisten.

4. Bagikanlah Cerita tentang Manusia

Manusia adalah topik paling luas dalam dunia kepenulisan. Manusia dengan segala macam keunikannya, prilakunya, sifatnya, ambisinya, adalah objek yang sangat kaya untuk diceritakan. Kamu bisa berkisah tentang binatang, tentang hewan, tentang tumbuhan dan juga tentang semesta. Namun itu akan selalu hadir dalam penceritaan pada sudut pandang manusia.

Tapi bagaimana menulis tentang manusia? Apa yang harus kamu gambarkan?

Kamu tidak perlu terlalu memaksakan diri memikirkan aturannya, yang terpenting adalah pastikan cerita kamu tentang manusia memiliki nilai. Dan nilainya bisa saja beragam. Namun selama sebuah cerita memiliki nilai, ini adalah cara untuk mengasah bakat menulis yang baik.

Berkisah tentang manusia dan segala permasalahannya adalah juga cara menjadi penulis islami yang berhasil. Dalam kisah-kisah islami yang sangat banyak dijumpai, penyampaian sisi kemanusiaan dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya adalah unsur mendasar yang tidak pernah bisa dilepaskan.

5. Menjadi Penulis yang Original

Source: Zedge

Langkah terakhir adalah menjadi penulis yang genuine atau orisinil.

Plagiat atau menjiplak, atau mencontek, atau memalsukan tulisan orang lain sama sekali bukan hal yang baik dalam dunia kepenulisan. Plagiat tidak hanya buruk buat pemilik yang karya, namun plagiat juga buruk bagi sang plagiator sendiri.

Menjadi original adalah langkah penting untuk menjadi seorang penulis yang baik. Kamu boleh saja terinspirasi, mengutip dan terpengaruh dengan gaya penulisan orang lain yang kamu anggap hebat. Tapi tetap jadilah diri sendiri dengan karya-karya orisinil yang melambangkan diri kamu sendiri.

Menjadi original adalah cara menjadi penulis di wattpad yang juga seringkali dibagikan. Namun pada intinya, pada media apa pun kamu menulis, baik itu di media online seperti wattpad dan lain sebagainya, tetap jadilah penulis yang original.

Dengan konsistensi dan produktivitasmu dalam menulis, kamu pun nantinya akan memiliki ciri khas dan keistimewaan sendiri.

Kesimpulan

Cara Menjadi Penulis Handal
Source: Unsplash

Orang buta dibatasi oleh penglihatannya
Orang tuli dibatasi oleh pendengarannya
Dan orang lumpuh dibatasi oleh langkah kakinya.
Namun orang yang hebat dan orang yang sehat, mereka dibatasi oleh visi, impian, kerja keras dan juga kedisiplinannya.

Anton Sujarwo

Setelah memahami berbagai cara menjadi penulis handal di atas, sekarang apa yang harus kamu lakukan?

Tidak ada saran yang paling efektif untuk disampaikan kepada seorang penulis selain daripada kedisiplinan. Jika kamu ingin menjadi penulis dan berharap sukses dalam bidang tersebut, maka paksalah diri kamu untuk disiplin.

Disiplin dalam menulis, disiplin dalam belajar, dan disiplin pula dalam berkarya.

Shopee Mantul

Jadi sekarang, kemaslah beberapa tips menjadi penulis handal di atas dalam sebuah tekad untuk menyelesaikan tulisan-tulisanmu. Jadikan segala rintangan sebagai bagian dari penambah semangatmu sendiri buat berkarya. Karena pada akhirnya, karyamulah yang akan diingat oleh manusia.

Jadi, teruslah menulis, ya!


Tingkatkan skill menulismu

Yuk, gabung di Kelas Menulis Online Penulis Gunung dan keterampilan menulismu akan naik satu level


Penulis terbaik

Anton Sujarwo

Saya adalah seorang penulis buku, content writer, ghost writer, copywriters dan juga email marketer. Saya telah menulis 15 judul buku, fiksi dan non fiksi, dan ribuan artikel sejak pertengahan tahun 2018 hingga sekarang.

Dengan pengalaman yang saya miliki, Anda bisa mengajak saya untuk bekerjasama dan menghasilkan karya. Jangan ragu untuk menghubungi saya melalui email, form kontak atau  mendapatkan update tulisan saya dengan bergabung mengikuti blog ini bersama ribuan teman yang lainnya.

Tulisan saya yang lain dapat dibaca pula pada website;

Saya juga dapat dihubungi melalui whatsapp di tautan ini.

Fortopolio beberapa penulisan saya dapat dilihat disini:


11 tanggapan pada “5 Tips Cara Menjadi Penulis Handal dan Produktif”

  1. Assalamualaikum & Selamat Pagi,
    FIRMAN ALLAH SWT YANG BERMAKNA
    Sesungguhnya Kamu Tidak Akan Dapat Memberi Petunjuk Kepada Orang Yang Kamu Kasihi, Tetapi Allah Memberi Petunjuk Kepada Orang Yang Dikehendaki-Nya, Dan Allah Lebih Mengetahui Orang-Orang Yang Mahu Menerima Petunjuk. Surah Al-Qasas : 56
    Mohon Kunjungi Blog Kami Untuk Mendapat Maklumat Tentang Al-Quran Mendahului Sains Dan Lebih 80 Blog Gerbang Ilmu Agama Terbaik :

    8 KEBERKATAN DALAM KEHIDUPAN
    https://jipskelantan88695409.wordpress.com/2020/09/17/8-keberkatan-dalam-kehidupan/

    Sama2 Kita Berkongsi Pahala Jariah Dengan Menyebarkan Bahan2 Agama Yang Bermanfaat, Mohon Para Sahabat Follow Blog Kami Dan Beri Pandangan Berguna, Terima Kasih.

  2. Pingback: 6 ALASAN MENGAPA MENULIS CERITA HIDUPMU SANGAT PENTING UNTUK DILAKUKAN – Penulis Gunung

  3. Pingback: PANDUAN CARA MENULIS SKENARIO DENGAN MUDAH MURAH LENGKAP DAN GRATIS – Penulis Gunung

  4. Terimakasih Mas, atas ilmunya. Semoga ini bisa memacu semangat saya yang sebelumnya pasang surut.

  5. Pingback: BAGAIMANA CARA MENULIS BUKU: SEBUAH PANDUAN SERIUS UNTUK PENULIS PEMULA – Penulis Gunung

  6. Pingback: INI 15 TANDA JIKA KAMU ADALAH CALON SEORANG PENULIS HEBAT – Penulis Gunung

  7. Pingback: 7 SKILL WAJIB YANG HARUS DIMILIKI PROFESI GHOST WRITER – Penulis Gunung

  8. Pingback: 10 JOB TECHNICAL WRITER YANG GAJINYA BAGUS WALAU KAMU BELUM BERPENGALAMAN – Penulis Gunung

  9. Pingback: 15 IDE CERITA FIKSI FANTASI UNTUK INSPIRASI MENULIS NOVEL – Penulis Gunung

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: