10 CARA MENEMUKAN IDE MENULIS CERPEN ATAU NOVEL YANG AMPUH

Bagaimana sebenarnya cara menemukan ide menulis cerpen atau novel yang ampuh dan mudah dilakukan? Ini mungkin agak unik karena beberapa buku dengan ide cerita yang paling menarik sekali pun, lahir dari ide-ide yang sederhana. Namun memang, cara menemukan ide menulis adalah sesatu yang tidak dapat dipandang sebelah mata.

Penulis baru dengan ide-ide segar, atau penulis professional dan berpengalaman, kadang mengalami semacam stagnan menemukan ide penulisan mereka. Ada banyak cerita yang bisa dirangkai, ada banyak kisah yang bisa diubah menjadi buku-buku, namun menemukan cerita yang menarik dan mampu membuat pembaca menjadi lebih bergairah, tentu saja membutuhkan upaya yang serius.

Meskipun terlihat sulit, namun sebenarnya ada cukup banyak cara mendapatkan ide  untuk menulis novel atau cerpen sebagai bahan utama dalam penulisan.  Cara-cara ini bisa berdasarkan pengalaman, pembelajaran, mendengarkan cerita orang lain, dan sebagainya. Nah, untuk lebih jelasnya, simak uraiannya berikut ini, ya.

Cara Menemukan Ide Menulis Cerpen atau Novel yang Sederhana tapi Ampuh

Photo by cottonbro

Jika dibagi dalam bentuk ide-ide yang lebih spesifik, maka setidaknya ditemukan banyak sekali cara atau rujukan menemukan ide untuk dijadikan tema dalam sebuah penulisan. Namun supaya lebih sederhana, berikut akan dirangkum dalam 3 kategori saja yang paling umum yakni; Menemukan ide menulis berdasarkan riset atau penelitian, menulis berdasarkan introspeksi atau muhasabah, dan menulis berdasarkan hasil dari interview atau wawancara.

Oya, mengenai bagaimana cara menemukan ide menulis berdasarkan pengalaman pribadi, kamu dapat membaca artikelnya disini, ya.

Nah sekarang, apa saja hal sederhana yang bisa dilakukan dalam penulisan cerpen atau nove yang gagasan atau idenya berdasarkan dari hasil riset atau penelitian? Berikut rinciannya;

Mempelajari Sejarah Keluarga dan Menuliskannya

Photo by Suzy Hazelwood on Pexels.com

Menulis objek berdasarkan sebuah penelitian tentu saja memiliki spektrum yang sangat luas untuk dilakukan. Para akademisi pada umumnya selalu menggunakan metode ini untuk menulis sesuatu. Pijakan dasar dari penulisan berdasarkan riset adalah unsur imiahnya yang menjadikan sebuah tulisan dapat dipertanggungjawabkan secara penuh.

Nah untuk kamu yang mungkin sekarang mencari ide menulis novel atau artikel, mempelajari sejarah keluarga mungkin bisa kamu lakukan. Kamu dapat memulainya dengan bertanya kepada kedua orang tuamu, kemudian memperluasnya hingga paman, bibi, dan kakek nenekmu.

Penulisan artikel atau riset tentang sejarah keluarga tidak hanya akan menjadi karya tulis bagi kamu sebagai penulisnya, namun juga akan menjadi warisan keluarga yang sangat bernilai. Menulis sejarah keluarga dan mengabadikannya dalam tulisan adalah salah satu contoh ide cerita yang menarik yang bisa kamu lakukan.

Mempelajari Sesuatu yang Asing dan Menuliskannya dalam 1000 Kata

Photo by Ruslan Alekso on Pexels.com

Seseorang dapat menulis sesuatu yang ia pahami secara luas dan panjang lebar, bahkan hingga detail-detailnya. Namun berbeda halnya jika menulis sesuatu yang asing dan tidak begitu dipahami seluk-beluknya. Tentu saja ini akan menjadi tantangan tersendiri dan jika mampu dieksekusi dengan baik, maka project ini juga bisa menjadi contoh menulis ide kreatif yang menyenangkan.

Ide penulisan semacam ini, selain semakin menambah skill kamu dalam penulisan ilmiah. Juga akan mampu memberikan wawasan dan sudut pandang yang baru untuk kamu. Pada awalnya mungkin saja memang tidak mudah, akan tetapi jika kamu terus belajar dan tidak mudah menyerah, maka kamu akan dapat menyelesaikannya dengan baik.

Mempelajari Tentang Buku Apa yang Dibutuhkan Kemudian Menuliskannya

Photo by John Ray Ebora on Pexels.com

Sebagai seseorang yang suka mendaki gunung, saya tentunya juga tertarik dengan literatur dunia mountaineering. Sayangnya pada tahun 2018, buku-buku mountaineering di Indonesia sangat terbatas. Dapat dikatakan bahwa hampir semua buku pendakian gunung atau mountaineering yang beredar di Indonesia lebih banyak bertema tentang panduan teknis dan catatan perjalanan saja. Belum ada satu judul buku pun yang umpamanya menulis dunia mountaineering dari sudut pandang yang lebih kaya.

Saya kemudian mulai melakukan riset, membaca berbagai blog dan jurnal, mencari informasi-informasi yang saling berkaitan satu sama lain untuk dibuatkan konsep yang lebih komprehensif. Berbagai hal yang dilakukan ini kemudian menjadi sebuah bagian dari cara mendapatkan ide menulis artikel tentang mountaineering yang kemudian berkembang menjadi ide penulisan buku.

Dan pada bulan September 2018, riset sederhana ini yang saya lakukan ini kemudian berubah menjadi tiga judul buku pertama saya, yakni; Wajah Maut Mountaineering Indonesia, Mahkota Himalaya dan, Dunia Batas Langit.

Menemukan Ide Menulis Artikel atau Novel Berdasarkan Hasil Wawancara atau Interview

Source: Freepik

Menulis sebuah artikel atau bahkan buku berdasarkan hasil interview adalah cara membuat ide cerita yang sangat umum dilakukan. Akan tetapi untuk mempermudah prosesnya, kamu dapat melakukannya secara sederhana misalnya dengan tokoh bisnis yang sukses atau olahragawan yang berhasil di lingkunganmu.

Apa saja yang kemudian dapat kamu kembangkan dari metode ide penulisan seperti ini?

Tentu saja banyak sekali. Kamu bisa membagikan pengalaman hebat, perjuangan dan pencapaian seseorang yang kamu wawancarai kepada publik. Jika kamu mampu mengembangkan cerita hasil wawancaramu secara lebih impresif, kamu mungkin bisa menginspirasi banyak orang lain juga.

Ide Menulis Artikel Berdasarkan Wawancara Dengan Tokoh Bisnis

Source: Freepik

Untuk mulai menulis menggunakan metode ini, kamu dapat melatihnya dari hal yang paling sederhana sekali pun. Contoh penerapan metode ini misalnya melakukan wawancara penulisan pedagang, pengusaha, atau bahkan juga petani. Metode ini selain membuat kamu memiliki ide penulisan yang objektif, juga akan memperkaya sudut pandangmu tentang suatu objek yang mungkin selama ini luput dari perhatianmu.

Hal-hal yang bisa menjadi objek pertanyaan pada sesi interview misalnya adalah; bagaimana memulai bisnisnya, apa saja tantangan yang dihadapi, apa motivasinya, mengapa bisa bertahan hingga akhirnya sukses, serta mungkin apa pesan dan pelajaran yang bisa diambil dari perjalanan bisnisnya untuk dibagikan kepada orang lain, dan sebagainya.

Ide Menulis Artikel Berdasarkan Wawancara Dengan Olahragawan

Photo by Victor Freitas on Pexels.com

Sama halnya dengan tokoh bisnis, kamu pun dapat menanyakan banyak hal kepada seorang olahragawan dan menyimpulkan dalam sebuah tulisan yang menarik. Pertanyaanmu bisa seputar perjuangannya memulai karir bidang olahraga yang dipilih, metode latihan yang digunakan, spirit dan motivasi menggapai keberhasilan, dan lain sebagainya.

Baik tokoh bisnis atau pun olahragawan, cara membuat ide cerita berdasarkan teknik ini semuanya akan memberikan point of view yang menarik untuk dijadikan tulisan. Nah kamu bisa memulai membuat ide tulisan yang luar biasa dari mewawancarai mereka.

Menemukan Ide Menulis Buku Berdasarkan Metode Introspeksi dan Muhasabah

Source: Freepik

Introspeksi atau muhasabah, atau tafakur, atau apa pun sebutannya, adalah sesuatu yang sangat kaya dan bermanfaat. Mengintrospeksi diri sendiri akan membuat seseorang mampu menggali dan mengenali berbagai hal yang selama ini mungkin luput dari peratiannya.

Dari sudut pandang penulisan, metode muhasabah atau introspeksi ini juga sangat luas untuk dipraktikkan. Metode muhasabah kadang juga dipraktikkan sebagai teknik bagaimana cara menemukan ide untuk menulis cerita fantasi yang menarik. Hal ini seperti berusaha menemukan makna dari perjalanan hidup, kemudian menuangkannya dalam bilik-bilk imajinasimu sendiri.

Nah, beberapa hal yang paling umum dilakukan sebagai metode menulis berdasarkan muhasabah adalah sebagai berikut

Menemukan Ide Menulis Tentang Penyesalan Terbesar Dalam Hidup

Source: skip prichard

Hingga usiamu sekarang, apa kira-kira hal yang paling kamu sesali? Mengapa kamu menyesali hal tersebut? Apa alasan terbesarmu untuk mengatakan bahkan penyesalan itu memang layak untuk kamu utarakan? Lalu apa solusimu untuk berdamai dengan penyesalan tersebut?

Pertanyaan-pertanyaan semacam itu tentu saja dapat kamu ajukan pada diri sendiri saat menulis sebuah muhasabah berdasarkan konsep penyesalan terbesar dalam hidup. Penulisan sepertu ini tidak hanya akan membuat kamu mampu melakukan perbaikan di hari depan, namun juga akan meningkatkan kewaspadaan dan rasa syukurmu.

Pada kesempatan yang lebih baik, menulis tentang penyesalan dalam hidup juga kadang digunakan sebagai cara menemukan ide dalam menulis puisi. Dan pada umumnya sebuah puisi yang dihasilkan karena hal ini akan sarat dengan makna dan hikmah yang kaya dengan pesan kebijaksanaan.

Menemukan Ide Menulis Tentang Kegagalan Terbesar yang Pernah Dialami

Source: Quotes cover

Mungkin kegagalan berkaitan erat dengan penyesalan untuk sebagian orang. Namun dalam penulisan yang efektif, kegagalan justru dapat diubah menjadi keberhasilan melalui sebuah tulisan berkualitas dan terus terang. Ketika kamu menulis sebuah kegagalan yang pernah kamu alami dan kamu anggap sebagai yang terbesar, maka akan ada banyak manfaat yang kemudian mengikuti tulisan tersebut.

Kamu akan lebih rendah hati karena kegagalan, kamu juga akan lebih banyak berusaha dan berdoa karena kegagalan. Sementara dari sisi orang yang membaca tulisanmu, mereka akan lebih berhati-hati dan belajar dari kegagalanmu. Dan itu tentu saja membuat tulisanmu menjadi jauh lebih bernilai.

Menemukan Ide Menulis Tentang Kesuksesan Besar yang Pernah Diraih

Source: Petra van den Berg

Meskipun endingnya berbeda, namun hakikat penulisannya sama dengan menulis tentang kegagalan yang pernah dialami. Kesuksesan akan memberi lebih banyak kegembiraan daripada pelajaran, dan karenanya kamu dapat berbagi kesuksesan itu dengan menuliskan beberapa tips dari kamu yang terbukti efektif kamu lakukan.

Pada bagian ini kamu dapat pula menambahkan tentang motivasi perjuanganmu hingga akhirnya kamu bisa sukses dalam bidang tersebut. Dan penjabaran ini dapat pula kamu tambahkan dengan kiat-kiat untuk orang-orang yang mungkin tertarik dengan bidang yang kamu pernah sukses di dalamnya. Dengan teknik ini, penulisan tentang prestasi dan pencapaian dapat pula dikembangkan sebagai contoh menulis ide kreatif yang menarik.

Menemukan Ide Menulis Tentang Sesuatu yang Historis dan Menguraikannya

Photo by Pixabay on Pexels.com

Ketika melakukan perenungan tentang sesuatu yang telah terjadi, sesorang dapat saja menemukan sebuah momen historis yang penuh nilai untuk dituliskan. Momen ini dapat diperinci lagi dengan menguraikannya menjadi tulisan untuk dibagikan kepada orang-orang. Momen historis yang dituliskan akan membuat kesan dari momen tersebut semakin kuat untuk diingat dan dikenang.

Apa momen historismu? Mengapa kamu menganggap momen itu sebagai sesuatu yang bernilai historis? Apa dampaknya pada diri dan perasaanmu ketika momen tersebut kamu ingat kembali? Dan lain sebagainya.

Kamu dapat memperinci penulisan ini hingga pada sesuatu yang lebih detail lagi kemudian mengembangkannya menjadi contoh ide cerita yang menarik untuk dibagikan sebagai tulisan.

Menemukan Ide Menulis Tentang Impian yang Ingin Dicapai dan Langkah-Langkah yang Dilakukan untuk Mencapainya

Source: ResearchGate

Impian yang kuat akan menjadi sumber tenaga dan energi bagi seseorang untuk meraihnya.

Lalu, apa impianmu? Mengapa kamu memimpikannya? Apakah kamu berharap impianmu akan menjadi kenyataan? Lalu, apa saja yang sudah kamu lakukan untuk mencapai impian kamu tersebut?

Menulis sebuah impian dan menyusun konsep untuk mencapainya tidak hanya akan membuatmu pandai menulis, namun juga melatihmu untuk bisa menyusun strategi yang masuk akal. Pada sisi ini, akan muncul sebuah kemungkinan dan keyakinan dalam dirimu bahwa impianmu bisa terwujud jika strategi yang kamu tuliskan bisa kamu jalankan secara konsisten.

Nah sekarang, kamu dapat memilih berbagai metode menemukan ide menulis di atas dari berbagai teknik dan pengertian mencari ide yang sudah disampaikan. Kamu bisa melakukan wawancara, kamu bisa melakukan riset, atau yang paling mudah, kamu pun bisa meluangkan waktu untuk melakukan introspeksi dan muhasabah. Ketika kamu telah menemukan idenya, ubah kemudian ide tersebut menjadi konsep penulisan yang menarik.

Jika kamu rasa sudah cukup, langkah selanjutnya adalah kristalkan konsep idemu itu menjadi sebuah karya tulis yang nyata, bisa berbentuk novel, artikel, atau bahkan cerpen sekali pun.

Kunci dari cara menemukan ide menulis hingga berhasil menjadi sebuah karya yang layak untuk kamu banggakan adalah komitmen dan konsisten. Selama kamu siap dengan komitmen yang kuat dan kosistensi yang tinggi, hanya masalah waktu sampai karyamu menjadi sesuatu yang luar biasa.

Selamat berkarya!

WUJUDKAN IMPIANMU MENJADI PENULIS MELALUI KELAS MENULIS ONLINE DISINI

DAFTAR VIA WHATSAPP SEKARANG


anton sujarwo

Anton Sujarwo

Saya adalah seorang penulis buku, content writer, ghost writer, copywriters dan juga email marketer. Saya telah menulis 15 judul buku, fiksi dan non fiksi, dan ribuan artikel sejak pertengahan tahun 2018 hingga sekarang.

Dengan pengalaman yang saya miliki, Anda bisa mengajak saya untuk bekerjasama dan menghasilkan karya. Jangan ragu untuk menghubungi saya melalui email, form kontak atau  mendapatkan update tulisan saya dengan bergabung mengikuti blog ini bersama ribuan teman yang lainnya.

Tulisan saya yang lain dapat dibaca pula pada website;

Saya juga dapat dihubungi melalui whatsapp di tautan ini.

Fortopolio beberapa penulisan saya dapat dilihat disini:


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog di WordPress.com

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: