5 Penulis Hebat Dunia dan Tips Sukses Mereka

Penulis Hebat Dunia

Jika kamu adalah salah satu orang yang bermimpi menjadi salah satu penulis hebat dunia, maka kamu istimewa. Hanya sedikit orang yang menjadikan menulis sebagai cita-cita. Lebih sedikit lagi yang berani bermimpi menjadi salah satu yang terbaik di dunia.

Nah, untuk mempermudah perjalananmu menjadi seorang penulis yang hebat, berikut ini beberapa tips dari 5 penulis terbaik dunia yang bisa kamu praktikkan.

Yuk, silahkan disimak satu-persatu.

Kamu punya kisah hidup menarik untuk dijadikan buku namun bingung cara menuliskannya?

Tips Sukses dari 5 Penulis Hebat Dunia

Para penulis besar dunia yang karya dan buah pena mereka masih dibaca dan dibicarakan oleh manusia hingga hari ini, adalah sosok-sosok yang tidak hanya dapat dikagumi dari karyanya saja. Para penulis hebat itu pada dasarnya juga memiliki karakter yang menarik. Karakter itu kemudian mampu menjadi warna yang membuat tulisan mereka menjadi sangat menyenangkan untuk dibaca.

Nah, apa pun tulisan yang kamu hasilkan, baik itu fiksi, non fiksi, cerpen, novel, atau bahkan artikel sederhana sekali pun, kamu tetap memiliki peluang untuk menjadi seorang penulis hebat.

Rangkaian proses dan cara kamu menghasilkan tulisan yang berkualitas inilah kemudian yang akan menentukan keberhasilanmu sebagai penulis. Menariknya, ini adalah cara menjadi penulis buku atau penulis artikel yang paling sederhana untuk dipahami.

Sekarang jika kamu ingin menjadi penulis yang memiliki kualitas terbaik, 5 rahasia dari para penulis terbaik dunia ini perlu untuk kamu pertimbangkan. Dengan konsistensi dan kegigihan dalam mempraktikkannya, kamu juga bisa menjadi seorang penulis yang mampu menghasilkan karya yang luar biasa.

1. Tips dari Stephen King: Menulislah Setiap Hari

Source: pinterest

Ketika para amatiran duduk dan menunggu inspirasi, sebagian besar dari kita bangun dan terus bekerja…

Stephen King

Mendengar kata menulis setiap hari, beberapa orang kadang menggerutu karena merasa itu adalah tips yang membosankan.

Namun benar, kamu tidak akan mampu menghasilkan lima judul buku dalam satu tahun jika kamu tidak menulisnya setiap hari. Saya tidak mungkin mampu menghasilkan 9 judul buku dengan tema populer dalam dunia mountaineering dalam waktu hanya dua tahun jika saya tidak menuliskannya setiap hari dan setiap malam.

Beberapa orang mungkin menolak saran ini, namun memang cara jadi penulis novel atau cerpen, atau apa pun itu, aturan dasar dan klasiknya adalah ketekunan, kegigihan dan juga kedisiplinan.

Menulis setiap hari, melawan rasa bosan dalam kejenuhan, serta tidak bergantung kepada inspirasi yang entah kapan datangnya adalah rahasia pertama dari para penulis besar, termasuk juga Stephen King.

2. Tips daru J.K. Rowling: Bacalah Buku yang Terbaik

Source: Business insider

Jika anda tidak suka membaca, anda hanya belum menemukan buku yang tepat…

J.K. Rowling

Sumber inspirasi dan ide tulisan dapat datang dari berbagai macam. Buku, film, kejadian nyata, pengalaman, percakapan, bahkan mengamati sesuatu pun dapat menjadi sumber penulisan yang menarik. Namun sejauh ini dalam konteks belajar cara menjadi penulis online atau pun offline, buku adalah salah satu sumber yang paling ideal.

Dengan membaca buku kamu tidak hanya menyerap pengetahuan dan pemahaman, namun sebagai penulis, kamu juga belajar cara menuliskannya.

Buku adalah asupan paling baik bagi seorang penulis untuk menghasikan tulisan yang berkualitas. Untuk alasan tersebut, seorang penulis harus pula memilih bacaannya hanya pada buku-buku terbaik.

Akan tetapi jangan pula membuat tips dari JK. Rowling ini terlalu kaku untuk diterjemahkan. Kamu pada dasarnya dapat membaca buku apa pun yang kamu suka. Selama buku tersebut mampu memberikan feedback yang baik saat membacanya, buku itu adalah buku yang tepat untuk kamu baca.

3. Tips dari Robert Frost: Penulis Hebat Tidak Takut Menunjukkan Emosi Mereka

Source: Valley News

Tanpa air mata saat ditulis, tidak akan pula ada air mata saat dibaca…

Robert Frost

Emosi adalah kekuatan, tergantung dari cara menggunakannya.

Emosi dalam bentuk kemarahan, air mata, kesedihan, kegembiraaan, dan lain sebagainya, adalah seperangkat respon alamiah manusia saat menghadapi sebuah kondisi yang mempengaruhi perasaan mereka. Bagi seorang penulis, emosi juga adalah senjata dan kekuatan terbaik untuk menghasilkan karya.

Jadi, cara menjadi penulis novel pemula selanjutnya adalah jangan takut dan malu untuk menunjukkan emosimu saat menulis.

Jika kamu marah, maka luapkan amarahmu itu dalam tulisan yang dapat dimengerti oleh pembaca. Jika kamu bersedih, maka tumpahkan pula air mata kesedihan, kepiluan dan kesengsaraan itu dalam tulisan yang juga dapat dimengerti oleh pembaca.

4. Tips dari Camille Paglia: Para Penulis Hebat Membebaskan Imajinasi Mereka

Source: The Daily Beast

Sebagian besar penulis terbaik dunia, tidak memiliki pendidikan formal dalam hal menulis…

Camille Paglia

Imajinasi dan pikiran adalah bagian paling kaya dari seorang manusia. Bagi seorang penulis, imajinasi adalah ruh dari tulisan dan kata-katanya.

Penulis terbaik akan membiarkan imajinasi mereka bebas melayang, mengembara dan terbang dalam alam yang luas, menukik dan menghunjam untuk berpikir, membayangkan, menelaah dan juga memperkirakan. Semakin jauh sebuah imajinasi dapat terbang bebas, semakin kaya pula nilai tulisan yang dapat dituangkan.

Penulis hebat tidak mengekang imajinasi mereka, namun mereka menyampaikannya dengan kehati-hatian.

Membebaskan imajinasi adalah fondasi penting dalam dimensi penulisan. Apakah kamu sedang mencari cara menjadi penulis di wattpad, atau mencari cara menulis puisi di buku harian sekali pun, maka membebaskan imajinasimu adalah bagian yang sangat penting untuk kamu lakukan.

5. Tips dari Madeleine L’engle: Berani Menentang Kebiasaan

Source: Softfronia Scott

Kamu harus menulis buku yang memang seharusnya kamu tulis, jika tidak mudah diterima oleh orang dewasa, maka tulislah dalam bahasa anak-anak…

Madeleine L’engle

Rahasia terakhir untuk menjadi seorang penulis hebat ini mungkin menjadi rahasia yang paling tidak mudah untuk diaplikasikan.

Menulis sesuatu yang tidak disukai masyarakat membutuhkan sebuah keberanian dan mungkin juga sedikit kenekatan. Pada beberapa kelompok sosial, menulis sesuatu yang tidak mereka sukai dapat saja berujung pada sebuah upaya penganiayaan.

Seperti halnya rahasia yang keempat, tips yang terakhir ini juga sangat penting dilakukan dengan kehati-hatian.

Sebuah imajinasi yang tajam, sebuah pemikiran yang kritis dan runcing, membutuhkan bahasa yang bijak supaya dapat diterima oleh masyarakat luas.

Menulis sesuatu yang dihindari oleh masyarakat karena hal itu dianggap tabu atau pun ‘tidak etis’ adalah sesuatu yang menantang untuk dilakukan. Dan untuk dapat melakukan ini kamu memang benar-benar harus siap lahir dan batin dengan segala konsekuensinya.

Tapi seperti saran Madeleine, jika tema yang ingin kamu tulis terlalu berat diterima oleh orang dewasa, kamu dapat mengubahnya dengan narasi yang lebih kreatif.

Kesimpulan

Nah sekarang, setelah membaca 5 rahasia menjadi penulis hebat dari 5 penulis terbaik dunia di atas, kamu yang ingin jadi penulis dapat memulai meningkatkan kualitas penulisanmu.

Dengan ketekunan dan semangat pantang menyerah, bukan tidak mungkin jika kamu juga akan menjadi penulis besar di kemudian hari.

Jadi teruslah menulis dan tetap berkarya, ya.



Penulis terbaik

Anton Sujarwo

Saya adalah seorang penulis buku, content writer, ghost writer, copywriters dan juga email marketer. Saya telah menulis 23 judul buku, fiksi dan non fiksi, dan ribuan artikel sejak pertengahan tahun 2018 hingga sekarang.

Dengan pengalaman yang saya miliki, Anda bisa mengajak saya untuk bekerjasama dan menghasilkan karya. Jangan ragu untuk menghubungi saya melalui email, form kontak atau mendapatkan update tulisan saya dengan bergabung mengikuti blog ini bersama ribuan teman yang lainnya.

Tulisan dan karya saya yang lain dapat dibaca pula pada beberapa tautan berikut;

Saya juga dapat dihubungi melalui whatsapp di tautan ini.

Fortopolio beberapa penulisan saya dapat dilihat disini:

Related Posts