TIPS DARI 5 PENULIS HEBAT DUNIA UNTUK KAMU YANG INGIN JADI PENULIS

Apakah kamu pernah bercita-cita ingin jadi penulis? Jika iya, maka tentu saja kamu istimewa karena mungkin hanya sedikit orang yang menjadikan menulis sebagai cita-cita. Lalu, apakah cita-citamu sudah tercapai sekarang? Jika sudah, wow itu hebat, selamat lagi untuk kamu. Namun jika belum, kamu tetap bisa mewujudkannya, tidak ada kata terlambat untuk menjadi seorang penulis.

Nah, untuk mempermudah perjalananmu menjadi seorang penulis yang hebat, berikut ini beberapa tips ampuh dari 5 penulis terbaik dunia sebagai cara menjadi penulis pemula yang bisa kamu praktikkan. Yuk, silahkan disimak satu-persatu.

5 Tips Dari 5 Penulis Top Dunia Untuk Kamu yang Ingin Jadi Penulis Hebat

Jadi, kamu serius ingin jadi penulis?

Para penulis besar dunia, yang nama mereka abadi sepanjang masa, yang karya dan buah pena mereka masih dibaca dan dibicarakan oleh manusia hingga hari ini, adalah sosok-sosok yang tidak hanya dapat dikagumi dari karyanya saja. Para penulis hebat itu pada dasarnya juga memiliki karakter yang menarik, yang karakter itu kemudian mampu menjadi warna yang membuat tulisan mereka menjadi sangat menyenangkan untuk dibaca.

Nah, apa pun tulisan yang kamu hasilkan, baik itu fiksi, non fiksi, cerpen, novel, atau bahkan artikel sederhana sekali pun, kamu tetap memiliki peluang untuk menjadi seorang penulis hebat. Rangkaian proses dan cara kamu menghasilkan tulisan yang berkualitas inilah kemudian yang akan menentukan keberhasilanmu sebagai penulis. Dan menariknya, ini adalah cara menjadi penulis buku atau artikel yang paling sederhana untuk dipahami.

Sekarang jika kamu ingin menjadi penulis dan ingin karyamu memiliki kualitas yang baik, 5 rahasia dari para penulis terbaik dunia ini perlu untuk kamu pertimbangkan. Dengan konsistensi dan kegigihan dalam mempraktikkannya, adalah keniscayaan jika kamu juga bisa menjadi seorang penulis yang mampu menghasilkan karya yang luar biasa.
Lalu, apa saja rahasianya? Berikut daftarnya buat kamu.

STEPHEN KING: Para Penulis Hebat Menulis Setiap Hari

Source: pinterest

Ketika para amatiran duduk dan menunggu inspirasi, sebagian besar dari kita bangun dan terus bekerja

Stephen King

Mendengar kata menulis setiap hari, beberapa orang kadang menggerutu karena merasa itu adalah tips yang membosankan. Namun benar, kamu tidak akan mampu menghasilkan lima judul buku dalam satu tahun jika kamu tidak menulisnya setiap hari. Saya tidak mungkin mampu menghasilkan 9 judul buku dengan tema populer dalam dunia mountaineering dalam waktu hanya dua tahun jika saya tidak menuliskannya setiap hari dan setiap malam.

Beberapa orang mungkin menolak saran ini, namun memang cara jadi penulis novel atau cerpen, atau apa pun itu, aturan dasar dan klasiknya adalah ketekunan, kegigihan dan juga kedisiplinan. Menulis setiap hari, melawan rasa bosan dalam kejenuhan, serta tidak bergantung kepada inspirasi yang entah kapan datangnya adalah rahasia pertama dari para penulis besar, termasuk juga Stephen King.

JK ROWLING: Para Penulis Hebat Membaca Buku yang Terbaik

Source: Business insider

Jika anda tidak suka membaca, anda hanya belum menemukan buku yang tepat

JK Rowling

Sumber inspirasi dan ide tulisan dapat datang dari berbagai macam. Buku, film, kejadian nyata, pengalaman, percakapan, bahkan mengamati sesuatu pun dapat menjadi sumber penulisan yang menarik. Namun sejauh ini dalam konteks belajar cara menjadi penulis online atau pun offline, memang buku adalah salah satu sumber yang paling ideal.

Dengan membaca buku kamu tidak hanya menyerap pengetahuan dan pemahaman, namun sebagai penulis, kamu juga belajar cara menuliskannya. Buku adalah asupan paling baik bagi seorang penulis untuk menghasikan tulisan yang berkualitas. Dan untuk alasan tersebut, seorang penulis harus pula memilih bacaannya hanya pada buku-buku terbaik.

Akan tetapi jangan pula membuat tips dari JK Rowling ini terlalu kaku untuk diterjemahkan. Kamu pada dasarnya dapat membaca buku apa pun yang kamu suka. Selama buku tersebut mampu memberikan feedback yang baik saat membacanya, buku itu adalah buku yang tepat untuk kamu baca.

ROBERT FROST: Penulis Hebat Tidak Takut Menunjukkan Emosi Mereka

Source: Valley News

Tanpa air mata saat ditulis, tidak akan pula ada air mata saat dibaca

Robert Frost

Emosi adalah kekuatan, tergantung dari cara menggunakannya. Emosi dalam bentuk kemarahan, air mata, kesedihan, kegembiraaan, dan lain sebagainya, adalah seperangkat respon alamiah manusia saat menghadapi sebuah kondisi yang mempengaruhi perasaan mereka. Bagi seorang penulis, emosi juga adalah senjata dan kekuatan terbaik untuk menghasilkan karya.

Jadi, cara menjadi penulis novel pemula selanjutnya adalah jangan takut dan malu untuk menunjukkan emosimu saat menulis. Jika kamu marah, maka luapkan amarahmu itu dalam tulisan yang dapat dimengerti oleh pembaca. Jika kamu bersedih, maka tumpahkan pula air mata kesedihan, kepiluan dan kesengsaraan itu dalam tulisan yang juga dapat dimengerti oleh pembaca.

CAMILE PAGLIA: Para Penulis Hebat Membebaskan Imajinasi Mereka

Source: The Daily Beast

Sebagian besar penulis terbaik dunia, tidak memiliki pendidikan formal dalam hal menulis

Camille Paglia

Imajinasi dan pikiran adalah bagian paling kaya dari seorang manusia. Dan bagi seorang penulis, imajinasi adalah ruh dari tulisan dan kata-katanya. Penulis terbaik akan membiarkan imajinasi mereka bebas melayang, mengembara dan terbang dalam alam yang luas, menukik dan menghunjam untuk berpikir, membayangkan, menelaah dan juga memperkirakan. Semakin jauh sebuah imajinasi dapat terbang bebas, semakin kaya pula nilai tulisan yang dapat dituangkan.

Penulis hebat tidak mengekang imajinasi mereka, namun mereka menyampaikannya dengan kehati-hatian. Saya pun demikian, saya membiarkan imajinasi saya menerabas banyak batasan dalam buku Merapi Barat Daya atau dalam buku MMA Trail. Hanya saja untuk dapat dipahami oleh pembaca, saya harus menyampaikannya dengan cara yang bijaksana dan hati-hati.

Membebaskan imajinasi adalah fondasi penting dalam dimensi penulisan. Apakah kamu sedang mencari cara menjadi penulis di wattpad, atau mencari cara menulis puisi di buku harian sekali pun, maka membebaskan imajinasimu adalah bagian yang sangat penting untuk kamu lakukan.

MADELEINE L’ENGLE: Para Penulis Hebat Kadang Menulis Sesuatu yang Tidak Disukai dan Dibenci Masyarakat

Source: Softfronia Scott

Kamu harus menulis buku yang memang seharusnya kamu tulis, jika tidak mudah diterima oleh orang dewasa, maka tulislah dalam bahasa anak-anak

Madeleine L’engle

Rahasia terakhir untuk menjadi seorang penulis hebat ini mungkin menjadi rahasia yang paling tidak mudah untuk diaplikasikan. Menulis sesuatu yang tidak disukai masyarakat membutuhkan sebuah keberanian dan mungkin juga sedikit kenekatan. Pada beberapa kelompok sosial, menulis sesuatu yang tidak mereka sukai dapat saja berujung pada sebuah upaya penganiayaan.

Seperti halnya rahasia yang keempat, tips yang terakhir ini juga sangat penting dilakukan dengan kehati-hatian. Sebuah imajinasi yang tajam, sebuah pemikiran yang kritis dan runcing, membutuhkan bahasa yang bijak supaya dapat diterima oleh masyarakat luas.

Source: Pexels.com

Menulis sesuatu yang dihindari oleh masyarakat karena hal itu dianggap tabu atau pun ‘tidak etis’ adalah sesuatu yang menantang untuk dilakukan. Dan untuk dapat melakukan ini kamu memang benar-benar harus siap lahir dan batin dengan segala konsekuensinya. Tapi seperti saran Madeleine, jika tema yang ingin kamu tulis terlalu berat diterima oleh orang dewasa, kamu dapat mengubahnya dengan narasi yang lebih kreatif.

Nah sekarang, setelah membaca 5 rahasia menjadi penulis hebat dari 5 penulis terbaik dunia di atas, kamu yang ingin jadi penulis dapat memulai meningkatkan kualitas penulisanmu.

Dengan ketekunan dan semangat pantang menyerah, bukan tidak mungkin jika kamu juga akan menjadi penulis besar di kemudian hari.

Jadi teruslah menulis dan tetap berkarya, ya.


Note

Tulisan Anton Sujarwo lainnya dapat dibaca pula pada website;

Penulis blog ini juga membuat bimbingan kepenulisan secara online dan offline. Kamu dapat menghubungi penulis melalui form kontak yang disediakan untuk mengikuti kelas menulis yang disediakan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog di WordPress.com

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: