TIPS MENULIS ESSAY DAN 3 BAGIAN PALING PENTING DALAM MELAKUKANNYA

Memiliki kemampuan untuk menulis essay atau menulis esai adalah suatu kemampuan yang sudah seharusnya dimiliki oleh seorang akademisi, pendidik, public relations, dan berbagai bidang profesional lainnya. Dengan kemampuan menulis artikel berupa essay yang baik, penyampaian ide, gagasan dan opini akan lebih efektif untuk diketahui dan diambil manfaatnya oleh masyarakat luas.

Namun sayangnya, tidak semua orang dengan profesi seperti di atas memiliki kemampuan untuk menulis essay yang baik dan efektif. Mereka mungkin saja memiliki pemikiran dan ide-ide yang brilian dan cerdas, namun karena teknik menulis esai yang mereka miliki rendah, maka dampaknya bagi pembaca tidak begitu terasa. Dan akibatnya, pokok pikiran terpenting dari ide-ide dan gagasan menjadi tidak tersampaikan dengan baik.

Nah, bagaimanakah sebenarnya cara menulis esai atau essay yang baik, benar dan juga efektif dari sisi dampakmya bagi pembaca?

Yuk, simak ulasannya berikut ini.

3 Bagian Penting Dalam Menulis Essay dan Beberapa Tips untuk Bisa Mempraktikkannya

Source: Socialh

Format penulisan essay mungkin saja memiliki struktur yang berbeda-beda. Namun dari sisi tujuan dan sasarannya, bagaimana pun struktur penulisan esai, tetaplah harus efektif untuk masuk ke pikiran pembaca. Kemampuan dan keterampilan menjabarkan pemikiran yang komunikatif dan menggugah rasa ingin tahu adalah kunci penulisan esai salah satunya.

Untuk dapat mengeksekusi penulisan artikel essay yang menarik dan komunikatif, dibutuhkan pula pengetahuan dan latihan yang konsisten. Pengetahuan dan melatih kemampuan menulis esai mungkin dapat dilakukan dengan memahami kerangka essay sebagai langkah yang pertama. Setelah memahami outline atau kerangka esai, proses pengembangan menjadi artikel yang sempurna dapat lebih mudah dilakukan.

Secara umum kerangka essay tersusun dari 3 bagian yang paling penting yakni intro atau pembukaan essay, isi essay dan penutup essay. Namun pertanyaannya kemudian adalah; apa saja yang harus disampaikan pada bagian-bagian tersebut dan bagaimana pula cara menyampaikannya? Nah, pembahasan berikut ini akan membantu kamu untuk memahaminya secara lebih lengkap.

BAGIAN PERTAMA: PEMBUKAAN ESSAY ATAU INTRO ESSAY

Source: Freepik

Bagian ini adalah bagian dimana kamu membuka sebuah topik untuk dibicarakan secara spesifik pada bagian selanjutnya. Dikarenakan sifatnya adalah pembukaan dan memperkenalkan topik yang akan menjadi bahasan utama essay, maka ada beberapa hal pula yang harus diperhatikan pada bagian ini supaya proses pengembangan ide dan gagasan yang menjadi pokok utama essay dapat tersampaikan dengan baik.

Pada proses belajar menulis essay atau pun artikel biasa, pembukaan adalah bagian penting yang seringkali menjadi kunci kesuksesan penulisan sebuah essay. Jika sebuah pembukaan essay dilakukan dengan baik dan mampu mengikat pembaca untuk terus membaca, maka setengah dari tujuan menulis esai sudah tercapai. Namun sebaliknya, jika bagian pembukaan essay tidak efektif dan mampu menarik pembaca, maka bisa jadi pembaca akan segera menutup essay yang ditulis setelah membaca pembukaannya saja.

Lantas, apa sajakah yang paling penting untuk diperhatikan pada bagian perkenalan atau pembukaan dalam penulisan essay?

Pembukaan Harus Memiliki Orientasi yang Singkat

Source: Institute for writers

Bagian ini menjadi tempat dimana kamu dapat menyampaikan sebuah topik penulisan secara singkat, bersifat umum dan lingkup yang luas. Kamu dapat memperkenalkan tema essay yang kamu tulis dengan menggunakan kalimat yang lebih umum bagi pembaca.

Menjawab Sebuah Pertanyaan dengan Thesis Statement

Bagian pembukaan pada teknis menulis esai ilmiah adalah dengan menjadikan bagian pembukaan juga sebagai cara untuk menjawab pertanyaan yang menjadi topik essay. Jawaban ini adalah dengan menggunakan peryataan tesis dan disertasi yang akan menjadi isi dari essay.

Source: Paperpile

Seperti yang disampaikan sebelumnya, pernyataan tesis atau disertasi pada bagian pembukaan haruslah dilakukan dengan singkat, bersifat umum, dan luas. Kamu tidak perlu menjelaskan ide tesismu secara spesifik pada bagian ini. Yang perlu kamu lakukan hanyalah memperkenalkannya sebagai jawaban dari pertanyaan yang ada dalam topik umum essay.

Berikan Ringkasan Pemikiran Essay

Selanjutnya yang harus kamu sampaikan juga pada pembukaan sebuah kerangka essay yang baik adalah dengan memberikan sedikit ringkasan ide-ide yang akan disampaikan sebagai jawaban persoalan yang akan dibahas. Ringkasan ini dapat diistilahkan sebagai road map essay dimana kamu memberikan bocoran ide-ide yang akan menjadi ide pokok penulisan essay.

Hal penting yang harus kamu perhatikan dalam membuat road map pembukaan menulis essay adalah ini hanya sekedar memperkenalkan pemikiranmu saja. Artinya kamu cukup memberikan poin-poin inti ide penulisanmu tanpa harus menyebutkan detailnya.

BACA JUGA: CARA MENULIS FLASHBACK YANG TEPAT DALAM PENULISAN FIKSI

BAGIAN KEDUA: ISI ESSAY ATAU BODY ESSAY

Source: Dalama University

Sebenarnya tidak sulit untuk menemukan contoh essay yang tepat dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan yang kamu inginkan, terutama pada bagian isi esai atau intinya. Bagian ini adalah struktur esai utama dimana kamu dapat menyampaikan gagasan, ide pemikiran, opini-opinimu secara tepat, menarik dan juga meyakinkan para pembaca.

Nah, untuk dapat menyampaikan sebuah pemikiran yang menarik serta mengesankan, ada beberapa hal penting juga yang harus diperhatikan. Beberapa hal penting ini pada umumnya berbentuk susunan paragraf yang mampu memperkuat argumentasi terhadap sebuah persoalan yang sedang kamu perbincangkan.

Sebagai bagian penting dari isi sebuah essay, ini adalah beberapa hal yang bisa kamu lakukan;

Jawab Pertanyaan dengan Mengembangkan Metode Diskusi

Source: Teach Starter

Untuk menyampaikan berbagai pemikiranmu dalam sebuah esai yang baik, pada bagian inti kamu dapat mengembangkannya menjadi sebuah diskusi. Berbagai macam persoalan penting dalam topik yang kamu bahas, dapat kamu bagi menjadi beberapa pertanyaan yang kemudian kamu jawab sendiri berdasarkan disertasi yang kamu perkenalkan.

Dalam teknik menulis esai ilmiah yang baik kamu dapat membagi metode diskusi ini menjadi beberapa paragraf yang tepat. Kamu misalnya dapat mengajukan sebuah permasalahan pada sebuah paragraf yang diikuti pula oleh berbagai konsekuensi risikonya. Kemudian pada paragraf selanjutnya, kamu dapat menerangkan solusi yang kamu miliki berdasarkan disertasi pemikiran yang kamu tawarkan.

Jika pertanyaan yang kamu anggap paling penting hanya satu saja, maka kamu dapat mengembangkan berbagai konsekuensi dan risikonya menjadi paragraf diskusi yang lebih komprehensif. Namun, jika kemudian kamu menemukan ada banyak pertanyaan relevan yang dapat digunakan untuk memperkaya diskusi essay yang kamu tulis, maka tentu saja kamu dapat menambahkannya.

Akan tetapi dalam penambahan pertanyaan sebagai materi diskusi, kamu harus membuatnya rapi, ideal dan juga relevan. Kamu dapat menyiasati tujuan ini dengan membuat daftar yang sesuai dalam beberapa bagian.

Tunjukkan Pengetahuan dan Pemahamanmu Mengenai Beberapa Materi yang Sudah Kamu Baca

Source: Medford Public Library

Penting pula dilakukan dalam penulisan ini untuk menunjukkan pengetahuan yang kamu miliki. Hal ini bertujuan untuk memberikan pandangan kepada pembaca bahwa pengetahuan dan pemahamanmu mengenai topik yang sedang dibicarakan, memang memadai. Atau dengan kata lain yang lebih tegas, kamu memang layak dan pantas membicarakan hal itu berdasarkan wawasan yang kamu miliki.

Beberapa tips menulis essay yang seringkali disampaikan pada bagian ini adalah dengan mengutip beberapa kalimat pada buku yang telah kamu baca, kemudian menyampaikan pandanganmu yang selaras dengan kutipan tersebut. Langkah ini akan memberikan sedikit gambaran kepada pembaca mengenai keluasan wawasanmu berdasarkan buku-buku yang telah kamu baca mengenai topik yang sedang dibahas.

Tawarkan Penjelasan yang Padat dan Berikan Bukti untuk Memperkuat Argumentasimu

Source: Slideshare

Untuk membuat essay yang kamu tulis menjadi lebih berbobot dan kuat, kamu harus mampu menjelaskan pemikiranmu secara jelas, padat, kuat dan ringkas. Hindari penulisan bertele-tele yang justru akan menciderai performance dari struktur essay yang kamu tuliskan.

Pada bagian ini kamu juga dapat menambahkan beberapa contoh kasus sebagai bukti relevan untuk menguji teori yang kamu ajukan. Bukti-bukti harus mampu menjadi semacam studi kasus yang membuat argumentasi menjadi lebih kuat, berbobot dan masuk akal.

Tambahkan Kutipan yang Tepat

Jika anda kehilangan seseorang dalam upaya mencari diri anda sendiri, artinya anda sudah berada pada arah yang benar

Anonim

Kutipan pada bagian adalah sebuah kutipan bijaksana yang biasa dikenal pula dengan istilah quotes. Nah, kamu dapat mewarnai gaya menulis esai yang kamu lakukan dengan menambahkan satu atau beberapa quotes yang bijak, relevan dan memiliki interaksi yang tepat mengenai opini essay yang kamu sampaikan.

BACA JUGA: INI TANDA YANG PALING JELAS KALAU KAMU MEMANG BERBAKAT MENJADI PENULIS

BAGIAN KETIGA: KESIMPULAN DAN PENUTUP ESSAY

Source: Futurelearn

Setelah kamu merasa telah menyampaikan semua pemikiran, gagasan dan idemu dalam isi essay, sekarang kamu dapat menutup esaimu dengan cara yang elegan dan tepat.

Lalu, bagaimana sebenarnya cara menutup essay dengan baik?

Format penulisan essay yang benar adalah dengan mengubah pembahasan tulisan dari yang sebelumnya rincian dan spesifik pada bagian isi, menjadi lebih general dan umum kembali pada bagian penutup. Nah, untuk kepentingan melakukan transformasi semacam ini, beberapa hal penting berikut ini harus kamu perhatikan;

Ulangi Kembali Jawaban yang Kamu Miliki atas Pertanyaan di Awal Essay

Source: Taylor Class

Bagian ini mengharuskan kamu untuk mengulangi kembali pertanyaan pada pembukaan dan menjelaskan bahwa kamu memiliki jawabannya. Jawaban yang kamu miliki tersebut adalah apa yang kamu uraikan dalam body esai yang sebelumnya telah kamu jabarkan.

Ingat, bagian ini hanya ingin menekankan kepada pembaca bahwa kamu memiliki jawaban berdasarkan analisa ilmiahmu pada body essai. Kamu tidak perlu menguraikan hal-hal spesifik yang sebelumnya sudah kamu sampaikan pada isi essay.

Buat Ringkasan Ide dan Pemikiranmu

Source: Coolessay

Hal selanjutnya yang harus diperhatikan dalam teknik menulis essay adalah dengan memberikan semacam ringkasan atau rangkuman ide-ide pokok yang telah dikemukakan pada isi essay sebelumnya.

Ringkasan ini memiliki maksud yang sama seperti pengulangan pertanyaan sebelumnya, yakni sebagai penegasan ide pokok pikiran yang disampaikan dalam isi essay. Selain butir-butir ide pokoknya, kamu juga dapat menambahkan sedikit penjelasan yang paling penting sebagai bagian dari penegasan gagasan pemikiran yang telah kamu sampaikan.

Berikan Kesimpulan sebagai Penutup

Source: Dhickonline

Setelah proses menyampaikan ringkasan poin-poin pemikiran dan gagasan pokok selesai, sekarang kamu dapat menutup esai yang telah kamu tulis. Sebagai penutup yang menarik kamu mungkin dapat menambahkan satu dua kalimat yang berisi tentang kemungkinan implikasi, arah penelitian selanjutnya dan juga sebuah kesimpulan yang berkualitas.

Penting untuk kamu perhatikan pada bagian penutup essay adalah untuk tidak menyampaikan gagasan baru kembali. Jadi, meskipun misalnya kamu memiliki ide baru untuk disampaikan pada saat menulis bagian penutup essay, jangan tuliskan hal tersebut pada bagian ini.

BACA JUGA: BEBERAPA KESALAHAN PENULIS PEMULA YANG PALING SERING DILAKUKAN

Ikuti Kelas Menulis Essay, Artikel, Buku dari Penulis yang Berpengalaman

Source: San Diego Writers

Nah, itu adalah tiga hal penting dalam menulis essay atau menulis esai yang tentu saja dapat kamu praktikkan dengan mudah. Dengan latihan dan keinginan belajar yang konsisten, kamu pasti dapat menulis essay dengan cara yang paling tepat dan sempurna, terlepas apa pun profesi keseharian yang kamu lakukan.

Sebagai bagian akhir dari artikel ini, www.penulisgunung.id membuka kesempatan jika kamu ingin mempelajari cara penulisan yang efektif dan efisien. Dengan mengikuti kelas online di http://www.penulisgunung.id, kamu akan mampu menulis lebih cepat, lebih tepat sasaran, dan juga lebih efektif.

Anton Sujarwo

Beberapa keunggulan mengikuti kelas menulis di penulisgunung.id

  • Dibimbing langsung oleh penulis berpengalaman. Anton Sujarwo telah menulis 12 judul buku, fiksi dan non fiksi, menulis ribuan artikel untuk kepentingan SEO, copywriting, softselling dan internet marketing.
  • Kelas menulis dapat dilakukan secara offline dan online
  • Biaya kelas menulis yang ringan.
  • Bagi penulis yang ingin memiliki karya berbentuk buku dan diterbitkan, bebas biaya konsultasi sampai bukunya diterbitkan. (Kecuali menggunakan jasa penulis untuk editing, layouting, dan sebagainya)
  • Dapat memilih materi penulisan yang ingin dipelajari sesuai dengan kebutuhan (penulisan buku, artikel populer, artikel SEO, artikel copywriting, essay ilmiah, skenario film, dan sebagainya).
  • Waktu belajar dapat didiskusikan terlebih dahulu.
  • Dan lain-lain.

Nah, jika kamu tertarik untuk mengikuti kelas menulis yang disediakan oleh penulisgunung.id, kamu dapat langsung menghubungi penulis menggunakan form kontak dibawah ini.

Satu respons untuk “TIPS MENULIS ESSAY DAN 3 BAGIAN PALING PENTING DALAM MELAKUKANNYA

Add yours

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog di WordPress.com

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: