Lompat ke konten
Beranda » Blog » Penulis Konten dan 7 Skill Wajib untuk Sukses Menekuninya

Penulis Konten dan 7 Skill Wajib untuk Sukses Menekuninya

Penulis Konten

Untuk satu artikel dengan panjang 800 hingga 1000 kata, seorang penulis konten bisa mendapat bayaran hingga $75 atau setara satu juta rupiah kurang lebih. Jika setiap hari kamu membuat satu artikel saja secara konsisten, maka penghasilan kotormu selama satu bulan adalah sekitar 30 juta rupiah. Wah, tentu saja ini angka yang sangat menarik sekali, bukan?

Lantas, apa sih penulis konten atau content writer  itu? Apa yang mereka kerjakan dan apa pula skill yang harus dimiliki untuk bisa menjadi seorang content writer yang sukses?

Yuk, temukan jawabannya dalam pembahasan lengkapnya dalam artikel.

Kamu butuh ghost writer profesional untuk menyelesaikan pekerjaanmu?

Profesi Penulis Konten 7 Skill Wajib untuk Sukses Menekuninya

Penulis konten
Photo by Pexels.com

Profesi sebagai seorang penulis konten online  sudah banyak peminatnya di Indonesia. Memang, jika dibandingkan dengan penghasilan content writer luar negeri seperti di Amerika dan Eropa, para penulis konten di Indonesia masih sangat jauh tertinggal. Namun, Allhamdulillah, perlahan-lahan sudah semakin banyak pengguna jasa penulis konten yang menghargai profesi ini secara lebih baik dari sisi bayarannya.

Bayaran content writer di Indonesia masih sangat bervariasi. Ada banyak para penulis konten yang hanya mendapat bayaran Rp, 15.000 untuk artikel dengan panjang 350 – 500 kata. Namun ada juga yang lebih baik daripada itu. Bahkan, sudah ada pula pengguna jasa content writer yang mau membayar hingga satu juta rupiah untuk satu artikel premium dengan jumlah 1.500 – 2000 kata.

Melihat bervariasinya fee untuk jasa penulis konten di Indonesia, prospek untuk menjadi penulis konten profesional dengan penghasilan yang besar masih terbuka sangat lebar. Pertanyaannya kemudian adalah; apakah kamu juga tertarik menjadi seorang content writer  profesional seperti itu?

Nah, jika kamu memiliki keinginan menjadi content writer  profesional dan sukses di bidang itu, maka artikel ini ditulis khusus untuk kamu.

Jadi, dibaca sampai selesai, ya.

BACA JUGA: PANDUAN CARA MENULIS SKENARIO YANG MUDAH LENGKAP DENGAN CONTOHNYA

Apa sih, Content Writer atau Penulis Konten itu?

Penulis konten
Photo by Pexels.com

Content writer  atau penulis konten adalah orang yang membuat konten digital yang bertujuan untuk mendidik, melibatkan, atau menjaga hubungan yang harmonis dengan konsumen online . Berdasarkan pengertian ini, seorang content writer dituntut untuk membangun keterlibatan konsumen online  pada konten yang ditulisnya.

Kamu tentunya sudah sangat familiar kan, dengan berbagai karya penulis konten digital?

Bahkan sekarang, saat membaca tulisan pada blog ini, kamu juga sedang berhadapan dengan karya dari seorang penulis konten digital.

Menariknya adalah, menulis konten itu tidak terbatas pada aktivitas blogging semata. Orang yang menyajikan data visual berbentuk video, foto, info grafik dan sejenisnya, juga termasuk dalam pengertian ini. Hanya saja untuk penghasil konten di luar tulisan umumnya disebut sebagai content creator dan bukannya content writers.

Seperti Apa Pekerjaan Seorang Penulis Konten?

Penulis konten
Photo by Burst on Pexels.com

Para penulis konten freelance atau pun yang direkrut permanen, memiliki job untuk menarik orang sebanyak mungkin pada sebuah situs. Pemilik bisnis online  yang memasarkan produk mereka secara digital sudah sangat faham bahwa orang yang akan membeli produk mereka, adalah orang yang mengunjungi situs mereka. Akan tetapi, menarik konsumen online  tentu saja tidak semudah memanggil orang-orang di pasar dengan sebuah pengeras suara, kan?

Nah, inilah tempata para content writer menunjukkan kehebatan mereka melalui tulisan yang mereka hasilkan. Merekalah kemudian yang tampil menjadi pahlawan guna menarik publik online  untuk mengunjungi sebuah situs. Kehebatan para penulis konten mendapatkan pembuktian yang riil dengan tingkat kunjungan yang semakin meningkat melalui tulisan mereka.

Pemilik bisnis menyewa atau mempekerjakan para freelance penulis konten untuk memproduksi artikel yang kuat dan berkualitas untuk menarik audiens ke website mereka. Beberapa pemilik bisnis juga kadang membayar content writer dengan spesialisasi khusus untuk membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan atau subsriber mereka melalui email marketing atau pun sosial media.

Jadi, tugas penulis konten adalah memproduksi konten berkualitas yang memiliki nilai informasi, edukasi, engagement, dan ajakan yang tujuannya adalah untuk mendatangkan traffic sebanyak mungkin melalui tulisan mereka.

BACA PULA: 10 BUKU TERBAIK MENURUT ELON MUSK YANG SEHARUSNYA KAMU BACA

Apa Saja Jenis Pekerjaan Seorang Penulis Konten?

Pekerjaan penulis konten tidak terbatas pada blog post dan menulis artikel saja. Berikut adalah beberapa pekerjaan content writer yang mungkin saja salah satunya, adalah keahlian kamu.

1. Blog Post dan Artikel

Penulis konten
Photo by Jacqueline Kelly on Pexels.com

Jenis ini adalah salah satu yang paling umum dalam job desc seorang content writer. Kebanyakan orang yang menjadi penulis konten atau bekerja sebagai content writer untuk sebuah jasa penulisan, adalah mereka yang bertugas menulis untuk postingan blog seperti ini.

www.penulisgunung.id adalah blog yang baru memiliki sekitar 40 artikel. Dengan 40 artikel ini setidaknya mampu menarik organic traffic sekitar 200 hingga 400 viewer per hari. Penulisan konten seperti ini yang mampu terindeks dengan baik di mesin pencarian google, adalah contoh tugas penulis konten yang paling umum.

2. Web Page Copy dan Copywriting

Photo by Format on Pexels.com

Ini adalah jenis pekerjaan kedua dari seorang content writers.

Fungsi utama dari model pekerjaan ini adalah content writer menyusun kata-kata yang mendeskripsikan sesuatu yang tujuannya untuk menjual. Web page copy adalah menulis copy tentang halaman website, tentang produk dan layanan yang tujuan utamanya untuk menjual sesuatu.

3. Landing Pages

Photo by Format on Pexels.com

Untuk menarik minat pengunjung melakukan sesuatu sesuai arahan pada saat pertamakali mengunjungi halaman sebuah website, seseorang harus membuat susunan kata yang magnetic.

Nah, ini adalah salah satu skill yang dapat kamu asah jika kamu ingin menekuni profesi sebagai seorang content writer yang khusus membidangi landing pages.

4. Penulis Script untuk Podcast

Penulis konten
Photo by Pexels.com

Podcast portal seperti yang dimiliki oleh Dedy Corbuzier itu adalah sebuah rekaman audio yang terkadang juga disiarkan secara live adalah konten yang berisi informasi, hiburan atau edukasi untuk follower mereka.

Ada banyak para podcaster yang menulis script atau naskah audio mereka secara mandiri, kata per kata. Namun, tidak semua podcaster memiliki kemampuan seperti ini.

Bagi yang tidak memiliki kemampuan menulis yang baik untuk materi podcast script mereka, content writer adalah solusinya.

5. Posting Sosial Media dan Iklan

Photo by Artem Beliaikin on Pexels.com

Untuk sebuah bisnis online , media sosial tentu saja memiliki banyak fungsi penting yang dapat kamu maksimalkan.  Freelance penulis konten atau penulis profesional yang pekerjaannya terkait media sosial bertugas setidaknya untuk;

  • Membangun kedekatan dan loyalitas dengan pengikut mereka.
  • Mengembangkan brand awareness.
  • Mempromosikan berbagai produk yang dijual
  • Mengarahkan pemirsa di media sosial untuk mengunjungi website mereka.

INI JUGA MENARIK: CARA MENULIS BUKU KENAIKAN PANGKAT UNTUK GURU DALAM 5 LANGKAH SANGAT MUDAH

6. Email Marketing, Campaign dan Newsletters

Photo by Pexels.com

Tugas penulis konten lain dalam dunia bisnis adalah dengan menjadi seorang pengelola email bagi perusahaan mereka, khusunya email yang bersifat promosi produk, pemasaran, dan lain sebagainya.

Email langsung kepada pemirsa mereka adalah salah satu cara lain yang cukup efektif untuk menumbuhkan loyalitas konsumen online.

7. Penulis Konten untuk Infografik

Source: Freepik

Di aplikasi seperti pinterest, kamu akan melihat lebih dari 50% konten gambarnya berisi infograpik atau infographics.

Infografik tersaji dengan gambar dan kata-kata minimal yang padat, jelas dan informatif. content writer tentu saja memiliki kemampuan untuk menyusun rangkaian kata tersebut.

8. Penulis Konten untuk Ebooks

Photo by Perfecto Capucine on Pexels.com

Di website www.akasakaoutdoor.co.id ada sebuah program affiliate marketing yang sangat menyenangkan untuk diikuti. Program ini memberikan kesempatan kepada kamu untuk memasarkan produk mereka secara gratis tanpa harus mengeluarkan biaya sama sekali. Tutorial lengkap untuk menjadi seorang affiliate marketer di situs tersebut tertuang dalam sebuah ebook yang dapat di-download dengan mudah.

Menulis ebook seperti ini dengan informasi yang panjang dan mendetail adalah salah satu pekerjaan dari seorang content writer profesional. B2B atau Business to Business sudah akrab menggunakan metode ini untuk membangun komunikasi dan trust dengan pengikut mereka.

9. Penulis Konten untuk Video Script

Photo by Tima Miroshnichenko on Pexels.com

Seperti halnya podcaster, tidak semua youtuber atau produsen video online  juga memiliki kemampuan dalam menulis script. Nah, ini adalah salah satu peluang penulis konten online  untuk menunjukkan kemampuan mereka.

Video secara umum lebih banyak penggemarnya karena sangat sederhana. Kamu tinggal mengklik tombol play dan semua informasinya akan dipertontonkan untuk kamu.

Konten video yang informatif tentu saja tidak boleh asal-asalan, beberapa pembuat video membutuhkan penulis konten profesional untuk membuat konsep atau skenario serta deskripsi video mereka sebelum dipublikasikan.

10. Penulis Konten untuk Product Description

Source: Freepik

Jenis pekerjaan terakhir dari seorang content writer adalah membuat deskripsi produk.

Penulis konten untuk E-commerce berfokus pada membuat deskripsi produk yang akan membujuk calon pembeli memasukkan produk mereka ke keranjang belanja. Sebagai content writer untuk jenis seperti ini, kamu dapat lebih berfokus pada keuntungan yang akan diperoleh pembeli dengan membeli produk tersebut.

BACA INI JUGA, YUK; JASA PENULISAN ARTIKEL ILMIAH SEBAGAI SYARAT KENAIKAN PANGKAT

Kualifikasi Seperti Apa yang Diperlukan untuk Menjadi Penulis Konten yang Hebat?

Photo by Cup of Couple on Pexels.com

Untuk menjadi content writer yang hebat, ada beberapa kualitas yang sudah semestinya kamu miliki. Kualitas atau kualifikasi setiap penulis konten bisa saja berbeda-beda, namun secara umum yang paling harus ada dari seorang content writer adalah sebagai berikut;

1. Memiliki Kepribadian Menarik

Penulis konten
Source: Freepik

Seorang content writer harus memperlakukan pembaca mereka dengan penuh hormat dan empati. Penulisan konten website yang baik adalah yang memprioritaskan pembaca mereka sebagai objek utama. Untuk kepentingan ini, seorang content writer  harus mampu mengaplikasikannya.

Penulis konten yang hebat tentu saja dapat merefleksikan diri mereka sendiri dalam setiap karyanya. Akan tetapi porsi empati kepada audiens dan pembaca tetap adalah yang utama.

2. Memiliki Kemampuan Beradaptasi

Photo by Lisa on Pexels.com

Sebagian besar content writer memang memiliki spesifikasi untuk tema tertentu. Kamu misalnya sangat bagus ketika menulis tentang wisata, tentang kesehatan, atau tentang keuangan dan bisnis.

Meskipun demikian, cara menjadi penulis konten juga mengharuskan kamu untuk mampu menyesuaikan diri dengan gaya penulisan tertentu. Hal ini supaya kamu mampu memenuhi permintaan klien sebaik mungkin.

3. Memiliki Ketekunan

Photo by Johanser Martinez on Pexels.com

Seorang content writer  memiliki semangat luar biasa dalam segala keadaan yang tercermin dari tulisan dan karya mereka. Mereka harus terus mempelajari keterampilan baru dan berinovasi dalam blog-blog penulisan yang lebih baik.

4. Memiliki Intergritas

Photo by Karolina Grabowska on Pexels.com

Content writer yang hebat membuat para pembaca percaya dengan kata-kata mereka, sementara klien mereka juga meyakini etos kerja mereka.  Penulis konten seperti ini mampu memberikan penghargaan kepada karya orang lain melalui kata-kata dan tulisan mereka sendiri.

BACA INI JUGA: 10 HAL PENTING YANG HARUS DIPAHAMI OLEH SETIAP JASA PENULIS ARTIKEL

7 Skill Dasar Seorang Penulis Konten Profesional

Penulis konten
Photo by Ivan Samkov on Pexels.com

Sepanjang karir, seorang penulis konten online  harus terus memperbaharui skill mereka. Dunia digital yang dinamis dan bergerak sangat cepat membutuhkan seorang content writer yang  mampu beradaptasi dengan baik di bidangnya.

Akan tetapi, setidaknya ada 7 keterampilan dasar yang harus ada dari seorang content writer, yaitu;

1. Menguasai Kata-Kata

Photo by Pexels.com

Ini tentu saja adalah keterampilan sangat dasar yang harus setiap penulis konten apa pun miliki. Kemampuan menyusun kata-kata, membuat struktur kalimat, tata bahasa yang benar, tanda baca yang tepat, hingga menghasilkan tulisan yang enak berkualitas.

Ini adalah skill paling dasar yang harus seorang content writer s punyai. Dan pastinya, kamu juga sudah pasti menguasai hal ini, kan?

Intinya adalah; content writer website yang sukses itu harus mampu membuat tulisan yang menarik, mengalir dan enak dibaca oleh konsumen online.

2. Memiliki Empati

Photo by Pexels.com

Nah, sebagai penulis konten profesional, empati adalah salah satu skill dasar yang harus kamu miliki. Empati memiliki hubungan yang erat dengan cara memahami pikiran pembaca, apa yang mereka inginkan, dan apa pula yang menjadi masalah mereka.

Empati sebagai cara menjadi penulis konten website bermakna sederhana yakni sebagai cara memandang subjek yang kamu tulis dari sudut pandang pembaca, alih-alih sebagai klien atau dirimu sendiri. Para penulis konten profesional ini menyajikan tulisan yang mampu membimbing pembaca mereka pada solusi yang klien mereka siapkan.

Metode empati model inilah yang harus ada dari seorang penulis konten yang hebat.

3. Faham SEO (Search Engine Optimazation)

Photo by Pexels.com

Kamu sudah pasti cukup paham apa itu SEO, bukan?

Untuk tampil di halaman pertama kolom pencarian google dan mesin pencarian lainnya, sistem biasanya mengindeks berdasarkan kata kunci yang paling cocok, artikel yang relevan, dan tautan berupa internal link atau eksternal link. Memahami kaidah cara kerja SEO adalah cara untuk berhasil pada bagian ini.

Salah satu pengguna jasa www.penulisgunung.id memiliki 550 kata kunci yang tampil di halaman pertama kolom pencarian google. 200 di antara kata kunci atau keyword tersebut menduduki peringkat 1 – 3 hasil teratas.

Nah, untuk membuat konten dengan hasil seperti itu, faham SEO tentu saja harus menjadi syaratnya.

BACA PULA: JASA PENULIS ARTIKEL MANDIRI UNTUK SOLUSI KONTEN ARTIKEL DAN BERKUALITAS

4. Memiliki Kemampuan Riset

Source: Freepik

Walaupun para penulis konten lepas sudah terbiasa menguasai topik tertentu dalam penulisan mereka, namun riset tetap tidak boleh kamu tinggalkan. Dengan melakukan riset terhadap materi penulisan yang akan kamu lakukan, kamu mungkin saja akan menemukan beberapa hal yang lebih banyak untuk membuat konten yang kamu tulis menjadi lebih berbobot.

Kemampuan content writer  untuk menemukan, memilah, mengatur dan menerbitkan hasil riset mereka pada konten website klien mereka, akan meningkatkan kredibilitas website tersebut di mata para pemirsa online .

Dan itu tentu sangat penting untuk dilakukan.

5. Editing Mandiri dan Proof Reading

Source: Freepik

Skill selanjutnya yang juga harus ada dari seorang penulis konten profesional adalah kemampuan untuk melakukan self editing. Pengeditan mandiri ini dibutuhkan sebelum tulisan diserahkan kepada klien menjadi sebuah artikel yang siap publish.

Konten tulisan yang diserahkan kepada klien, sebaiknya memang sudah ready to up load. Hal ini akan mengurangi beban klien untuk melakukan editing. Self editing sendiri meliputi penempatan tanda baca, ejaan, typho, dan lain sebagainya.

6. Disiplin dan Tepat Waktu

Photo by Black Pexels.com

Penulis konten freelance sudah semestinya memiliki manajemen waktu yang baik mengenai proses pengerjaan konten yang ia lakukan. Hal ini berkenaan dengan deadline atau tenggat waktu, dan mungkin juga mengenai ekspektasi penulisan.

Penulis konten lepas juga sebaiknya menjaga komunikasi yang baik pada klien mereka terkait dengan target penulisan. Komunikasi yang baik juga sebaiknya difokuskan pada ekspektasi penulisan apa yang ditargetkan oleh klien.

Jika kamu menulis konten yang menekankan deadline, maka sebaiknya kamu mematuhinya. Selain menunjukkan integritasmu, disiplin dengan waktu akan membantumu  untuk lebih sukses dibanding orang yang kurang menghargai waktu.

7. Memahami Literasi Komputer

Source: Freepik

Nah, skill terakhir yang juga harus dimiliki oleh seorang content writer online adalah kemampuan mereka memahami literasi komputer yang sederhana. Ja ngan takut dulu, ini tidak akan serumit memahami bahasa coding, HTML, Java, dan sejenisnya.

Literasi komputer yang dibutuhkan oleh seorang penulis konten meliputi hal-hal yang sederhana seperti navigasi online , mengirim email, membuat postingan blog, menambahkan link URL pada tulisan, atau juga menambahkan gambar yang relevan pada konten yang ditulis.

Sesederhana itu saja, kamu pasti sudah terbiasa, kan?

BACA JUGA: MENGAPA SKILL MENULIS ITU SANGAT PENTING DI ZAMAN SEKARANG?

Lalu, Bagaimana Memulai Menjadi Penulis Konten Profesional

Penulis konten
Photo by Anna Shvets on Pexels.com

Ada ribuan orang yang telah bekerja menjadi content writer  dan mendapatkan gaji penulis konten yang menarik. Para penulis konten dapat memilih waktu mereka sendiri secara freelance, atau pun menulis penuh waktu sebagai full time job.

Nah, untuk kamu yang ingin terjun pula menjadi seorang content writer profesional, beberap tips berikut ini akan berguna untukmu;

  • Menulislah setiap hari. Apa pun yang kamu tulis, sesederhana apa pun itu, lakukan setiap hari. Buatlah menulis menjadi rutinitas harianmu.
  • Membaca lebih banyak. Baca dan ketahui lebih banyak pengetahuan mengenai dunia kepenulisan. Tambah pengetahuanmu setiap hari dengan lebih banyak membaca.
  • Akrablah dengan SEO. Kamu tidak bisa meninggalkan SEO untuk menjadi penulis konten yang hebat. Tidak ada salahnya menginvestasikan waktu dan biayamu untuk memahami lebih banyak tentang hal ini.
Photo by FreeBoilerGrants on Pexels.com
  • Ambil Kelas Belajar. Kamu bisa melakukannya dengan ikut training, kursus online , pelatihan dan lain sebagainya.
  • Jangan Membatasi Diri dengan Eksperimen. Coba tulis berbagai macam topik dan jangan enggan mencobanya. Kamu bisa mencoba menulis tentang wisata, budaya, kuliner, keyakinan, akuntansi dan masih banyak lagi. Mungkin saja dengan cara ini kamu akan mengetahui topik utama apa yang paling kamu minati nantinya.
  • Terus Belajar dan Buat Fortopolio. Sembari terus meningkatkan jam terbang dan kemampuanmu, kamu juga bisa membangun fortopolio yang bagus melalui blog dan sebagainya. Muaranya, hal ini akan meningkatkan reputasimu sebagai seorang penulis konten yang profesional.

BACA PULA: 6 CIRI-CIRI ORANG YANG BERBAKAT MENJADI SEORANG PENULIS, KAMUKAH ORANGNYA?

Sekarang, Apa yang Harus Kamu Lakukan?

Penulis konten
Photo by Christina Morillo on Pexels.com

Mulailah untuk menulis konten pertamamu sesegera mungkin. Prospek menjadi penulis konten dan mendapatkan nafkah yang menarik dari bidang ini sangat besar. Ketika dunia semakin berpindah secara online  dan bisnis digital semakin mendominasi, penulis konten akan selalu menjadi profesi yang sangat dibutuhkan.

Shopee Mantul

Dan itu adalah pintu gerbang besar yang sudah dibuka untuk kamu memasukinya.

Selanjutnya, teruslah belajar dan berlatih, ya.

Kamu akan sukses menjadi penulis konten yang luar biasa jika kamu konsisten dan pantang menyerah untuk belajar dan berlatih.

Jadi, selamat mencoba!



Penulis terbaik

Anton Sujarwo

Saya adalah seorang penulis buku, content writer, ghost writer, copywriters dan juga email marketer. Saya telah menulis 14 judul buku, fiksi dan non fiksi, dan ribuan artikel sejak pertengahan tahun 2018 hingga sekarang.

Dengan pengalaman yang saya miliki, Anda bisa mengajak saya untuk bekerjasama dan menghasilkan karya. Jangan ragu untuk menghubungi saya melalui email, form kontak atau  mendapatkan update tulisan saya dengan bergabung mengikuti blog ini bersama ribuan teman yang lainnya.

Tulisan saya yang lain dapat dibaca pula pada website;

%d blogger menyukai ini: