BAGAIMANA MENCARI FREELANCER GHOST WRITER YANG TEPAT UNTUK PEKERJAANMU?

Menemukan jasa freelancer ghost writer adalah pekerjaan yang susah-susah gampang. Jika yang kamu cari adalah seseorang yang bisa menulis saja, maka menemukan ghost writer adalah gampang. Namun jika yang dibutuhkan adalah seorang ghost writer profesional yang dapat menyelesaikan pekerjaanmu dengan tepat, ideal, dan otentik, maka ini bisa menjadi sebuah tantangan serius.

Lantas, bagaimana sebenarnya panduan mencari seorang jasa ghost writer yang paling tepat dengan kebutuhanmu?

Berikut panduannya yang bisa kamu ikuti.

Defenisi Freelancer Ghost Writer

Ghost writer artinya dalam bahasa Indonesia adalah penulis bayangan, penulis hantu, atau penulis siluman.

Namun, pengertian yang lebih spesifik mengenai profesi ini adalah seorang penulis profesional yang dibayar untuk menulis buku, jurnal, artikel, novel dan berbagai karya tulisnya, atas nama orang lain. Konsekuensi apa pun yang kemudian muncul dari hasil tulisannya akan menjadi hak sepenuhnya dari orang yang membayar jasanya.

Dari pengertian ini dapat disimpulkan bahwa  gaji ghost writer diperolehnya dari bayaran jasanya untuk menulis dan bukan dari hasil tulisan itu sendiri.

Jadi, jika kemudian tulisannya dipublikasi dan mendapatkan penghasilan dari penjualan, endorse atau yang lainnya, maka seorang ghost writer tidak mendapatkan hak atau komisi apa pun.

BACA JUGA:

Siapa Pengguna Jasa Ghost Writer

Source: The Heavy Beavers

Orang-orang yang memiliki ide, pendapat, gagasan atau apa pun yang terkait dengan tulisan yang perlu dipublikasi namun mereka tidak dapat menulisnya, maka mereka membutuhkan ghost writer atau penulis bayangan.

Untuk orang-orang seperti ini, arti ghost writer adalah untuk mentransformasikan ide dan pemikiran mereka menjadi tulisan yang kemudian dinisbahkan atas nama mereka sendiri. Ada pun si penulis siluman, mendapat balas jasa mereka berupa upah yang telah disepakati bersama sebelumnya.

Hampir semua profesi biasa menggunakan jasa ghost writer.

Tidak memiliki waktu untuk menulis, tidak memiliki skill untuk menulis, atau pun tidak memiliki pengetahuan untuk melakukannya, adalah beberapa alasan umum mengapa orang-orang menggunakan jasa seorang ghost writer.

Hampir semua publik figur pernah menggunakan jasa seorang ghost writer dan akrab dengan profesi ini. Bahkan nama-nama seperti Richard Branson, Donald Trump dan lain sebagainya, menerbitkan buku atas nama mereka yang sejatinya ditulis oleh seorang ghost writer.

Beberapa Manfaat Menggunakan Jasa Ghost Writer

Ada serangkaian alasan mengapa seseorang meggunakan jasa ghost writer untuk mengerjakan pekerjaan mereka.

Beberapa alasan yang paling umum misalnya adalah;

Ghost Writer Menghemat Banyak Waktu

Photo by Karolina Grabowska on Pexels.com

Untuk kamu yang sibuk dan tidak memiliki waktu untuk menulis sementara profesi dan reputasi menuntut kamu untuk memiliki buku, maka ghost writer adalah solusi yang paling ideal.

Anggaplah misalnya kamu adalah seorang publik figur yang memiliki kisah yang menarik untuk dituliskan. Dan publik menanti-nantikan kisah tersebut dalam sebuah buku.

Dengan padatnya jadwal yang kamu miliki kamu mungkin tidak akan punya waktu untuk menulis buku dengan setebal hingga 50.000 kata, kan?

Nah, ghost writer adalah orang yang akan membantu kamu dalam hal itu.

Ghost Writer adalah Penulis Profesional

Photo by Dziana Hasanbekava on Pexels.com

Harga ghost writer profesional dengan pengalaman bertahun-tahun mungkin memang lebih tinggi daripada penulis bayangan pemula. Hal ini sebanding karena mereka memang adalah penulis profesional yang profesi utama mereka yang utama adalah menulis.

Menulis adalah pekerjaan yang mereka adalah ahlinya.

Dengan dikerjakan oleh penulis profesional yang memiliki pengalaman panjang, kamu tidak perlu ragu dengan kemampuan dan keterampilan mereka dalam mengolah kata.

INI JUGA MENARIK:

Ghost Writer Membantu Meningkatkan Brand Awareness Lebih Cepat

Photo by Caio on Pexels.com

Jika kamu adalah seorang pemilik bisnis, ghost writer akan membantu kamu menaikkan brand awareness lebih cepat.

Di saat kamu tetap dapat berfokus mengurus bisnis dan mengatur laju perusahaanmu, penulis bayangan yang kamu rekrut akan membantu dalam hal menaikkan rating bisnis kamu melalui tulisan.

Hal ini sebenarnya sederhana, ketika kamu tetap dapat bekerja seperti biasa. Ghost writer yang kamu bayar akan menulis kisahmu, pesanmu, impianmu, tawaranmu dan apa pun yang terkait dengan bisnismu untuk diketahui masyarakat luas.

Tentu dalam hal ini jasa ghost writer akan membuat bisnis kamu lebih cepat dikenal di publik, bukan?

Ghost Writer Mengerti Tentang SEO

Photo by Tobias Dziuba on Pexels.com

Untuk penulisan yang publikasinya di internet seperti artikel blog, konten website, dan lain semacamnya, kamu membutuhkan penulis siluman yang mengerti SEO dengan baik.

SEO atau Search Engine Optimazation adalah cara kerja mesin pencari seperti Google dan bing dalam menampilkan hasil pencarian yang diperintahkan. Untuk tampil di halaman pertama kolom pencarian seperti ini, pengetahuan tentang SEO adalah sesuatu yang wajib dimiliki.

Nah, ghost writer profesional telah memahami hal ini.

Mereka dapat melakukan riset, menempatkan kata kunci yang sesuai, memilih image yang paling ideal dan juga mengoptimasinya. Keterampilan ini akan membantu website kamu untuk tampil lebih baik dalam halaman pencaharian.

Bagaimana Menemukan Freelancer Ghost Writer yang Paling Sesuai dengan Pekerjaanmu

Kamu mungkin dapat berselancar di berbagai platform dimana lowongan ghost writer disediakan. Pada banyak platform semacam itu, kamu akan mendapati banyak kandidat penulis bayangan yang bisa kamu gunakan jasanya. Namun pertanyaannya adalah; bagaimana menemukan yang terbaik di antara mereka?

Nah, beberapa tips dan panduan berikut bisa dipraktikkan untuk mendapatkan jawabannya.

Tentukan Tujuan Penulisanmu dengan Jelas

Source: Prowritingaid

Sebelum kamu menimang-nimang penulis bayangan mana yang akan gunakan, pastikan dulu kamu mengerti dengan sangat pasti apa tujuan dan target penulisan yang akan kamu berikan. Pastikan pula dalam langkah yang pertama ini bahwa segala manfaat yang kamu inginkan dalam penulisan itu nantinya, dapat dibantu pencapaiannya oleh sang ghost writer.

Beberapa hal mendasar yang harus kamu tentukan lebih dulu misalnya adalah;

  • Apa yang ingin kamu capai dengan buku atau tulisan yang ingin kamu terbitkan? Apakah ini tentang fakta, tentang pengalaman hidup, tentang suatu cara yang dapat memberi manfaat dalam kehidupan orang lain, dan sebagainya.
  • Apakah tulisan yang ingin kamu publikasikan itu untuk kepentingan branding, meningkatkan penjualan, mengenalkan dirimu pada publik, atau mengenalkan sebuah prestasi yang telah kamu raih.

Pastikan kamu membuat determinasi yang jelas dari target penulisan yang akan kamu lakukan sebelum kamu mengklik lowongan freelance ghost writer mana pun yang akan kamu sewa jasanya.

BACA PULA:

Ketahui Dimana Kamu bisa Menemukan Ghost Writer

Photo by Andrea Piacquadio on Pexels.com

Untuk mendapatkan penulis bayangan yang kamu butuhkan, kamu dapat menempuh berbagai cara.

Kamu misalnya dapat masuk dalam komunitas ghost writer untuk melihat profil beberapa penulis yang menarik hatimu. Atau kamu juga bisa melihat hal ini di berbagai platform penyedia jasa penulisan yang populer seperti sekarang ini.

Di kolom pencarian Google, kamu juga bisa mencari informasi ini.

Perhatikan beberapa website yang tampil dan menawarkan jasa ini. Langkah selanjutnya adalah kamu dapat memverifikasi para penulis bayangan tersebut sesuai dengan kriteria yang paling kamu inginkan.

Ketahui Bocoran Kemampuan Calon Ghost Writer

Source: Whatfix

Seorang ghost writer terbaik memiliki serangkaian keterampilan yang membuat dirinya adalah pilihan yang terbaik untuk kamu ambil.

Ghost writer pertamax seperti ini tidak hanya mampu menulis dengan baik, namun juga memiliki kemampuan storytelling yang mumpuni. Di samping itu, penulis bayangan dengan tipe ini adalah orang yang mampu mengolah infomasi dalam jumlah besar untuk diproses dalam penulisan yang menarik.

Kelebihan lainnya, mereka juga adalah orang yang pandai dalam hal problem-solving, setidaknya dalam hal penulisan dan memahami objek yang diceritakan.

Konsekuensinya, harga ghost writer seperti ini tentu saja berbeda dengan ghost writer pemula atau ghost writer sinopsis novel yang biasanya jauh lebih murah.

Cari Tahu Informasi dan Fortopolio Ghost Writer

Source: MelindaIrvine

Ini bukan berarti kamu harus memata-matai mereka melalui akun sosial media seperti facebook, instagram atau pun twitter. Hal yang penting untuk kamu lakukan dalam proses ini adalah setidaknya meninjau track record calon ghost writer yang akan kamu gunakan jasanya kemudian.

Kamu misalnya dapat memfokuskan review kamu ini dengan melihat;

  • Apa saja yang telah mereka kerjakan?
  • Berapa lama mereka menyelesaikan pekerjaan itu?
  • Apakah mereka memiliki buku atas nama mereka sendiri? Temukan bukunya dan perhatikan bagaimana mereka bercerita.

Seorang penulis bayangan dengan kualitas terbaik memiliki setidaknya dua buku atas nama mereka sendiri. Nah, kamu bisa menemukan itu di internet atau secara langsung. Kamu juga dapat memperhatikan bagaimana review pembaca atas buku yang mereka terbitkan tersebut.

LIHAT INI JUGA, YUK:

Tentukan Ghost Writer yang dapat Menulis Sesuai dengan Gayamu

Source: Diana Bohr

Jasa ghost writer berpengalaman dapat menyesuaikan penulisan mereka tergantung dari sudut pandang tulisan itu akan dikreditkan.

Artinya para penulis siluman itu mampu menentukan seperti apa mereka akan menulis dan bagaimana bahasa yang digunakan berdasarkan sudut pandang kamu sebagai pengguna jasanya.

Penting untuk kamu menemukan ghost writer yang dapat mengkomunikasikan gaya bahasamu dengan otentik. Jadi mereka tidak hanya bisa menulis, namun juga dapat menyesuaikan tulisan seperti apa yang dapat mewakili kepribadian orang yang memesan jasa mereka.

Kamu tentu tidak mau jika seseorang yang mengenalmu merasa tulisan dalam buku atas namamu terasa asing di telinga mereka, bukan?

Gambarkan dengan Jelas Apa yang Kamu Inginkan

Source: Thequitefresh

Pastikan jasa ghost writer yang akan kamu gunakan mengerti dengan sangat jelas apa yang kamu inginkan dari mereka dalam menuliskan buku atau tulisan untuk kamu.

Dalam tahapan ini anggaplah kamu sudah menemukan ghost writer yang kamu anggap paling tepat, atau paling baik menurut penilaianmu. Nah, langkah selanjutnya adalah memastikan sang ghost writer mengerti bagaimana kamu ingin buku itu dituliskan.

Apakah kamu mau si penulis tetap patuh pada guide line yang kamu tetapkan, ataukah ia boleh menambahkan kreativitas mereka sendiri. Apakah sang ghost writer boleh menyampaikan pendapatnya tentang sesuatu persoalan dalam bukumu, ataukah hanya berpatokan saja tanpa harus ditambah atau dikurangi lagi.

Gambarkan semuanya dengan jelas dan clear.

Bangun Komunikasi Selama Proses Penulisan

Photo by NEOSiAM 2021 on Pexels.com

Beberapa ghost writer membangun komunikasi yang intens dengan author atau orang yang menggunakan jasa mereka untuk berdiskusi dari bab ke bab. Namun, ada pula jenis ghost writer yang setelah mendapatkan informasi dan sumber yang ia rasa cukup, ia akan menghilang beberapa lama untuk kemudian datang kepadamu dengan setumpuk naskah pekerjaannya.

Jika kamu menginginkan tulisan kamu mendetail setiap paragrafnya dan sama sekali tidak berbelok dari yang kamu konsepkan, maka kamu harus bekerja dengan tipe ghost writer yang pertama. Bangunlah diskusi dan komunikasi yang intens selama proses penulisan bukumu.

Namun dalam hal ini kamu juga sebaiknya memahami kepribadian para penulis siluman. Beberapa di antara mereka, bahkan mungkin yang kamu pilih nantinya, tidak mau jika kamu terlalu mendikte pekerjaan mereka.

Akan tetapi jika kamu adalah orang super sibuk yang sangat sedikit waktu luang, maka kamu dapat memberikan kebebasan pada ghost writer pilihanmu untuk menulis secara independen. Hanya saja kamu tetap harus mengontrol konsep besar tulisan agar tidak menyimpang dari tujuan yang sudah ditetapkan.

BACA JUGA INI:

Diskusikan Tentang Biaya dan Deadline

Source: Thewritingcooperative

Lankah selanjutnya yang juga tidak boleh kamu lupakan adalah mendiskusikan tentang biaya dan deadline penulisan. Sementara biaya bisa sangat variatif, deadline ghost writer untuk buku umumnya adalah selama 3 hingga 6 bulan.

Harga ghost writer untuk buku tergantung pada buku apa yang mereka kerjakan. Akan tetapi secara rata-rata, gaji ghost writer profesional berkisar antara $10.000 hingga $25.000 di Amerika Serikat. Atau jika dirupiahkan sekitar 150 hingga 250 jutaan.

Mungkin tidak banyak yang mau membayar ghost writer dengan biaya sejumlah ini di Indonesia. Tapi untuk kualitas dan hasil yang sempurna, jumlah itu sebenarnya tidak begitu bermasalah.

Jangan Merendahkan Dirimu Sendiri

Source: Yourqoute

Nah, hal terakhir untuk kamu yang sedang mencari ghost writer, pastikan untuk tidak merendahkan diri kamu sendiri dalam proses menemukan ghost writer yang tepat untuk mengerjakan penulisanmu.

Beberapa orang mempertimbangkan tarif yang murah sebagai poin utama dalam memilih ghost writer. Ini tidak salah selama kamu juga siap dengan konsekuensinya.

Jika reputasimu dalam buku yang dituliskan menurut kamu penting, kamu semestinya tidak begitu mempermasalahkan harga ghost writer.

Bila kamu menganggap bahwa tulisan yang kamu inginkan itu bernilai secara profesional, secara personal, atau keduanya, maka jangan merendahkan diri kamu sendiri dengan hanya memprioritaskan harga murah dalam mencari seorang ghost writer.

INI JUGA MENARIK UNTUK KAMU BACA:

Apakah Kamu Membutuhkan Ghost Writer Sekarang?

Source: Writer’s yearbook

Nah, untuk kamu yang saat ini membutuhkan jasa ghost writer, jangan ragu untuk menghubungi saya melalui form kontak yang tersedia dalam blog ini.

Saya telah menulis lebih dari selusin buku yang diterbitkan secara indie. Saya menulis buku fiksi dan non fiksi, menulis artikel untuk kepentingan media massa, untuk kepentingan kenaikan pangkat, dan juga untuk kepentingan brand awareness dan Search Engine Optimazation atau SEO.

Selebihnya, kamu dapat melihat fortopolio penulisan saya di bawah ini.


anton sujarwo

Anton Sujarwo

Saya adalah seorang penulis buku, content writer, ghost writer, copywriters dan juga email marketer. Saya telah menulis 14 judul buku, fiksi dan non fiksi, dan ribuan artikel sejak pertengahan tahun 2018 hingga sekarang.

Dengan pengalaman yang saya miliki, Anda bisa mengajak saya untuk bekerjasama dan menghasilkan karya. Jangan ragu untuk menghubungi saya melalui email, form kontak atau  mendapatkan update tulisan saya dengan bergabung mengikuti blog ini bersama ribuan teman yang lainnya.

Tulisan saya yang lain dapat dibaca pula pada website;

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog di WordPress.com

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: