Lompat ke konten
Beranda » Blog » BERAPA GAJI ATAU TARIF GHOSTWRITER YANG PALING IDEAL DI INDONESIA?

BERAPA GAJI ATAU TARIF GHOSTWRITER YANG PALING IDEAL DI INDONESIA?

Tarif Ghostwriter Indonesia

Seperti bensin atau bahan bakar lainnya, tarif ghostwriter juga berbeda-beda untuk setiap negara.

Di negara-negara dengan budaya literasi yang tinggi, ghost writer profesional dapat memandikan diri mereka dengan uang. Sementara di negara-negara berkembang seperti Indonesia dengan budaya menulis yang masih rendah, penghasilan atau gaji ghost writer belum begitu signifikan.

Lalu, berapa sebenarnya bayaran ghost writer yang paling ideal di Indonesia?

Jika kamu berniat ingin menekuni profesi freelancer ghost writer, atau kamu yang sedang mencari seorang ghost writer profesional untuk menyelesaikan pekerjaanmu, maka ulasan berikut akan bermanfaat untuk kamu.

Kamu punya kisah hidup menarik untuk dijadikan buku namun bingung cara menuliskannya?

Tarif Ghostwriter di Indonesia dan Beberapa Pertimbangan Menetapkan Angkanya

Photo by fotografierende on Pexels.com

Sebelum membahas lebih jauh tentang gaji seorang ghost writer, kamu sebaiknya juga tahu apa itu jasa ghost writer berdasarkan pengertian yang sebenarnya.

Ghostwriter berdasarkan terjemahan wikipedia dalam bahasa Indonesia disebut sebagai penulis bayangan, penulis hantu atau penulis siluman yang dibayar untuk menulis suatu karya atas nama orang lain.

Akan tetapi, jika pengertian ghost writer ini dirinci lebih spesifik maka ia dapat diartikan sebagai berikut;

Ghostwriter adalah seorang penulis profesional yang dibayar untuk menulis buku, artikel, jurnal, essay, puisi, naskah pidato, atau karya tulis apa pun untuk orang lain, konsekuensi apa pun yang muncul pada hasil karya tulis tersebut, sepenuhnya menjadi milik orang yang membayar jasa ghost writer.

Pada umumnya, pengguna jasa ghost writer disebut dengan author. Atau dalam istilah yang lebih sederhana, mereka juga dapat disebut sebagai klien atau mitra.

BACA PULA:

Darimana Pendapatan Seorang Ghostwriter?

Tarif ghostwriter
Source: Archive Blog

Secara spesifik, penulis siluman yang ‘sejati’ memperoleh penghasilannya hanya dari bayaran yang ia dapatkan untuk menulis sebuah karya tulis.

Jika seorang ghost writer menulis buku, maka bayarannya adalah dari kerja menuliskan buku tersebut. Bukan dari hasil penjualan buku, bukan dari royalti, bukan fee dari endorse, dan juga bukan hasil kerjasama buku tersebut dengan pihak-pihak lain misalnya.

Meskipun demikian, honor ghost writer atau pendapatan mereka setidaknya dapat dikelompokkan dalam beberapa kategori berikut;

Trully Ghostwriter

Atau penulis siluman yang murni.

Jenis ini adalah ghost writer yang hanya mendapat bayaran dari menuliskan sesuatu untuk author atau klien. Trully ghost writer sama sekali tidak memiliki hak untuk mendapat bagian, komisi, fee, atau bonus apa pun dari hasil karya tulis yang mereka buat.

Combination Ghostwriter

Adalah para penulis bayangan yang mendapat bayaran dari menulis, atau dari kesepakatan mendapat fee hasil penjualan, endorse dan lain sebagainya.

Jenis ghost writer ini mungkin tetap dibayar untuk menuliskan satu karya tulis, namun jumlahnya tidak akan sama dengan trully ghost writer. Hal ini karena mereka mendapat penghasilan pula dari sumber lain seperti pembagian fee atau komisi persentase.

Beberapa Hal yang Mempengaruhi Besaran Tarif Ghostwriter

Honor ghost writer dimana pun saja, tergantung pula pada beberapa hal yang mendukung performa dirinya sebagai penulis bayangan. Beberapa faktor yang mempengaruhi besaran tarif ghostwriter adalah sebagai berikut;

1. Pengalaman Ghostwriter

Tarif ghostwriter
Photo by Anthony Shkraba on Pexels.com

Lowongan ghostwriter pada umumnya ditujukan untuk para penulis bayangan pemula atau yang baru akan terjun menjadi seorang ghost writer. Sebagai orang baru dalam aktivitas ini, tentunya penulis pemula belum memiliki banyak pengalaman, bukan?

Nah, hal ini akan berpengaruh pula pada potensi penghasilan yang  bisa mereka dapatkan.

Ghost writer pemula cenderung akan dibayar lebih murah dibandingkan ghost writer berpengalaman. Pengalaman dalam penulisan berbagai jenis konten yang dibutuhkan akan meningkatkan daya tawar kamu sebagai seorang ghost writer profesional.

2. Jam Terbang Ghostwriter

Tarif ghostwriter
Source: Archive

Calon author atau calon klien cenderung akan lebih percaya pada ghost writer yang telah memiliki jam terbang tahunan dibandingkan yang baru berjalanan beberapa hari. Jam terbang berkorelasi kepada pengalaman, kemampuan dan juga pengetahuan seorang penulis siluman.

Pada umumnya semakin tinggi jam terbang yang kamu miliki, maka semakin besar pula gaji ghost writer yang bisa kamu tetapkan.

Dan sudah pasti untuk bisa sampai pada tahap yang seperti ini, kamu harus terus berkomitmen menulis dalam waktu yang cukup lama.

3. Portofolio Ghost Writer

Penulis Gunung
Source: Archive

Portofolio seorang ghost writer adalah aset penting yang dapat menjadi kekuatan daya tawar mereka. Atau dalam pengertian yang lebih spesifik, portofolio yang memuaskan dari seorang penulis siluman berkontribusi untuk menaikkan tarif penulisan yang mereka berikan.

Penulisgunung

Jika kamu memiliki fortopolio seperti buku setidaknya dua judul, beberapa artikel yang relevan tentang berbagai macam niche, kamu memiliki kesempatan untuk sukses menjadi freelancer ghost writer.

4. Subyek Penulisan

Tarif ghostwriter
Photo by George Milton on Pexels.com

Hal selanjutnya yang juga mempengaruhi besaran tarif seorang ghost writer adalah subyek penulisannya sendiri. Penulisan artikel dan penulisan buku tentu berbeda dari sisi tarif. Demikian pula dengan penulisan essay, jurnal, naskah pidato, skenario film dan lain sebagainya.

Bahkan pada penulisan buku sekali pun, terdapat beberapa perbedaan yang didasarkan pada genre dan tingkat kesulitannya.

Untuk buku dengan kategori yang ringan seperti wisata, remaja, gaya hidup, hiburan, humor dan semacamnya, mungkin akan lebih murah jika dibandingkan dengan buku yang lebih serius dan membutuhkan riset mendalam.

Shopee Merdeka

5. Reputasi Ghostwriter

Photo by Kilian M on Pexels.com

Sebagai orang yang bekerja di belakang layar, sebenarnya agak sulit mencari ghost writer yang populer dan terkenal. Akan tetapi, akan tetap ada penulis siluman dengan tipe yang seperti ini. Mereka membangun reputasi mereka dalam senyap dan mereka dikenal di kalangan tertentu sebagai seorang ghost writer yang andal.

Nah, jika kamu adalah seorang ghost writer dengan reputasi yang tinggi, tarifmu sama sekali bukan masalah.

Kamu bisa mematok harga sesuai dengan yang kamu mau dan author akan menyetujuinya dengan mudah karena mereka sudah mengenal reputasimu.

BACA INI JUGA, YUK:

Berapa Tarif Ghostwriter Indonesia yang Paling Ideal?

Sekarang masuk pada pertanyaan yang sesungguhnya tentang; Berapa sebenarnya tarif ghostwriter di Indonesia yang paling ideal?

Nah, berikut ini beberapa bocorannya.

1. Tarif Ghostwriter 75 Juta ke Atas

Photo by Tima Miroshnichenko on Pexels.com

Ini adalah tarif untuk para ghost writer dalam kasta yang paling tinggi di Indonesia. Orang-orang ini adalah mastermind penghasil buku-buku dengan kualitas yang bagus. Klien yang memesan jasa mereka juga adalah orang-orang yang datang segmentasi kelas atas.

Reputasi penulis siluman dengan tarif seperti ini sudah tidak diragukan lagi. Mereka mampu menulis dengan gaya apa pun dan pembahasan apa pun. Mereka juga mampu melakukan riset dengan baik saat menghasilkan tulisan yang kredibel dan akuntabel.

Pada klien tertentu dan untuk penulisan buku tertentu, ghost writer jenis ini bahkan bisa mendapat bayaran hingga ratusan juta rupiah.

2. Tarif Ghostwriter 20 Juta – 60 Juta

Untuk kamu yang memiliki jam terbang menulis yang tinggi, sudah menghasilkan puluhan fortopolio penulisan ghost writing namun belum mendapat reputasi yang tinggi dari klien yang menggunakan jasamu, kamu berhak untuk mulai memperbaharui honor ghost writer pada tingkatan yang kedua ini.

3. Tarif Ghostwriter 10 Juta – 20 Juta

Tarif ghostwriter
Photo by Ivan Samkov on Pexels.com

Tarif ini biasa dikenakan untuk ghost writer pemula yang belum begitu panjang jam terbangnya, namun sudah terbukti kemampuan mereka dalam pekerjaan penulisan bayangan.

Umumnya pada tarif ini juga penulisan dilakukan untuk buku-buku dengan tingkat kesulitan yang rendah hingga sedang. Buku motivasi, buku bisnis dan buku-buku lain pada umumnya dihargai pada jumlah ini.

4. Tarif Ghostwriter Pemula

Untuk mendapatkan pengalaman, reputasi, fortopolio dan juga jam terbang, para penulis hantu pemula dominan bermain di tarif ini. Mereka biasanya memasang tarif penulisan berdasarkan jumlah kata atau jumlah halaman.

Ada yang memasang tarif Rp, 25.000 per halaman

Ada pula yang memasang tarif lebih tinggi atau lebih rendah daripada itu. Bahkan pada banyak kasus, seringkali pula ditemukan kasus dimana nilai penulisan seorang ghost writer hanya dihargai kurang dari Rp, 100 untuk setiap katanya.

Kesimpulan

Nah, siapa pun kamu sekarang, baik sebagai seorang calon ghost writer mau pun seorang calon author yang mencari jasa ghost writer, kamu dapat mempertimbangkan banyak hal berdasarkan beberapa tarif ghost writer di atas.

Jika kamu membutuhkan ghost writer namun juga ingin mendiskusikan tarif, kamu bisa menghubungi saya. Walaupun saya belum termasuk salah satu penulis siluman dalam kasta tertinggi di Indonesia, tapi saya bisa menghasilkan buku yang mendekati kemampuan mereka.

Tidak percaya?

Coba saja lihat fortopolio saya di bawah ini.

BACA PULA:

Tingkatkan skill menulismu

Bergabung di Kelas Menulis Online Penulis Gunung dan keterampilan menulismu akan naik satu level


Penulis terbaik

Anton Sujarwo

Saya adalah seorang penulis buku, content writer, ghost writer, copywriters dan juga email marketer. Saya telah menulis 19 judul buku, fiksi dan non fiksi, dan ribuan artikel sejak pertengahan tahun 2018 hingga sekarang.

Dengan pengalaman yang saya miliki, Anda bisa mengajak saya untuk bekerjasama dan menghasilkan karya. Jangan ragu untuk menghubungi saya melalui email, form kontak atau mendapatkan update tulisan saya dengan bergabung mengikuti blog ini bersama ribuan teman yang lainnya.

Tulisan saya yang lain dapat dibaca pula pada website;

Saya juga dapat dihubungi melalui whatsapp di tautan ini.

Fortopolio beberapa penulisan saya dapat dilihat disini:

%d blogger menyukai ini: