APA ITU PENULISAN KREATIF DAN 7 CARA MENJADI AHLI MELAKUKANNYA

Creative writing atau penulisan kreatif adalah bagian dari dunia penulisan yang menjadi lawan dari technical writing. Meskipun sudah cukup populer, ternyata tidak sedikit pula masyarakat yang masih belum begitu mengerti apa itu penulisan kreatif sehingga kadang mengartikannya secara keliru.

Lalu, apa sebenarnya yang dimaksud dengan penulisan kreatif atau creative writing tersebut?

Pengertian Lengkap Apa Itu Penulisan Kreatif

apa itu penulisan kreatif
Photo by Vlada Karpovich on Pexels.com

Pengertian menulis kreatif menurut para ahli adalah segala tulisan yang melampaui batas-batas literatur profesional, jurnalistik, akademik, atau teknis. Creative writing biasanya diidentifikasi dengan penekanan pada keterampilan dan kreativitas naratif, pengembangan karakter, penyusunan plot, dan juga penggunaan kiasan sastra.

Jadi, berdasarkan pengertian yang pertama ini, penulisan kreatif dapat dikatakan sebagai bentuk oposisi dari penulisan teknis atau techical writing.

Namun secara sederhana, penulisan kreatif dapat pula diterjemahkan sebagai bentuk tulisan dimana kreativitas, imajinasi, dan inovasi berada pada garda depan untuk membentuk sebuah cerita dalam bentuk tulisan yang memiliki dampak emosional kepada para pembaca.

Contoh penulisan kreatif berdasarkan pengertian ini sudah pasti dapat kamu tebak, kan?

Ya, benar.

Penulisan puisi, cerpen, novel, hikayat, sajak, dan cerita apa pun yang bersifat mengedepankan imajinasi dan kreativitas dapat digolongkan sebagai creative writing. Dalam pengertian apa pun, emosi adalah sesuatu yang sangat penting dalam penulisan kreatif.

BACA JUGA:

Unsur-unsur Pembentuk Penulisan Kreatif

apa itu penulisan kreatif
Photo by Mikechie Esparagoza on Pexels.com

Sebelum kamu terjun menjadi seorang penulis kreatif, kamu sebaiknya juga memahami lebih dahulu konsep dasar menulis kreatif. Termasuk dalam konsep dasarnya ini adalah pengetahuan mengenai elemen-elemen atau unsur-unsur pembentuk tulisan kreatif.

Sebagai sebuah tulisan yang mengedepankan unsur cerita yang terdiri dari plot dan karakter, maka unsur penulisan kreatif pun tidak jauh berbeda dengan unsur penulisan fiksi.

Emosi yang dirangkai dalam imajinasi dan inovasi adalah ruh utama dalam penulisan kreatif. Target utama penulisan adalah bagaimana sebuah cerita yang dibangun mampu memberikan dampak emosional bagi pembaca.

Nah, apa saja unsur-unsur dari penulisan kreatif?

Berikut di antaranya yang paling penting.

Pengembangan Karakter atau Tokoh

apa itu penulisan kreatif
Photo by Erik Mclean on Pexels.com

Orang jenius dikagumi, orang kaya dicemburui, orang berkuasa ditakuti; tetapi hanya orang yang berkarakter yang akan dipercaya.

Alfred Adler

Unsur terpenting penulisan kreatif yang pertama adalah karakter atau tokoh. Hal ini sama seperti unsur penting dalam penulisan fiksi yang mensyaratkan karakter atau tokoh cerita sebagai bagian paling krusial dalam penulisannya.

Dalam panduan ebook penulisan kreatif PDF yang pernah saya bagikan, saya menyebutkan bahwa karakter dalam cerita yang baik harus sama baiknya dengan jalan cerita itu sendiri. Bahkan dalam beberapa kondisi, nama tokoh atau nama karakter, harus dapat lebih populer dibandingkan jalan ceritanya sendiri.

Mengembangkan karakter penokohan cerita adalah sesuatu yang tidak dapat dilakukan dalam satu malam. Kamu harus mempelajari membangun karakter tokoh secara sempurna untuk mendapatkan gambaran tokoh cerita yang kuat, diingat oleh pembaca dan, mampu menyempurnakan pesan cerita.

Plot Cerita yang Unik

apa itu penulisan kreatif
Photo by Jou00e3o Jesus on Pexels.com

Tanpa plot tidak ada cerita. Dan tanpa cerita, tidak ada penulisan kreatif.

Penulisan tanpa menggunakan jalan cerita atau plot adalah sama seperti penulisan teknis biasa. Atau kamu hanya menggunakan konsep penulisan jurnalistik secara umum saja. Sementara creative writing adalah jenis penulisan yang melampaui batas-batas penulisan fakta seperti yang mungkin biasa kamu temukan.

Plot adalah ciri khas utama dalam penulisan kreatif yang membedakannya dengan technical writing. Lebih menarik untuk kamu ketahui, bahwa plot yang unik adalah bagian penting dari penulisan kreatif yang tidak boleh kamu abaikan.

Tema dan Pelajaran

apa itu penulisan kreatif
Photo by RODNAE Productions on Pexels.com

Kamu masih ingat cerita Malin Kundang dari Sumatera Barat? Atau cerita tentang Sangkuriang dan Dayang Sumbi dari Jawa Barat? Atau tentang Bandung Bondowoso dan  Roro Jongrang dari Jawa Tengah?

Meskipun tidak ada mata kuliah penulisan kreatif yang membahas bagian ini secara spesifik, namun tema adalah unsur yang tidak dapat ditinggalkan dalam creative writing.

Kamu dapat menulis cerita tentang persahabatan, berbakti kepada orang tua, cinta dan kasih sayang atau pun petualangan, yang kesemuanya adalah tema besar sebuah cerita. Atau seperti kisah Malin Kundang, Roro Jongrang dan Sangkuriang di atas, kamu juga bisa membuat versi remake-nya dengan tetap mempertahankan tema yang sama.

Tema adalah unsur ketiga dalam penulisan kreatif. Walau mungkin tidak dijelaskan secara rinci, tema ini akan menjadi kesan utama cerita yang disampaikan oleh sang penulis.

BACA PULA:

Sudut Pandang

apa itu penulisan kreatif
Photo by Vlada Karpovich on Pexels.com

Itulah hal yang paling aneh tentang dunia; bagaimana dunia terlihat demikian berbeda dari setiap sudut pandang…

Lauren Oliver

Unsur selanjutnya dalam penulisan kreatif adalah sudut pandang atau point of view.

Sudut pandang adalah cara kamu menceritakan penulisan kreatif atau melalui sudut pandang siapa kamu ingin memberitahu pembacamu mengenai jalannya cerita. Sudut pandang sendiri terdiri dari berbagai macam seperti orang pertama tunggal, orang kedua, dan orang ketiga dan sebagainya.

Mengenai bagaimana memilih sudut pandang yang tepat dalam penulisan kreatif, kamu dapat membaca artikel lengkapnya disini: Memahami sudut pandang dalam penulisan karya sastra cerpen atau novel.

Deskripsi Visual atau Setting

apa itu penulisan kreatif
Photo by Pixabay on Pexels.com

Orang bisa bercerita tentang mimpi, tentang lamunan atau apa pun yang tidak memiliki setting, namun untuk sebuah kesempurnaan penulisan kreatif, deskripsi setting visual adalah sesuatu yang tidak dapat ditinggalkan.

Dalam menggambarkan visual sebuah cerita pada penulisan kreatif, disinilah kamu dapat mempraktikkan teknis show don’t tell yang banyak disampaikan dalam proses penulisan.

Jadi, jika kamu menceritakan sebuah ruangan, halaman rumah, pegunungan dan setting visual lainnya, buatlah pembaca untuk seolah-olah dapat melihatnya secara langsung.

Bahasa Imajinatif

apa itu penulisan kreatif
Photo by Monstera on Pexels.com

Konsep dasar menulis kreatif selanjutnya adalah bahasa imajinatif yang terdiri dari banyak jenis gaya bahasa.

Kamu bisa menggunakan metafora, anekdot, kiasan, perumpamaan, dan berbagai gaya bahasa lainnya untuk melukiskan emosi dan perasaanmu supaya dapat difahami pembaca dengan mudah.

Meskipun tidak menempati urutan pertama dalam unsur-unsur pembangun penulisan kreatif, namun pemilihan gaya bahasa dalam menyusun visi dan pikiran kamu dalam penulisan, adalah yang menjadikan menulis kreatif ini menjadi kreatif yang sebenarnya.

Daya Tarik Emosional

apa itu penulisan kreatif
Photo by Karolina Grabowska on Pexels.com

Bagian terakhir dari elemen creative writing adalah daya tarik emosional yang sejatinya merupakan tujuan utama dari penulisan kreatif itu sendiri.

Dalam realisasi menggapainya, penulis kreatif harus mampu membuat pembaca merasakan secara emosional apa yang diinginkan oleh sang penulis melalui sebuah cerita yang disampaikan.

Dengan melihat tujuan ini, kamu pasti sepakat bahwa karakter, plot cerita, setting, sudut pandang dan gaya bahasa, memang adalah elemen penulisan kreatif yang sangat penting, bukan?

BACA INI PULA:

Manfaat Penulisan Kreatif

apa itu penulisan kreatif
Source: Swansea

Sebagai salah satu jenis tulisan yang membutuhkan sumber daya imajinasi, kreativitas dan inovasi, penulisan kreatif sudah barang tentu sarat dengan manfaat.

Beberapa manfaat penulisan kreatif yang paling penting misalnya adalah;

  • Sebagai cara yang efektif untuk menuangkan gagasan, pikiran dan imajinasi melalui media yang dapat dibaca oleh orang lain.
  • Sebagai wadah untuk menuangkan dan mengungkapkan isi hati dan perasaan.
  • Melatih kemampuan komunikasi dan persuasi seseorang yang sangat berguna untuk hampir semua profesi.
  • Sebagai cara mengembangkan kemampuan berbahasa, kemampuan mengelaborasi ide dan gagasan.
  • Sebagai cara yang efektif untuk merangsang imajinasi dan inovasi.
  • Dan lain-lain.

Contoh Penulisan Kreatif

apa itu penulisan kreatif
Source: Penulis Gunung Archive

Ada tiga aturan untuk menulis novel dengan kualitas yang paling baik. Sayangnya, tidak ada yang tahu apa aturan tersebut…

Somerset Maugham

Dalam kehidupan sehari-hari, kamu dapat menemukan banyak contoh penulisan kreatif. Penulisan ini sudah sangat umum dikenal dalam masyarakat, meskipun mungkin saja, hanya sedikit orang yang mengidentifikasinya sebagai sebuah contoh penulisan kreatif.

Beberapa contoh jenis penulisan kreatif misalnya adalah;

  • Novel
  • Cerpen
  • Puisi
  • Drama
  • Memoar
  • Skenario film atau skenario acara TV
  • Pidato
  • Lagu
  • Dongeng dan lain sebagainya.

Cara Melatih dan Mengembangkan Kemampuan Penulisan Kreatif

apa itu penulisan kreatif
Photo by Anna Shvets on Pexels.com

Menulis adalah keterampilan yang sama seperti keterampilan lainnya, kamu harus melatih dan mengembangkannya terus-menerus supaya mahir. Tanpa latihan yang kontinyu dan disiplin, menulis adalah sesuatu yang melelahkan meskipun kamu memiliki talenta.

Penulis sukses mana pun akan memberikan saran yang sama untuk kamu, bahwa cara terbaik untuk bisa menulis adalah dengan terus melatihnya secara teratur dan disiplin. Semakin sering kamu berlatih, semakin baik pula kemampuan kamu dalam menulis nantinya.

Nah, hal ini tidak berbeda dengan penulisan kreatif. Untuk menjadi hebat di bidang ini kamu juga harus rajin berlatih.

Namun, yang menjadi pertanyaannya kemudian adalah; latihan seperti apa yang ideal untuk menumbuhkan kemampuan menulis kreatif?

Berikut ini adalah beberapa jawabannya;

Gambarkan Harimu dengan Creative Writing

apa itu penulisan kreatif
Photo by Pixabay on Pexels.com

Kamu yang terbiasa menulis diary, sudah tentu pandai melakukan ini.

Namun, untuk membuat penulisan kreatif kamu semakin terasah dengan menulis diary setiap hari, maka buatlah elemen-elemen bercerita yang lebih sempurna untuk melakukanya.

Kamu bisa menggunakan setting imajinatif, sudut pandang orang lain dan sebagainya untuk melatih kemampuan kamu melalui cara ini.

BACA JUGA:

Lukiskan Deskripsi Imajinatif

apa itu penulisan kreatif
Photo by Pixabay on Pexels.com

Melukis deskripsi atau menggambarkan deskripsi secara detail adalah bagian penting dalam penulisan kreatif. Dalam konteks ini, kamu dituntut untuk bisa menggambarkan setting, karakter atau apa pun dalam plot cerita secara lebih kuat dan mampu menyentuh emosi pembaca.

Nah, contoh penulisan kreatif yang bisa kamu lakukan untuk tujuan ini misalnya adalah dengan menggambarkan karakter yang lengkap mulai dari bentuk fisiknya, asalnya, tujuannya, hingga kondisi kamar tidur atau tas punggung yang ia gunakan.

Edit Ulang Tulisan Lamamu

apa itu penulisan kreatif
Source: Penulis Gunung Archive

Seminggu yang lalu, sebelum saya menulis artikel ini, saya merilis buku saya yang ke-18 secara keseluruhan yang berjudul Mimpi di Mahameru.

Naskah buku ini sebenarnya sudah ditulis lama yakni sekitar tahun 2011, jadi sudah 10 tahun yang lalu semenjak ia dituliskan.

Supaya bisa diterbikan dan dibaca dengan layak, saya tentunya harus mengedit ulang tulisan saya itu. Dan itulah yang saya lakukan kemudian, saya melakukan editing untuk kemudian menerbitkan catatan itu menjadi sebuah buku yang cetakan pertamanya sendiri ludes terjual dalam waktu hanya dua hari!

Nah, jika kamu memiliki tulisan lama, kamu bisa membuka dan mengeditnya kembali guna melatih creative writing-mu.

Aplikasikan Variasi Watak dan Penulisan Suasana

apa itu penulisan kreatif
Photo by Andrea Piacquadio on Pexels.com

“Ketika kamu sedih, lihat kembali ke dalam hatimu, dan kamu akan melihat bahwa sebenarnya kamu menangis untuk apa yang menjadi kesenanganmu.”

Khahlil Gibran

Cara selanjunya yang dapat kamu lakukan juga untuk melatih kemampuan penulisan kreatifmu adalah dengan menulis berbagai variasi suasana dan watak dalam cerita.

Secara umum suasana watak dalam sebuah penulisan kreatif biasanya adalah 4 yaitu; kemarahan, kebahagiaan, kegembiraan dan juga kesedihan. Ini adalah suasana secara umum dalam tema penulisan kreatif. Untuk menghubungkannya dalam sebuah latihan penulisan, kamu dapat memilih beberapa karakter cerita sebagai eksperimennya.

Jadi kamu dapat memilih beberapa tokoh dan menggambarkan suasana watak mereka melalui kesedihan, kegembiraan, kemarahan atau juga kebahagiaan.

Pengembangan dari latihan ini misalnya dapat pula kamu lakukan dengan menambahkan watak lain seperti genit, takut, misterius, humor dan lain sebagainya.

Gunakan Teknik Indera Tunggal

apa itu penulisan kreatif
Photo by u017diva Trajbariu010d on Pexels.com

Kekuatan terbesar seorang penulis kreatif adalah ketika ia mampu memindahkan imajinasinya yang kaya dan penuh warna ke dalam sebuah tulisan yang juga mampu memberikan pembaca gambaran imajinasinya. Meskipun tidak dapat ditransformasikan secara sempurna,  namun kekuatan show and don’t tell ini adalah hal yang sangat penting untuk terus dilatih.

Jadi dalam poin ini, kamu dapat melatih kemampuanmu untuk membuat cerita yang tidak hanya sampai kepada pembaca, namun juga menari-nari unik dalam imajinasi mereka yang secara tidak sadar juga mempengaruhi emosi mereka.

Untuk melatih bagian ini kamu dapat membayangkan karaktermu hanya memiliki satu indera saja seperti pendengaran atau penglihatan. Setelah mampu mengimajinasikan hal tersebut, kamu hanya perlu memindahkan apa yang dapat diterima dan direspon oleh indera tunggal tersebut sebagai materi penulisan kreatifnya.

BACA JUGA:

Aktifkan Penulisan Dialog

apa itu penulisan kreatif
Photo by Archie Binamira on Pexels.com

Pada umumnya dalam penulisan cerita, penulis akan menguraikan secara naratif jika terjadi pergantian scene, perbuatan atau tindakan karakter, atau kondisi suasana perasaan dalam hati karakter lainnya.

Sekarang, untuk mengembangkan kemampuan penulisan kreatifmu, coba gunakan dialog untuk melukiskan semua itu. Artinya kamu menunjukkan scene yang berganti, tindakan karakter, dan kondisi perasaan tokoh yang kamu ceritakan hanya menggunakan dialog.

Ini sebenarnya adalah salah satu rahasia menulis show don’t tell yang cukup efektif untuk dilakukan.

Terobos Kebiasaan Berbahasa

apa itu penulisan kreatif
Photo by Ku00fcbra Arslaner on Pexels.com

Langkah latihan yang ketujuh atau yang terakhir ini sama sekali tidak memintamu untuk menciptakan bahasa baru dan menentang aturan yang sudah ada. Hanya seperti namanya, penulisan kreatif meminta penulisnya untuk kreatif, bahkan pada saat mengaplikasikan bahasanya sekali pun.

Secara spesifik latihan ini menuntut kamu untuk mengungkapkan, menyampaikan dan mengutarakan sesuatu tidak dengan susunan bahasa yang biasa. Atau dengan kata lain, teroboslah kebiasaan berbahasa dengan menciptakan kalimat yang mampu dimaknai pembaca sebagai sesuatu yang tujuannya serupa.

Daripada mengatakan misalnya; ‘matahari tenggelam di balik samudra’, mengapa tidak mengatakannya dengan; ‘samudra menidurkan matahari untuk beberapa lama’, atau; ‘pelukan samudra kembali menjemput matahari untuk kembali ke peraduannya dalam gulita’.

Apakah Kamu Ingin Jago Dalam Penulisan Kreatif?

apa itu penulisan kreatif
Photo by cottonbro on Pexels.com

“Kamu tahu, kamu memang membutuhkan mentor, tetapi pada akhirnya, kamu benar-benar hanya perlu percaya pada dirimu sendiri.”

Diana Ross

Kamu dapat melatih dirimu secara konsisten melalui berbagai cara di atas untuk mengasah kemampuan creative writing. Dengan latihan yang konsisten dan disiplin, hanya waktu saja yang akan membatasimu untuk menjadi seorang penulis kreatif profesional nantinya.

Namun, jika kamu ingih lebih cepat mempelajari semua proses ini, kamu dapat mengikuti kelas coaching online yang saya adakan. Kamu akan dibimbing untuk mampu menulis dengan baik dalam beberapa pertemuan online, tulisan kamu juga akan dievaluasi dan diajari untuk membuatnya menjadi lebih sempurna.

Di samping itu, kamu juga akan dibimbing sampai karya kamu diterbitkan jika kamu menginginkannya.

Jadi, jangan ragu untuk mengikuti kelas coaching online-nya, ya.



anton sujarwo

Anton Sujarwo

Saya adalah seorang penulis buku, content writer, ghost writer, copywriters dan juga email marketer. Saya telah menulis 14 judul buku, fiksi dan non fiksi, dan ribuan artikel sejak pertengahan tahun 2018 hingga sekarang.

Dengan pengalaman yang saya miliki, Anda bisa mengajak saya untuk bekerjasama dan menghasilkan karya. Jangan ragu untuk menghubungi saya melalui email, form kontak atau  mendapatkan update tulisan saya dengan bergabung mengikuti blog ini bersama ribuan teman yang lainnya.

Tulisan saya yang lain dapat dibaca pula pada website;

Saya juga dapat dihubungi melalui whatsapp di tautan ini:

Fortopolio beberapa penulisan saya dapat dilihat disini:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog di WordPress.com

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: