7 RAHASIA SUKSES PENULIS FREELANCE PEMULA YANG PALING MANTAP

Menjadi penulis freelance pemula bisa menjadi pilihan yang menarik, terutama untuk kamu yang suka dengan dunia tulis menulis. Potensi penghasilan dari bisnis ini cukup menggiurkan, bahkan bisa berkali lipat dari penghasilan kamu sebelumnya. Namun di sisi lain, menjadi penulis lepas adalah juga adalah profesi yang membutuhkan skill dan teknik khusus untuk bisa sukses.

Problemnya kemudian adalah, banyak orang yang terjun menjadi freelance penulis namun bingung bagaimana cara melakukannya supaya bisa berhasil.

Nah, untuk kamu yang mengalami problem serupa, berikut 7 hal paling penting yang bisa kamu lakukan.

Tips Rahasia Sukses Penulis Freelance Pemula

Penulis Freelance Pemula
Photo by George Milton on Pexels.com

Sebagai pemula, gaji penulis lepas tentu bukan hal yang harus kamu utamakan terlebih dahulu. Potensi penghasilan di bidang ini akan terus meningkat seiring dengan jam terbang, pengalaman dan juga wawasan kamu. Proses ini secara natural, mungkin bisa saja membutuhkan waktu hingga bertahun-tahun.

Namun proses ini sebenarnya dapat lebih dipercepat jika saja kamu mengetahui tips dan rahasianya. Kamu tidak harus menunggu tahunan untuk mendapatkan penghasilan yang lebih baik dari profesi sebagai freelance writer job.

Pertanyaannya kemudian adalah; bagaimana caranya?

Sebelum membahas hal itu lebih jauh, ada baiknya kamu juga mengetahui apa itu pengertian penulis freelance yang sebenarnya.

Apa Itu Penulis Freelance atau Freelance Writer?

Penulis Freelance Pemula
Photo by Eren Li on Pexels.com

Freelance writer atau penulis lepas adalah seorang penulis profesional yang menjadi kontraktor penulisan paruh waktu sekaligus menjadi bentuk oposisi dari penulis penuh untuk sebuah perusahaan. Ketika penulis penuh bekerja hanya untuk satu perusahaan, penulis lepas kadang disewa secara kontrak untuk project penulisan.

Seorang penulis lepas menawarkan layanan penulisan mereka ke banyak klien yang berbeda, dan seringkali menulis untuk berbagai hal yang berbeda pula. Apa pun jenis penulisan yang diminta oleh klien mereka, seorang penulis freelance biasanya akan menuliskannya.

Dalam aktivitasnya, freelance writer online job juga terbiasa memberikan layanan mereka ke banyak jenis klien. Penulis lepas dapat saja menulis cerpen untuk jurnal penulisan kreatif, menulis essay untuk profesional dalam technical writer, atau pun menjadi email marketer dan content writer untuk suatu website.

Apa Saja Jenis Pekerjaan yang Dapat Dilakukan Seorang Penulis Freelance?

Apa pun jenis penulisan yang dibutuhkan, idealnya bisa dilakukan oleh seorang penulis lepas. Akan tetapi, spesialis penulisan tertentu juga dapat menjadi nilai tambah sendiri.

Secara umum, jenis penulisan yang dapat kamu tekuni ketika memutuskan untuk menjadi seorang freelance writer profesional adalah dua hal berikut;

Penulis Freelance untuk Technical Writing

Penulis Freelance Pemula
Photo by Skylar Kang on Pexels.com

Dalam jurnal yang menginformasikan lowongan freelance writer 2021, penulisan teknis atau technical writing masih menduduki jenis tulisan yang banyak dicari. Penulisan jenis ini adalah penulisan ilmiah dimana kamu menulis berdasarkan data dan fakta yang biasa dipergunakan untuk kepentingan profesional.

Beberapa contoh yang umum untuk jenis technical writing dan dapat dikerjakan oleh kamu sebagai seorang penulis lepas adalah sebagai berikut;

  • Penulis lepas untuk konten atau content writer.
  • Penulis lepas untuk sales atau copywriting.
  • Penulis lepas untuk email marketing.
  • Penulis lepas untuk proposal, jurnal dan essay.
  • Penulis lepas untuk kesehatan, finansial, instruksi penggunaan produk, dan lain sebagainya.
  • Dan lain-lain.

Penulis Freelance untuk Creative Writing

Penulis Freelance Pemula
Photo by Pixabay on Pexels.com

Pengertian creative writer adalah kebalikan dari technical writer, yaitu seorang penulis profesional yang menulis berdasarkan imajinasi, kreativitas dan inovasi serta melampaui batas-batas penulisan jurnalistik pada umumnya.

Berdasarkan pengertian ini, beberapa contoh pekerjaan penulisan kreatif yang bisa kamu tekuni sebagai freelance writer pemula nantinya adalah;

  • Freelance penulis cerpen.
  • Freelance penulisan novel.
  • Freelance penulisan naskah film atau skenario.
  • Freelance penulisan untuk lagu.
  • Dan lain-lain.

7 Tips Sukses Freelance Writer Pemula

Pertahankan Pekerjaan Sebelumnya

Penulis Freelance Pemula
Photo by Los Muertos Crew on Pexels.com

Sebagai seorang penulis freelance pemula, sebaiknya kamu tidak gegabah dengan langsung memutuskan untuk resign dari pekerjaanmu sehari-hari. Untuk sementara waktu, jadikan saja profesi penulisan lepasmu sebagai pekerjaan paruh waktu.

Jika kamu memutuskan untuk membuka jasa sebagai freelance writer online job sedangkan pekerjaan kamu sehari-hari misalnya di bengkel atau pun pabrik, maka jangan buru-buru untuk keluar dari pekerjaanmu sebagai karyawan. Kamu dapat menerima job penulisan kapan pun berdasarkan online, namun pengerjaanya dapat kamu atur sedemikian rupa supaya tidak mengganggu pekerjaan utamamu.

Temukan Niche Spesialis

Penulis Freelance Pemula
Photo by Josh Sorenson on Pexels.com

Jika kamu berstatus mahasiswa dan menemukan dirimu cukup bagus dalam dunia tulis-menulis, maka kamu dapat membuka jasa freelance writer untuk pelajar yang secara khusus misalnya, menargetkan jenis-jenis penulisan tertentu.

Kamu dapat memilih untuk menulis secara khusus misalnya dalam penulian skripsi, proposal, materi kursus dan lain sebagainya. Dengan metode yang sama, kamu juga dapat memilih niche yang khusus untuk membuat kamu menjadi spesialis dalam bidang penulisan tersebut.

Background sebagai mahasiswa farmasi dapat memberi kamu peluang untuk menulis tentang kesehatan, background akuntansi dapat menjadi modal untuk menulis tentang finansial, dan lain sebagainya.

Buat Website atau Blog Pribadi

Penulis Freelance Pemula
Photo by Burst on Pexels.com

Nah, ini penting, sayangnya tidak banyak penulis freelance pemula yang menyadarinya.

Blog atau website bagi seorang penulis adalah sesuatu yang lebih dari sekedar tempat untuk menulis. Blog juga dapat menjadi etalase bagi kamu untuk memajang fortopolio penulisan yang pernah kamu lakukan, atau juga dapat menjadi cara untuk menjaring calon klien yang membutuhkan layanan penulisan yang kamu tawarkan.

Ada banyak peluang layanan penulisan yang dapat kamu pasarkan melalui blog. Kamu bisa berfokus misalnya dalam ghost writing penulisan buku, ghost writing technical writing, ghost writing penulisan kreatif dan lain sebagainya.

Bahkan kamu juga bisa mengasah kemampuan mengajar kamu dengan membuka coaching online dan kursus online mengenai penulisan melalui website.

Pelajari Berbagai Jenis Penulisan

Penulis Freelance Pemula
Photo by NEOSiAM 2021 on Pexels.com

Klien akan memiliki banyak ekspektasi pada freelance penulis yang mereka gunakan jasanya. Beberapa ekspektasi ini kadang diluar kemampuan dasar yang dimiliki oleh si penulis lepas itu sendiri. Hal ini jika kamu biarkan saja, kamu akan melewatkan beberapa peluang yang mungkin memberikan potensi income yang lumayan.

Nah, penting untuk kamu dalam menjawab tantangan ini dengan mempersiapkan diri dan mempelajari berbagai jenis penulisan. Kamu bisa menambah kemampuan misalnya dengan menulis jurnal, essay, Penelitian Tindakan Kelas untuk kenaikan pangkat guru, cerpen, puisi, copywriting dan lain sebagainya.

Dapatkan Pengetahuan Tentang SEO Dasar

Penulis Freelance Pemula
Photo by George Morina on Pexels.com

Salah satu contoh freelance writer yang paling banyak saat ini adalah untuk konten online. Dalam penulisan jenis ini yang notabene penulisannya di internet, SEO atau Search Engine Optimazation adalah sesuatu yang penting untuk kamu ketahui, paling tidak dasar-dasarnya.

Dalam operasional sistem pencarian di internet, mesin pencari seperti Google, Bing, Yahoo dan lain sebagainya, menggunakan kata kunci untuk menampilkan perintah pencarian. Nah, kata kunci inilah yang kemudian harus dipelajari oleh seorang penulis freelance untuk disisipkan dalam tulisan supaya dapat diindeks oleh sistem pencarian.

Dalam menyisipkan kata kunci sendiri, terdapat beberapa teknik yang harus diketahui untuk menghasilkan tulisan yang friendly bagi pembaca, sekaligus juga akrab dalam mesin pencaharian.

Di samping kata kunci atau keyword, operasional SEO juga akan membutuhkan pengetahuan tentang backlink, internal link, dan lain sebagainya.

Atur Waktu dengan Disiplin

Penulis Freelance Pemula
Photo by Marius Mann on Pexels.com

Ini adalah bagian yang paling penting jika kamu benar-benar ingin terjun menjadi seorang penulis freelance yang sukses. Kemampuan manajemen waktu atau kemampuan mengatur waktu harus dapat disesuaikan dengan tuntutan seorang freelance writer profesional.

Ada kalanya kamu akan menemui klien yang memiliki urgensi penulisan yang membutuhkan waktu cepat. Sementara pada klien yang lain misalnya, sebuah pekerjaan penulisan dapat saja membutuhkan waktu yang lama untuk selesaikan karena tingkat kerumitan dan kesulitannya.

Hal ini semakin kompleks jika kamu juga masih memiliki pekerjaan utama lainnya. Kemampuan untuk mengatur waktu antara penulisan freelance dan pekerjaan utama adalah penentu kesuksesan menjadi seorang penulis lepas profesional selanjutnya.

Jadilah Superman dengan Kemampuan Proofreading dan Editing

Penulis Freelance Pemula
Photo by Min An on Pexels.com

Bagian terakhir yang harus kamu persiapkan untuk menjadi seorang penulis freelance yang sukses adalah kemampuan untuk melakukan pekerjaan penulisan secara mandiri dalam berbagai prosesnya. Termasuk dalam proses ini adalah kamu dapat melakukan proofreading dan editing sebelum pekerjaannya sendiri kamu serahkan kepada  klien.

Jadi, ketika hasil penulisanmu diserahkan kepada klien, semuanya adalah penulisan siap saji yang tinggal di upload dalam situs mereka.

Penting bagi kamu untuk menguasai berbagai kemampuan pendukung seperti ini sebagai cara untuk mendukung profesionalitas dan kredibiltasmu sebagai seorang freelancer.

Sebagai seorang penulis freelance profesional, saya juga bekerjad pada salah satu perusahaan outdoor terkemuka di Indonesia. Dalam pekerjaan ini saya harus mempersiapkan sebuah tulisan secara sempurna mulai dari riset kata kunci, penulisan, editing, proofreading, pemilihan image, dan juga upload di situs mereka.

Allhamdulillah, penulisan yang konsisten dengan mempertimbangkan SEO, human friendly, dan struktur penulisan yang rapi, cukup efektif menaikkan website dalam rangking sistem pencarian.

Oh ya, untuk contoh hasil penulisan saya tersebut dapat kamu lihat disini.

Penulis Freelance Pemula
Photo by Anete Lusina on Pexels.com

Nah, itu adalah 7 tips rahasia yang bisa kamu aplikasikan untuk memulai bisnis sebagai seorang penulis freelance pemula.

Dengan kedisiplinan untuk terus mengasah kemampuan dan managemen layanan penulisanmu, hanya masalah waktu saja kamu akan menjadi salah satu penulis lepas yang sukses di kemudian hari.

Oh ya, untuk kamu sendiri yang membutuhkan bimbingan penulisan profesional, kamu juga bisa mengikuti kelas coaching online yang saya adakan. Caranya kamu bisa menghubungi saya melalui tautan whatsapp di bawah ini.


anton sujarwo

Anton Sujarwo

Saya adalah seorang penulis buku, content writer, ghost writer, copywriters dan juga email marketer. Saya telah menulis 14 judul buku, fiksi dan non fiksi, dan ribuan artikel sejak pertengahan tahun 2018 hingga sekarang.

Dengan pengalaman yang saya miliki, Anda bisa mengajak saya untuk bekerjasama dan menghasilkan karya. Jangan ragu untuk menghubungi saya melalui whatsapp, email, form kontak atau  mendapatkan update tulisan saya dengan bergabung mengikuti blog ini bersama ribuan teman yang lainnya.

Tulisan saya yang lain dapat dibaca pula pada website;

Saya juga dapat dihubungi melalui whatsapp di tautan ini.

Fortopolio beberapa penulisan saya dapat dilihat disini:


Satu respons untuk “7 RAHASIA SUKSES PENULIS FREELANCE PEMULA YANG PALING MANTAP

Add yours

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog di WordPress.com

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: