5 CARA MENJADI PENULIS BUKU PEMULA YANG PENUH PERCAYA DIRI

Melalui form kontak Penulis Gunung atau langsung melalui pesan whatsapp, saya menerima banyak pertanyaan tentang bagaimana cara menjadi penulis buku pemula yang paling efektif. Ini sebenarnya adalah pertanyaan yang umum, namun tetap saja banyak orang tidak menemukan jawaban yang nampaknya benar-benar memuaskan mereka.

Nah, untuk itu pada artikel kali ini saya akan membagikan beberapa hal yang InsyaAllah sangat bermanfaat untuk kamu yang ingin memulai penulisan sebuah buku.

Apakah kamu akan menulis kreatif semacam novel, cerpen, puisi, skenario film, atau kamu ingin menulis technical writing semacam essay, jurnal, dan artikel ilmiah, cara berikut ini bisa kamu aplikasikan.

Lantas, bagaimana cara menjadi penulis buku untuk pemula yang sebenarnya?

5 Langkah Cara Menjadi Penulis Buku Pemula untuk Kamu yang Belum Berpengalaman Sama Sekali

Photo by Suzy Hazelwood on Pexels.com

Menulis buku bisa menjadi sesuatu yang sangat menantang dan sulit, terutama untuk kamu yang belum memiliki pengalaman sama sekali. Menariknya dalam aktivitas ini, talenta sama sekali bukan hal yang utama. Meskipun misalnya kamu tak memiliki bakat seperti penulis yang lain, kamu tetap berpeluang besar untuk menjadi seorang penulis yang hebat.

Tapi, bagaimana caranya?

Bagian dasarnya adalah kamu harus mengetahui cara jadi penulis novel pemula melalui langkah-langkah yang tepat dan terbukti efektif.  Keterampilan dasar inilah yang akan menjadi modal utama kamu dalam menulis sebuah buku.

Jika kamu adalah pemula dan merasa kesulitan menulis buku, maka kamu sama sekali tidak sendirian. Permasalahan ini jamak di kalangan para penulis, bahkan untuk orang yang sudah terbiasa menulis sekali pun.

Nah, beruntungnya ada beberapa tpis dan teknis yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi hal ini. Apakah kamu mencari cara menjadi penulis online yang produktif atau pun menulis buku secara real, langkah-langkah berikut sangat layak untuk kamu aplikasikan.

Ciptakan Lingkungan Seorang Penulis

Photo by Andrew Neel on Pexels.com

Penting bagi kamu untuk selalu mengetahui bahwa untuk memulai proses menjadi seorang penulis yang berhasil adalah dengan membentuk lingkungannya terlebih dahulu. Jadi, lupakan dulu kebingungan mencari aplikasi untuk penulis pemula yang paling efektif dan semisalnya, sebaliknya, yang harus kamu lakukan adalah dengan menciptakan lingkungan menulis yang baik.

Tujuan terpenting dari menciptakan tempat menulis yang nyaman adalah supaya kamu dapat menulis tanpa gangguan. Tempat menulis yang nyaman itu tidak harus mewah.

Hal paling penting dari menciptakan tempat semacam ini adalah tujuannya yang mampu mendukung aktivitas menulis secara signifikan, menghilangkan gangguan dan membantu fokusmu pada tujuan ada pada angka 100%.

Nah, beberapa ide yang bisa kamu lakukan untuk menciptakan tempat menulis yang nyaman seperti ini adalah sebagai berikut;

  • Coba Menulis di Beberapa Tempat;  Saya biasa menulis berpindah-pindah, tergantung nyamannya dimana. Kadang saya membawa meja menulis saya di dapur, di kamar tidur, atau hanya di ruang tamu. Selama ia terasa nyaman dan membuat tulisannya saya mengalir dengan lancar, tempat dimana pun tidak menjadi masalah. Tips pertama cara menjadi penulis novel online dibayar juga sama seperti ini, yakni temukan tempat yang nyaman dan biarkan kreativitas imajinasimu berteriak nyaring di sana.
  • Ciptakan Dekorasi yang Menginspirasi: Kamu bisa menempatkan poster, quote, tumpukan buku, lukisan atau apa pun dalam ruangan menulismu yang memiliki nilai inspirasi bagi kamu sendiri.
  • Fleksibel: Ini seperti menulis di banyak tempat, yakni kamu bisa mendesain, menyusun dan mendekorasi ruangan menulis sesuai seleramu.
  • Tempatkan Kalender: Kalender akan membantu kamu untuk lebih disiplin dalam menulis, mengejar target lebih giat, dan juga biasanya lebih produktif.
  • Temukan Pendukung: Saya sebenarnya tak begitu biasa menulis fiksi ditemani musik, terutama untuk buku-buku saya sendiri. Namun untuk technical writing atau ghost writing, saya tidak bermasalah dengan musik. Nah, jika kamu menyukai musik saat menulis, tak ada salahnya juga mempersiapkan hal ini pula.
Photo by Antonio Borriello on Pexels.com

Beberapa ide lain yang bisa kamu lakukan pula dalam langkah yang pertama ini adalah dengan memperhatikan  tiga poin penting berikut ini;

Kurangi atau hilangkan potensi gangguan dengan cara;

  • Selama menulis, jauhkan dirimu dari keluarga, teman, atau bahkan mainan kesayangan sekali pun.
  • Matikan handphone-mu.
  • Tutup dulu untuk sementara sosial media seperti facebook, instagram, whatsapp, youtube, dan lain-lain.

Buat diri kamu lebih merasa nyaman dengan;

  • Menggunakan kursi yang nyaman untuk menulis, juga mejanya.
  • Tempatkan beberapa hal penambah semangat menulismu seperti quotes dan gambar.
  • Pastikan kamu sehat untuk bisa duduk dan menulis setidaknya sekitar 30 menit atau lebih.

Pilihlah sesuatu yang mampu meningkatkan produktivitas menulismu;

  • Matikan musik yang mengganggu dan nyalakan musik yang membantu kamu untuk menulis lebih baik.

Bangun Kebiasaan Seorang Penulis Profesional

Photo by Pixabay on Pexels.com

Hal yang paling membedakan antara seorang penulis profesional dan seorang penulis pemula adalah bagaimana mereka mengatur waktu mereka dalam menulis dan bagaimana kedisiplinan mereka melakukannya.

Seorang penulis profesional akan memberikan perhatian yang penuh dan kedisiplinan yang tinggi terhadap rutinitas menulisnya. Sementara di pihak lain, seorang penulis amatir kadang menulis ditentukan oleh mood, hobby dan writer’s block.

Nah, jika kamu adalah seorang penulis pemula yang hanya menulis jika kamu terinspirasi, atau hanya akan menulis jika kamu sedang merasa mood, maka kamu dalam masalah.

Jalan satu-satunya untuk menjadi seorang penulis produktif bukanlah dengan membayangkan gaji penulis novel bestlseller yang fantastis atau popularitas mereka yang manis. Akan tetapi langkah paling penting adalah dengan membangun kebiasaan seorang penulis sukses, atau membangun habit writer profesional terlebih dulu.

Kamu bisa membangun kebiasan menulis misalnya 30 menit dalam satu hari, atau beberapa hari dalam satu minggu. Kemudian kebiasaan ini kamu rutinkan secara disiplin yang dengan cara itu kamu akan lebih mudah untuk mencapai target penulisan bukumu dalam soal waktu.

Saya sendiri menulis setiap hari dengan jumlah berkisar antara 1.000 hingga 4.000 kata per hari. Saya menulis artikel, jurnal, buku, ghost writing, email marketing dan lain sebagainya. Ini telah menjadi rutinitas bagi saya, bangun di setiap harinya untuk menulis.

Buatlah Kerangka atau Outline Sebelum Memulai Penulisan

Photo by Pixabay on Pexels.com

Cara menjadi penulis novel di wattpad atau dimana saja, langkah penting yang selalu saya tekankan adalah buatlah outline atau kerangka novel sebelum eksekusi menulisnya sendiri. Jika kamu adalah penulis pemula yang belum pernah menerbitkan buku satu kali pun, maka membuat online adalah hal yang wajib kamu lakukan.

Sebuah outline atau kerangka akan membantu kamu menjelaskan arah cerita dengan jelas. Outline juga merupakan peta cerita yang dapat kamu jadikan sebagai identifikasi ide besar cerita. Dengan outline, kamu dapat menulis lebih cepat sekaligus dapat menghindari penulisan jalan cerita yang tidak sesuai dengan ide semestinya.

Jadi, sebelum kamu mulai menulis ceritamu, luangkan waktu untuk membuat kerangka buku terlebih dahulu dengan melakukan beberapa tips berikut;

  • Brainstorm, yaitu dengan membuat daftar ide cerita apa saja yang ingin kamu tuliskan dalam bukumu.
  • Organize, buat semua ide cerita tersebut saling berhubungan.
  • Order, susun bagian cerita dari sub bagiannya secara rinci.
  • Label: buat judul dan sub judul cerita yang akan menjadi bab pada buku yang kamu tuliskan.

Fokus pada Satu Proyek Penulisan

Photo by Jonas Svidras on Pexels.com

Dalam artikel tentang 10 kesalahan penulis pemula yang paling sering mereka lakukan sementara mereka sendiri tidak menyadarinya, saya menulis bahwa terlalu banyak ide adalah sebuah kesalahan dalam penulisan.

Ketika kamu menulis satu buku, kamu sudah seharusnya mengumpulkan semua energi kamu untuk menyelesaikan buku tersebut sebaik dan semaksimal mungkin. Tapi beberapa penulis, terutama para pemula yang belum berpengalaman, kadang memiliki ide laksana cipratan pecahan bintang yang menyebar kemana-mana.

Terlalu banyak ide saat kamu dituntut untuk berfokus pada satu penulisan adalah masalah. Bukan tidak mungkin dengan fokus yang terbagi pada banyak hal akan menurunkan penulisan kamu pada project yang utama, Bahkan lebih buruk, hal ini juga dapat menyebabkan kamu tidak bisa melanjutkan penulisan yang sudah kamu lakukan sebelumnya.

Nah, supaya penulisan kamu hanya fokus pada satu buku, maka kamu bisa mencoba beberapa langkah berikut;

  • Bagi penulisan menjadi beberapa bagian yang lebih kecil sehingga mudah dikerjakan.
  • Gunakan deadline untuk mendorong kedisiplinan kamu dalam menulis lebih teratur.
  • Cobalah untuk mengesampingkan beberapa ide menulis yang muncul di kepala kamu untuk sementara.

Menulislah Setiap Hari

Photo by Marcus Aurelius on Pexels.com

Cara menjadi penulis online atau pun penulis buku selanjutnya dan mungkin saja adalah yang paling penting adalah bahwa kamu harus menulis setiap hari. Ini adalah rumus yang terlalu sering untuk kamu dengarkan, namun sejujurnya ini juga adalah salah satu formula menjadi seorang penulis buku yang berhasil.

Para penulis profesional adalah mereka yang selalu menjadikan menulis sebagai prioritas utama mereka.

Para penulis profesional adalah orang yang tidak pernah berlibur. Jika mereka sedang tidak menulis, maka mereka membaca, dan jika mereka sedang tidak membaca, maka para penulis profesional itu melambungkan pikiran mereka untuk memikirkan tulisan mereka selanjutnya.

Namun sebagai pemula, kamu tidak tentu dapat memaksakan diri untuk menulis setiap hari seperti ini, bukan? Lantas bagaimana jalan keluarnya supaya kamu berhasil menyelesaikan buku kamu yang pertama dengan tepat waktu?

Jawabannya adalah dengan membuat jadwal penulisan yang disiplin, teratur dan dapat kamu patuhi sendiri. Hal ini dapat pula dibantu dengan cara kamu mengkalkulasi jumlah kata dalam penulisan yang ingin kamu lakukan dan dalam berapa lama kamu membutuhkan waktu menyelesaikannya.

Misalkan kamu ingin menulis sebuah novel sebanyak 50.000 kata dalam waktu 5 bulan, artinya kamu harus menulis sebanyak 10.000 kata setiap bulannya. Lalu, berapa banyak kata setiap hari yang harus kamu produksi untuk mencapai tujuan itu?

Jika kamu menulis setiap hari, maka setidaknya kamu harus menulis sekitar 333 kata.

Jika kamu menulis hanya 3 hari dalam satu pekan yang artinya hanya 12 hari dalam satu bulan, maka kamu harus menulis sebanyak 833 kata setiap kali kamu menuliskannya.

Sekarang kamu tinggal pilih, ingin menulis dengan jadwal yang seperti apa supaya target penulisan kamu dapat tercapai.

Awali Karirmu Menjadi Penulis Profesional Sekarang

Photo by Lisa on Pexels.com

Tidak ada yang instan untuk mencapai sebuah tujuan, kamu senantiasa diminta untuk berproses. Namun terkait cara menjadi penulis buku pemula yang berhasil dan produktif, 5 langkah di atas telah terbukti efektif untuk mempercepatnya.

Dengan mengikuti strategi ini kamu dijamin dapat menyelesaikan buku pertama kamu dalam waktu yang lebih cepat dan efisien.

Nah, hal ini semakin efektif lagi jika kamu mendapatkan bimbingan menulis secara langsung dari penulis profesional yang sudah menulis puluhan buku dan menjadikan menulis sebagai kegiatannya sehari-hari.

Penulis Gunung adalah salah satu jasa bimbingan menulis yang bisa kamu pilih untuk hal ini.


anton sujarwo

Anton Sujarwo

Saya adalah seorang penulis buku, content writer, ghost writer, copywriters dan juga email marketer. Saya telah menulis 14 judul buku, fiksi dan non fiksi, dan ribuan artikel sejak pertengahan tahun 2018 hingga sekarang.

Dengan pengalaman yang saya miliki, Anda bisa mengajak saya untuk bekerjasama dan menghasilkan karya. Jangan ragu untuk menghubungi saya melalui email, form kontak atau  mendapatkan update tulisan saya dengan bergabung mengikuti blog ini bersama ribuan teman yang lainnya.

Tulisan saya yang lain dapat dibaca pula pada website;

Saya juga dapat dihubungi melalui whatsapp di tautan ini.

Fortopolio beberapa penulisan saya dapat dilihat disini:


Satu respons untuk “5 CARA MENJADI PENULIS BUKU PEMULA YANG PENUH PERCAYA DIRI

Add yours

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog di WordPress.com

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: