15 IDE CERITA FIKSI FANTASI UNTUK INSPIRASI MENULIS NOVEL

Setelah sebelumnya Penulis Gunung ID memberikan kamu 15 ide cerita fiksi untuk genre romantis, kali ini adalah kabar gembira untuk kamu yang suka menulis fantasi. Ada 15 contoh ide cerita fantasi yang bisa kamu eksekusi dengan mudah menjadi novel atau pun hanya sebuah cerpen.

Nah, apa sajakah ide cerita tersebut?

Berikut uraian selengkapnya.

15 Ide Cerita Fiksi untuk Inspirasi Menulis Novel Fantasi

Untuk berbagai kategori fiksi yang kamu pilih, selalu ada contoh ide cerita yang menarik dan bisa kamu ikuti dengan mudah. Apakah kamu suka menulis genre fiksi romantis, genre misteri atau horor, atau bahkan genre fantasi sekali pun, Penulis Gunung mengumpulkan beberapa ide menarik yang bisa kamu gunakan.

Sebelum membahas apa saja ide cerita fiksi fantasi yang bisa kamu kembangkan, yuk, berkenalan lebih dekat dulu dengan apa itu genre fantasi.

BACA JUGA:

Pengertian Genre Fiksi Fantasi

Photo by Ferdinand Studio

Fantasi adalah istilah lain yang lebih umum digunakan dalam penulisan karya sastra selain imajinasi. Sementara imajinasi sendiri adalah bentuk paling murni dari kemampuan seorang penulis dalam merekayasa berbagai percikan khayalan yang ia miliki.

Pendek kata, penulisan fiksi jenis fantasi adalah tulisan paling ‘hidup’ untuk sesuatu yang bersifat khayalan murni.

Akan tetapi secara umum, penulisan genre fantasi dimaksudkan sebagai penulisan yang berhubungan dengan sesuatu yang bersifat khayalan semata, tidak benar-benar ada dan hanya adalah imajinasi penulis saja.

Namun, jika boleh mengartikan genre ini menjadi sedikit lebih spesifik, mungkin artinya adalah penulisan yang berhubungan dengan makhluk rekaan, sihir, magic dan kemampuan yang melebihi realitas logika. Secara teori, genre fantasi adalah samudra penulisan yang tidak terbatas untuk diarungi oleh penulis mana pun.

Nah, bagaimana cara menuliskannya?

Beberapa Tips Penting Menulis Cerita Fiksi Fantasi

Photo by Pixabay

Seperti halnya cerita fiksi lainnya, ide cerita fiksi bersumber dari imajinasi sang penulis itu sendiri. Dalam genre fantasi, imajinasi memainkan peranan yang lebih besar dibandingkan genre lain seperti fiksi sejarah atau semacamnya.

Dikarenakan ide cerita ini yang bersumber pada imajinasi dan khayalan yang murni, dalam mengeksekusinya menjadi cerita yang menarik, tentu saja ada beberapa hal penting yang dapat dilakukan.

Dengan penulisan fiksi fantasi yang jangkauannya sangat luas, kamu perlu melakukannya dengan sangat fokus dan konsentrasi pada satu orientasi. Tema cerita fiksi yang luas bisa menjadi jebakan dan membuat ceritamu menjadi terlalu abstrak jika tanpa konsentrasi.

 Nah, untuk membuatnya menjadi lebih mudah, berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan.

  • Bangun sebuah dunia yang sepenuhnya unik dan menarik dalam cerita.
  • Tulis sebuah cerita yang kamu juga ingin membacanya. Jadi, jika kamu ingin membaca sebuah cerita tentang naga terbang dengan mulut berapi yang menyembur, maka kamu sebaiknya menulis cerita fantasi serupa.
  • Pilih cerita fantasi sebuah perjalanan petualangan yang memberikan hasil tak terduga dan sama sekali berbeda.
  • Keluar dari kebiasaan menulis cerita yang datar. Ini fantasi dan imajinasi, biarkan khayalanmu terbang setinggi langit.
  • Gunakan nama-nama yang unik dan menarik. Kamu bisa melihat contohnya pada buku fantasi populer seperti Harry Potter, The Lord of the Ring, The Hobbit, Narnia dan lain sebagainya. Buat nama tempat dan nama tokoh seunik itu.
Source:CNN Indonesia
  • Jangan lupakan keragaman. Ide cerita fantasi yang baik haruslah mencakup keragaman manusia baik ras, agama, dan kebudayaan. Jadi, jika kamu mengambil karakter berkulit hitam sebagai tokoh utama, jadikan pula karakter berkulit putih sebagai lawan mainnya.
  • Kembangkan berbagai bahasa yang unik, gaul dan mungkin saja dapat menjadi trend di depan cerita.
  • Hindari menggunakan kata-kata yang terlampau umum jika obyeknya tidak ada di dunia nyata. Misalkan kamu membuat karakter mobil yang mampu berpikir, jangan menyebutnya sebagai ‘si Mobil Berpikir’ atau ‘si Mobil Jenius’, namun cari istilahnya yang lebih keren seperti Pluto, Dam-Dam dan lain sebagainya.
  • Buat jadwal menulis yang disiplin dengan deadline, kemudian sedapat mungkin untuk mematuhinya supaya buku cerita fantasimu bisa segera selesai dan dibaca oleh orang lain.

15 Contoh Ide Cerita Fiksi Fantasi yang Menarik

Source: Goodfon

Membuat cerita fiksi fantasi sekarang dapat kamu eksekusi dengan lebih gampang.

Caranya?

Kamu tinggal mengembangkan beberapa premis berikut yang sudah menjadi garis besar cerita. Selanjutnya, biarkan kreativitas, imajinasi dan intuisimu yang mengerjakan tugasnya sebaik mungkin.

BACA JUGA:

Contoh Ide Cerita Fiksi Fantasi 1

Photo by Luca Dross

Tulis sebuah cerita fantasi yang berawal dari seorang tokoh yang penasaran dengan keberadaan dunia sihir dan cenderung tidak mau meyakininya. Tokoh utama ini kemudian memulai petualangan untuk mencari jawaban atas rasa penasarannya.

Ia mulai menjelajahi hutan belantara, mendatangi kota hantu bahkan berteman dengan banyak pesulap untuk melihat apa yang mereka bisa lakukan. Namun tanpa ia sangka, petualangan tokoh utama justru berakhir di keluarganya sendiri yang ternyata adalah keturunan para penyihir yang terkenal.

Bahkan tanpa ia sadari, tokoh utama cerita sendiri adalah pewaris ilmu sihir paling hebat di dunia.

Contoh Ide Cerita Fiksi Fantasi 2

Tulis sebuah cerita yang tokoh utamanya adalah seorang pembohong besar.

Kamu dapat menggambarkan bahwa karakter utamamu tak pernah mau mengalah ketika  bercerita pada sahabatnya sehingga mengarang banyak hal, termasuk kabin di tengah hutan yang di sekelilingnya terdapat danau dengan ratusan ular berbisa.

Kemudian pada suatu hari, karakter utama ceritamu terbangun dan menemukan semua kebohongan yang ia ceritakan telah berubah menjadi kenyataan.

Contoh Ide Cerita Fiksi Fantasi 3

Photo by Enric Cruz Lu00f3pez

Tulis sebuah buku dengan karakter utama yang terbangun pada suatu hari dan menemukan bahwa semua orang yang ia temui menggunakan bahasa yang aneh dan tidak ada dalam kamus mana pun.

Bahasa itu baru pertamakali didengar oleh si karakter utama cerita. Namun anehnya, ia merasa mengetahui semua maksudnya, termasuk bisa pula mengucapkannya.

Karakter utama tidak menyadari dimana sebenarnya ia berada sampai sebuah kejadian membuat ia sadar bahwa ia tidak berada di dunia nyata yang sesungguhnya.

Contoh Ide Cerita Fiksi Fantasi 4

Kali ini kamu bisa membuat contoh cerita fiksi pendek tentang karakter utama cerita yang tinggal di sebuah desa tanpa api. Satu-satunya sumber api di desa itu  berupa batu lahar baru saja habis karena kesalahan satu warga desa yang tidak sengaja melemparkannya ke dalam sumur tua.

Untuk mendapat api guna membantu kehidupan warga desa, tokoh utama terpilih untuk mencari batu lahar lainnya. Di luar dugaan, ia menemukan batu lahar itu di sebuah goa yang jauhnya tujuh hari perjalanan dari desanya. Namun, ketika ia memasuki goa, ternyata batu-batu lahar yang ia cari dijaga oleh 3 puteri duyung dan sekawanan srigala laba-laba.

BACA PULA:

Contoh Ide Cerita Fiksi Fantasi 5

Photo by Tom Swinnen

Tulis sebuah cerita fantasi tentang tokoh utama yang berprofesi sebagai tukang sulap keliling untuk menghibur anak-anak. Di samping melakukan sulap untuk pesta ulang tahun, tokoh utama juga membuka kelas sulap bagi siapa pun yang tertarik untuk melakukan sulap dengan tujuan menghibur.

Suatu hari, tokoh utama kedatangan seorang anak yang tampak bodoh namun ingin diajari sulap. Namun di luar dugaan, anak tersebut mampu menguasai berbagai jenis sulap dengan cepat bahkan mengalahkan tokoh utama. Anak itu kemudian memiliki kekuatan yang besar dan mampu membuat kekacauan di dunia.

Sekarang, buat karakter utama harus bertarung melawan anak itu untuk menyelamatkan dunia.

Contoh Ide Cerita Fiksi Fantasi 6

Tulis sebuah buku tentang karakter utama yang mengalami perubahan drastis dalam hidupnya saat kedua orang tuanya meninggal dunia karena sebuah kecelakaan. Di tengah kebingungan dan kebimbangan, seorang teman ayahnya datang dan mengatakan bahwa kedua orangnya belum tewas tetapi disandera oleh sebuah kekuatan sihir yang sangat kuat.

Satu-satunya jalan untuk melepaskan sihir yang menyandera orang tuanya, karakter utama harus masuk ke sebuah dunia dan belajar sihir di sana.

Akan tetapi untuk melakukan itu, ternyata karakter utama dituntut untuk membunuh seekor naga terlebih dahulu yang tinggal di lantai bawah rumahnya sendiri.

Contoh Ide Cerita Fiksi Fantasi 7

Photo by Martin Damboldt

Tulis sebuah cerita yang karakter utamanya adalah seorang pemuda yang tinggal di sebuah kota besar dan memutuskan untuk mengunjungi rumah pamannya di sebuah kota sangat terpencil.

Saat tiba di kota tersebut dan masuk ke sebuah kedai, tokoh utama tanpa sengaja telah meminum sebuah cairan ajaib yang membuat ia bisa melakukan hal-hal yang tidak masuk akal, termasuk dengan melakukan teleportasi atau petualangan waktu.

Hal tak terduga kemudian terjadi karena teryata cairan itu hanya memiliki keajaiban selama 7 hari saja, selebihnya ia akan kadaluwarsa. Namun, tokoh utama sudah terlanjur bertualang kemana-mana dan ia terjebak pada petualangan terakhir yang mungkin akan membuat ia tak bisa pulang selamanya.

Contoh Ide Cerita Fiksi Fantasi 8

Tulis sebuah cerita tentang sebuah kaum yang dapat mengendalikan api, membuatnya, dan mereka  hidup dalam lingkungan tersebut. Persis seperti kisah Avatar yang mungkin pernah kamu saksikan sebelumnya.

Sayangnya, masa kerajaan api akan berhampir karena badai es yang akan membekukan semuanya sudah ada di depan mata. Hanya ada satu cara untuk menyelamatkan bangsa pengendali api itu dari kepunahan yaitu jika mereka menemukan manusia yang memiliki api abadi dalam dirinya.

Dan manusia yang dimaksud itu adalah tokoh utama ceritamu, orang yang sebelumnya tidak mengerti sedikit pun tentang kaum api.

BACA JUGA:

Contoh Ide Cerita Fiksi Fantasi 9

Photo by Pixabay

Sekarang tulis sebuah cerita dimana tokoh utamamu terlahir sebagai orang yang ada di tengah-tengah bangsa penyihir. Sihir ada dimana-mana dan semua orang bisa melakukan sihir. Sihir telah menjadi tontonan dan alat untuk berjual beli, sihir benar-benar hidup pada bangsa tersebut.

Akan tetapi karakter utama ceritamu justru tidak memiliki kekuatan sihir. Ia adalah satu-satunya yang tidak bisa menggunakan sapu terbang, bersulap atau pun punya binatang peliharaan yang bisa berbicara. Namun ternyata karaktermu tidak menyadari jika sesungguhnya ia adalah pemilik ilmu sihir terhebat di sana.

Contoh Ide Cerita Fiksi Fantasi 10

Tulis sebuah cerita fantasi tentang portal menuju dunia lain yang sangat bertolak belakang dengan kondisi dunia nyata. Dunia di seberang portal penuh dengan kekuatan magic, binatang eksotis, centaur dan pegasus, puteri duyung dan naga, hilir mudik di antara manusia.

Tokoh utama ceritamu tanpa sengaja menyeberangi portal ketika bertualang terlalu jauh saat berkemah. Di tempat yang asing dan misterius itu, tokoh utama justru terperangkap dan tidak bisa pulang.

Contoh Ide Cerita Fiksi Fantasi 11

Photo by Pixabay

Tulis sebuah buku dengan tokoh utamamu adalah seorang peneliti yang ditugaskan untuk mencari informasi tentang suatu masyarakat yang tinggal di tengah hutan lebat. Masyarakat ini sama sekali tak tersentuh dan banyak peneliti sebelumnya yang tidak pernah kembali setelah ditugaskan untuk menyelidiki mereka.

Ketika tokoh utama cerita dan beberapa orang dari tim sedang berada jauh di dalam hutan yang sangat luas, tanpa sengaja mereka terlihat oleh salah satu penduduk dari masyarakat itu. Dan ini adalah sesuatu yang terlarang dan fatal karena ternyata mereka memiliki kekuatan yang tidak terbayangkan sebelumnya.

Misi penelitian tokoh utamamu sekarang berubah menjadi upaya untuk menyelamatkan diri.

Contoh Ide Cerita Fiksi Fantasi 12

Tulis sebuah buku yang menceritakan bahwa karakter utama cerita menjadi salah satu kru kapal yang terdampar di pulau tak berpenghuni. Lambung kapal yang pecah dan tiang layar yang patah memaksa kru kapal untuk mencari bantuan ke daratan. Sayangnya di daratan mereka menemukan sesuatu yang sama sekali berbeda.

Binatang di pulau itu berukuran raksasa dan bentuknya lebih menyerupai monster yang haus darah. Namun, yang paling berbahaya justru adalah manusianya yang bentuk dan kebiasaan mereka sangat jauh berbeda dengan bangsa manusia dari sudut bumi mana pun.

BACA JUGA:

Contoh Ide Cerita Fiksi Fantasi 13

Photo by Susanne Jutzeler

Tulis sebuah cerita kerajaan yang dikuasai oleh binatang raksasa yang bisa mengeluarkan racun mematikan melalui semburan dari mulutnya. Binatang itu meminta tumbal setiap tahun berupa ternak-ternak dan seorang gadis belia yang harus diberikan tepat saat bulan purnama.

Tokoh utama cerita terbangun di sebuah tempat yang ia tak tahu ada dimana. Ia kemudian berjalan ke kota terdekat dimana semua penduduk sangat membenci dirinya. Tetapi di luar dugaan, karakter utama ceritamu adalah satu-satunya manusia yang masih hidup setelah mendapat serangan binatang raksasa pembunuh itu.

Dan takdirnya sudah ditentukan bahwa siapa pun yang bisa selamat dari semburan binatang itu, adalah orang yang bisa mengalahkannya.

Contoh Ide Cerita Fiksi Fantasi 14

Tulis sebuah cerita fiksi dimana karakter utama terjebak dalam sebuah peperangan dua bangsa besar yang saling membenci. Kekuatan bangsa itu tidak terbayangkan, mereka bisa menggenggam petir dan mampu bula mencabut sebatang pohon besar hanya dengan memerintahkannya.

Namun ternyata kedua bangsa diadu domba oleh makluk jahat yang hidup dalam sebuah goa air terjun terbuat dari permata. Karakter utama ceritalah yang kemduian menjadi pemandu kedua bangsa itu untuk mengalahkan si makhluk jahat di sana.

Contoh Ide Cerita Fiksi Fantasi 15

Photo by Alesia Kozik

Untuk contoh cerita fiksi fantasi yang terakhir adalah kamu bisa menuliskan tentang tokoh utama cerita yang terlahir dalam keadaan cacat, tidak bisa melihat dan tidak bisa berjalan dengan sempurna. Oleh karena penampilannya yang cacat itu, ia dikucilkan dan sering menjadi bahan cemoohan masyarakat.

Akan tetapi ketika desa tempat ia tinggal dilanda bencana dan wabah, hanya tokoh utama yang tidak ikut tertular.

Hal ini membuat orang-orang menaruh curiga dan menuduhnya sebagai penyihir. Dalam rasa putus asa dan kesedihan karena diusir oleh penduduk desa, tokoh utama menemukan dirinya benar-benar memiliki kekuatan yang tidak pernah ia bayangkan sebalumnya.

BACA PULA:

Nah, itu adalah 15 contoh ide cerita fiksi fantasi yang tentunya dapat kamu kembangkan menjadi cerita yang lebih utuh baik berupa novel atau pun hanya sekedar cerpen.

Oh ya, jika kamu membutuhkan mentor untuk membantumu menyelesaikan penulisan bukumu supaya lebih efisien dan lebih cepat selesai, kamu bisa menghubungi Penulis Gunung, ya.

InsyaAllah saya akan membantu kamu dengan senang hati.

BERANI?

Satu bulan punya buku atas nama kamu sendiri?


anton sujarwo

Anton Sujarwo

Saya adalah seorang penulis buku, content writer, ghost writer, copywriters dan juga email marketer. Saya telah menulis 15 judul buku, fiksi dan non fiksi, dan ribuan artikel sejak pertengahan tahun 2018 hingga sekarang.

Dengan pengalaman yang saya miliki, Anda bisa mengajak saya untuk bekerjasama dan menghasilkan karya. Jangan ragu untuk menghubungi saya melalui email, form kontak atau  mendapatkan update tulisan saya dengan bergabung mengikuti blog ini bersama ribuan teman yang lainnya.

Tulisan saya yang lain dapat dibaca pula pada website;

Saya juga dapat dihubungi melalui whatsapp di tautan ini.

Fortopolio beberapa penulisan saya dapat dilihat disini:


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog di WordPress.com

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: