INI 15 IDE MENULIS CERITA NON FIKSI YANG SUDAH TERBUKTI EFEKTIF

Sebagai penulis saya telah melalui banyak hal, termasuk membuktikan bahwa menulis cerita non fiksi itu tidak sesederhana kelihatannya. Meskipun tidak dipaksa menggunakan imajinasi untuk merekayasa sebuah cerita yang unik, menulis buku non fiksi juga sangat menantang untuk dikerjakan.

Kesulitan menulis non fiksi bisa dimulai dari menemukan ide ceritanya sendiri yang setidaknya cukup bagus untuk dijadikan tema penulisan.

Atau dalam kondisi sebaliknya, kamu memiliki terlampau banyak ide hingga bimbang memilih mana yang terbaik untuk dijadikan sebagai pilihan penulisan non fiksi.

Cara Menulis Prolog Novel

Kamu punya kisah hidup menarik untuk dijadikan buku namun bingung cara menuliskannya?

Akan tetapi, Cara membuat cerita non fiksi sebenarnya tidak begitu sulit jika kamu dibantu oleh beberapa ide yang mungkin saja tidak terpikir oleh kamu sebelumnya. Ide-ide ini akan menjadi modal dasar bagi kamu untuk mengembangkan, mendemonstrasikan dan menunjukkan kepada pembaca bahwa, pemikiran kamu tentang ide tersebut sangat layak untuk dibagikan.

Nah, apa sajakah ide-ide yang bisa kamu gunakan untuk menulis cerita non fiksi?

Berikut Penulis Gunung ID telah mengumpulkannya untuk kamu.

15 Ide Menulis Cerita Non Fiksi Tema Prinsip dan Nilai Kehidupan serta Moralitas 

Source: Unsplash

Di tengah kemorosotan moral dan nilai-nilai dalam kehidupan yang semakin banyak disiarkan oleh berbagai lintas media, menulis pandanganmu tentang prinsip dan nilai-nilai kehidupan bisa jadi akan menjadi sesuatu yang menarik. Sepanjang kehidupan manusia yang terus belajar dan beradaptasi, nilai-nilai kehidupan dan moralitas adalah hal bagus untuk selalu dibicarakan.

Membuat cerita non fiksi dalam lingkup tema nilai kehidupan dan moralitas juga bukan hal baru dalam dunia literasi. Kamu hanya perlu mengeksplorasi pandangan pribadi yang kamu miliki mengenai suatu nilai moralitas dalam kehidupan. Dalam proses ini kamu tentu saja dapat bercerita lebih banyak bagaimana perjalanan yang kamu tempuh hingga sampai pada pandangan seperti itu.

Moralitas, prinsip, keyakinan dan nilai-nilai luhur dalam kehidupan adalah tema teratas pada banyak buku non fiksi, sekarang adalah waktu kamu untuk membuat novel cerita non fiksi versi diri kamu sendiri.

Dan inilah beberapa ide yang bisa kamu kembangkan untuk melakukannya.

BACA JUGA:

Ide Menulis Cerita Non Fiksi tentang Nilai dan Moralitas #1

Source: Unsplash

Ide pertama yang bisa kamu ambil untuk menulis cerita non fiksi adalah menuliskan tentang kesalahan yang kamu pernah lakukan sendiri. Tulis bagaimana kamu larut dalam kesalahan tersebut selama bertahun-tahun dan kamu sendiri tidak menyadarinya.

Ini akan menjadi sebuah contoh membuat cerita non fiksi yang akan menjadi refleksi hidup kamu sendiri. Kamu sudah pasti dapat melakukannya dengan sangat baik.                                                     

Ide Menulis Cerita Non Fiksi tentang Nilai dan Moralitas #2

Tulis sebuah cerita non fiksi tentang bagaimana seseorang menemukan apa yang benar-benar penting dalam kehidupannya.

Kamu mungkin dalam ide ini akan menceritakan seseorang yang dulunya menganggap bahwa materi, jabatan, uang dan kesuksesan adalah hal penting dalam hidupnya. Akan tetapi seiring waktu dan berbagai kejadian telah mengajarkannya bahwa hal yang terpenting misalnya bukan itu semua melainkan keluarga.

Atau kamu dapat membuat skenario moralitas yang lebih baik daripada itu.

Ide Menulis Cerita Non Fiksi tentang Nilai dan Moralitas #3

Source: Unsplash

Tulis sebuah cerita nonfiksi atau non fiksi yang menggambarkan nilai terbesar dalam kehidupan kamu sendiri.

Kamu dapat menjelajah tema ini dengan mengkorelasikan banyak hal.

Kamu dapat menggunakan sudut pandang agama yang menempatkan keimanan kepada Tuhan adalah nilai terbesar dalam kehidupan manusia.

Atau kamu mungkin lebih tertarik mengetengahkan tema humanisme dimana nilai moral kepada manusia adalah hal paling besar dalam pandanganmu.

Ide Menulis Cerita Non Fiksi tentang Nilai dan Moralitas #4

Tulis sebuah cerita non fiksi mengenai permasalahan paling penting di dunia dan bagaimana ia demikian berpengaruh dalam kehidupan manusia.

Jika misalnya kamu memandang bahwa kesenjangan sosial dan ekonomi adalah masalah pokok di dunia, kamu dapat menguraikan mengapa masalah itu demikian berdampak pada masyarakat.

Kamu juga dapat menambahkan pandanganmu mengenai bagaimana mengatasi problema semacam itu dan bagaimana pikiranmu tentang kondisi yang paling ideal.

Ide Menulis Cerita Non Fiksi tentang Nilai dan Moralitas #5

Source: Unsplash

Selanjutnya buat cerita non fiksi tentang bagaimana moralitas dan nilai-nilai kehidupan yang berubah ketika seseorang tumbuh dewasa.

Kamu dapat menulis topik ini dengan sudut pandang kamu sendiri sebagai orang yang pernah mengalami masa transisi kedewasaan itu.

Atau kamu juga dapat memposisikan diri sebagai sudut pandang orang yang mengamati bagaimana perubahan nilai-nilai tersebut terjadi dan mempengaruhi moralitas seseorang yang kamu jadikan sebagai objek riset.

BACA JUGA:

Ide Menulis Cerita Non Fiksi tentang Nilai dan Moralitas #6

Source: Unsplash

Tulis sebuah cerita non fiksi tentang bagaimana nilai-nilai yang luhur dalam hidup mampu memberikan pengaruh besar bagi kebahagiaan hidup seseorang.

Kamu juga dapat menambahkan bahwa kemerosotan moralitas dan nilai-nilai dalam masyarakat, misalnya berujung pada penderitaan masyarakat itu sendiri.

Korelasi antara nilai luhur, moralitas dan kebahagiaan menjalani hidup akan selalu menarik untuk dibicarakan. Contohnya kejujuran, keberanian dan tanggung jawab akan selalu memberi ketenangan pada pribadi yang memilikinya.

Ide Menulis Cerita Non Fiksi tentang Nilai dan Moralitas #7

Buat cerita non fiksi yang singkat atau bahkan sebuah buku 200 halaman tentang bagaimana problem yang kamu pernah alami ketika adanya ketidakcocokan moral dan nilai-nilai yang seharusnya kamu aplikasikan.

Ini mungkin hampir sama bagaimana kamu menulis sebuah cerita non fiksi yang berisi introspeksi atau muhasabah. Refleksi pentingnya nilai-nilai yang sempat kamu abaikan memberikan kamu pelajaran berharga untuk dibagikan.

Ide Menulis Cerita Non Fiksi tentang Nilai dan Moralitas #8

Source: Unsplash

Tulis tentang sebuah buku non fiksi tentang bagaimana pendapat dan pandangan ideal kamu mengenai nilai-nilai penting apa saja yang harus diimplementasikan dalam hidup.

Ini bisa menjadi sebuah kombinasi dari beberapa nilai dan moralitas yang menurut kamu paling penting diamalkan manusia untuk mencapai tujuan kehidupan mereka.

Ide Menulis Cerita Non Fiksi tentang Nilai dan Moralitas #9

Selanjutnya ide menulis cerita non fiksi yang juga bisa kamu aplikasikan adalah dengan menulis sebuah konflik atau polemik yang sempat kamu hadapi ketika misalnya memperdebatkan suatu moralitas atau nilai-nilai kehidupan.

Misalkan kamu dibesarkan dalam sebuah lingkungan dengan nilai-nilai dan norma tertentu.

Pada saat kamu tinggal di wilayah yang baru, nilai-nilai dan moralitas asalmu ternyata diperdebatkan efektivitasnya. Hal ini tentu saja dapat kamu kembangkan menjadi lebih luas lagi dalam sebuah penulisan buku non fiksi.

Ide Menulis Cerita Non Fiksi tentang Nilai dan Moralitas #10

Source: Unsplash

Ungkapkan kegelisahanmu mengenai dilematis sebuah nilai populer di dunia. Dengan kemajuan ilmu dan teknologi, penulisan literasi cerita non fiksi dengan tema seperti ini lebih mudah untuk kamu lakukan.

Bagaimana contohnya?

Misalkan kamu menulis sebuah cerita non fiksi yang menyoroti hilangnya kepedulian antar sesama manusia karena pengaruh teknologi seperti handphone. Kamu secara khusus misalnya mengkritisi bagaimana kepedulian, perhatian, keinginan menolong, dan tenggang rasa yang semakin hilang lantaran problema semacam ini.

BACA PULA:

Ide Menulis Cerita Non Fiksi tentang Nilai dan Moralitas #11

Source: Unsplash

Tulis sebuah buku non fiksi yang menggambarkan perjuangan dan pertentangan batin antara apa yang benar secara moral dan apa yang hanya terasa sebagai sebuah kebenaran.

Kamu dapat menemukan ide dan contoh semacam ini dalam banyak sendi kehidupan manusia. Tidak sedikit orang yang lebih memprioritaskan sesuatu yang ia rasa benar dibandingkan kebenaran moral yang sebenarnya.

Nenek tua yang mencuri satu dua batang singkong untuk makan dari sebuah perusahaan dengan omzet ratusan milyar adalah contoh menarik tentang hal ini. Nenek itu dihukum mungkin terasa benar sebagai bentuk supremasi hukum, tapi secara moralitas dan nilai-nilai kebenaran yang sejati, tentu ini sangat bertentangan.

Ide Menulis Cerita Non Fiksi tentang Nilai dan Moralitas #12

Nah ini menarik ketika kamu misalnya memutuskan untuk menulis sebuah masalah moral yang sama sekali luput dari perhatian dunia. Menulis teks cerita non fiksi seperti ini akan membuat kamu menjadi lebih sensitif dalam memperhatikan moralitas manusia secara global.

Kembali ke persoalan hilangnya kepedulian dan perhatian sesama manusia karena pengaruh teknologi tadi. Kamu juga bisa menghubungkan dengan tema ini karena hampir tidak ada misalnya orang yang memperhatikannya.

Ide Menulis Cerita Non Fiksi tentang Nilai dan Moralitas #13

Source: Unsplash

Tulis sebuah buku misalnya tentang bagaimana ketika prinsip-prinsip moralitas berupaya untuk dikompromikan. Kamu dapat memperluas cakupan ini pada banyak sendi kehidupan manusia.

Manusia yang jujur dan berprinsip menjadi dilematis ketika misalnya dihadapkan pada paksaan untuk berbohong dan berbuat tidak jujur. Kamu bisa menggambarkan bagaimana dilema yang terjadi ketika nilai-nilai seperti ini berusaha dikompromikan dengan berbagai macam alasan dan keadaan.

Ide Menulis Cerita Non Fiksi tentang Nilai dan Moralitas #14

Tulis sebuah cerita non fiksi ketika nilai dan prinsip dalam diri kamu ditantang dan kamu dipaksa untuk menghadapinya. Apa yang akan kamu lakukan; Mempertahankan nilai dan prinsip itu ataukah merelakannya karena suatu alasan?

Kamu tentu dapat menulis buku dengan tema non fiksi seperti ini. Pertentangan antara moral dan kondisi yang memaksa selalu menjadi sisi yang menarik untuk diceritakan.

Nah, kamu bisa mengambil bagian disana.

Ide Menulis Cerita Non Fiksi tentang Nilai dan Moralitas #15

Source: Unsplash

Untuk cerita non fiksi yang terakhir dan dapat kamu tuliskan dengan baik adalah tentang bagaimana kamu menemukan sebuah nilai dan prinsip moralitas dalam kehidupan.

ini mungkin saja diawali dengan sebuah kejadian yang kemudian membuat kamu membuka mata dan belajar bahwa prinsip luhur dan moralitas mulia dapat ditemukan dimana saja.

Kamu misalnya dapat menemukan prinsip kejujuran yang dipegang teguh oleh seorang penjual jamu ontel. Atau prinsip keberanian yang kamu temukan pada diri seorang anak yang membela temannya yang dibully, dan lain sebagainya.

BACA JUGA:

Beberapa Tips Penting Menulis Cerita Non Fiksi Tema Prinsip dan Nilai-Nilai Moralitas

Source: Unsplash

Tentu saja ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebagai cara menulis cerita non fiksi khususnya yang berkaitan dengan tema prinsip, nilai-nilai dan juga moralitas.

Namun, beberapa tips yang paling penting untuk kamu perhatikan adalah sebagai berikut;

  • Menulislah dengan jujur sesuai dengan pengalaman, pengetahuan dan wawasanmu.
  • Jangan paksakan prinsipmu, nilai-nilai yang kamu anut, atau pun standar moralitas yang kamu miliki kepada pembaca.
  • Gunakan riset dan fakta dalam penulisanmu. Ini akan menjadi materi cadangan yang akan memperkuat semua pernyataan yang kamu tuliskan.
  • Tuliskan pengalaman orang yang nyata dalam tulisanmu. Misalkan kamu menulis seorang tukang sayur yang memiliki prinsip moralitas yang layak untuk diteladani. Pastikan tukang sayur tersebut adalah sosok yang asli dan bukan rekayasa kamu semata.
  • Hindari untuk menulis seolah-olah kamu mengetahui segalanya. Jika bukan kapasitasmu dan kamu tidak memiliki pengetahuan banyak tentang sesuatu, jangan memaksakan diri untuk membahasnya terlalu jauh.

Nah, dengan beberapa ide menarik tentang bagaimana menulis cerita non fiksi dalam tema prinsip kehidupan, moralitas dan nilai-nilai luhur di atas, kamu mungkin sudah mendapat percikannya, bukan?

Selanjutnya diri kamu sendirilah yang akan membuatnya menjadi sebuah cerita non fiksi yang luar biasa.

Selamat berkarya!

Berani?

Satu bulan punya buku atas nama kamu sendiri?


anton sujarwo

Anton Sujarwo

Saya adalah seorang penulis buku, content writer, ghost writer, copywriters dan juga email marketer. Saya telah menulis 15 judul buku, fiksi dan non fiksi, dan ribuan artikel sejak pertengahan tahun 2018 hingga sekarang.

Dengan pengalaman yang saya miliki, Anda bisa mengajak saya untuk bekerjasama dan menghasilkan karya. Jangan ragu untuk menghubungi saya melalui email, form kontak atau  mendapatkan update tulisan saya dengan bergabung mengikuti blog ini bersama ribuan teman yang lainnya.

Tulisan saya yang lain dapat dibaca pula pada website;

Saya juga dapat dihubungi melalui whatsapp di tautan ini.

Fortopolio beberapa penulisan saya dapat dilihat disini:


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog di WordPress.com

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: