Lompat ke konten
Beranda » Blog » 7 TIPS RAHASIA CARA MEMBUAT CERPEN YANG MENARIK

7 TIPS RAHASIA CARA MEMBUAT CERPEN YANG MENARIK

Dalam artikel ini, saya akan mengajak kamu untuk mempelajari cara membuat cerpen yang menarik hanya dalam beberapa langkah sederhana. Nah, jika kamu adalah orang yang sedang berjuang untuk bisa menulis cerpen dengan baik, artikel Penulis Gunung kali ini saya persembahkan untuk kamu.

Lalu, bagaimana kira-kira cara membuat cerpen yang menarik untuk dibaca dan ditulis?

Yuk, baca sampai habis artikelnya, ya.

Cara Membuat Cerpen yang Menarik dalam 7 Tips Paling Ampuh

Cara membuat cerpen yang menarik
Photo by Mark Neal on Pexels.com

“Tidak perlu memaksakan susunan kata yang indah atau diksi yang memukau sebagai pembuka sebuah cerita. Jika kamu bisa melakukannya itu bagus, namun jangan memaksakan diri untuk hal itu”

A Wan Bong

Setiap penulis memiliki metode mereka sendiri dalam menulis, tak terkecuali bagi penulis cerpen atau cerita pendek.

Meskipun singkat dan hanya berfokus pada satu bagian penceritaan, menulis cerpen tidak dapat dilakukan sembarangan. Justru penulisan cerpen yang baik membutuhkan keterampilan menulis yang memadai, baik dari sisi metodenya, bahasanya, juga langkah penulisannya sendiri.

Ada banyak tips yang mungkin sudah kamu baca mengenai cara membuat cerpen yang menarik bagi pemula. Cara-cara ini mungkin saja terdengar sangat gampang dilakukan, namun justru tidak mudah untuk dipraktikkan.

Untuk itu, kali ini saya akan mengajak kamu untuk membuat cerpen dengan mudah dan menarik melalui 7 tips berikut ini;

Buat Konsep Cerpen Terlebih Dulu

Cara Membuat Cerpen yang Menarik
Photo by Guillaume Meurice on Pexels.com

Hal pertama dalam membuat konsep cerita adalah dengan melakukan brainstorming. Nah, brainstorming sendiri memiliki banyak definisi jika diterjemahkan secara sederhana.

Namun terkait dengan penulisan cerpen, brainstorming yang dimaksud adalah menyusun sebuah konsep yang jelas tentang cerpen yang akan ditulis. Termasuk dalam hal ini adalah membuat konsep tentang siapa, apa, mengapa, dimana, kapan, dan bagaimana.

Secara sederhana konsep brainstorming sama seperti membuat cerpen tema bebas yang berawal dari menyusun tentang siapa, apa, mengapa, kapan dan bagaimana. Simpelnya dalam proses brainstorming ini kamu membuat coretan tentang 5 pertanyaan berikut;

  • Siapa yang akan diceritakan? Siapakah tokoh atau karakter utama yang akan dituangkan dalam sebuah cerita berbentuk cerpen tersebut?
  • Apa yang terjadi dengan tokoh tersebut? Apa permasalahan yang ia hadapi yang membuat dirinya layak untuk dijadikan sebagai objek cerita?
  • Mengapa permasalahan tersebut memiliki kaitan erat dengan tokoh yang diceritakan? Mengapa tokoh tersebut begitu terpengaruh dengan permasalahan yang ada?
  • Dimana tokoh dalam cerita tersebut? Dimana kejadiannya berlangsung?
  • Kapan kejadiannya berlangsung? Kapan peristiwa yang menjadi isi cerpen terjadi?
  • Bagaimana kemudian yang terjadi? Bagaimana karakter menyelesaikan masalahnya? Bagaimana pula akhir ceritanya?

Dengan memikirkan konsep berdasarkan 6 pertanyaan pokok diatas, kamu dapat membuat sebuah konsep cerpen yang cepat dan mudah. Dengan praktik yang sama, kamu juga dapat menemukan tema cerpen yang menarik dengan mengajukan 6 pertanyaan tersebut.

Fokus pada Cerita yang Ingin Disampaikan

Cara Membuat Cerpen yang Menarik
Photo by Tima Miroshnichenko on Pexels.com

Fokus yang dimaksud disini adalah fokus dalam menyoroti subjek utama yang diceritakan.

Sesuai dengan namanya, maka cerita pendek tentu saja memiliki batasan jumlah kata dan halaman. Untuk alasan inilah kemudian kamu harus membuat setiap kalimat yang ditulis itu fokus membedah sebuah permasalahan yang menjadi titik inti cerita.

Dalam penulisan cerpen, hindari membahas hal yang terlampau melebar dan sudah tidak memiliki korelasi dengan inti cerita.

Jika kamu ingin menuangkan pula hal lain dalam cerita dengan maksud memperkayanya, maka pastikan hal tersebut sebagai pelengkap yang mampu memperkuat inti cerita yang disampaikan.

Meskipun misalnya, ini adalah bagian dari cara membuat cerpen tentang diri sendiri yang memungkinkan kamu untuk bercerita secara panjang lebar, namun tetap pastikan fokus ceritanya terjaga.

Buat Karakter Cerita yang Spesifik

Cara membuat cerpen yang menarik
Photo by Hatice Nou011fman on Pexels.com

Dalam langkah pertama kamu hanya berfokus pada konsep tentang siapa, apa, mengapa, dimana, kapan dan bagaimana, maka pada pada tips yang ketiga ini kamu berfokus pada karakter secara spesifik.

Nah, kamu sudah pasti tahu apa yang dimaksud dengan karakter cerita, bukan?

Ya, itu adalah tokoh cerita, adalah tentang siapa yang kamu ceritakan.

Apakah kamu sedang mempelajari cara membuat cerpen tentang corona, tentang asmara, atau tentang apa pun saja, karakter sebenarnya adalah pusat ceritamu yang sesungguhnya. Untuk alasan itulah kamu harus memikirkannya secara sempurna, termasuk dalam hal ciri fisiknya, sifatnya, latar belakangnya, baik keluarga, budaya mau pun adat istiadatnya.

Selanjutnya kamu dapat mengeksplorasi lagi penokohan cerita pada cerpenmu dengan menyoroti setting cerita.

Berdasarkan setting yang kamu buat, kamu kemudian dapat menghubungkannya dengan karakter utama, tentang bagaimana ia melihat, bagaimana ia merasakan dan bagaimana pula ia berubah seiring dengan perkembangan pada cerita dalam cerpenmu.

Tetapkan Sudut Pandang Cerpen

Cara Membuat Cerpen yang Menarik
Photo by SHVETS production on Pexels.com

Untuk kamu yang bercerita berdasarkan kisah sendiri, tentu saja kamu dapat dengan mudah menggunakan sudut pandang sebagai orang pertama tunggal dalam cerita yang kamu tulis. Cara membuat cerpen tentang diri sendiri pada umumnya selalu menggunakan kata ganti ‘Aku atau Saya’ untuk bercerita.

Praktiknya, kamu tinggal memilih lagi misalnya apakah kamu menggunakan sudut pandang orang pertama tunggal sebagai pelaku utama, orang pertama tunggal bukan pelaku utama, atau bahkan orang pertama jamak dan lain sebagainya.

Namun berbeda jika kamu menulis sebuah cerpen yang bukan merupakan pengalaman yang kamu rasakan sendiri. Anggap saja misalnya kamu mengikuti perlombaan menulis dan mencari cara menulis cerpen untuk lomba. Maka disini kamu dapat memilih sudut pandang yang lebih luas tentang dengan cara apa kamu menceritakan kisah itu.

Point pentingnya adalah kamu ingin sebagai apa saat menceritakan cerpenmu itu?

Buat Sinopsis Cerpen

Cara Membuat Cerpen yang Menarik
Photo by Tirachard Kumtanom on Pexels.com

Sebagai pemanasan dan juga memperkuat konsep cerita, kamu dapat membuat langkah awal menulis cerpen dengan menulis sinopsisnya terlebih dahulu. Ini seperti membuat premis dalam penulisan skenario film dengan menuangkan beberapa garis besar cerita terlebih dahulu.

Sinopsis sebenarnya adalah sesuatu yang cukup krusial dalam penulisan cerita, khususnya novel.

Pada cerpen meskipun tidak begitu vital perannya, namun penulisan sinopsis yang kuat setidaknya akan mempermudah penulisan naskah cerita yang sebenarnya. Penjabaran yang baik dan terkonsep dalam sebuah sinopsis, akan membantu kamu untuk tetap pada garis cerita yang direncanakan.

Dalam bahasa tulisan yang lebih umum, langkah kelima ini dapat pula disebut sebagai penyusunan kerangka. Kerangka inilah yang kemudian menjadi inti cerita yang dikonsep secara singkat.

Walaupun tidak mutlak benar, namun menulis sinopsis adalah bagian penting dari cara membuat cerpen yang baik dan menarik, terutama untuk kamu yang baru pemula dalam penulisan cerpen.

Buat Awalan Cerpen yang Kuat dan Menarik

Cara Membuat Cerpen yang Menarik
Photo by Cole Keister on Pexels.com

Menurut kamu seberapa penting opening bagi sebuah cerita?

Jika menilik pada rujukan langkah-langkah menulis cerpen menurut para ahli, maka hampir semuanya bersepakat untuk memberikan penekanan yang hebat pada kalimat pembukanya. Artinya penulis cerpen dituntut untuk mampu menemukan kalimat pembuka yang kuat, yang efektif dan mampu langsung merasuk ke pikiran pembaca.

Ini mungkin terdengar agak sulit, tapi sebenarnya tidak, terutama jika kamu sudah terbiasa dan mengerti cara membuat strong opening untuk sebuah cerita.

Saya biasa mengatakan kepada orang-orang yang saya latih dalam menulis untuk tidak memaksakan susunan kata yang indah atau diksi yang memukau sebagai pembuka sebuah cerita. Jika kamu bisa melakukannya itu bagus, namun jangan memaksakan diri untuk hal itu.

Strong opening dalam penulisan cerpen atau novel tidak harus dengan susunan diksi yang memukau dan mempesona.

Titik utama atau bagian terpenting dari sebuah awalan penulisan adalah kamu mampu menarik minat pembaca dengan kalimat pertama yang kamu pilih.

Jadi, pilihlah kalimat yang membuat pembaca penasaran, tergelitik ingin tahu lebih banyak, dan yang pasti; merasuk dalam pikiran mereka sesaat setelah mereka membacanya.

Buat Klimaks Cerpen yang Hebat

Cara Membuat Cerpen yang Menarik
Photo by Gantas Vaiu010diulu0117nas on Pexels.com

Selanjutnya bagian terakhir dari tips menulis cerpen adalah dengan membuat sebuah klimaks cerita yang kuat dan tertanam di benak pembaca.

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, jika kamu telah menyusun konsep yang baik, menetapkan sinopsis yang terarah, juga telah memilih sudut pandang yang tepat, maka membuat klimaks yang kuat akan lebih mudah dilakukan.

Pada bagian ini, hindari menggunakan efek kejut yang terlampau berlebihan.

Penggunaan kata ‘tiba-tiba, lalu, kemudian’ dan sejenisnya, sebaiknya dibatasi supaya tidak membuat jalan cerita menjadi nampak dipaksakan.

Buat klimaks dan akhir sebuah cerpen yang kuat, namun jangan paksakan kata-kata dalam ceritanya.

Dan yang terpenting, buatlah ending cerpenmu senatural mungkin.

Baca Juga

Nah, bagaimana sekarang, apakah kamu sudah siap menulis cerpen terbaikmu?

Dengan menerapkan beberapa tips dari 7 cara membuat cerpen yang menarik di atas, Insya Allah kamu sudah dapat menulis sebuah cerpen dengan baik.

Jadi, selamat menulis cerpen, ya.

Berani?

Menulis secara rutin dalam waktu tiga bulan kemudian menerbitkan bukumu sendiri. Jika kamu berani, kamu harus bergabung di kelas menulis Penulis Gunung ID.


anton sujarwo

Anton Sujarwo

Saya adalah seorang penulis buku, content writer, ghost writer, copywriters dan juga email marketer. Saya telah menulis 15 judul buku, fiksi dan non fiksi, dan ribuan artikel sejak pertengahan tahun 2018 hingga sekarang.

Dengan pengalaman yang saya miliki, Anda bisa mengajak saya untuk bekerjasama dan menghasilkan karya. Jangan ragu untuk menghubungi saya melalui email, form kontak atau  mendapatkan update tulisan saya dengan bergabung mengikuti blog ini bersama ribuan teman yang lainnya.

Tulisan saya yang lain dapat dibaca pula pada website;

Saya juga dapat dihubungi melalui whatsapp di tautan ini.

Fortopolio beberapa penulisan saya dapat dilihat disini:


1 tanggapan pada “7 TIPS RAHASIA CARA MEMBUAT CERPEN YANG MENARIK”

  1. Pingback: FLASHBACK: PENGERTIAN DAN TIPS MENULISNYA - Penulis Gunung

Terimakasih atas waktu anda membaca artikel ini. Senang sekali jika Anda berkenan meninggalkan komentar atau pendapat Anda sendiri mengenai subyek dalam artikel ini. Terimakasih.

%d blogger menyukai ini: