APA ITU PLOT TWIST: PENGERTIAN, JENIS DAN CONTOHNYA

Plot twist adalah sebuah cara membuat efek kejut dalam alur cerita.

Itu adalah pengertian plot twist yang sederhana dan mungkin dipahami oleh banyak orang. Namun jika ditelusuri lebih lanjut, plot twist tentu saja tidak hanya sesederhana itu.

Nah, apa yang dimaksud plot twist, apa pula jenis-jenis plot twist dan contohnya? Penulis Gunung akan membahasnya untuk kamu dalam artikel ini.

Pengertian Plot Twist dan Jenis-Jenis Plot Twist serta Contohnya dalam Cerita

Photo by Bella White on Pexels.com

Jadi apa yang dimaksud dengan plot twist?

Sebelum Penulis Gunung menjawab apa itu plot twist dan contohnya secara lengkap, saya mungkin akan mengajak kamu untuk sedikit berfantasi dan mengingat kembali beberapa novel, cerpen, film atau pun serial TV yang pernah kamu tonton.

Instruksinya adalah;

Ingat salah satu cerita dimana kamu menemukan alur cerita yang benar-benar berbeda dari dugaan kamu sebelumnya. Jika misalnya kamu menyangka alur cerita akan berjalan seperti A, B, C dan D. realitasnya, justru cerita akan berjalan menjadi X, Y, Z dan sebagainya.

Sekarang ingat alur ceritanya dan mari saya ajak untuk memahami pengertian plot twist secara yang lebih lengkap.

Pengertian Plot Twist

Photo by Nothing Ahead on Pexels.com

Plot twist adalah perubahan alur cerita dalam novel, cerpen, film, sinetron, drama atau apa saja yang meruntuhkan ekspektasi pembaca sebelumnya. Plot twist nampak benar-benar berbeda atau bahkan bertolak belakang dari cerita yang digambarkan oleh penulis pada awalnya.

Jika sebuah plot benar-benar dapat dipraktikkan sempurna oleh penulis, maka ia sangat ampuh untuk menimbukan efek keterkejutan pada pembaca. Lebih jauh, plot twist juga dapat meningkatkan keterlibatan perasaan pembaca dalam cerita.

Jadi, jika dimaknai secara lebih mudah penggunaan kata plot twist, maka ia adalah sebuah cara manipulatif penulis cerita untuk ‘menyesatkan’ dugaan pembaca tentang alur cerita dengan cara memberikan beberapa gambaran awal yang seolah-olah adalah alur cerita sebenarnya.

Jenis-Jenis Plot Twist yang Paling Umum

Photo by Alex Bogo 2nd Accident on Pexels.com

Hingga sekarang para penulis novel, penulis skenario film, penulis cerpen atau pun strory teller profesional yang mengarang cerita mereka sendiri, terus mengembangkan cara membuat plot twist yang menarik dan benar-benar memiliki efek kejut bagi pembaca.

Namun dalam banyak alur, beberapa plot twist yang paling umum dikenal misalnya adalah sebagai berikut;

  • Kemunculan tokoh cerita yang datang entah darimana kemudian menjungkirbalikkan semua narasi yang telah ada sebelumnya.
  • Satu karakter cerita yang seharusnya menjadi teman atau sahabat bagi tokoh protagonis, ternyata adalah orang yang jahat dan menjadi antagonis yang sebenarnya.
  • Satu bagian cerita yang nampaknya sangat penting namun ternyata tak lebih dari fakta sampingan yang hampir tidak memberi kontribusi besar dalam upaya protagonis menyelesaikan konflik.
  • Pada saat konflik utama cerita usai dan berhasil diselesaikan oleh tokoh protagonis, tiba-tiba muncul konflik tambahan yang membuat intensitas cerita justru semakin meningkat atau masih berlanjut. Jenis plot twist seperti ini kadang diartikan pula sebagai spoiler. Jadi, dengan kata lain spoiler plot twist adalah konflik tambahan yang tak terbayangkan ketika konflik utama sudah selesai.
  • Sebuah flashback yang memberikan gambaran informasi cerita yang sudah diketahui oleh para pembaca namun sama sekali tidak diketahui oleh karakter atau tokoh.
  • Sebuah informasi baru yang menyebutkan bahwa cerita yang barusan disampaikan kepada pembaca berasal dari sumber yang salah dan menyesatkan.

Beberapa Contoh Plot Twist yang Menarik dalam Novel dan Film

Photo by Kampus Production on Pexels.com

Nah, setelah kamu mengenal pengertian plot twist dan mengerti pula beberapa jenis plot twist yang paling umum dipergunakan, selanjutnya saya akan mengajak kamu untuk melihat contoh plot twist dalam novel atau pun film.

Tentu saja ada sangat banyak plot twist yang dapat digunakan sebagai contoh dalam hal ini. Namun, saya akan menyajikan beberapa di antaranya saja untuk memudahkan kamu memahaminya.

Plot Twist dalam Novel Merapi Barat Daya – Anton Sujarwo

Jika kamu adalah pembaca novel yang sangat mengharapkan sebuah plot twist yang kaya, novel ini harus kamu baca.

Dalam novel Merapi Barat Daya plot twist terjadi berkali-kali dan sama sekali diluar prediksi pembaca. Penegasan karakter utama dilakukan dengan plot twist, eksekusi tokoh antagonis juga dilakukan dengan plot twist bahkan, ending cerita ini juga berakhir dengan plot twist.

Keunikan inilah yang membuat rating novel Merapi Barat Daya hampir selalu sempurna dalam review para pembaca.

Plot Twist dalam Novel Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck – Hamka

Plot twist yang paling kentara dalam novel legendaris karya sastrawan besar Indonesia ini adalah ending-nya. Siapa yang akan menyangka bahwa pada akhirnya Hayati dan Zainuddin tidak akan pernah bersatu untuk selamanya?

Kematian Hayati dalam peristiwa tenggelamnya kapal yang membawanya pulang dari Surabaya ke Padang sama sekali tidak diprediksi walaupun judul novel ini sendiri sudah menyebutkan peristiwa tersebut.

Plot Twist dalam Novel Song of Ice and Fire (Adpatasi Film Game of Thrones) – George R.R. Martin

Source: Game of Thrones

Seorang tokoh cerita bernama Ned Stark yang semula diasumsikan pembaca sebagai protagonis utama dalam cerita justru tewas dipenggal dan terbunuh. Cerita ternyata mengarahkan kejadian pada anak-anak Ned Stark.

Cerita yang sebenarnya justru berpusat pada anak-anak mereka yang merupakan tokoh protagonis utama dalam cerita.

Plot Twist dalam Film SAW – Leigh Whannel dan James Wan

Mungkin ini bukan plot twist terbaik, namun kamu pastinya sudah pernah menonton film SAW, kan?

Itu adalah sebuah film horor yang mengerikan tentang penyiksaan dan pembunuhan yang terencana.

Dalam salah satu scene film SAW, digambarkan sesosok mayat hidup kembali setelah tewas dan mengungkapkan bahwa ia adalah tokoh pembunuhan yang sebenarnya.

Plot Twist dalam Film Shutter Island – Denis Lehane

Source: Gucca

Contoh terakhir yang dapat kamu lihat bagaimana film plot twist adalah dalam Shutter Island, sebuah film horror psikologis yang dibintangi oleh Leonardo Dicaprio.

Dalam film ini kamu akan melihat pembelokan alur cerita yang benar-benar mengejutkan, bahkan hingga ending cerita dimana tokoh utama sendiri ternyata ikut terlibat di dalamnya.

BACA JUGA:

Selain contoh-contoh di atas, tentu saja masih sangat banyak contoh plot twist lainnya yang sangat menarik untuk kamu ketahui. Sebagai seorang penulis, kamu dapat membaca sebanyak mungkin referensi untuk menambah wawasanmu mengenai plot twist.

Novel plot twist adalah sebuah gaya bercerita yang menarik dan memberikan pengalaman yang bebeda bagi pembaca dalam mengikuti alur cerita. Membuat plot twist terbaik membutuhkan skill dan kemampuan yang  tentunya harus diasah dengan baik pula.

Jadi, selamat berlatih, ya.

Kisah hidupmu menarik?

Yuk, ubah kisah hidup dan pengalaman pribadimu menjadi sebuah buku bersama kelas menulis Penulis Gunung ID.


anton sujarwo

Anton Sujarwo

Saya adalah seorang penulis buku, content writer, ghost writer, copywriters dan juga email marketer. Saya telah menulis 15 judul buku, fiksi dan non fiksi, dan ribuan artikel sejak pertengahan tahun 2018 hingga sekarang.

Dengan pengalaman yang saya miliki, Anda bisa mengajak saya untuk bekerjasama dan menghasilkan karya. Jangan ragu untuk menghubungi saya melalui email, form kontak atau  mendapatkan update tulisan saya dengan bergabung mengikuti blog ini bersama ribuan teman yang lainnya.

Tulisan saya yang lain dapat dibaca pula pada website;

Saya juga dapat dihubungi melalui whatsapp di tautan ini.

Fortopolio beberapa penulisan saya dapat dilihat disini:


Satu respons untuk “APA ITU PLOT TWIST: PENGERTIAN, JENIS DAN CONTOHNYA

Add yours

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog di WordPress.com

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: