Lompat ke konten
Beranda » Blog » 5 CARA MEMBUAT PLOT TWIST YANG MENARIK DALAM CERITA

5 CARA MEMBUAT PLOT TWIST YANG MENARIK DALAM CERITA

Bagaimanakah cara membuat plot twist yang menarik dalam sebuah novel, cerpen, skenario film atau story board televisi?

Jika pertanyaan tersebut adalah pertanyaanmu juga, maka artikel ini tepat untukmu.

Setelah sebelumnya Penulis Gunung mengajak kamu mengenal pengertian plot twist, jenis-jenisnya, dan contoh plot twist, maka kali ini Penulis Gunung akan berfokus kepada cara membuatnya.

Jadi, siapkan dirimu membacanya sampai akhir, ya.

Bagaimana Cara Membuat Plot Twist yang Menarik dalam Novel, Cerpen atau Film

cara membuat plot twist yang menarik
Source: Pexels

Sebagai sebuah cara memutar alur cerita dan memanipulasi ekspteksasi pembaca, plot twist tentu tidak mudah untuk dilakukan. Jalan cerita yang predictable dan terlalu mudah ditebak, sudah jelas bukan bagian dari plot twist.

Beberapa penulis mengerahkan imajinasi mereka sekuat tenaga untuk membangun sebuah alur cerita yang benar-benar berbeda dari perkiraan pembaca. Mereka menggunakan berbagai elemen cerita apa saja yang bisa dilakukan; karakter, setting, konflik atau apa saja. Meskipun demikian, beberapa plot twist justru terasa seperti dipaksakan karena tidak lagi natural.

Nah, alasan itu juga yang menjadi dorongan ada banyak pertanyaan seputar plot twist, terutama tentang cara membuatnya.

Agar  lebih mudah untuk diterima, saya akan mengajak kamu untuk memahami terlebih dahulu mengapa plot twist itu penting dalam sebuah cerita.

Mengapa Plot Twist Penting?

cara membuat plot twist yang menarik
Photo by cottonbro on Pexels.com

Alasan paling kuat mengapa plot twist dalam cerita adalah sesuatu yang penting adalah karena kemampuannya mengembalikan perhatian pembaca. Hal ini misalnya terjadi pada beberapa bagian cerita yang cenderung membosankan.

Kamu pastinya sudah tahu bukan, kalau bagian paling sulit dari menulis cerita adalah bagian tengahnya? Di bagian ini kadang jalan cerita cenderung datar dan tidak ada efek kejut yang membuat pembaca memberikan perhatian lebih.

Nah, disinilah letak peran sebuah plot twist.

Ketika pembaca mulai merasa perhatiannya mengikuti alur cerita menjadi berkurang, efek kejut membantu mengembalikannya. Atau dalam film atau sinetron juga sama; ketika penonton merasa jalan cerita cenderung biasa, plot twist membuatnya menjadi lebih menggigit lagi.

Supaya lebih jelas untuk membuktikan perannya dalam cerita seperti ini, kamu dapat melihat contoh plot cerita yang menarik dalam artikel berikut ini.

5 Tips Membuat Plot Twist yang Menarik dalam Cerita

Setelah memahami peranannya dalam sebuah cerita baik berbentuk novel atau film, sekarang bagaimana cara membuatnya?

Setidaknya ada 5 tips yang bisa kamu terapkan untuk membantumu membuat plot twist cerita yang menarik. Tidak masalah apakah ini adalah yang pertamakalinya kamu berusaha membuat pelintiran alur ceruta atau sudah yang kesekian kalinya, 5 tips ini akan membuat kamu lebih mudah melakukannya.

Bunuh Tokoh Cerita yang Terlihat Penting

Photo by RODNAE Productions on Pexels.com

Contoh plot twist yang menggunakan teknik ini adalah novel MERAPI BARAT DAYA. Salah satu karakter cerita yang terlihat penting dan banyak ditunjukkan sejak awal, dibunuh menjelanh cerita berakhir. Pilihan cara penulis untuk membunuhnya sangat menarik, tidak hanya untuk plot twist tapi juga untuk menyulut konflik lanjutan.

Membunuh tokoh cerita yang terlihat penting bukan hal baru dalam penulisan plot twist. Ini adalah cara klasik yang banyak dilakukan oleh penulis-penulis besar dunia. Meskipun klasik, efektivitasnya tidak pernah berkurang jika bisa dilakukan dengan baik.

Nah, bagaimana melakukannya?

Hal pertama yang harus kamu ingat adalah; ini tidak hanya harus muncul sebagai efek kejut untuk pembaca, namun juga harus menopang jalannya cerita. Alasan membunuh tokoh dalam sebuah cerita tidak bisa kamu lakukan secara sembarangan. (panduannya sendiri bisa kamu lihat disini)

Berikan gambaran satu tokoh yang terlihat penting pada awal cerita, buat perhatian pembaca besar padanya, atau kamuflasekan dia layaknya tokoh utama. Kemudian di waktu yang tepat, bunuh dia dan gantikan dengan tokoh utama yang sesungguhnya.

Gunakan Karakter untuk Mengungkapkan Alur yang Sebenarnya

cara membuat plot twist yang menarik
Photo by Yaroslav Shuraev on Pexels.com

Mengungkapkan novel plot twist menggunakan narasi adalah sesuatu yang umum dan jamak dilakukan banyak penulis. Tapi bagaimana jika karakter cerita sendiri yang melakukannya?

Nah, ini adalah sesuatu yang jarang disadari penulis bahwa mereka bisa menggunakan tokoh cerita untuk mengungkapkan alur cerita yang sebenarnya. Bangun sebuah kondisi dimana salah satu tokoh cerita menjadi kunci pengungkapan twist cerita dengan dialognya. Jangan dinarasikan.

Dengan memanfaatkan karakter cerita secara langsung, kamu akan mampu membangun satu kesan original bagi alur cerita. Ini penting sebagai upaya menghindari plot twist yang terlihat seperti dipaksakan.

Jadi, kamu bisa menggunakan satu karakter cerita, entah itu protagonis, antagonis atau pun tritagonis untuk berbicara dan membeberkan jalan cerita yang sebenarnya.

Beri Peran Kunci pada Tokoh Cerita yang Nampak Sepele

Photo by Ketut Subiyanto on Pexels.com

Cara membuat plot yang menarik selanjutnya adalah dengan memberikan porsi lebih kepada tokoh yang sebelumnya terlihat sepele. Dalam film, artinya kamu memberikan tokoh figuran pada awalnya menjadi tokoh yang penting pada proses jalannya cerita.

Bagaimana contohnya?

Ada banyak hal yang bisa kamu eksplorasi dari ide cerita ini. Misalnya pembantu rumah tangga adalah tokoh kunci di balik serangkaian kejadian mengerikan yang terjadi dalam sebuah keluarga.

Atau di lain pihak, kamu menggunakan kasir minimarket, waiter café, pedagang kaki lima, sopir pribadi atau tokoh apa saja yang perannya terlihat remeh dalam cerita, namun sesungguhnya merekalah yang memiliki rahasia cerita sesungguhnya.

Jadikan Penyelesaian Konflik Utama Cerita sebagai Awal Konflik Baru

Photo by Musa Ortau00e7 on Pexels.com

Jika kamu memiliki ide cerita dengan ending yang outstanding atau sangat menarik, ini adalah cara membuat plot novel yang sempurna. Jadi, jangan buru-buru menutup cerita setelah konflik utama berhasil diselesaikan. Akan tetapi, jadikan itu sebagai sebuah awal dari konflik lainnya yang tidak kalah menarik bagi pembaca.

Kamu mau lihat contohnya?

Sekali lagi saya akan merekomendasikan novel MERAPI BARAT DAYA untuk kamu baca. Ending novel ini sangat sempurna untuk memberikan kamu gambaran bagaimana sebuah konflik utama selesai justru menjadi awal dari konflik selanjutnya.

Teknik ini juga bisa kamu gunakan misalnya jika kamu berniat membuat serial novel. Cara membuat ending novel yang tepat dengan plot twist adalah cara paling menarik memastikan pembaca penasaran dengan sekuel cerita selanjutnya.

Pastikan Plot Twist Masuk Akal

cara membuat plot twist yang menarik
Photo by emre keshavarz on Pexels.com

Tips yang terakhir adalah dengan memastikan bahwa alur cerita yang kamu ‘pelintir’ itu tetap masuk akal dan dapat diterima.

Tidak ada gunanya mengaplikasikan saran novel dan cerpen plot twist terbaik namun justru tidak masuk akal bagi pembaca. Seberapa pun efek kejut yang ingin kamu hasilkan dari alur cerita, pastikan itu memiliki korelasi yang relevan dengan cerita utama.

Bagian terakhir ini tentu tidak dapat dilakukan secara sembarangan. Ada perhitungan yang cermat tentang efek kejut yang dipakai; apakah terlihat natural atau justru tidak masuk akal?

Cara terbaik untuk mempraktikkan tips yang kelima ini adalah dengan berlatih sesering mungkin dan membaca banyak referensi. InsyaAllah dengan cara itu kamu akan lebih mudah menciptakan plot twist terbaik dalam sebuah cerita.

BACA JUGA

Nah, itu adalah 5 tips dan cara membuat plot twist yang menarik dalam cerita berbentuk cerpen, novel, skenario atau pun serial film.

Ini mungkin terlihat sukar pada awalnya, namun dengan disiplin belajar dan beraltih kamu tentu bisa membuat plot twist cerita tebaikmu nantinya.

Jadi, selamat mencoba!

Kisah hidupmu menarik?

Coba ubah menjadi sebuah buku bersama kelas menulis online di Penulis Gunung ID


anton sujarwo

Anton Sujarwo

Saya adalah seorang penulis buku, content writer, ghost writer, copywriters dan juga email marketer. Saya telah menulis 15 judul buku, fiksi dan non fiksi, dan ribuan artikel sejak pertengahan tahun 2018 hingga sekarang.

Dengan pengalaman yang saya miliki, Anda bisa mengajak saya untuk bekerjasama dan menghasilkan karya. Jangan ragu untuk menghubungi saya melalui email, form kontak atau  mendapatkan update tulisan saya dengan bergabung mengikuti blog ini bersama ribuan teman yang lainnya.

Tulisan saya yang lain dapat dibaca pula pada website;

Saya juga dapat dihubungi melalui whatsapp di tautan ini.

Fortopolio beberapa penulisan saya dapat dilihat disini:


Terimakasih atas waktu anda membaca artikel ini. Senang sekali jika Anda berkenan meninggalkan komentar atau pendapat Anda sendiri mengenai subyek dalam artikel ini. Terimakasih.

%d blogger menyukai ini: