9 ALASAN KAMU JANGAN PERNAH MENYERAH DENGAN KEADAAN

Jadi, kamu terpikir untuk menyerah dengan keadaan setelah upaya dan perjuangan yang kamu lakukan?

Jika itu yang ada di benakmu sekarang, Penulis Gunung telah merangkum 9 alasan mengapa kamu jangan pernah menyerah dengan keadaan, sesulit apa pun itu. Dengan berbagai alasan ini nanti kamu akan melihat bahwa menyerah sama sekali tidak akan membantu.

Nah, apa sajakah alasan mengapa menyerah dengan keadaan adalah pilihan yang keliru?

Yuk, simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Jangan Pernah Menyerah Dengan Keadaan, Ini 9 Alasannya

Source Pexel.com

Ada kalanya dalam hidup manusia bertemu dengan keadaan dimana rasa lelah dan putus asa ingin megalahkan semuanya. Setelah berjuang sekian lama, melakukan apa pun sesuai dengan rencana. Namun keadaan kemudian menunjukkan yang sebaliknya bahwa apa yang diperjuangkan justru kandas dan jauh dari harapan.

Pada kondisi ini, timbul kemudian keinginan untuk menyerah saja kepada keadaan dan membiarkan segala sesuatu terjadi begitu saja. Dengan menyerah, rasanya semua kepenatan akan lenyap dan menghilang.

Tetapi benarkah demikian? Benarkah dengan menyerah keadaan akan membaik dan hidupmu menjadi tenang?

Sebenarnya tidak sama sekali.

Ada banyak alasan yang sangat mendasar mengapa menyerah sama sekali bukan solusi. Dan kali ini, Penulis Gunung akan membahas 9 alasan yang paling utama mengapa nasihat jangan pernah berhenti berjuang adalah hal bijak yang sungguh-sungguh harus dipatuhi oleh semua orang.

Kamu Belum Mencoba Semuanya

Photo by Pexels.com

Alasan pertama mengapa kamu tidak boleh menyerah dengan keadaan adalah karena kamu belum mencoba semua upaya untuk mencapai tujuanmu. Bisa jadi kamu gagal hanya dari satu cara saja, sementara cara yang lain belum kamu coba.

Berjuang adalah berupaya dengan sepenuh hati dan segenap kemampuan untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Sesuatu hanya dapat dikatakan berjuang jika dalam prosesnya ada rintangan, tantangan, hambatan, atau pun kendala. Tanpa kesulitan untuk mencapai sebuah tujuan, istilah berjuang tidak dapat digunakan.

Jadi, jika kamu gagal beberapa kali, apakah kamu dibenarkan untuk menyerah?

Tentu saja semuanya terserah padamu. Tapi, bisa saja kamu belum mencoba semua cara untuk mencapai tujuanmu, bukan?

Dibandingkan menyerah dan mengibarkan bendera putih terlalu cepat, mengapa tidak berjuang lagi dengan cara yang lain, dengan metode lain atau teknik yang lain. Bukankah kamu belum menempuh semua cara untuk sampai pada tujuanmu?

Kamu Semakin Dekat dengan Sukses daripada yang Kamu Pikirkan

Photo by Pexels.com

Alasan kedua mengapa kamu jangan pernah menyerah dengan keadaan adalah karena bisa jadi kamu sudah sangat dekat kesuksesan. Jika kamu menyerah sekarang, itu sangat disayangkan karena jarakmu dengan kesuksesan sudah sangat dekat. Kamu hanya butuh berjuang sedikit lagi untuk kemudian menikmati kesuksesan.

Kamu mungkin pernah membaca atau melihat gambar seorang penambang intan yang memutuskan menyerah karena menggali begitu dalam dan tak menemukan apa pun. Sementara penambang lain di sebelahnya sudah mendapatkan intan meskipun baru menggali lubang yang dangkal.

Itu juga adalah ilustrasi yang menarik untuk melukiskan bahwa kamu jangan menyerah untuk sukses.

Lubang galian yang lebih dalam dan masih kosong itu bukan karena tak ada intan didalamnya, tapi karena ukurannya lebih besar.

Intan yang lebih besar selalu menuntut lebih banyak perjuangan. Dan ketika kamu menyerah dengan jarak yang sudah sangat dekat dengan intan itu, sungguh kamu akan menyesalinya seumur hidupmu.

Jika Kamu Menyerah, Orang Lain akan Mengambil Posisimu

Photo by Pexels.com

Dalam lomba lari, balap sepeda, atau bahkan balap karung sekali pun, apa yang terjadi jika kamu menyerah hanya karena kamu sedikit tersandung bebatuan?

Ya, benar!

Orang lain akan mendahuluimu dan memenangkan perlombaan,

Lalu, itukah yang kamu inginkan ketika memutuskan untuk berhenti berjuang dan menyerah kalah? Kamu bukan saja tidak akan berhasil mencapai tujuan yang kamu inginkan, namun kamu juga harus menerima bahwa orang lainlah yang akan mengambil tujuan tersebut darimu.

Hidup adalah sesuatu yang realistis dan kadang-kadang berjalan menyakitkan. Namun hukumnya selalu sama untuk orang yang memilih untuk menyerah; akan selalu ada orang lain yang akan menggantikan posisi mereka dan memperoleh kemenangan.

Jadi, jika kamu berharap ada kata mutiara jangan menyerah dengan keadaan yang manjur, maka bayangkanlah itu, ketika orang lain mengangkat tropi kemenangan setelah mengambil alih posisimu yang menyerah.

Menjelang Kesuksesan akan Selalu Ada Ruang Gelap

Photo by Pexels.com

Ujian paling berat dalam mencapai tujuan apa pun biasanya selalu terjadi menjelang puncak pencapaian. Pendakian gunung Everest selalu menyisakan kematian dan maut menjelang puncaknya. Itulah zona dimata kematian dan kehidupan bergandeng mesra dalam setiap detik-detik perjuangan.

Sadarilah bahwa menjelang kamu sampai pada tujuan yang kamu inginkan, akan selalu ada penjegalan.

Jangan berhenti karena itu, jangan pernah mundur apalagi menyerah kalah. Di sisa-sisa tenaga perjuanganmu, menjelang garis finish, disitulah kamu harus bertarung lebih keras untuk mencapai kemenangan.

Setelah kegelapan pekat akan selalu ada cahaya. Bukankah malam menjadi semakin pekat, dingin dan menakutkan menjelang datangnya sang fajar?

Jika Kamu Menyerah, Terus Apa?

Photo by Pexels.com

Ya, jika kamu menyerah dengan keadaan yang kamu hadapi sekarang, lantas apa?

Apa selanjutnya yang akan terjadi?

Apakah kesulitanmu akan menghilang, jalan yang akan kamu tempuh akan menjadi lebih mudah, ataukah kamu bisa hidup tenang sepanjang sisa usiamu?

Kamu memang tidak perlu bertarung lagi jika kamu menyerah, tidak perlu dipukul mundur, tersaruk dalam langkah, terbentur dengan pedang, dihantam anak panah dan lain sebagainya. Menyerah memang hanya akan membuat kamu aman untuk sesaat.

Selanjutnya?

Kesulitan dan tantangan yang kamu bertekuk lutut di depannya akan terus mengejekmu, menertawakanmu dan menjadi batasan garis terjauh kemampuanmu. Tidak ada yang akan terjadi jika kamu menyerah dengan keadaan, tidak akan ada keajaiban.

Jadi, teruslah berjuang!

Kamu Tidak Akan Pernah Menyesal karena Mencoba Semua Cara

Photo by Pexels.com

Hal paling menarik dari sebuah perjuangan sampai titik darah penghabisan adalah keputusan ini tidak akan memberimu rasa penyesalan.

Apa pun hasil perjuanganmu, bagaimana pun kondisimu untuk mencoba semua cara untuk menang, hal itu tidak akan menyisakan apa-apa kecuali rasa bangga.

Kebanggaan karena kamu telah berupaya dengan sangat gigih, dengan apa pun yang kamu bisa lakukan, adalah kebanggaan yang besar, meskipun kamu tidak bisa mencapai tujuanmu pada akhirnya.

Sebaliknya, kamu akan dihantui dengan penyesalan jika menyerah terlalu cepat sementara masih ada banyak cara yang belum kamu coba lakukan.

Lebih Baik Mati dalam Mencoba daripada Menyerah dan Putus Asa

Photo by Pexels.com

Apakah kamu sepakat dengan ungkapan ini; lebih baik mati dalam berupaya daripada menyerah dan berputus asa.

Atau supaya lebih jelas, coba kamu bayangkan begini;

Ada sekelompok orang yang menjadi tawanan perang dan dipaksa menjadi budak kasar tanpa gaji di sebuah pertambangan, atau di hutan yang terisolasi. Kemudian beberapa dari tawanan itu berusaha untuk melarikan diri dengan risiko kematian. Sementara yang lainnya memilih tetap di penjara itu sampai takdir menentukan nasib mereka nantinya.

Lalu, mana yang akan kamu pilih dari dua kelompok tawanan itu; Mereka yang menunggu takdir ataukah mereka yang terus berusaha mencari jalan keluar meskipun dengan risiko kematian?

Sudah jelas bahwa mati menjadi orang merdeka jauh lebih baik hidup sebagai tawanan.

Begitu juga hidup dan perjuangan yang kamu hadapi.

Kadang kita mau menyerah tapi sadarilah bahwa itu bukan keputusan yang baik. Tidak ada kebanggaan dengan menjadi orang yang menyerah dan berputus asa kemudian pasif saja menerima nasib tanpa berupaya.

Kegagalan Masa Lalu tidak Berarti Kegagalan Bagi Masa Depan

Photo by Pexels.com

Kamu tentunya sudah tidak asing dengan kisah Khalifah Umar bin Khattab, kan?

Kata-kata jangan menyerah islami sangat layak menukil kisah dari Al Faruq ini. Beliau memiliki masa lalu yang demikian kelam, dipenuhi kekejaman, keburukan dan kedzaliman. Namun, bagaimana dengan masa depan beliau?

Apakah dengan masa lalunya yang kelam masa depannya juga penuh dengan kemuraman?

Justru di tangan khalifah Umar bin Khattab-lah islam mengalami perkembangan yang paling hebat sepanjang sejarah. Daerah kekuasaan kaum muslimin membentang dari jazirah Arabia, Persia hingga Afrika.

Artinya apa?

Apa pun masa lalu yang pernah kamu lewati sebelumnya, bagaimana pun kelamnya kegagalan hidupmu sebelumnya, masa depanmu masih tak tersentuh. Semua masih mungkin akan terjadi, termasuk juga segala kesuksesan dan keberhasilan yang sekarang masih menjadi mimpi-mimpimu.

Oleh karena itu, jangan pernah menyerah dengan keadaanmu yang sulit sekarang.

Baca Juga:

Selama Kamu Berusaha, Segala Sesuatu Mungkin Saja Terjadi

Photo by Pexels.com

Apa pun mugkin saja terjadi selama kamu berusaha dan tidak pernah menyerah memperjuangkannya. Termasuk dengan segala cita-cita, impian dan keinginanmu, semua sangat mungkin terjadi walaupun kamu sendiri mungkin melihatnya sebagai sebuah kemustahilan.

Tuhan yang akan mewujudkan semua doa dan impianmu itu, tidak pernah mewajibkan kamu untuk berhasil dalam setiap upaya. Tugas kita sebagai manusia adalah berikhtiar, berusaha dan terus berjuang, sementara hasilnya, Tuhan-lah, Allah-lah Yang akan menentukannya.

Selama kamu masih berusaha, berjuang, berikhtiar dan tidak menyerah dengan keadaan, segala sesuatu mungkin dapat terwujud, termasuk juga kesuksesan dan keberhasilanmu.

Jadi, jangan pernah menyerah dengan keadaan, ya.

Kisah hidupmu menarik?

Yuk, ubah kisah hidupmu menjadi sebuah buku memoar atau autobiografi bersama Kelas Menulis Penulis Gunung


anton sujarwo

Anton Sujarwo

Saya adalah seorang penulis buku, content writer, ghost writer, copywriters dan juga email marketer. Saya telah menulis 15 judul buku, fiksi dan non fiksi, dan ribuan artikel sejak pertengahan tahun 2018 hingga sekarang.

Dengan pengalaman yang saya miliki, Anda bisa mengajak saya untuk bekerjasama dan menghasilkan karya. Jangan ragu untuk menghubungi saya melalui email, form kontak atau  mendapatkan update tulisan saya dengan bergabung mengikuti blog ini bersama ribuan teman yang lainnya.

Tulisan saya yang lain dapat dibaca pula pada website;

Saya juga dapat dihubungi melalui whatsapp di tautan ini.

Fortopolio beberapa penulisan saya dapat dilihat disini:


Satu pendapat untuk “9 ALASAN KAMU JANGAN PERNAH MENYERAH DENGAN KEADAAN

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: