Lompat ke konten
Beranda » Blog » 17 JENIS BUKU NONFIKSI YANG SETIAP PENULIS WAJIB TAHU

17 JENIS BUKU NONFIKSI YANG SETIAP PENULIS WAJIB TAHU

Dibandingkan genre fiksi, jenis buku nonfiksi memiliki ragam yang jauh lebih banyak. Bahkan dapat dikatakan bahwa setiap toko buku akan memiliki stok lebih banyak buku non fiksi dibandingkan jenis fiksi. Dari buku tentang sejarah, biografi, instruksi memasak, sampai humor, non fiksi menjadi genre mayoritas yang mendominasi.

Namun sebenarnya berapa banyak sih, jenis buku nonfiksi yang bisa menjadi pilihan seorang penulis untuk menghasilkan karya tulisnya?

Nah, artikel kali ini akan membahasnya.

9 Jenis Buku Nonfiksi Paling Populer dan Harus Diketahui Setiap Penulis

Sebelum melangkah lebih jauh ke ragam dan macam tulisan nonfiksi, pertanyaan pokoknya adalah apa yang dimaksud buku nonfiksi itu sendiri?

Pengertian Buku Nonfiksi

Jenis buku nonfiksi
Photo by Filipe Sabino on Pexels.com

Sebuah buku yang tidak didasarkan pada cerita yang dibuat-buat, direkayasa, atau hanya didasarkan pada imajinasi penulisnya semata, adalah buku nonfiksi. Ini adalah pengertian buku nonfiksi yang sederhana dan memungkinkan kamu untuk memahami bahwa buku apa pun yang bukan berdasar dari kisah rekayasa dapat disebut nonfiksi.

Jadi, secara sederhana dapat disimpulkan bahwa buku nonfiksi adalah buku yang ditulis berdasarkan kejadian nyata yang sungguh-sungguh terjadi, baik dalam kehidupan penulis mau pun dalam kehidupan orang lain.

Penulisan buku non fiksi memiliki perbedaan dengan penulisan buku fiksi. Masing-masing dari jenis ini memiliki tantangannya sendiri-sendiri.

Akan tetapi secara umum, dapat disimpulkan bahwa penulisan buku non fiksi hanya dapat dilakukan oleh orang yang memiliki kompetensi dibidangnya. Proses penulisan buku non fiksi pun terhitung lebih rumit dan butuh waktu yang lama. Pada banyak jenis, hal ini juga harus dilengkapi dengan data riset untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

Jenis-Jenis Buku Non Fiksi

Jika dikenal banyak jenis buku fiksi seperti novel, cerpen, puisi, syair, skenario untuk film drama dan teater, maka dalam nonfiksi pun demikian. Bahkan ada lebih banyak jenis buku non fiksi dibandingkan buku fiksi.

Nah, apa sajakah jenis buku non fiksi tersebut?

Ini 17 di antaranya yang paling populer.

1. Buku Sejarah

Jenis buku nonfiksi
Photo by Alex Azabache on Pexels.com

Genre buku nonfiksi pertama yang populer adalah sejarah. Buku sejarah berfokus pada kisah-kisah nyata yang terjadi dalam peristiwa sejarah.

Dalam penulisan buku sejarah, penulis harus dapat memilah mana dari sekian banyak peristiwa yang memiliki nilai sebagai sebuah sejarah. Di samping itu, penulisan buku sejarah juga dipengaruhi oleh latar belakang penulisnya itu sendiri.

Ada penulis yang berfokus untuk menulis statis pada fakta obyektif. Namun ada pula penulis yang menulis sebuah peristiwa sejarah berdasarkan lensa keyakinan dan latar belakang penulis itu sendiri. Meskipun menulis sebuah peristiwa sejarah yang sama, dua penulis sejarah dengan latar belakang yang berbeda mungkin akan menginterpretasikan peristiwa tersebut dengan cara yang berbeda pula.

Nah, apa contoh buku non fiksi dengan obyek sejarah semacam ini?

Misalnya kamu membaca dua buku sejarah yang menceritakan tentang Perang Salib, satu ditulis oleh penulis muslim dan satunya lagi ditulis oleh penulis eropa.

Nah, dalam penyajian fakta-fakta sejarah dan lensa sudut pandangnya, kamu mungkin melihat sangat banyak perbedaan interpretasi untuk satu peristiwa yang sama.

2. Buku Biografi

Jenis buku nonfiksi
Photo by Adil on Pexels.com

Biografi adalah buku yang ditulis dari sudut pandang orang ketiga yang mengisahkan tentang sejarah hidup orang lain. Menulis biografi membutuhkan keterampilan dan kemampuan yang baik supaya penceritaan bukunya dapat lebih menarik bagi orang lain.

Buku biografi adalah salah satu buku dengan jumlah peminat yang besar di masyarakat. Tujuan utama pembaca memilih buku biografi adalah untuk mempelajari sesuatu dari perjalanan hidup seseorang yang menjadi subyek biografi tersebut.

Pada umumnya, subyek penulisan biografi adalah seorang tokoh yang memiliki pengaruh dalam masyarakat. Tokoh ini tidak terikat pada satu bidang ketokohan saja, bisa politik, seni, militer, sains, filsafat dan lain sebagainya.

Beberapa contoh buku biografi yang sangat populer misalnya adalah buku Biografi Muhammad SAW karya Martin Lings, Muhammad Sang Nabi karya Karen Amstrong, Biografi Rasullullah karya Muhammad Ash-Shalabi dan masih banyak lagi.

Intinya adalah jika seorang penulis menulis tentang kisah hidup orang lain secara lengkap, itu dapat disebut sebagai buku biografi.

3. Buku Autobiografi dan Memoar

Jenis buku nonfiksi

Nah, ini adalah salah satu jenis buku nonfiksi yang paling populer dan bisa ditulis oleh setiap orang tanpa terkecuali. Siapa pun kamu dan darimana pun asalmu, kamu sudah pasti dapat menulis salah satu dari judul buku non fiksi yang ini; memoar atau autobiografi.

Jika buku biografi ditulis oleh orang lain maka buku autobiografi dan memoar adalah buku tentang seseorang yang ditulis oleh pelakunya sendiri. Jadi, ketika seseorang masih hidup dan ia menuliskan kisah hidupnya dalam sebuah buku, maka itu dapat disebut sebagai autobiografi atau memoar.

Menariknya, memoar dan autobiografi pun memiliki deskripsinya sendiri-sendiri meskipun keduanya nampak identik.

Mengenai perbedaan antara buku memoar dan buku autobiografi, kamu dapat membacanya dalam artikel ini.

Di Kelas Menulis Online Penulis Gunung, kelas menulis memoar dan autobiografi inilah yang paling banyak diminati. Kamu bisa melihat profil kelasnya disini.

4. Buku Catatan Perjalanan dan Panduan Perjalanan

Photo by eberhard grossgasteiger on Pexels.com

Memoir dan catatan perjalanan memililiki kesamaan dalam proses penulisannya. Hanya saja untuk catatan perjalanan hanya akan berfokus pada dokumentasi perjalanan seseorang yang kemudian diubah dalam bahasa tulisan.

Catatan perjalanan dapat ditulis oleh pelaku perjalanan itu sendiri mau pun ditulis oleh orang lain. Buku ini bercerita tentang sebuah perjalanan yang dilakukan seseorang dan berbagai kesan pesan yang ditemukan didalamnya.

Perbedaan yang paling khas dari catatan perjalanan dengan biografi adalah cakupan pembahasannya yang hanya berfokus pada momentum perjalanan itu sendiri. Di lain pihak, biografi menjangkau wilayah yang lebih luas dari lahir hingga misalnya kematian subyek penulisan.

Contoh buku catatan perjalanan misalnya adalah Catatan Perjalanan Marcopolo, Catatan Perjalanan MMA Trail, Catatan Perjalanan Ibnu Battuta dan lain sebagainya.

Panduan berjalanan akan lebih berisi mengenai instruksi atau tata cara melakukan suatu perjalanan. Contoh dari panduan perjalanan misalnya adalah Buku Panduan Mendaki Gunung, Buku Panduan Ibadah Haji dan Umroh.

5. Buku Manual dan Panduan Umum

Manual book adalah sebuah buku intruksi penggunaan, pembuatan atau perawatan suatu obyek tertentu. Manual book atau buku panduan dapat diterbitkan oleh penerbit yang umum dan tersedia di pasaran atau, ada juga yang secara khusus diterbitkan oleh pabrik.

Untuk manual book yang diterbitkan oleh pabrik, kamu misalnya dapat melihat pada buku panduan dan perawatan sepeda motor yang diperoleh ketika kamu membeli sepeda motor baru. Hal ini juga bisa didapatkan untuk benda lain seperti manual book untuk komputer, televisi dan lain sebagainya.

Ada juga panduan yang sifatnya lebih umum dan dapat ditulis oleh siapa saja yang memiliki pengalaman dan expert di bidangnya. Misalnya buku panduan program desain menggunakan aplikasi photoshop, buku panduan budidaya hidroponik dan yang lainnya.

Instruksi yang dimuat menjadikan buku manual dan panduan umum dapat digolongkan sebagai salah satu jenis buku nonfiksi berdasarkan isinya.

6. Ensiklopedia

Jenis buku nonfiksi
Photo by Ricardo Esquivel on Pexels.com

Nah, ini adalah salah satu jenis buku nonfiksi yang menarik dan kamu pasti pernah membaca salah satu koleksinya.

Ensiklopedia biasanya ditulis berdasarkan urutan abjad huruf atau alfabetis untuk memudahkan pembaca menemukan informasi yang diinginkannya. Di samping itu, ensiklopedia juga dituliskan berdasarkan sebuah tema besar sebagai cakupan utamanya, misalnya; ensiklopedia sejarah islam, ensiklopedia sastra, dan yang lainnya.

Dari definisinya sendiri, pengertian ensiklopedia dapat disederhanakan sebagai sebuah genre buku nonfiksi yang berisi rangkuman, referensi, abstrak dan informasi dari berbagai cabang ilmu pengetahuan.

Nah, karena cakupannya yang sangat luas inilah ensiklopedia dibuat lebih spesifik dengan tema-tema tertentu.

7. Kamus

Jenis buku non fiksi selanjutnya adalah kamus.

Kamus adalah sebuah buku yang berisi kata-kata dari satu bahasa asing lengkap dengan ejaannya, cara membacanya dan pengertiannya. Dictionary atau kamus tentu sangat familiar bagi para pelajar baik dari tingkat Sekolah Dasar hingga Sekolah Tinggi.

Kamus juga merupakan salah satu karya non fiksi yang seringkali digunakan menjadi alat bantu dalam belajar. Kamu tentunya sudah sangat familiar dengan Kamus Bahasa Inggris – Indonesia, Kamus Arab – Indonesia, dan lain sebagainya, bukan?

8. Buku Laporan Jurnalisme

Photo by John Diez on Pexels.com

Selanjutnya buku non fiksi yang juga umum ditemui adalah buku laporan jurnalisme yang biasanya ditulis oleh pewarta, jurnalis, wartawan atau para kuli tinta.

Penulisan yang umum digunakan dalam laporan jurnalisme bersifaf faktual berdasarkan sebuah kejadian, peristiwa, event atau acara.

Bahasa yang digunakan dalam buku non fiksi seperti ini juga sangat khas dengan bahasa jurnalistik yang tujuan utamanya adalah memberikan informasi suatu peristiwa secara mendetail.

9. Almanak

Sebagai buku non fiksi yang berisi penanggalan, almanak terbit setiap tahun.

Almanak berisi penanggalan atau perhitungan waktu yang biasanya butuh diketahui oleh masyarakat banyak. Versi paling simpel dari almanak adalah kalender.

Akan tetapi ada pula karya non fiksi almanak yang isinya lebih luas.

Jadi, dalam almanak informasi yang dimuat tidak hanya penanggalan melainkan informasi lain yang memiliki kaitan dengan penanggalan tersebut.

10. Buku Motivasi

Jenis buku nonfiksi
Photo by Thought Catalog on Pexels.com

Ini adalah salah satu jenis buku non fiksi yang cukup populer dan memiliki cukup banyak peminat. Konsep utama buku motivasi disusun adalah dengan tujuan memberikan dampak psikologi pada pembacanya berupa bangkitnya semangat untuk mencapai sesuatu atau melakukan sesuatu.

Buku motivasi memiliki kaitan yang erat dengan psikologi. Para penulis buku motivasi menggunakan ilmu psikologi untuk membangkitkan gairah, semangat, dan tekad para pembacanya.

Ada sangat banyak contoh buku motivasi yang bisa kamu temui di pasaran. Mimpi Sejuta Dolar karya Mery Riana, 7 Keajaiban Rezeki karya Ippho Santosa dan yang lainnya.

11. Buku Pengembangan Diri

Kadang-kadang muncul kesalahpahaman di masyarakat dalam mengartikan antara buku pengembangan diri dan buku motivasi. Kedua buku ini adalah dua jenis buku non fiksi yang memiliki perbedaan konsep dan juga arahnya.

Jika buku motivasi menitikberatkan tujuan penulisan sebagai penyemangat, pembangkit gairah dan tekad pembaca, maka buku pengembangan diri akan lebih mengarah pada teknis keterampilan.

Tujuan penulisan buku pengembangan diri pada umumnya adalah untuk mengembangkan lifeskill pembaca.

Contoh buku pengembangan diri misalnya adalah Buku Belajar Menjadi Teknisi Handphone, Buku Belajar Menjadi Programer atau pun Buku Panduan Menulis dan Public Speaking.

12. Buku Psikologi

Photo by cottonbro on Pexels.com

Buku yang bertutur tentang ilmu kejiwaan atau psikologi juga adalah salah satu jenis buku non fiksi yang populer.

Buku semacam ini biasanya banyak dibutuhkan oleh para praktisi psikologi mulai dari mahasiswa, dosen, psikolog atau  masyarakat umum yang tertarik dalam bidang psikologi manusia.

Pada praktiknya, buku psikologi kadang dikombinasikan dalam buku non fiksi motivasi yang memiliki tujuan untuk membangkitkan semangat para pembaca dengan metode-metode pendekatan kejiwaan.

13. Buku Filosofi atau Filsafat

Buku filsafat memiliki cakupan bidang yang luas dan dapat diterapkan dalam banyak segi. Umumnya buku filsafat dapat berbicara mengenai politik, ekonomi, bisnis, agama, pendidikan dan yang lainnya.

Selain itu, buku filsafat dapat diartikan sebagai sebuah buku yang secara khusus membahas satu bidang keilmuan tertentu dengan lebih mendalam. Hal ini berangkat dari pengertian filsafat sendiri yang artinya adalah bidang keilmuan yang dipelajari secara serius.

Buku non fiksi fisafat pun dapat dibedakan menjadi berbagai macam seperti buku filsafat tradisional yang ditulis oleh Plato, Socrates, Aristoteles dan lainnya. Ada juga teori imiah seperti yang tulisan Isaac Newton, dan ada juga buku fifsafat yang membahas tentang fenomena ilmiah dan budaya.

14. Buku Sains Populer

Photo by Luck Galindo on Pexels.com

Jika kamu pernah membaca buku Cosmos yang ditulis oleh Carl Sagan  atau A Brief History of Time yang ditulis oleh Stephen Hawking, maka keduanya itu dapat dikategorikan sebagai buku non fiksi sains populer.

Buku sains populer akan membahas tentang ilmu pengetahuan dan teknologi yang isinya secara umum bertutur tentang dunia sains.

Kamu dengan mudah dapat menemukan buku sains populer di berbagai toko buku dengan koleksi mereka yang lengkap.

15. Buku Teks Akademis atau Buku Pelajaran

Buku pelajaran termasuk juga dalam buku non fiksi yang penggunaannya luas terutama di kalangan pelajar. Teks akademis ini berisi tentang materi pelajaran tertentu yang penulisannya sendiri sangat struktural dan sistematis.

Struktur buku pelajaran ditulis secara sistematis dengan alasan mempermudah para pembacanya untuk memahami satu materi pelajaran dari tingkat dasar hingga pengembangan yang lebih kompleks.

Di samping buku pelajaran, ada juga yang disebut dengan buku teks. Buku teks juga termasuk dalam kategori buku non fiksi karena ditujukan sebagai intruksional proses belajar mengajar di kampus dan sekolah-sekolah.

16. Buku Komedi atau Buku Humor

Photo by Michael Burrows on Pexels.com

Selanjutnya buku nonfiksi yang juga cukup populer adalah buku humor atau buku komedi. Sesuai dengan namanya, buku ini berisi sesuatu yang lucu yang bisa saja bersumber dari lelucon, candaan atau guyonan seseorang atau tokoh terkemuka.

Meskipun terkesan lucu dan menggelikan, buku humor intinya adalah menyampaikan satu informasi kepada pembaca namun dikemas dalam bentuk cara bercerita yang lucu.

Contoh buku humor yang terkenal misalnya adalah Koleksi Humor Gus Dur.

17. Buku Pendamping

Nah, jenis buku non fiksi yang terakhir adalah buku pendamping yang ditulis secara khusus sebagai pendamping satu buku utama. Buku pendamping digunakan oleh para pembaca untuk membantu mereka memahami buku utama.

Buku pendamping seringkali digunakan sebagai buku pegangan untuk praktisi pendidikan seperti dosen, guru atau mahasiswa.

BACA JUGA:

Kisah hidupmu menarik?

Yuk, ubah menjadi buku autobiografi atau memoar bersama kelas menulis online penulis gunung


anton sujarwo

Anton Sujarwo

Saya adalah seorang penulis buku, content writer, ghost writer, copywriters dan juga email marketer. Saya telah menulis 17 judul buku, fiksi dan non fiksi, dan ribuan artikel sejak pertengahan tahun 2018 hingga sekarang.

Dengan pengalaman yang saya miliki, Anda bisa mengajak saya untuk bekerjasama dan menghasilkan karya. Jangan ragu untuk menghubungi saya melalui email, form kontak atau  mendapatkan update tulisan saya dengan bergabung mengikuti blog ini bersama ribuan teman yang lainnya.

Tulisan saya yang lain dapat dibaca pula pada website;

Saya juga dapat dihubungi melalui whatsapp di tautan ini.

Fortopolio beberapa penulisan saya dapat dilihat disini:


Terimakasih atas waktu anda membaca artikel ini. Senang sekali jika Anda berkenan meninggalkan komentar atau pendapat Anda sendiri mengenai subyek dalam artikel ini. Terimakasih.

%d blogger menyukai ini: