Lompat ke konten
Beranda » Blog » SIAPA DAN APA PEKERJAAN PENULIS BAYANGAN SEBENARNYA?

SIAPA DAN APA PEKERJAAN PENULIS BAYANGAN SEBENARNYA?

Meskipun bukan profesi baru tetapi masih ada saja yang bertanya tentang apa sebenarnya pekerjaan penulis bayangan atau ghostwriter? Ini menarik karena apa yang dikerjakan oleh ghostwriter pada dasarnya tidak jauh berbeda dengan apa yang dikerjakan oleh penulis profesional lainnya.

Nah, sebagai seorang ghost writer yang sudah menulis sejak tahun 2018, saya akan berbagi tentang apa saja yang menjadi bidang pekerjaan seorang penulis bayangan biasanya.

Berbagai Pekerjaan Penulis Bayangan dan Siapa Mereka Sebenarnya

pekerjaan penulis bayangan
Photo by Thirdman on Pexels.com

Ada banyak orang yang nampaknya tertarik untuk menjadi ghost writer karena melihat income dari profesi ini yang cukup menggiurkan.

Memang gaji ghost writer nilainya cukup fantastis untuk beberapa kualifikasi. Jika kamu melihat bagaimana tarif ghost writer di luar negeri, kamu pastinya akan lebih tertarik lagi untuk membangun karir dalam profesi ini.

Di samping sisi income-nya, ternyata profesi penulis bayangan pun menarik dari sisi pekerjaannya sendiri. Beberapa orang menilai bahwa menjadi penulis bayangan adalah sesuatu yang sangat menyenangkan.

Namun, benarkah demikian?

Sebelum membahas lebih jauh, mari saya ajak untuk me-refresh kembali pengertian ghost writer atau penulis bayangan itu sendiri.

Pengertian Penulis Bayangan atau Ghostwriter

Simpelnya, ghostwriter atau penulis bayangan adalah seseorang yang dibayar untuk menulis sesuatu atas nama orang lain. Ghost writer menulis dan menghasilkan karya bukan atas nama mereka sendiri, namun atas nama orang lain yang membayar jasa mereka.

Seorang penulis bayangan dalam pekerjaannya memiliki beberapa perbedaan terkait bagaimana mereka mendapatkan bayaran.

Ada ghostwriter yang mendapatkan pembayaran penuh dengan konsekuensi ia sama sekali tidak memiliki hak apa pun atas karya yang ia tuliskan. Di samping itu, ada juga ghostwriter yang mendapatkan bayarannya dengan dua cara yaitu; untuk menuliskan naskahnya sendiri dan untuk konsekuensi hasil penulisannya kemudian.

Untuk jenis penulis bayangan yang kedua ini, mereka juga mendapatkan misalnya dari persentase hasil penjualan, sponsorship, atau yang lainnya.

Penulisan true ghostwriter atau orang yang hanya mendapatkan bayaran dari menulis naskah saja, sejauh ini lebih populer daripada jenis penulis bayangan yang kedua. Dilihat dari besaran bayarannya, true ghostwritter juga memperoleh penghasilan yang lebih tinggi.

Beberapa Jenis Pekerjaan yang Dilakukan Ghost Writer

Photo by RODNAE Productions on Pexels.com

Sebelum kamu mencari lowongan ghost writer dan benar-benar terjun dalam bidang ini secara serius, kamu sebaiknya juga mengenal pekerjaan apa saja yang dilakukan seorang ghost writer.

Lantas, apa saja sih, pekerjaan yang dilakukan oleh seorang penulis bayangan itu?

Berikut beberapa di antaranya;

Ghostwriter untuk Buku

Ini adalah kasta tertinggi dari pekerjaan seorang ghostwriter. Menulis buku adalah jenis pekerjaan penulis bayangan yang paling signifikan dan paling banyak mendatangkan pemasukan.

Buku yang ditulis oleh seorang ghost writer juga dapat bermacam-macam, tergantung buku jenis apa yang diinginkan oleh orang yang menggunakan jasa mereka.

Saya sendiri pernah menulis buku tentang motivasi, tentang sosial kemasyarakatan, tentang pandemi Covid-19, bahkan hingga tentang resep masakan.

Buku ghostwriting adalah salah satu cara dari seorang penulis bayangan untuk mendapatkan pemasukan yang lumayan. Pengguna jasa ghost writing untuk penulisan buku bisa sangat beragam, bisa dari kalangan selebritis, pengusaha, politikus atau tokoh masyarakat.

Ghostwriting untuk Teks Pidato

Apakah pidato membutuhkan seorang penulis bayangan untuk menuliskannya?

Ya, ini cukup sering terjadi, khususnya untuk para penulis di luar negeri.

Ada beberapa orang yang harus berbicara di depan umum mengenai tema-tema tertentu dan ia sama sekali tidak tahu harus mengatakan apa nantinya. Untuk kasus seperti ini, ghostwriter adalah solusinya.

Saya sendiri belum pernah mengerjakan project penulisan naskah pidato. Namun, saya pernah menulis untuk project agreement yang bahasanya kurang lebih seperti pidato, saya juga pernah menulis untuk dosen, menulis untuk pengacara dan berbagai profesional lainnya.

Ghostwriting untuk E-book

penulis bayangan atau ghost writer
Photo by Lisa Fotios on Pexels.com

Tahun 2021 awal, saya menulis beberapa e-book untuk project marketing satu perusahaan. Menulis ebook berupa panduan penggunaan produk, panduan small project dan lain semacamnya, adalah hal yang juga akrab bagi seorang ghost writer.

Ketika misalnya kamu terjun menjadi seorang penulis bayangan untuk ebook panduan produk seperti ini, maka perlengkapan seorang ghost writer meliputi seputar penguasaan produk itu sendiri sebagai modal pokoknya.

Contohnya begini, saat itu saya diminta untuk menulis ebook panduan mengenai affiliate marketing satu merek yang tebalnya sekitar 50 halaman. Untuk memastikan penulisannya lancar dan tepat, saya pun harus mencoba berbagai perlengkapan dan tahapan affiliate tersebut sebelum menuliskannya.

Ghostwriting untuk Konten Spesifik di Website

Pada banyak kasus, pemilik website, blogger atau pengelola situs akan menggunakan jasa penulis artikel untuk mengisi konten tulisan mereka. Namun jika satu website membutuhkan tulisan yang lebih dalam, spesifik dan luas, mereka mungkin harus memperkerjakan seorang ghost writer atau penulis bayangan.

Untuk menulis konten spesifik semacam ini, seorang penulis bayangan mungkin tidak harus bekerja keras seperti halnya menulis buku. Akan tetapi, tulisan mereka sudah jelas harus berbeda daripada konten blog pada umumnya.

Beberapa Keuntungan Menggunakan Jasa Penulis Bayangan

Pekerjaan penulis bayangan
Photo by cottonbro on Pexels.com

Menggunakan jasa seorang penulis bayangan tentu saja memiliki keunggulan sekaligus kekurangan. Untuk kamu yang saat ini sedang mencari jasa ghost writing untuk menulis proyek yang kamu miliki, beberapa keuntungan ini dapat menjadi pertimbangan.

  • Hemat waktu dan tenaga karena kamu tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk duduk di depan laptop atau komputer dan mengetik sepanjang hari.
  • Kualitas penulisan yang kamu dapatkan akan lebih tinggi karena penulis bayangan tentunya sudah berpengalaman atau mereka memiliki bakat alami untuk mengolah kata. Hal ini tentu lebih baik daripada kamu pusing memikirkan proses penulisannya sedangkan hasilnya sendiri membuat kamu kecewa.
  • Ini adalah kesempatan untuk kamu yang tidak biasa mengetik, tidak tertarik menulis, atau tidak betah berlama-lama bekerja di depan perangkat penulisan. Semua prosesnya akan dikerjakan oleh seorang ghost writer dan kamu hanya tinggal terima beres saja.
  • Menghindarkan dirimu dari stress saat menulis karena menulis buku sendiri kadang-kadang adalah proses yang membuat seorang tertekan. Nah, dengan menyewa jasa seorang ghost writer berpengalaman kamu bisa terhindar dari risiko ini.

BACA JUGA:

Nah, itu adalah beberapa informasi mengenai siapa penulis bayangan dan apa pula yang biasa menjadi wilayah pekerjaan mereka.

Semoga bermanfaat, ya.


Jadi,

Kamu butuh ghost writer untuk menulis karya tulismu?


anton sujarwo

Anton Sujarwo

Saya adalah seorang penulis buku, content writer, ghost writer, copywriters dan juga email marketer. Saya telah menulis 17 judul buku, fiksi dan non fiksi, dan ribuan artikel sejak pertengahan tahun 2018 hingga sekarang.

Dengan pengalaman yang saya miliki, Anda bisa mengajak saya untuk bekerjasama dan menghasilkan karya. Jangan ragu untuk menghubungi saya melalui email, form kontak atau mendapatkan update tulisan saya dengan bergabung mengikuti blog ini bersama ribuan teman yang lainnya.

Tulisan saya yang lain dapat dibaca pula pada website;

Saya juga dapat dihubungi melalui whatsapp di tautan ini.

Fortopolio beberapa penulisan saya dapat dilihat disini:


2 tanggapan pada “SIAPA DAN APA PEKERJAAN PENULIS BAYANGAN SEBENARNYA?”

  1. Pingback: 9 TIPS SUKSES BAGAIMANA CARA MENJADI PENULIS NOVEL – Penulis Gunung

  2. Pingback: 11 MANFAAT KELAS MENULIS ONLINE - Penulis Gunung

Terimakasih atas waktu anda membaca artikel ini. Senang sekali jika Anda berkenan meninggalkan komentar atau pendapat Anda sendiri mengenai subyek dalam artikel ini. Terimakasih.

%d blogger menyukai ini: