Lompat ke konten
Beranda » Blog » CARA MEMBUAT JUDUL NOVEL YANG MENARIK + TIPS DAN CONTOHNYA

CARA MEMBUAT JUDUL NOVEL YANG MENARIK + TIPS DAN CONTOHNYA

Cara membuat judul novel yang menarik

Bagaimana cara membuat judul novel yang menarik sebenarnya adalah satu pertanyaan sederhana. Para penulis pemula atau para penulis yang sudah berpengalaman sekali pun, membutuhkan keterampilan ini supaya buku mereka sukses di pasaran. Judul yang tepat dan cover yang mendukung, adalah dua kombinasi utama untuk menarik perhatian calon pembaca.

Judul novel unik dan tidak umum seringkali menjadi rujukan pertama dalam tips meracik satu judul novel. Akan tetapi pertanyaan intinya adalah; bagaimana menentukan sebuah judul unik atau tidak? Apakah sekedar menggunakan perasaan atau ada alat ukurnya sendiri?

Nah, khusus dalam artikel kali ini, saya akan mengajak kamu untuk mempelajari cara meracik sebuah judul novel yang bagus dan menarik.

Jadi, pastikan kamu membaca artikel ini sampai tuntas, ya.

BUTUH GHOST WRITER UNTUK MENULIS APA PUN YANG KAMU INGINKAN, DARI KARYA ILMIAH SAMPAI NOVEL FIKSI?

4 Tips dan Cara Membuat Judul Novel yang Menarik

Saya tidak pernah benar-benar tahu judul sebuah buku hingga saya membacanya sampai habis

Mary Wesley

Sebelum lebih jauh membahas mengenai tips membuat judul sebuah novel, penting bagi saya untuk mengajak kamu memahami mengapa sebuah judul itu penting bagi sebuah buku atau novel.

Apakah kamu menulis novel fiksi, autobiografi, karya ilmiah, cerpen atau tulisan apa pun saja, judul selalu memiliki tempat tersendiri untuk diperhatikan lebih seksama. Judul adalah bagian pertama yang dilihat oleh calon pembaca karyamu nantinya.

Mengapa Judul itu Penting?

Photo by Anete Lusina on Pexels.com

Pertama, karena judul adalah hal pertama yang akan dilihat oleh calon pembaca dan calon pembeli.

Judul yang menarik akan memberi kesempatan bagi calon pembaca guna meliriknya lebih jauh. Dalam penulisan novel, judul tidak hanya sepotong kata yang dicetak di atas sampul sebuah buku. Lebih jauh, judul juga dapat mengandung plot, konflik, dan simponi terbaik dari cerita yang kamu tuliskan.

Judul novel yang bagus akan membangkitkan minat dan rasa ingin tahu dari pembaca.

Judul memang bukan hal utama dari sebuah buku, tapi judul yang baik, menarik dan menggugah akan lebih berkesan di benak calon pembaca. Dalam istilah yang lebih spesifik, judul yang baik juga mampu meningkatkan penjualan sebuah novel.

Dan itu artinya, peluang bukumu menjadi best seller jauh lebih terbuka dengan adanya judul yang bagus.

3 Unsur Penting yang Biasanya Ada dalam Sebuah Judul Novel yang Bagus

Judul yang bagus adalah judul dari sebuah novel yang sukses

Raymond Chandler

Judul yang menarik, bagus dan memiliki nilai jual tinggi, selalu memiliki elemen-elemen yang tidak cukup sulit untuk dikenal. Elemen-elemen inilah kemudian yang digunakan sebagai cara mudah untuk meracik sebuah judul yang menarik.

Sekarang mari lihat beberapa contoh judul novel yang menarik berikut ini;

  • Islamedina
  • Merapi Barat Daya
  • 5 CM
  • Laskar Pelangi
  • MMA Trail
  • Maut Di Gunung Terakhir

Setelah membaca sekilas beberapa contoh judul novel di atas, sekarang coba kamu perhatikan beberapa unsur yang menjadi syarat dari sebuah judul buku yang baik berikut ini.

Pendek

Syarat pertama yang biasanya ada dalam sebuah judul novel yang baik adalah pendek. Penggunaan judul yang pendek pada umumnya lebih efektif dibandingkan judul yang panjang.

Judul yang pendek biasanya hanya terdiri dari satu kata tunggal, dua kata atau maksimal tiga hingga empat kata saja.

Realitasnya, judul yang pendek seperti ini akan jauh lebih kuat dan berkesan di benak calon pembaca daripada judul yang lebih panjang.

Contoh: Islamedina, MMA Trail, Pulang, Pergi

Menggugah

Cara membuat judul novel
Penulis Gunung

Elemen kedua dari sebuah judul yang baik adalah ia haruslah menggugah dan mampu memberi percikan minat kepada calon pembaca untuk membacanya.

Judul yang menggugah semacam ini seringkali menjadi teater sang penulis untuk menunjukkan kemampuannya dalam bermain kata.

Judul yang menggugah seperti ini adalah cara yang menarik bagi kamu kamu untuk sedikit menunjukkan kepada calon pembaca bahwa kamu sebagai penulis memiliki keterampilan yang baik dalam menyusun kata.

Contoh: Maut Di Gunung Terakhir, Surat Kecil Untuk Tuhan

Unik dan Mudah Diingat

Nah, ini adalah yang paling banyak dijadikan sebagai rujukan tips menulis judul novel yang populer yakni unik dan memorable atau mudah diingat.

Judul yang baik selalu demikian, mudah diingat dan unik. Sementara yang sempurna adalah yang mudah dikenali dan yang tidak terlupakan.

Contoh: Islamedina, 5 CM, Laskah Pelangi

Hal Penting yang Harus Dipertimbangkan Dalam Meracik Sebuah Judul Novel

Cara membuat judul novel
Photo by Anete Lusina on Pexels.com

Di samping pendek, mudah diingat, unik dan menggugah, ada beberapa hal lain yang bisa kamu pertimbangkan juga saat membuat sebuah judul novel.

Beberapa hal ini nanti akan memberikan kamu kemudahan untuk menemukan komposisi apa yang paling ideal untuk judul novel yang kamu tuliskan.

Lantas, apa saja pertimbangan tersebut?

Judul Satu Kata

Islamedina adalah nama judul aesthetic yang menarik, baik untuk judul sebuah novel atau pun untuk nama seseorang. Saya memilih nama ini untuk puteri saya pada tahun 2014 silam dimana nama Islamedina sendiri masing terdengar ‘asing’ di banyak telinga.

Menariknya, seringkali judul novel terlaris dan terbaik hanya terdiri dari satu kata saja.

Namun di era mesin pencari seperti saat ini, kamu juga perlu mempertimbangkan hasil pencarian dari satu suku kata yang kamu gunakan tersebut. Penggunaan kata tunggal sebagai judul seringkali menampilkan hasil pencarian yang terlampau luas di internet.

Konsekuensi dari hal ini adalah, novelmu mungkin tidak akan mudah menduduki peringkat pertama mesin pencari untuk kata yang kamu jadikan sebagai judul novelmu tersebut.

Contoh mudahnya begini;

Jika kamu mengetik kata Islamedina di kolom pencarian google, maka hasilnya akan sangat banyak, bukan hanya tentang buku saja.

Namun jika kamu menulis ‘Buku Islamedina atau Novel Islamedina’ maka kamu akan menemukan hasil pencarian yang mendominasi langsung ke buku tersebut.

Judul Berdasarkan Genre

Mempertimbangkan genre sebagai cara untuk memilih judul novel yang baik juga umum dilakukan. Tipsnya disini adalah dengan menggunakan judul, kombinasi kata atau pilihan kata yang mewakili genre novel yang kamu tulis.

Penting untuk kamu perhatikan dengan memilih judul yang senada dan satu frekwensi dengan judul novel dalam genre yang sama.

Jika kamu menulis novel genre misteri atau horror misalnya, maka penting bagi kamu untuk menggunakan judul yang senada dengan judul-judul genre horror dan misteri yang sudah ada.

Judul Orisinil

Cara membuat judul novel

Ini juga adalah hal penting untuk kamu pertimbangkan sebelum mengunci satu judul untuk novelmu. Pastikan bahwa judul yang kamu gunakan benar-benar judul yang baru, orisinil dan belum pernah digunakan oleh penulis lain untuk judul novel mereka.

Kembali lagi ke contoh judul buku Islamedina sebelumnya, ini adalah judul yang sama sekali orisinil dan belum ada satu pun buku yang memiliki judul serupa.

Hal yang sama misalnya akan kamu temukan ketika menulis kata MMA Trail di mesin pencarian. Ini juga adalah judul yang orisinil, baru dan unik. 

Jika Islamedina adalah judul novel yang bagus tentang kehidupan seorang ayah dan puteri kecilnya, maka MMA Trail akan memberi kamu pengertian yang lebih luas tentang krisisnya keimanan seorang duda kaya raya yang mencari jati dirinya dalam perjalanan hiking di jantung Jawa Tengah.

Judul dengan Referensi yang Tidak Disengaja

Pertimbangan selanjutnya yang cukup penting untuk kamu perhatikan adalah referensi judul yang kamu gunakan jangan sampai memberikan referensi kepada pembaca untuk sesuatu yang tidak baik. Menariknya, hal ini seringkali terjadi karena ketidaksengajaan.

Terus terang saya tidak sepakat dengan para penulis yang menggunakan kata-kata berbau ‘porno’ untuk novel mereka hanya supaya lebih menarik minat calon pembaca. Judul seperti itu akan menggiring pikiran pembaca untuk menemukan referensi yang mungkin saja tidak sesuai dengan isi buku yang sebenarnya.

Jadi, penting bagimu untuk memilih kata-kata yang tidak menggiring opini dan referensi pembaca ke sesuatu yang mungkin saja salah, walau pun tidak disengaja.

Tips Penting Memilih Judul Novel yang Bagus dan Menarik

Cara membuat judul novel
Sumber foto: Mizanstore

Sulit untuk sampai pada pilihan judul novel yang benar-benar sempurna. Namun beberapa tips berikut ini akan memberikan kamu gambaran yang lebih mudah untuk menemukan pilihan judul yang paling menarik untuk kamu gunakan.

Gunakan Nama Karakter sebagai Judul

Nah, ini adalah tips yang pertama dan paling mudah untuk kamu aplikasikan. Gunakan nama karakter itu sendiri sebagai judul novel yang kamu tuliskan.

Sekarang kamu dapat membayangkan apa saja judul novel terkenal yang menggunakan nama karakternya sendiri. Di samping mudah diingat, judul dengan teknik seperti ini juga mampu mendongkrak karakter utamanya menjadi lebih dikenal oleh pembaca.

Berikut ini beberapa contohnya.

  • Harry Potter oleh J.K. Rowling
  • Islamedina oleh Anton Sujarwo
  • Anna Karenina oleh Leo Tolstoy
  • Romeo and Juliet oleh William Shakespeare
  • Siti Nurbaya karya Marah Rusli

Gunakan Latar Cerita Sebagai Judul

Menggunakan latar belakang cerita sebagai judul novel juga bisa kamu lakukan. Latar belakang cerita tentu saja lebih dari sekedar tempat, ini bisa saja adalah budaya, pandangan politik, keyakinan dan lain sebagainya.

Ada banyak contoh judul novel remaja yang mengadopsi pilihan judul seperti ini. Love Spark in Korea karya Asma Nadia atau Eiffel I’m In Love karya Rachmania Arunita adalah contohnya.

Contoh lainnya lagi, berikut beberapa di antaranya.

  • Tenggelamnya Kapal Van Der Wijk oleh Hamka (latar belakang kejadian)
  • Merantau ke Deli oleh Buya Hamka
  • MMA Trail oleh Anton Sujarwo
  • Merapi Barat Daya oleh Anton Sujarwo
  • Mimpi di Mahameru oleh A Wan Bong

Gunakan Kombinasi Kata Bermakna Ganda Sebagai Judul

Cara membuat judul novel
Sumber foto: Culture trip

Sebenarnya bukan hanya kata bermakna ganda saja yang bisa digunakan sebagai judul dengan nuansa semacam ini, segala atribut sastra yang mampu menghadirkan pesan tersirat yang membuat penasaran dapat kamu gunakan.

Fokus terpenting dari penggunaan judul seperti ini adalah untuk menarik perhatian calon pembaca. Baik dari susunan katanya, maknanya atau pesan apa pun yang mungkin tersimpan di dalamnya.

Contoh judul novel dengan gaya seperti ini misalnya adalah;

  • Gone Girl oleh Gillian Flyn
  • Bumi Manusia oleh Pramoedya Ananta Toer
  • Dewi Gunung oleh Anton Sujarwo
  • Laskar Pelangi oleh Andrea Hirata
  • Empire of Pain oleh Patrick Radden Keefe

Temukan Kata Orisinil Sebagai Judul

Tips terakhir yang bisa kamu jadikan sebagai teknik untuk memilih judul novelmu adalah kata yang unik dan menarik. Kata-kata ini adalah kata yang sama sekali orisinil dan belum pernah digunakan oleh penulis lain untuk judul novel mereka.

Salah satu judul novel yang bagus untuk pelajar dan bisa menjadi contoh tips nomor empat ini adalah novel Multatuli karya Max Haveelar. Perhatikan bagaimana ia menggunakan kata ‘Multatuli’ benar-benar sesuatu yang orisinil, kan?

Beberapa contoh untuk tips ini misalnya adalah;

  • Multatuli oleh Max Haveelar
  • Mariposa oleh Luluk HF
  • Nebula oleh Tere Liye
  • Magpie oleh Michael James
  • Sophismata oleh Alanda Kariza

BACA JUGA:

Jadi,

Kamu punya kisah hidup menarik untuk dibukukan?


anton sujarwo

Anton Sujarwo

Saya adalah seorang penulis buku, content writer, ghost writer, copywriters dan juga email marketer. Saya telah menulis 17 judul buku, fiksi dan non fiksi, dan ribuan artikel sejak pertengahan tahun 2018 hingga sekarang.

Dengan pengalaman yang saya miliki, Anda bisa mengajak saya untuk bekerjasama dan menghasilkan karya. Jangan ragu untuk menghubungi saya melalui email, form kontak atau  mendapatkan update tulisan saya dengan bergabung mengikuti blog ini bersama ribuan teman yang lainnya.

Tulisan saya yang lain dapat dibaca pula pada website;

Saya juga dapat dihubungi melalui whatsapp di tautan ini.

Fortopolio beberapa penulisan saya dapat dilihat disini:


Terimakasih atas waktu anda membaca artikel ini. Senang sekali jika Anda berkenan meninggalkan komentar atau pendapat Anda sendiri mengenai subyek dalam artikel ini. Terimakasih.

%d blogger menyukai ini: