BAGAIMANA CARA MENEMUKAN IDE PADA PENULISAN CERITA FANTASI? INI 10 IDENYA

Kreativitas dan berpikir di luar kebiasaan adalah kunci bagaimana cara menemukan ide pada penulis cerita fantasi jenis apa pun. Ini mungkin tedengar sangat sederhana, tapi jelas bukan sesuatu yang mudah. Untuk kamu yang belum pernah menulis cerita fantasi sebelumnya, menemukan idenya saja mungkin sudah menjadi suatu tantangan serius.

Sebelumnya, Penulis Gunung telah memberikan 15 ide menulis cerita fantasi yang bisa kamu baca disini.

Nah, kali ini saya akan menambahkannya kembali dengan 10 ide cerita lain dari genre fantasi yang tinggal kamu kembangkan. Apakah kamu hanya ingin menulis sebuah cerpen atau pun sebuah novel, 10 ide cerita fantasi berikut ini nanti layak kamu coba.

KAMU PUNYA KISAH HIDUP MENARIK UNTUK DIJADIKAN BUKU NAMUN BINGUNG CARA MENULISKANNYA?

10 Ide Jawaban Bagaimana Cara Menemukan Ide Pada Penulisan Cerita Fantasi

Photo by Roy Reyna on Pexels.com

Cerita fantasi adalah salah satu genre lintas generasi yang bisa dinikmati dari anak-anak sampai orang dewasa. Dengan kemampuan improvisasi meracik ide jalan cerita, genre fantasi sangat mengasyikkan untuk diikuti oleh para pembaca.

Menariknya di Indonesia, penulis cerita fantasi dapat dibilang masih sangat jarang.

Beberapa alasan yang paling mendasar bahkan mengatakan kalau menulis fantasi itu sulit. Atau setidaknya tidak semudah menulis cerita romantis atau kisah remaja. Bahkan dari yang paling dasar sekali pun, menemukan ide cerita fantasi adalah hal yang sulit dilakukan.

Nah, bagaimana menemukan cerita fantasi yang dapat dijadikan sebagai premis untuk menulis novel atau cerpen?

Untuk kamu yang ingin menulis cerita fantasi, yuk, coba 10 ide dasar yang dapat kamu jadikan premisnya berikut ini.

Ide Cerita Fantasi #1

Buatlah sebuah teks cerita fantasi tentang seorang penulis yang terjebak dalam cerita yang sedang ia tuliskan sendiri.

Plotnya mungkin dapat kamu lakukan begini;

Seorang penulis sedang bersusah payah untuk menulis sebuah cerita yang ia anggap sangat penting. Untuk mendapatkan konsentrasi yang penuh, penulis ini kemudian memutuskan untuk tinggal di sebuah rumah kecil di tepi hutan selama beberapa minggu.

Pada suatu ketika, penulis ini menemukan dirinya terbangun di sebuah tempat antah berantah yang persis seperti setting dalam novel yang sedang ia tulis. Tokoh utama menyangka ia hanya bermimpi. Namun kemudian ia menjadi kaget karena setiap kejadian di tempat itu sama persis seperti yang ia tuliskan di dalam bukunya.

Ide Cerita Fantasi #2

Photo by JJ Jordan on Pexels.com

Tulis sebuah cerita fantasi dengan tokoh utama yang sedang memulai bisnis pertamanya dengan membuka coffee shop. Tokoh utama cerita bersikeras untuk membuat coffee shop-nya seestetis mungkin, termasuk dengan mengusung konsep total vintage atau klasik.

Untuk membuat konsepnya benar-benar terasa riil, tokoh utama menggunakan banyak barang antik, termasuk salah satu meja berwarna coklat kemerahan yang pohon kayunya diambil langsung dari hutan beberapa waktu sebelumnya.

Namun hal yang tidak diketahui oleh tokoh utama adalah pohon kayu tersebut merupakan pohon kutukan. Di dalam pohon itulah sepasang penyihir jahat dipenjara karena kekuatan gaib yang mereka miliki ratusan tahun sebelumnya.

Ide Cerita Fantasi #3

Tulis sebuah novel atau cerpen fantasi tentang tokoh utama yang setiap hari selalu mengumumkan di media sosial bahwa ia meminta sang penjelajah waktu menemuinya. Tokoh utama sudah melakukan aktivitas itu selama 15 tahun dan ia tidak mendapatkan balasan apa pun kecuali orang-orang yang iseng.

Di suatu pagi di hari tokoh utama hampir merasa putus asa dengan usahanya, ia mendapatkan sebuah email balasan yang membuatnya terganga. Tanggal di email itu menunjukkan tahun 2300 masehi, atau hampir tiga abad dari kehidupan tokoh utama hidup sekarang.

Hal yang lebih mengagetkan lagi karena besok harinya si penjelajah waktu itu mengatakan akan menjemput tokoh utama untuk bertualang ke masa depan.

Ide Cerita Fantasi #4

Photo by Andrea Piacquadio on Pexels.com

Nah, sekarang coba kamu tulis satu cerita fantasi tentang sebuah negeri yang uangnya memang tumbuh dari batang pohon sesungguhnya. Pohon itu memiliki jumlah yang terbatas dan selalu berbuah emas, perak dan uang kertas pada setiap 7 hari terakhir di setiap tahunnya.

Suatu ketika tokoh utama cerita yang merupakan penduduk miskin di negeri itu, nekat mencuri beberapa bibit pohon uang tersebut untuk ia tanam sendiri di belakang rumahnya.

Namun hal yang ia tidak ketahui adalah, ternyata bibit yang ia curi adalah bibit terakhir dari seluruh pohon uang yang ada di dunia.

Ide Cerita Fantasi #5

Tulis sebuah cerita fantasi tentang tokoh utama yang menjadi fotografer terbaik di alam bebas. Manusia selalu kagum dengan hasil fotonya karena dapat menangkap momen-momen yang sangat langka. Beberapa momen yang diketahui hanya terjadi puluhan tahun sekali pun dapat diambil tokoh utama cerita dengan mudah.

Ternyata rahasia penulis utama bisa melakukan itu adalah karena ia bisa membekukan waktu di suatu tempat, atau memutarnya kembali hingga puluhan tahun sebelumnya.

Hanya saja suatu ketika, tokoh utama justru terjebak dalam waktu yang ia bekukan sendiri.

Ide Cerita Fantasi #6

Photo by Sharad Kachhi on Pexels.com

Tulislah sebuah teks cerita fantasi tentang seorang tokoh utama yang bekerja di toko laundry 24 jam. Suatu ketika ia masuk shiff malam dan mendapati seseorang karyawan shiff malam sebelumnya merangkak keluar dari salah satu mesin cuci tidak jauh dari tempat ia bekerja.

Orang yang keluar dari mesin cuci itu kemudian mengatakan kepada tokoh utama bahwa tepat pukul 24:00 hingga pagi hari, semua mesin cuci menjadi pintu masuh ke dunia yang berbeda.

Tokoh utama yang penasaran memutuskan untuk mencobanya di suatu malam.

Namun malangnya ia tidak tahu kalau pemilik toko laundry berencana untuk mengganti semua mesin cuci itu keesokan harinya.

Ide Cerita Fantasi #7

Tulis sebuah novel atau cerpen fantasi dengan tokoh utama adalah seorang anak kecil atau remaja.

Suatu ketika, tokoh utama masuk ke gudang di belakang rumah eyangnya yang sudah tidak pernah dimasuki hampir 30 tahun lamanya.

Di sana ia menemukan sebidang papan catur hampir lapuk dengan debu dan jaring laba-laba memenuhi permukaannya. Iseng, tokoh utama kemudian memindahkan salah satu anak catur kemudian pergi meninggalkan gudang.

Esok harinya, tokoh utama kembali lagi ke gudang untuk mengambil salah satu perkakas. Tanpa sengaja matanya melihat bahwa posisi papan catur telah berubah, satu anak papan catur telah berpindah dengan posisi melawan gerakan yang ia lakukan malam sebelumnya.

Ide Cerita Fantasi #8

Photo by Erik Mclean on Pexels.com

Darimana datangnya ide untuk menulis cerita fantasi selanjutnya mungkin adalah hal yang kamu suka. Tulis sebuah cerita tentang kamu sendiri atau tentang tokoh utama yang tanpa sengaja menemukan selembar peta untuk menemukan harta karun yang luar biasa banyaknya.

Peta ini langsung menggerakkan hati untuk berburu. Apalagi kondisi impian dan ekonomi keluargamu membutuhkan keajaiban supaya bisa mencapai tujuan besar yang sudah ditetapkan.

Kamu kemudian memutuskan untuk berburu menemukan harta karun tersebut.

Hal yang tidak kamu tahu kemudian adalah, peta itu telah membawamu masuk ke dunia lain yang sama sekali tidak kamu bayangkan.

Ide Cerita Fantasi #9

Tulis sebuah cerita fantasi ketika dua orang sama-sama tidak saling kenal bertemu di sebuah kafe di tepi pantai yang indah. Keduanya cepat akrab dan terlibat percakapan yang hangat tetang momen-momen sulit dalam kehidupan mereka.

Keduanya mengobrol dengan asyik hingga tidak terasa matahari mulai tenggelam di ujung samudra.

Sebelumnya tidak ada yang merasa aneh dengan hal tersebut sampai mereka memeriksa jam tangan dan jam di handphone mereka masing-masing. Itu baru jam satu siang!

Bagaimana mungkin senja sudah datang pada pukul satu siang?

Ide Cerita Fantasi #10

Photo by Rodion Kutsaiev on Pexels.com

Tulis sebuah cerita fantasi tentang sebuah kedai kopi kecil di kota kecil yang tenang. Rumor mengatakan bahwa orang-orang terkenal dari masa lalu sering mampir ke kedai ini untuk minum kopi. Pemilik kedai kopi sendiri adalah seorang lelaki tua yang misterius.

Lantaran usianya yang sudah tua, pemilik kedai kemudian mencari penerus yang mau melanjutkan usahanya.

Tak ada yang menginginkan pekerjaan itu sampai seorang pemuda tanpa sengaja mampir di kedai dan bertemu dengan Mahapatih Gadjah Mada dari Kerajaan Majapahit yang sedang duduk minum kopi bersama dua orang pengawalnya.

BACA JUGA:

Nah, itu adalah 10 ide sebagai premis yang dapat kamu gunakan untuk menjawab bagaimana cara menemukan ide pada penulisan cerita fantasi.

Selanjutnya, untuk mengembangkannya menjadi sebuah novel atau cerpen yang menarik, cobalah untuk lebih kreatif dan think out of the box.

Jadi, selamat menulisnya, ya!


Berani?

Menulis kisah hidupmu menjadi sebuah novel?

Anton Sujarwo

Saya adalah seorang penulis buku, content writer, ghost writer, copywriters dan juga email marketer. Saya telah menulis 17 judul buku, fiksi dan non fiksi, dan ribuan artikel sejak pertengahan tahun 2018 hingga sekarang.

Dengan pengalaman yang saya miliki, Anda bisa mengajak saya untuk bekerjasama dan menghasilkan karya. Jangan ragu untuk menghubungi saya melalui email, form kontak atau  mendapatkan update tulisan saya dengan bergabung mengikuti blog ini bersama ribuan teman yang lainnya.

Tulisan saya yang lain dapat dibaca pula pada website;

Saya juga dapat dihubungi melalui whatsapp di tautan ini.

Fortopolio beberapa penulisan saya dapat dilihat disini:


3 tanggapan untuk “BAGAIMANA CARA MENEMUKAN IDE PADA PENULISAN CERITA FANTASI? INI 10 IDENYA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: