10 IDE DAN CONTOH PLOT TWIST NOVEL ATAU CERPEN UNTUK INSPIRASIMU MENULIS

Jika kamu pernah membaca novel Merapi Barat Daya yang terbit tahun 2019 silam, kamu akan tahu bahwa itu adalah contoh plot twist novel dengan kualitas yang sempurna. Sepanjang jalan cerita dalam novel setebal 400 halaman tersebut, kamu akan dipaksa terkaget-kaget dengan alur yang ternyata sangat unpredictable sama sekali.

Nah, untuk kamu yang ingin membuat plot twist yang menarik dalam novel atau cerpen yang sedang kamu tuliskan sekarang, Penulis Gunung memiliki beberapa contekan yang bisa kamu ikuti dengan mudah.

KAMU PUNYA KISAH HIDUP MENARIK UNTUK DIJADIKAN BUKU NAMUN BINGUNG CARA MENULISKANNYA?

10 Ide & Contoh Plot Twist Novel atau Cerpen yang Tidak Bisa Ditebak oleh Pembacamu

Photo by Matteus Silva on Pexels.com

Plot twist adalah bagian penting dalam sebuah penulisan cerita. Baik dalam menulis novel atau pun cerpen, plot twist yang menarik akan membantu tulisanmu supaya mendapat perhatian yang lebih banyak dari pembaca.

Sayangnya membuat plot twist cerita tidak semudah kedengarannya.

Plot twist yang baik tidak dapat hanya dibuat sebagai tujuan untuk membuat pembaca terkejut semata. Di balik apa pun skenario cerita yang disiapkan seorang penulis, plot twist tidak dapat dilakukan secara sembarangan.

Lantas, bagaimana cara membuat plot twist yang baik itu?

Sebelum membahas lebih jauh mengenai plot twist dan cara membuatnya, sebagai penulis kamu juga harus tahu bahwa ada kriteria plot twist yang baik.

Sebagai sebuah cara untuk menjungkirbalikkan ekspektasi pembaca sebelumnya, plot twist sebuah cerita setidaknya harus memenuhi 4 kriteria berikut ini;

  • Plot twist itu harus tidak terduga
  • Plot twist harus dapat diceritakan dengan baik (naratif)
  • Plot twist harus masuk akal dan selaras dengan jalan cerita atau terlalu tidak dipaksakan
  • Plot twist bisa saja sudah diberi isyarat atau bayangannya lebih dulu

Untuk dapat memahami ini dengan lebih mudah, sekali lagi kamu dapat melihat contoh plot twist terbaik dalam novel Merapi Barat Daya yang bisa kamu dapatkan disini.

10 Ide Plot Twist Menarik untuk Alur Ceritamu

Photo by Megan Ruth on Pexels.com

Nah, sekarang Penulis Gunung akan membagikan 10 ide plot twist yang bisa kamu gunakan dalam cerita yang kamu tuliskan sendiri.

Plot twist ini tentu saja dapat kamu kembangkan lagi sesuai dengan kemampuan dan kreativitasmu sendiri. Kamu dapat mengubahnya, menambahnya atau mungkin membuat menjadi lebih complicated lagi untuk menghasilkan plot twist cerita yang sempurna.

Contoh Plot Twist #01

Tulis sebuah cerita dimana karakter utama yang tinggal di sebuah kots-kostan, baru saja kedatangan teman baru dari desa yang tinggal bersamanya.

Teman sekamarnya ini menurut keterangan yang ia terima dari yang lainnya, adalah seorang yang sangat pendiam, pemalu, dan baik hati. Di kostan, teman baru tokoh utama ini juga menunjukkan sikap yang sangat sopan, pemurah dan gemar membantu orang lain.

Plot twist cerita mulai muncul ketika satu persatu kejadian aneh di kostan mulai bermunculan.

Beberapa teror terjadi, barang-barang menghilang, dan di suatu pagi yang suram, tokoh utama cerita menemukan ibu pemilik kost terluka parah seperti habis diserang binatang buas!

Contoh Plot Twist #02

Buat sebuah cerita dengan tokoh utama adalah seorang remaja yang masih duduk di bangku SMA. Di sekolahnya, ada seorang gadis idola yang cantik, pintar dan menjadi primadona.

Gadis ini menjadi incaran banyak pemuda yang lain. Hampir semua teman-teman satu sekolah menyukai si gadis dan berniat memacarinya. Menariknya, hanya tokoh utama yang tidak tertarik dengan gelombang mainstream itu. Padahal, gadis cantik idola tersebut diam-diam justru menyukai tokoh utama.

Alur cerita berubah drastis dan menjadi plot twist ketika gadis idola sekolah itu dilaporkan menghilang.

Tidak ada yang tahu apa yang terjadi dengan dirinya, hanya saja semua kecurigaan sekarang mengarah pada tokoh utama.

Contoh Plot Twist #03

Photo by Victoria Borodinova on Pexels.com

Untuk berhasil memenangkan sebuah kompetisi, seorang remaja nekat mendatangi seorang paranormal dan meminta bantuan darinya. Ia keluar menjadi pemenang dan mendapatkan banyak hadiah juga popularitas.

Seorang remaja yang lain mencurigai bahwa ada yang tidak beres dari pemenang lomba setelah mengamati rekaman CCTV. Merasa dugaannya kuat, remaja itu kemudian mengajukan gugatan dan meminta kemenangan itu dibatalkan.

Marah dan khawatir dengan hal tersebut, pemenang lomba kemudian kembali menggunakan kekuatan paranormalnya. Hanya saja hasilnya kali ini sama sekali tidak pernah ia bayangkan sebelumnya.

Contoh Plot Twist #04

Ayah angkat tokoh utama cerita adalah seorang pengusaha yang kaya raya. Di samping menjadi miliarder dengan kekayaan berlimpah, ia juga seorang yang sangat dermawan. Ia membiayai banyak anak asuh, memiliki yayasan amal dan juga membangun tempat ibadah.

Di antara banyak anak asuh yang dimilikinya, tokoh utama adalah yang paling disayangi.

Plot twist dimulai ketika tokoh utama menemukan beberapa kejanggalan yang membuatnya gelisah. Beberapa sifat mulia yang melekat dalam figur ayah angkat mulai dipertanyakan.

Hal ini kemudian semakin menjadi-jadi ketika tokoh utama tahu apa yang terjadi dengan ayah kandungnya yang ternyata memiliki hubungan dekat dengan sang ayah angkat tersebut.

Contoh Plot Twist #05

Tulis sebuah cerita dengan tokoh utama yang mengharapkan sebuah hadiah yang sudah lama ia impikan pada hari ulang tahunnya. Pada saat yang sama, tokoh utama juga mengatakan bahwa ia membenci sesuatu yang selama ini dijanjikan untuk diberikan oleh orang tuanya di hari ulang tahunnya nanti.

Hari ulang tahun pun tiba dan tokoh utama mendapatkan hadiah yang ia impikan. Tokoh utama bahagia luar biasa, ia berpesta bersama teman-temannya.

Tapi itu tidak berlangsung lama.

Sebuah kejadian yang tidak diprediksi membuat suasana gembira itu berubah menjadi mimpi buruk bagi tokoh utama. Satu-satunya hal yang paling ia harapkan untuk ia miliki supaya dapat keluar dari situasi buruk itu adalah apa yang paling ia benci selama ini.

Contoh Plot Twist #06

Photo by luizclas on Pexels.com

Buat sebuah cerita tentang tokoh utama yang sama sekali tidak percaya tentang puteri duyung.

Tokoh utama adalah petualang, penyelam, peselancar dan apa pun aktivitas penuh tantangan di atas air. Tokoh utama adalah penjelajah samudra dan dalam penjelajahannya, puteri duyung benar-benar hanyalah sebuah mitos.

Suatu ketika tokoh utama cerita diterjang badai ketika sedang berkayak seorang diri. Ia terhempas dan kemudian terdampar entah dimana.

Hal yang paling mengejutkan kemudian adalah ketika tokoh utama sadar bahwa ia sebenarnya ada di sarang mahluk yang paling tidak ia percayai selama ini. Lebih kaget lagi dirinya ketika ia mengetahui bahwa ia sendiri sebenarnya masih memiliki hubungan erat dengan makhluk mitos tersebut.

Contoh Plot Twist #07

Tulis sebuah cerita tentang tokoh utama yang terbangun dari tidurnya dan menyadari bahwa ada sesuatu yang tidak biasa telah terjadi. Ia melihat orang-orang di sekelilingnya bertambah tua, beruban dan mulai pikun.

Apa yang telah terjadi?

Ia terus mencari tahu sampai kemudian ia menyadari yang aneh bukanlah lingkungannya, bukanlah orang-orang di sekitarnya, melainkan dirinya sendiri.

Diri tokoh utamalah yang pernah mengalami kejadian aneh dan membuatnya seolah tertahan oleh waktu dan tetap muda ketika teman-temannya berubah menjadi kelabu.

Contoh Plot Twist #08

Tulis cerita tentang sepasang kekasih yang memutuskan untuk kabur dari rumah mereka dan pindah ke kota lain secara diam-diam setelah menyadari bahwa hubungan mereka tidak akan pernah direstui.

Di kota yang baru, jumlah penduduknya tidak begitu banyak sehingga keduanya dengan cepat dikenal. Untuk mengelabui orang-orang di sekitar mereka, sepasang kekasih itu kemudian membuat identitas baru dan mengaku sebagai saudara sepupu.

Tanpa mereka rencanakan pengakuan itu justru menggiring mereka untuk tes DNA sebagai salah satu kewajiban yang harus dijalani. Sepasang kekasih itu kemudian terguncang ketika mengetahui bagaimana hasil tes DNA yang mereka terima.

Contoh Plot Twist #09

Photo by Ron Lach on Pexels.com

Setelah berjuang mati-matian untuk mendapatkan posisi terbaik dalam perlombaan yang sangat bergengsi, tokoh utama cerita kemudian berhasil memenangkannya. Menariknya, ia kemudian tidak datang di saat hadiah akan dianugrahkan.

Berita cepat menyebar; ternyata tokoh utama telah diculik oleh sekelompok orang.

Tokoh utama berusaha keras untuk melarikan diri dari para penculiknya. Ia hampir berhasil tepat sebelum ia mengetahui alasan sebenarnya mengapa ia diculik. Dan itu mengubah segalanya.

Contoh Plot twist #10

Di tengah kehebohan yang mengatakan bahwa dirinya hilang saat mendaki gunung, tokoh utama hanya merasa bahwa ia sedang mengikuti seseorang yang sangat dikenalnya. Tokoh utama dibawa ke sebuah tempat untuk kemudian ditinggalkan begitu saja.

Di tengah kebingungan, ia kemudian ditemukan oleh sekelompok tim SAR yang sedang melakukan pencarian. Tokoh utama kemudian dibawa ke sebuah kampung, dan entah mengapa, kembali ditinggalkan begitu saja.

Merasa ada yang tidak beres, tokoh utama kemudian mengikuti jalan desa yang membawanya ke sebuah kota kecil. Di sana ia menemukan semua jawaban pertanyaannya, sekaligus dihadapkan pula dengan ketakutan terbesar yang tidak pernah ia bayangkan sebelumnya.

BACA JUGA:

Nah, itu adalah beberapa contoh plot cerita yang menarik dan bisa kamu kembangkan lebih baik lagi. Dengan kreativitas dan imajinasi, kamu pasti bisa membuatnya menjadi lebih mengejutkan bagi pembaca.

Dengan sering berlatih dan konsisten dalam menulis, plot twist yang buat akan menjadi cerita yang luar biasa.

Jadi, selamat berlatih, ya!

Jadi, kamu ingin menjadi seorang penulis dan membuat karya terbaikmu?

Dapatkan latihan dan bimbingan personal yang dirancang khusus untuk membantu kamu menghasilkan karya terbaik.


Anton Sujarwo

Saya adalah seorang penulis buku, content writer, ghost writer, copywriters dan juga email marketer. Saya telah menulis 10 judul buku, fiksi dan non fiksi, dan ribuan artikel sejak pertengahan tahun 2018 hingga sekarang.

Dengan pengalaman yang saya miliki, Anda bisa mengajak saya untuk bekerjasama dan menghasilkan karya. Jangan ragu untuk menghubungi saya melalui email, form kontak atau  mendapatkan update tulisan saya dengan bergabung mengikuti blog ini bersama ribuan teman yang lainnya.

Tulisan saya yang lain dapat dibaca pula pada website;

Saya juga dapat dihubungi melalui whatsapp di tautan ini.

Fortopolio beberapa penulisan saya dapat dilihat disini:


2 tanggapan untuk “10 IDE DAN CONTOH PLOT TWIST NOVEL ATAU CERPEN UNTUK INSPIRASIMU MENULIS

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: