Lompat ke konten
Beranda » Blog » 15 IDE CONTOH NOVEL KONTEMPORER UNTUK KAMU SANG PENULIS MODERN

15 IDE CONTOH NOVEL KONTEMPORER UNTUK KAMU SANG PENULIS MODERN

Novel kontemporer adalah salah satu jenis novel dengan jumlah pembaca yang sangat banyak. Fiksi kontemporer juga merupakan jenis fiksi yang paling realistis, paling mungkin terjadi dalam kehidupan nyata, dan mungkin bagi beberapa penulis modern; adalah yang paling menyenangkan untuk diceritakan.

Lantas, apa sebenarnya yang dimaksud dengan novel kontemporer itu?

Nah, dalam artikel kali ini Penulis Gunung akan mengajak kamu untuk berkenalan dengan novel kontemporer, mempertimbangkan ide ceritanya, dan mungkin juga mencoba untuk menuliskannya.

Jadi, mari mulai dengan definisinya terlebih dahulu, ya.

KAMU PUNYA KISAH HIDUP MENARIK UNTUK DIJADIKAN BUKU NAMUN BINGUNG CARA MENULISKANNYA?

Pengertian Novel Kontemporer dan 15 Ide Cerita untuk Menuliskannya

Mungkin kamu sendiri pernah membaca satu atau beberapa contoh novel kontemporer Indonesia yang sudah cukup dikenal. Beberapa novel yang masuk dalam ranah fiksi kontemporer di Indonesia paling populer misalnya adalah;

  • Merapi Barat Daya karya Anton Sujarwo
  • Ayat-ayat Cinta karya Habiburahman El Shirazy
  • Negeri 5 Menara karya Anwar Fuadi
  • Sokola Rimba karya Butet Manurung
  • 5CM karya Donny Dirgantoro
  • Dll

Kamu yang sudah membaca beberapa buku fiksi di atas bisa saja tidak menyadari bahwa apa yang kamu baca tersebut masuk dalam kategori kontemporer. Jalan cerita, setting, karakter dan konflik yang dianggkat dalam novel-novel tersebut begitu menarik.

Lantas, apa yang membuatnya dikategorikan sebagai sastra kontemporer?

Atau yang paling penting; apa sih, yang dimaksud dengan novel kontemporer atau fiksi kontemporer itu?

Definisi Novel Kontemporer

Photo by George Milton on Pexels.com

Ada banyak perpedaan perspektif dalam memaknai pengertian novel kontemporer.

Akademisi dan ahli bahasa misalnya mendefinisikan novel kontemporer sebagai sebuah novel dengan dunia penulisannya setelah perang dunia ke 2. Hal ini termasuk setting-nya, tokohnya, jalan ceritanya dan juga konfliknya.

Tapi memutuskan satu novel kontemporer atau bukan juga tidak bisa dilakukan hanya dengan melihat setting-nya semata. Artinya tidak semua novel yang ditulis di atas tahun 1940-an (masa perang dunia ke 2) termasuk dalam sastra kontemporer.

Nah, untuk lebih mudah memahaminya, maka definisi novel kontemporer dapat disederhanakan lagi sebagai sebuah karya sastra yang bercerita sesuai dengan dunia pembaca yang sebenarnya. Artinya apa yang terjadi dalam novel adalah sesuatu yang sangat mungkin terjadi dalam dunia para pembaca juga.

Saya pribadi lebih senang memaknai novel komtemporer sebagai sebuah novel aktual, atau yang sezaman dengan pembaca. Isu yang diangkat, tema yang digunakan, setting juga karakter adalah sesuatu yang dekat dengan keseharian pembaca.

15 Ide Cerita Novel Kontemporer untuk Inspirasi Kamu Menulis

Berikut ini adalah 15 ide cerita kontemporer yang bisa kamu gunakan sebagai inspirasi untuk menulis novel jenis ini. Bagaimana pun juga, penulis kontemporer adalah penulis yang mampu menghadirkan isu-isu aktual dan relevan dengan kehidupan pembaca menjadi sebuah cerita yang menarik.

Nah, bisa jadi kamu adalah salah satu di antaranya.

Jadi, coba simak 15 ide cerita novel kontemporer berikut dan temukan yang paling cocok untuk kamu tuliska, ya.

Ide Cerita Novel Kontemporer #01

Photo by Mikhail Nilov on Pexels.com

Tulis sebuah cerita novel kontemporer tentang karakter utama yang tidak memiliki pekerjaan tetap lebih dari 2 tahun. Sementara ia memiliki beban hidup yang terus menuntut untuk dipenuhi; biaya sekolah untuk seorang gadis kecil berusia 9 tahun, seorang ibu yang sudah tidak mampu bekerja dan seorang isteri yang sedang hamil.

Lamaran terakhir yang diajukan sebagai asisten pribadi tiba-tiba mendapat respon. Tokoh utama kemudian diminta untuk wawancara, mengikuti serangkaian test kecakapan dan keterampilan.

Dan ia berhasil.

Lebih hebat lagi ketika karakter utama tahu bahwa ia ditawari gaji lebih dari 10 kali lipat gaji pekerjaan terakhirnya.

Sayangnya semua berubah ketika hari pertama ia bekerja, tokoh utama baru tahu jika ia telah menjadi asisten pribadi seorang mafia dan kartel narkoba.

Ide Cerita #02

Tulis sebuah novel fiksi kontemporer tentang tokoh utama cerita yang sedang mengantri di bank pada satu Senin pagi yang cukup sibuk. Ketika sedang mengantri, seorang lelaki setengah baya mendekatinya dan mereka bercakap-cakap dalam waktu dua atau tiga menit.

Lelaki setengah baya itu kemudian memberikan sesuatu kepada tokoh utama dan kembali ke dalam barisan antrian lagi. Tokoh utama keheranan sambil mengikuti rasa penasaranya untuk membuka pemberian pria setengah baya.

Pemberian itu ternyata ada sebuah pistol!

Semakin buruk lagi karena dari antrian, lelaki setengah baya itu telah menembakkan pistol dari tangannya sendiri ke arah langit-langit.

Itu adalah sebuah perampokan dan tokoh utama dijebak didalamnya!

Ide Cerita Novel Kontemporer #03

Photo by u0410u043bu0435u043au0441u0430u043du0434u0440 on Pexels.com

Tulis sebuah cerita kontemporer tentang sebuah penelitian mengenai obat yang mampu menyembuhkan kanker dengan sangat cepat.

Tokoh utama cerita ada dalam tim sebagai salah satu ilmuwan. Di sana ia tidak hanya terdorong karena profesi sebagai saintis, namun juga karena puteri semata wayangnya yang menderita kanker stadium 4 dan telah divonis tidak akan hidup lebih lama.

Bahan utama obat itu adalah sesuatu yang langka dan hanya bisa diperoleh di satu wilayah pedalaman yang sangat jauh lagi berbahaya. Beruntungnya riset itu nampaknya akan membuahkan hasil, obat anti kanker akah segera ditemukan.

Sayangnya, hari terakhir penelitian mengubah segalanya, karena kesalahan yang tidak disengaja, api membakar laboratorium dan memusnahkan apa pun yang ada di dalamnya!

Ide Cerita #04

Buat sebuah cerita dengan tokoh utama adalah seorang pekerjas shift malam yang terbiasa pulang di jam 03:00 atau jam 04:00 dini hari.

Tokoh utama sudah biasa menjalani hari-harinya dengan berjalan kaki di waktu menjelang subuh seperti itu. Tidak ada yang aneh, semua berjalan seperti biasa saja. Malam-malam di kota metropolitan tidak ada yang istimewa.

Suatu malam, tokoh utama menemukan kata ‘OPEN’ di atas pintu sebuah gedung yang selama ini sepi dan tidak pernah ia perhatikan. Remang cahaya menyeruak di baliknya juga memikat tokoh utama untuk masuk.

Dan keputusan itu ternyata mengubah hidup tokoh utama selamanya.

Ide Cerita #05

Photo by Jeffrey Czum on Pexels.com

Tulis tokoh utama ceritamu yang tiba-tiba merasa aneh dan penuh tanya ketika ia terbangun di sebuah tempat tidur yang sama sekali berbeda. Salah satu kaki tokoh utama terluka dan sudah diperban. Meskipun ia sakit, sudah jelas kamar tempat ia berada sekarang bukanlah sebuah rumah sakit.

Rasa penasaran mendorong tokoh utama untuk berjalan mendekati sebuah jendela kecil.

Di sana ia melihat bahwa ia sekarang berada di dalam sebuah menara yang tinggi dan hanya ada laut di sekelilingnya.

Ide Cerita Novel Kontemporer #06

Tokoh utama cerita adalah seorang kutu buku yang tidak begitu diperhatikan. Kehidupannya berjalan dengan membosankan. Walaupun prestasi akademisnya bagus, tokoh utama bukanlah jenis orang yang menyenangkan jika diajak bicara.

Di suatu hari, tokoh utama mendapatkan sebuah undangan lengkap dengan peta di atas tempat tidurnya. Tak ada yang tahu siapa yang mengirimkan undangan tersebut, tidak pula ada nama di atasnya.

Namun tokoh utama memutuskan untuk memenuhi undangan tersebut.

Tokoh utama cerita akan berubah pikiran jika saja ia tahu kalau itu adalah undangan dari salah satu sekte bawah tanah yang paling ditakuti di dunia!

Ide Cerita #07

novel kontemporer
Photo by Ron Lach on Pexels.com

Kehidupan tokoh utama cerita tidak pernah mudah.

Sejak kecil ia telah ditinggalkan oleh kedua orang tuanya yang membuatnya terpaksa keluar masuk panti asuhan. Ia juga pernah menjadi anak jalanan, mengamen, bahkan mengemis untuk makan.

Tetapi tokoh utama kemudian tumbuh mandiri, ia bekerja keras dan hidup dengan mapan.

Sampai di suatu pagi yang cerah, seorang perempuan tua berdiri di depan rumahnya dan mengaku sebagai ibunya.

Apakah ia harus membalas sakit hatinya pada perempuan yang telah meninggalkannya itu?

Ide Cerita Novel Kontemporer #08

Tulis sebuah cerita sastra komtemporer tentang tokoh utama cerita yang paling tidak berminat untuk mendaki gunung. Ketika diajak untuk hiking atau mendaki gunung seperti trend anak muda sekarang, tokoh utama selalu enggan.

Hingga suatu ketika sahabat karib tokoh utama dikabarkan menghilang dalam sebuah acara pendakian.

Tokoh utama yang tidak pernah mau mendaki sekarang ada di barisan terdepan. Bahkan ketika tim SAR mulai kewalahan dan memutuskan untuk menghentikan pencarian, tokoh utama bersikeras untuk melanjutkan pencariannya sendirian.

Keputusan itu ternyata menbawa ia pada sebuah kejadian yang tidak pernah terbayangkan sebelumnya.

Ide Cerita Novel Kontemporer #09

novel kontemporer
Photo by RODNAE Productions on Pexels.com

Buat sebuah cerita tentang karakter utama yang sedang berjalan seorang diri di sebuah jalan yang sunyi. Sedang asyik berjalan, satu buah apel tiba-tiba melayang di udara dan menghantam tepat di kepala karakter utama. Kaget dan marah tokoh utama kemudian mencari siapa pelakunya.

Tidak ada siapa-siapa di sana, tidak ada juga tempat bagi siapa pun juga untuk bersembunyi.

Merasa penasaran tokoh utama kemudian berjalan lagi di tempat yang sama keesokan harinya, dan hal yang sama terulang lagi.

Hari ketiga tokoh utama menyiapkan jebakan bersama dua orang temannya. Alangkah terkejutnya mereka ketika mereka mengetahui siapa sebenanya pelaku pelemparan tersebut.

Ide Cerita Novel Kontemporer #10

Dikarenakan terlalu percaya pada orang baru yang terlihat sangat baik, tokoh utama terjebak hutang ribuan dolar karena identitasnya digunakan untuk kejahatan. Lebih daripada itu, kekasih tokoh utama juga ketahuan berselingkuh pada saat yang sama. Kejamnya, hal itu dilakukannya pada teman dekat tokoh utama sendiri.

Tidak cukup sampai disana, tempat bekerja tokoh utama juga melakukan perampingan dan tokoh utama terpilih menjadi salah satu yang di-PHK.

Frustasi dengan semua yang dialaminya, tokoh utama memutuskan untuk pergi jauh dan menghilang. Tanpa ia duga, keputusan itu justru membawanya pada satu dunia yang tidak pernah ia bayangkan sebelumnya.

Ide Cerita Novel Kontemporer #11

novel kontemporer
Photo by Karolina Grabowska on Pexels.com

Tulis sebuah cerita tentang tokoh utama yang menjalani kehidupan sangat tertutup. Tokoh utama adalah anak seorang saudagar yang sombong, yang tidak membiarkan anak-anaknya bergaul dengan anak-anak lain di lingkungan mereka. Dalam pandangan sang saudagar kaya, ia dan keluarganya adalah makhluk terpuji yang tidak sama dengan orang-orang di sekitar mereka.

Buruknya hal itu tidak berlangsung lama. Pada suatu kejadian yang tidak direncanakan, si saudagar meninggal dunia.

Kematian ayah mereka mengubah hidup tokoh utama dengan drastis. Mau tidak mau, ia harus keluar dari kehidupannya yang serba tertutup dan eksklusif tersebut. Dan tokoh utama menyadari, betapa jauh mereka berbeda selama ini.

Ide Cerita Novel Kontemporer #12

Tokoh utama bersama dengan teman-teman kuliahnya sedang menjalani KKN (Kuliah Kerja Nyata) di sebuah desa yang sangat pelosok. Di sana semuanya sangat berbeda dengan kehidupan mereka di kota.

Dalam sebuah kesempatan, tokoh utama bersama dengan teman-temannya menemukan sebuah tempat misterius tidak jauh dari sumber air penduduk desa. Rasa penasaran menuntun beberapa orang untuk memeriksa dan menemukan satu buah peti tertutup berisi puluhan gulungan naskah tua entah dari mana.

Salah satu mahasiswa yang akrab dengan dunia arkeologi mencoba menterjemahkan beberapa tulisan dalam gulungan tersebut. Dan terjemahannya sama sekali tidak menyenangkan untuk didengar, itu adalah tentang kutukan dan kejadian yang mengerikan.

Ide Cerita Novel Kontemporer #13

novel kontemporer
Photo by Julia Volk on Pexels.com

Tokoh utama cerita adalah anak malang yang diadopsi dari salah satu panti asuhan yang sekarang sudah ditutup.

Dikarenakan diadopsi pada usia 4 atau 5 tahun, tokoh utama sama sekali tidak mengingat apa pun mengenai panti asuhan tersebut. Yang terbayang di benak mereka hanyalah rasa mencekam, takut dan sebuah tembang yang seolah diperdengarkan dengan paksa di telinganya.

Di usianya yang ke 20 tahun, keluarga yang mengadopsi tokoh utama cerita memutuskan untuk pindah ke sebuah kota kecil dan cukup jauh. Tokoh utama ikut serta dan melanjutkan sekolahnya di kota tersebut.

Tak ada yang berbeda, sampai suatu hari ia mendengar tembang dari masa kecilnya mengalun kembali dari salah satu ruang kelas di sekolahnya yang baru tersebut.

Ide Cerita Novel Kontemporer #14

Tulis sebuah cerita tentang tokoh utama dan teman-temannya yang begitu tertarik dengan ratusan lampion yang diterbangkan pada suatu malam tidak jauh dari tempat mereka sedang berkemah. Lampion-lampion itu seolah memanggil mereka untuk datang melihat lebih dekat.

Setelah memutuskan untuk melihat langsung sumber lampion, tokoh utama cerita dan teman-temannya benar-benar menyesal. Itu sama sekali berbeda dengan yang mereka bayangkan sebelumnya.

Buruknya lagi mereka tidak dapat kembali dengan mudah ke tempat mereka berkemah sebelumnya.

Entah mengapa semua jalan yang mereka coba untuk keluar dari tempat sumber ratusan lampion, selalu mengarahkan mereka untuk kembali ke tempat yang sama.

Ide Cerita Novel Kontemporer #15

novel kontemporer
Photo by Andre Moura on Pexels.com

Tulis sebuah cerita dengan tokoh utama cerita yang mengalami trauma, depresi hebat dan frustasi sangat dalam. Pemicu dari hal ini adalah kejadian buruk yang dialami oleh tokoh utama sekitar satu tahun sebelumnya.

Setelah mengalami trauma, tokoh utama mulai sering mendengar bisikan-bisikan aneh di telinganya. Bisikan aneh ini kadang memerintahkannya untuk melakukan tindakan-tindakan yang tidak logis, termasuk untuk membunuh orang lain.

Dalam satu buah sesi terapi, tokoh utama dipaksa untuk berjuang melawan dirinya sendiri.

Hal ini benar-benar berbeda karena pada waktu yang sama semua bisikan itu seolah berubah menjadi kenyataan.

BACA PULA;

Nah, itu adalah 15 ide contoh novel kontemprer yang bisa kamu gunakan sebagai inspirasi untuk menulis. Dengan berpikir seperti cara berpikir pembaca yang satu zaman denganmu yang menulis ceritanya, kamu dapat berlatih untuk membangun cerita kontemporer yang luar biasa.

Yang pasti apa pun jenis ceritanya, apakah ia kontemporer atau pun konvensional, jika kamu melatih diri untuk menuliskannya dengan disiplin, kamu pasti berhasil.

Jadi, selamat berlatih, ya

Serius ingin jadi penulis?

Ikuti kelasnya disini


Anton Sujarwo

Saya adalah seorang penulis buku, content writer, ghost writer, copywriters dan juga email marketer. Saya telah menulis 17 judul buku, fiksi dan non fiksi, dan ribuan artikel sejak pertengahan tahun 2018 hingga sekarang.

Dengan pengalaman yang saya miliki, Anda bisa mengajak saya untuk bekerjasama dan menghasilkan karya. Jangan ragu untuk menghubungi saya melalui email, form kontak atau  mendapatkan update tulisan saya dengan bergabung mengikuti blog ini bersama ribuan teman yang lainnya.

Tulisan saya yang lain dapat dibaca pula pada website;

Saya juga dapat dihubungi melalui whatsapp di tautan ini.

Fortopolio beberapa penulisan saya dapat dilihat disini:


Terimakasih atas waktu anda membaca artikel ini. Senang sekali jika Anda berkenan meninggalkan komentar atau pendapat Anda sendiri mengenai subyek dalam artikel ini. Terimakasih.

%d blogger menyukai ini: