7 Film Dengan Plot Twist Terbaik Sepanjang Masa

Dengan mudah kamu dapat menemukan referensi film plot twist terbaik sepanjang masa dalam pencarian di internet. Masalahnya adalah, tidak banyak dari hasil pencarian itu yang bisa menjadi rujukan bagi seorang penulis. Untuk menemukan plot twist yang sebenarnya, kamu harus menonton filmnya sampai habis.

Nah, dalam artikel kali ini Penulis Gunung akan menghadirkan 7 plot twist terbaik dalam film yang sekaligus bisa kamu jadikan referensi untuk menulis novelmu sendiri.

Jadi, baca sampai habis, ya.

Kamu punya kisah hidup menarik untuk dijadikan buku namun bingung cara menuliskannya?

Daftar Isi Artikel

7 Film Plot Twist Terbaik Sepanjang Masa untuk Inspirasi Menulis Novel atau Cerpen

Photo by Creation Hill on Pexels.com

Ada banyak film dengan plot twist tergila sepanjang industri film-film dunia. Jika kamu adalah seorang yang suka menonton film, kamu tentunya punya rekomendasi sendiri mengenai film dengan plot twist paling menarik tersebut.

Dari perfilman Hollywood, Bollywood, Korea, Jepang dan Thailand, ada banyak film yang bisa menjadi referensi bagus untuk mendapatkan inspirasi menulis cerita.

Sebagai penulis, sebelum melihat daftar plot twist di bawah ini, sebaiknya Penulis Gunung juga memgingatkan kamu kembali tentang apa itu plot twist dan mengapa plot twist itu penting dalam sebuah cerita.

Plot twist adalah pemelintiran cerita (dalam istilah Wikipedia). Akan tetapi saya lebih tertarik untuk menyebut plot twist sebagai alur manipulatif dalam cerita. Tujuan plot twist adalah untuk menarik perhatian pembaca, penonton atau pemirsa supaya tetap fokus pada jalan cerita.

Dalam buku, contoh plot twist terbaik yang bisa kamu dapatkan adalah dalam novel Merapi Barat Daya. Ini adalah salah satu novel kontemporer yang menghadirkan plot twist yang sangat menarik hampir sepanjang cerita.

Nah jika Merapi Barat Daya adalah novel dengan plot twist yang terbaik untuk inspirasi menulis, maka film memiliki lebih banyak lagi koleksinya.

Dan 7 judul berikut adalah di antaranya.

The Sixth Sense (1999)

film plot twist terbaik sepanjang masa
Photo Source: IMDb

Film pertama dengan plot twist yang menarik untuk kamu jadikan inspirasi menulis adalah The Sixth Sence dengan bintangnya Bruce Willis. The Sixth Sence ini termasuk film thriller plot twist yang masih paling rekomended hingga saat ini karena keunikannya.

Plot umum;

Malcom Crowe (Bruce Willis) yang berprofesi sebagai seorang psikolog anak menjadi rujukan bagi seorang anak yang sedang bermasalah. Anak laki-laki tersebut memiliki kemampuan melihat hantu orang-orang yang sudah mati dan juga bisa berkomunikasi dengan mereka.

Merasa terganggu dengan kemampuan menakutkan itu, si anak-anak laki menemui Malcom Crowe dan berusaha menemukan apa alasan sebenarnya dari kemampuan yang ia miliki tersebut.

Plot twist;

Sebenarnya Malcom Crowe sendiri adalah hantu, ia sudah mati beberapa tahun sebelumnya. Adegan pembuka film memberikan informasi ini kepada penonton.

Unbreakable (2000)

film plot twist terbaik sepanjang masa
Photo Source: Cinematerial

Film dengan plot twist terbaik kedua adalah ketika Bruce Willis berperan sebagai David Dunn seorang petugas kepolisian dalam Unbreakable. Dalam film ini, Bruce Willis beradu akting dengan Samuel L. Jackson yang berperan sebagai Elijah Price.

Plot umum;

David Dunn mulai mempercayai bahwa ia mungkin memiliki kekuatan super setelah ia berhasil selamat dari sebuah kecelakaan kereta yang menewaskan 130 penumpang. Tidak lama kemudian ia berjumpa dengan Elijah Price, seorang pedagang buku komik yang memiliki penyakit kelainan tulang.

Dalam cerita, Elijah adalah orang yang membantu David untuk mengenal kemampuannya untuk melihat kejahatan seseorang hanya dengan berjumpa, berkomunikasi dan bersalaman dengannya.

Plot twist;

Elijah Price sebenarnya adalah penjahat yang paling buruk dari semua penjahat yang pernah ditemui oleh David. Bahkan, ia juga adalah otak dibalik kecelakaan kereta yang membunuh 130 penumpang dimana David berhasil selamat di awal film.

The Usual Suspect (1995)

Film plot twist terbaik
Photo Source: IMDb

Walaupun bukan film dengan plot twist terbaru, namun plot twist dalam The Usual Suspect masih bertahan sebagai salah satu yang terbaik sepanjang masa. Ada banyak bintang Hollywood menarik dalam film ini seperti Benecio Del Toro, Gabriel Byrne dan juga Kevin Spacey.

Plot umum;

Dalam film ini Kevin Spacey yang berperan sebagai Verbal Kint mengungkapkan kronologi kriminalitas yang dilakukan oleh Keyzer Soze, seorang penjahat yang terkenal sangat kejam.

Bagaimana pun juga pada akhirnya Keyzer Soze terbebas dari segala tuduhan.

Plot twist;

Verbal Kint mengarang semuanya. Kenyataannya; Verbal Kint adalah Keyzer Soze itu sendiri.

The Wicker Man (1973)

film plot twist terbaik sepanjang masa
Photo Source: IMDb

Mayoritas film yang menggunakan plot twist memang adalah film dengan genre misteri, horror atau pun thriller.

Nah, salah satu film dengan plot twist yang layak untuk kamu pertimbangkan sebagai referensi menulis novel adalah The Wicker Man, sebuah film lawas yang masih menarik untuk disaksikan hingga sekarang.

Plot umum;

Seorang perwira polisi bernama Neil Howie mendatangi sebuah pulau terpencil dalam upaya penyelidikan seorang gadis yang menghilang.

Plot twist;

Sebenarnya gadis yang dicari oleh Sersan Neil Howie tidak pernah hilang, semua surat dan cerita adalah rekayasa. Ini adalah cara orang-orang di pulau terpencil itu untuk menarik orang asing datang ke pulau mereka untuk kemudian menjadi tumbal bagi pengorbanan pada Dewa Matahari yang mereka sembah.

The Others (2001)

film plot twist terbaik sepanjang masa
Photo Source: IMDb

Ini adalah film 20 tahun yang lalu namun tetap menjadi salah satu yang terbaik dalam hal plot twist. Dalam daftar 30 film dengan plot twist terbaik, The Others yang dibintangi oleh Nicole Kidman ini hampir selalu ada didalamnya.

Plot umum;

Grace Stewart, seorang ibu yang diperankan oleh Nicole Kidman, berusaha melindungi anak-anaknya dari gangguan hantu pemilik rumah yang mereka tinggali di Norwegia.

Plot twist;

Dalam jalan cerita yang sesungguhnya, justru Grace dan kedua anaknya adalah hantu.

Beberapa tahun lalu ia membunuh dirinya sendiri setelah sebelumnya menembakkan senapan kepada kedua anaknya. Hal ini Grace lakukan karena rasa putus asa yang mendalam menantikan suaminya pulang dari perang dunia ke-2.

Arrival (2016)

film plot twist terbaik sepanjang masa
Photo Source: BBC

Berbeda dengan film-film dengan plot twist terbaik lainnya. Arrival bukanlah film horor atau misteri. Ini adalah film fiksi ilmiah yang berceita tentang teknologi, aliens dan luar angkasa. Hingga sekarang, Arrival adalah film plot twist terbaik netflix yang masih mendapat rating cukup tinggi.

Plot umum;

Seorang profesor ahli bahasa yang bernama Dr. Louise Bank (diperankan oleh Amy Adams) dipanggil untuk membantu menterjemahkan apa yang sebenarnya diinginkan oleh makhluk luar angkasa yang datang ke bumi.

Dr. Louise mendapatkan semacam penglihatan dari puterinya yang meninggal akibat kanker pada usia remaja, dan penglihatan ini pula yang membantu Louise untuk berkomunikasi dengan pemilik pesawat luar angkasa dan mencari tahu tujuan kedatangan mereka.

Plot twist;

Apa yang dianggap sebagai sebuah flashback masa lalu dimana Dr. Louise memiliki anak yang meninggal di usia remaja, sebenarnya adalah masa depan. Puteri Dr. Louise sendiri belum lahir.

The Fight Club (1999)

film plot twist terbaik sepanjang masa
Photo Source: Arthipo

Film terakhir dengan plot twist terbaik sepanjang masa adalah The Fight Club yang dengan bintangnya Brad Pitt, Edward Norton dan Jared Leto. Banyak referensi yang menempatkan The Fight Club sebagai daftar teratas dalam film plot twist terbaik 2020 atau pun 2021.

Namun, seberapa menarik plot twist dalam film tersebut?

Plot umum;

Narator dalam film ini adalah Edward Norton yang berperan sebagai seorang penderita insomnia lantaran stress dengan tuntutan pekerjaannya.

Di suatu kesempatan ia berjumpa dengan Tyler Durden yang diperankan oleh Brad Pitt. Bersama dengan Durden, Norton kemudian bersepakat untuk membentuk Fight Club, sebuah klub bertarung dimana orang-orang bisa berkelahi dengan bebas.

Plot twist;

Narator (Edward Norton) selalu digambarkan sebagai orang yang berbeda dengan Tyler Dun, padahal sesungguhnya mereka adalah orang yang sama.

BACA JUGA:

Kesimpulan

Nah, itu adalah 7 film plot twist terbaik sepanjang masa yang bisa kamu tonton dan dijadikan sebagai inspirasi menulis novel.

Menulis plot twist dalam novel atau cerpen membutuhkan banyak referensi dan cara pandang yang unik. Beberapa penulis menggunakan berbagai macam cara untuk mendapatkan inspirasi mereka. Dan menonton film yang tepat adalah salah satunya.

Jadi, selamat menonton, ya.


Tingkatkan skill menulismu

Yuk, gabung di Kelas Menulis Online Penulis Gunung dan keterampilan menulismu akan naik satu level


Anton Sujarwo

Saya adalah seorang penulis buku, content writer, ghost writer, copywriters dan juga email marketer. Saya telah menulis 17 judul buku, fiksi dan non fiksi, dan ribuan artikel sejak pertengahan tahun 2018 hingga sekarang.

Dengan pengalaman yang saya miliki, Anda bisa mengajak saya untuk bekerjasama dan menghasilkan karya. Jangan ragu untuk menghubungi saya melalui email, form kontak atau  mendapatkan update tulisan saya dengan bergabung mengikuti blog ini bersama ribuan teman yang lainnya.

Tulisan saya yang lain dapat dibaca pula pada website;

Saya juga dapat dihubungi melalui whatsapp di tautan ini.

Fortopolio beberapa penulisan saya dapat dilihat disini:

Related Posts

2 thoughts on “7 Film Dengan Plot Twist Terbaik Sepanjang Masa

Comments are closed.

%d blogger menyukai ini: