SALAH SATU CONTOH DARI BUKU NONFIKSI ADALAH MEMOAR, INI KEISTIMEWAANNYA

Jika menyebut salah satu contoh buku non fiksi adalah memoar, beberapa orang yang masih awam dengan dunia penulisan mungkin akan bertanya-tanya; buku apa ini sebenaranya? Namun sebagai seorang penulis, seharusnya kamu tahu ini adalah salah satu jenis buku dengan banyak sekali keistimewaan.

Nah, apa sebenarnya yang dimaksud dengan memoar? Mengapa jenis buku nonfiksi satu ini dianggap istimewa?

Yuk, simak penjelasannya selengkapnya berikut ini.

KAMU PUNYA KISAH HIDUP MENARIK UNTUK DIJADIKAN BUKU NAMUN BINGUNG CARA MENULISKANNYA?

Keistimewaan Memoar Sebagai Salah Satu Contoh Dari Buku Nonfiksi Paling Menarik

Photo by Oziel Gu00f3mez on Pexels.com

Buku memoar menjadi menarik bagi siapa pun yang tertarik untuk menulis. Buku jenis ini juga menjadi buku nonfiksi yang paling mungkin untuk bisa ditulis oleh semua orang, apa pun latar belakang mereka.

Jika buku-buku nonfiksi yang lain membutuhkan keterampilan dan pengetahuan yang cukup untuk dituliskan, memoar tidak demikian. Sebagai sebuah buku catatan pribadi, memoar benar-benar buku yang dimaksudkan untuk mengabadikan satu peristiwa dalam kehidupan seseorang.

Nah, untuk alasan itulah semua orang pasti bisa menulisnya.

Bukankah semua orang memiliki kisah hidup yang unik?

Memoar adalah buku nonfiksi dibuat berdasarkan pengalaman hidup yang dimiliki oleh seseorang yang dikunci pada satu momen tertentu saja. Berbeda dengan autobiografi yang lebih komprehensif dan kronologis, memoar dapat kamu tulis dengan lebih bebas.

Menariknya lagi, dalam Kelas Menulis Online Penulis Gunung ID, hampir 90% peserta kelas memilih memoar sebagai jenis penulisan yang akan mereka pelajari. Ini semakin memperkuat alasan bahwa memoar memang satu jenis buku nonfiksi yang paling populer untuk dituliskan.

Jadi, apa itu memoar?

Pengertian Memoar Sebagai Buku Nonfiksi

Photo by JESHOOTS.com on Pexels.com

Memoar adalah satu karya nonfiksi yang dituliskan oleh seseorang tentang bagian penting dalam kehidupan dirinya sendiri.

Berdasarkan definisi ini ada dua hal pokok yang menjadi ciri khas memoar, yakni;

  1. Ditulis oleh pelakunya sendiri
  2. Hanya menceritakan bagian tertentu dalam kehidupan penulisnya.

Nah, ini juga yang menjadikan memoar berbeda dengah autobiografi meskipun dua jenis buku nonfiksi ini sama-sama ditulis oleh pelakunya sendiri.

Jika autobiografi secara umum menggambarkan kehidupan yang lebih lengkap dari penulis, maka memoar hanya akan berfokus pada satu fase tertentu saja dari kehidupan penulis.

Dalam istilah yang lain, kadang-kadang di kelas menulis saya juga menggunakan kata ‘Catatan’ untuk memoar karena ia adalah satu catatan penting dari perjalanan hidup orang yang menuliskannya.

Berbagai Keistimewaan Memoar

Photo by John Diez on Pexels.com

Jika salah satu contoh dari buku fiksi adalah novel yang paling populer, maka memoar adalah persamaanya untuk karya nonfiksi.

Dalam karya fiksi, novel memiliki tempat yang istimewa dengan berbagai alasan.

Genre dalam penulisan novel sendiri sangat banyak. Kamu yang tertarik menulis fiksi tentu akan merujuk novel sebagai salah satu karya yang akan kamu tuliskan, bukan?

Memoar sebagai satu karya nonfiksi yang paling populer juga memiliki banyak keistimewaan seperti halnya novel dalam karya fiksi. Beberapa hal yang istimewa dari memoar misalnya adalah sebagai berikut;

  • Semua Orang Pasti Bisa Menulisnya
  • Memoar bisa Menjadi Cara untuk Berdamai dengan Masa Lalu
  • Menulis Memoar itu Mudah
  • Memoar adalah Warisan
  • Ada Kelas Menulis Memoar yang Istimewa

Sekarang mari simak penjelasannya satu-persatu

Semua Orang Pasti Bisa Menulis Memoar

Photo by Todoran Bogdan on Pexels.com

Keistimewaan pertama dari memoar adalah; ini adalah jenis karya nonfiksi yang bisa ditulis oleh siapa pun dengan latar belakang apa pun.

  • Dari pejabat, pedagang, pengusaha, karyawan, petani, buruh, atau apa pun saja profesinya, seseorang bisa menulis memoar.
  • Orang yang dikaruniai kesempatan mengeyam pendidikan tinggi hingga orang yang mungkin hanya tamat Sekolah Dasar atau bahkan tidak bersekolah sekali pun (selama ia bisa membaca dan menulis), dapat menulis memoar.

Intinya adalah siapa saja bisa menulis memoar.

Mengapa bisa demikian?

Ini karena memoar adalah menceritakan pengalaman paling menarik dari kehidupan seseorang. Semua manusia tentunya memiliki saat-saat paling berkesan dalam hidup mereka. Dan itu adalah hal yang mereka butuhkan untuk menulis memoar.

Inilah yang kemudian membuat jenis buku nonfiksi memoar bisa ditulis oleh setiap orang karena setiap orang punya kenangan paling berkesan dalam hidup mereka.

Fokus memoar adalah menceritakan kenangan tersebut dan membagikannya pada pembaca.

Memoar Dapat Menjadi Obat Berdamai dengan Masa Lalu

Photo by Anete Lusina on Pexels.com

Beberapa orang yang memilih untuk menulis memoar memiliki masa lalu yang sulit untuk mereka ceritakan. Masa lalu seperti ini kadang-kadang menghantui sepanjang hidup mereka, memberikan mereka trauma besar yang tidak mudah dilewati.

Dan menulis memoar bisa membantu mengatasinya.

Ketika seseorang memutuskan untuk menulis memoar, menceritakan kembali apa yang telah ia alami dalam sebuah tulisan, jika itu adalah kenangan yang membuat trauma, maka ia selangkah lagi akan sembuh darinya.

Menulis memoar akan memberikan kesempatan bagi seseorang untuk menelaah kembali pengalamannya, menganalisanya, melihat dari sudut pandang yang berbeda, menemukan hikmahnya dan mungkin akan mensyukurinya pula.

Itulah mengapa menulis memoar adalah sebuah terapi yang bisa ditempuh oleh siapa saja yang ingin berdamai dengan masa lalu sulit yang pernah dialaminya.

Menulis Memoar itu Mudah

Photo by Thirdman on Pexels.com

Saya dapat membuktikan bahwa menulis memoar itu mudah.

Dalam Kelas Menulis Online Penulis Gunung ID, saya secara khusus mendesain kelas untuk menulis kisah hidup dan pengalaman pribadi menjadi buku memoar atau autobiografi. Kelas ini dilengkapi dengan buku panduan, video tutorial hingga bimbingan live online.

Ketika seseorang diminta untuk menuliskan bagian paling berkesan dalam kehidupan mereka, mereka melakukannya dengan cepat dan mudah. Itulah adalah starting yang menarik dan selalu saya temui untuk tiap peserta kelas menulis.

Orang-orang yang diminta untuk mengingat salah satu bagian penting dari perjalanan hidupnya akan mampu menceritakannya dengan mudah dan lancar. Bahkan hingga detail dan kesan paling menariknya sekali pun.

Oleh sebab itulah memoar sangat mudah untuk dituliskan. Hanya teknisnya saja yang meminta kamu untuk sedikit menyesuaikan diri.

Memoar adalah Warisan

Photo by Leah Kelley on Pexels.com

Menulis memoar kemudian menjadikannya buku adalah salah satu warisan yang sangat berarti.

Kamu bisa meninggalkan rumah untuk keturunanmu, meninggalkan tanah, sawah, ladang, kendaraan dan lain sebagainya. Namun coba renungkan saat ini jika kamu sudah tidak ada lagi di dunia ini nanti;

  • Bagaimana anak keturunanmu bisa kenal dengan dirimu?
  • Apa yang anak cucumu ketahui tentang momen paling berharga dalam hidupmu?
  • Apakah harta peninggalanmu itu mampu menjadi monumen orang-orang yang kamu sayangi untuk meneladani perjalanan hidupmu?

Satu-satunya yang paling mudah dan mungkin untuk kamu lakukan adalah dengan menulisnya dalam buku.

Buku dalam bentuk memoar, autobiografi dan lain sebagainya, tidak saja akan mengantarkanmu pada karya yang penuh arti. Tetapi juga bisa menjadi media orang lain untuk mengenalmu secara lebih utuh dari persepsi dirimu sendiri.

Menulis memoar bisa membantumu untuk hal itu.

Ada Kelas Menulis Memoar yang Istimewa

Jika kamu merasa perjalanan hidupmu penting dan ada momen berharga dalam hidupnya yang ingin kamu bagikan pada orang lain, maka kamu harus menulis memoar. Jika kamu bingung bagaimana cara melakukannya, Kelas Menulis Online Penulis Gunung ID akan membantumu.

Dalam kelas ini saya membimbing banyak orang untuk bisa menuliskan kisah hidup mereka. Mengajak mereka untuk kembali merayapi masa lalu yang pernah mereka lewati kemudian menguraikannya dalam bahasa yang menarik dan mudah dimengerti.

Prosesnya sangat gampang, bahkan jika kamu disiplin dan konsiten, saya berani menjamin 3 bulan kamu akan berhasil memiliki buku memoarmu sendiri.

Profil kelas menulis ini sendiri dapat kamu lihat melalui tautan dibawah artikel ini.

BACA JUGA:

Jangan punah!

Tinggalkan pemikiran dan kisah hidupmu dalam memoar sekarang

Anton Sujarwo

Saya adalah seorang penulis buku, content writer, ghost writer, copywriters dan juga email marketer. Saya telah menulis 17 judul buku, fiksi dan non fiksi, dan ribuan artikel sejak pertengahan tahun 2018 hingga sekarang.

Dengan pengalaman yang saya miliki, Anda bisa mengajak saya untuk bekerjasama dan menghasilkan karya. Jangan ragu untuk menghubungi saya melalui email, form kontak atau  mendapatkan update tulisan saya dengan bergabung mengikuti blog ini bersama ribuan teman yang lainnya.

Tulisan saya yang lain dapat dibaca pula pada website;

Saya juga dapat dihubungi melalui whatsapp di tautan ini.

Fortopolio beberapa penulisan saya dapat dilihat disini:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: