BEGINI CARA MEMBUAT SCRIPT YOUTUBE YANG BAGUS DALAM 6 LANGKAH

Jika kamu adalah seorang konten kreator di YouTube, kamu tentunya harus mengerti cara membuat script YouTube yang menarik penonton. Script video YouTube adalah cetak biru konten yang akan kamu produksi nantinya, jadi pastikan kamu membuatnya sebaik mungkin.

Nah, bagaimana sebenarnya cara yang paling mudah dan efektif membuat script video untuk YouTube?

Yuk, simak pembahasan selengkapnya berikut ini.

CHANNEL YOUTUBE-MU BUTUH PENULIS SCRIPT YANG HANDAL?

6 Langkah Cara Membuat Script YouTube yang Menarik

Photo by cottonbro on Pexels.com

YouTube adalah platform yang kompetitif. Orang-orang senang mencari dan mengklik dengan cepat disana. Jika konten yang kamu sajikan tidak menarik hati mereka, mereka akan dengan cepat pergi dari videomu dan kembali berselancar hingga ada sesuatu yang membuat mereka betah menonton.

Untuk menghasilkan satu konten video yang menarik, tepat sasaran, dan efektif, seorang YouTuber membutuhkan konsep. Konsep itulah yang kemudian disebut dengan script.

Script membantu seorang konten kreator video YouTube untuk tetap berfokus pada tujuan pembuatan video. Script juga membantu kamu untuk tetap efisien menggunakan waktu. Di waktu yang sama script juga bisa memnjadi guide line ketika kamu misalnya harus mengulang satu bagian yang keliru.

Pendek kata, script video untuk YouTube sangat penting bagi seorang YouTuber.

Sekarang pertanyaannya, bagaimana membuat script yang bagus untuk YouTube? Atau adakah contoh script konten YouTube yang bisa kamu tiru dengan mudah?

Nah, pertanyaan tersebut akan dijawab dalam 6 langkah cara membuat script konten untuk YouTube di bawah ini.

Identifikasi dan Pastikan Kembali Topik Video

Photo by Karolina Grabowska on Pexels.com

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan mengidentifikasi topik pembahasan apa yang akan kamu sampaikan dalam konten videomu?

Hal yang paling penting dalam langkah yang pertama ini adalah memastikan bahwa video yang kamu buat ini memiliki manfaat bagi orang lain yang menontonnya. Entah apakah itu menginformasikan, memandu, atau pun hanya sekedar menghibur.

Ada banyak ide konten yang bisa kamu publikasikan di YouTube dan mendapatkan penonton. Kamu dapat melakukan brainstorming ide-ide untuk mendapatkan gagasan yang mungkin paling tepat kamu gunakan. Setelah diperoleh beberapa ide yang paling pas, kamu bisa memilih salah satu yang paling tepat untuk kamu olah scriptnya kemudian.

Setelah kamu menemukan ide yang paling tepat, kamu bisa berfokus disana dan mengesampingkan ide-ide yang lain.

Gali ide pilihan itu lebih dalam dengan misalnya mengajukan beberapa pertanyaan berikut;

  • Apa saja permasalahan dan kesalahpahaman yang terjadi pada topik tersebut?
  • Apakah orang-orang mengalami kerugian, rasa sakit, atau penderitaan dalam topik tersebut?
  • Apakah kamu memiliki solusinya?
  • Apa yang sebenarnya ingin kamu sampaikan terkait topik tersebut?
  • Dan lain sebagainya.

Ketika kamu sudah mendapatkan hal ini dalam bentuk coret-coretan sementara, maka langkah selanjutnya adalah menyusun dalam sebuah script yang siap untuk dieksekusi.

Rebut Perhatian Penonton dalam 15 Detik Pertama

Photo by Andrea Piacquadio on Pexels.com

Hampir semua YouTuber tahu bahwa mengambil perhatian penonton secepat mungkin adalah hal penting dalam membuat konten di YouTube. Sayangnya, hanya sedikit orang yang tahu bagaimana cara melakukannya dengan baik.

Menariknya dari permasalahan ini, ada banyak contoh script vlog YouTube yang bisa kamu pelajari sebagai referensi untuk mempelajarinya.

Bagian paling krusial dan paling penting dari sebuah video YouTube adalah di 15 detik yang pertama. Ini adalah waktu yang paling menentukan berdasarkan mekanisme kerja YouTube. Jika dalam waktu 15 detik yang pertama video yang kamu buat tidak menarik perhatian pemirsa, maka dengan segera mereka akan mencari video yang lebih sesuai dengan mereka.

Nah, bagaimana cara merebut perhatian penonton dalam 15 detik yang pertama?

Cara paling cerdas dan paling umum untuk menarik perhatian penonton di YouTube adalah dengan mengajukan pertanyaan atau pernyataan yang mengejutkan penonton. Pertanyaan atau pernyataan itu sendiri dirancang secara khusus untuk menarik perhatian mereka.

Sampaikan Solusi Masalahnya dan Bangun Ikatan Emosional

Photo by Liza Summer on Pexels.com

Setelah mengajukan pertanyaan atau pernyataan tersebut, pastikan pula kamu menyampaikan sesuatu yang menjadi jawabannya. Jika kamu memulai videomu dengan mengeksplorasi rasa sakit atau kebutuhan penonton, maka kamu juag harus mengatakan kalau kamu memiliki obat penawarnya.

Namun sebelum kamu menguraikan solusi yang kamu miliki dengan lebih lengkap, kamu sebaiknya membangun ikatan emosional dengan penontonmu. Buat mereka merasa bahwa apa yang kamu tawarkan dekat dengan mereka.

Jika konten yang kamu buat adalah tentang satu kesulitan atau rasa sakit yang dialami oleh penonton, maka tidak ada salahnya jika kamu menyampaikan pula bahwa rasa sakit tersebut pernah kamu alami pula.

Hal ini secara tidak langsung akan membangun ikatan emosional bagi penonton bahwa kamu sebagai kreator video yang mereka tonton, juga pernah mengalami apa yang mereka sedang alami.

Pada banyak contoh script video di YouTube, kamu juga dapat mengeksplorasi sisi emosional ini dengan menyampaikan berbagai narasi yang lain seperti;

  • Betapa pentingnya penonton untuk bisa menyelesaikan masalah yang mereka hadapi?
  • Apa saja konsekuensi yang akan dihadapi jika problem yang dialami penonton tetap dibiarkan?
  • Apa risiko terbesar yang menanti penonton jika mereka tidak segera bertindak?
  • Dan lain-lain.

Berikan Solusi yang Kamu Miliki dengan Ringkas, Jelas dan Masuk Akal

Photo by Andrea Piacquadio on Pexels.com

Ini adalah waktunya bagi kamu untuk menyampaikan solusi yang kamu miliki.

Setelah memperkenalkan masalah dan mengajak pemirsa untuk berimajinasi tentang risiko dan konsekuensi mengenai masalah yang kamu punya jalan keluarnya, sekarang adalah waktu menunjukkan jalan keluar tersebut.

Pastikan solusi yang kamu miliki tersebut dijelaskan dengan ringkas dan mudah untuk dimengerti. Lebih menarik lagi jika kamu mampu memberikan gambaran bahwa solusi yang kamu miliki tersebut teruji valid dan bisa dipercaya. Bukti, testimoni, statistik dan contoh kasus akan sangat membantu dalam hal ini.

Contohnya begini;

Jika dalam video di Channel Penulis Gunung Id saya mengatakan bahwa saya memiliki solusi untuk orang-orang yang ingin menulis kisah hidup mereka namun bingung cara melakukannya, maka saya harus menjelaskan mengapa solusi yang saya miliki tersebut valid.

Saya bisa menunjukkan jumlah peserta Kelas Menulis Online Penulis Gunung ID yang sudah berhasil, apa saja testimoni mereka tentang kelas saya, apa saja portofolio yang saya miliki, dan lain sebagainya.

Sebagai contoh membuat script video YouTube yang baik, solusi yang kamu miliki haruslah sangat logis dan bisa dipercaya.

Dan kamu harus menunjukkan itu pada penonton videomu di YouTube.

Gunakan Bahasa untuk Bercakap-cakap, bukan Pidato

Photo by Alexandr Podvalny on Pexels.com

Langkah yang kelima untuk membuat script video YouTube yang menarik adalah dengan menganggap bahwa kamu sedang bercakap-cakap dengan lawan bicara secara langsung. Orang per orang, alih-alih berbicara dengan banyak orang seperti sebuah pidato.

Jadi, tuliskan script video untuk konten YouTube dengan bahasa yang mudah dimengerti. Gunakan bahasa sehari-hari yang sederhana dan anggap kamu sedang berhadapan dengan seseorang. Ia ada di seberang mejamu dan sedang mendengarkan kamu berbicara, pikirkan apa yang ingin ia dengarkan, kemudian berkonsentrasilah kesitu.

Baik contoh script YouTube atau contoh script vlog, membangun komunikasi dengan penonton adalah sesuatu yang penting.

Dan cara paling efektif untuk membangun komunikasi yang kuat dengan penonton adalah menganggap bahwa kamu sedang bercakap-cakap dengan mereka secara langsung.

Jadi, coba bayangkan hal itu ketika kamu sedang menuliskan script-nya.

Jangan Lupa Memberi Jeda

Photo by Karolina Grabowska on Pexels.com

Baik kamu melihat contoh script video pendek atau pun dengan durasi yang lebih panjang, perhatikan bahwa akan selalu ada pola interupsi untuk memastikan suasana video menjadi lebih hidup dan tidak membosankan.

Jika ini adalah video vlog dimana kamu berbicara secara langsung kepada penonton, kamu dapat membuat jeda dengan berbagai cara.

Kamu bisa mengubah intonasi suara saat berbicara, berjalan maju atau mundur, atau apa saja yang memberikan efek perubahan bagi perhatian penonton.

Jeda sangat penting supaya video yang kamu hasilkan tidak monoton dan membosankan. Kamu dapat berkreasi atau berimprovisasi untuk memastikan bahwa komunikasi yang terbangun antara kamu dan penonton tetap santai namun selalu komunkatif.

BACA JUGA:

Nah, itu adalah 6 langkah cara membuat script YouTube yang bisa kamu praktikkan dengan mudah.

Dengan membiasakan penggunaan script yang tepat bagi channel YouTube yang kamu miliki, peluang untuk menjangkau penonton yang banyak menjadi lebih terbuka lebar. Di samping itu, tujuan apa pun yang menjadi goal-mu dalam membuat video, akan lebih mudah untuk dicapai.

Jadi, selamat menulis script untuk konten YouTube-mu, ya.

Butuh penulis?

Untuk membuat script channel YouTube-mu?

Anton Sujarwo

Saya adalah seorang penulis buku, content writer, ghost writer, copywriters dan juga email marketer. Saya telah menulis 17 judul buku, fiksi dan non fiksi, dan ribuan artikel sejak pertengahan tahun 2018 hingga sekarang.

Dengan pengalaman yang saya miliki, Anda bisa mengajak saya untuk bekerjasama dan menghasilkan karya. Jangan ragu untuk menghubungi saya melalui email, form kontak atau  mendapatkan update tulisan saya dengan bergabung mengikuti blog ini bersama ribuan teman yang lainnya.

Tulisan saya yang lain dapat dibaca pula pada website;

Saya juga dapat dihubungi melalui whatsapp di tautan ini.

Fortopolio beberapa penulisan saya dapat dilihat disini:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: