APA ITU CERITA FIKSI ILMIAH; PENGERTIAN, JENIS DAN CONTOHNYA

Di samping fiksi sejarah, genre fiksi ilmiah adalah yang juga paling dekat dengan kehidupan manusia. Jika fiksi sejarah ditulis untuk peristiwa masa lalu yang sudah terjadi, maka fiksi ilmiah sebaliknya. Fiksi ilmiah adalah cerita fiksi masa depan yang dilihat secara khusus dari sudut pandang ilmu pengetahuan.

Lalu, apa itu cerita fiksi ilmiah sebenarnya?

Nah dalam artikel kali ini, Penulis Gunung akan mengajak kamu untuk membahasnya secara lengkap. Jadi, pastikan kamu membacanya sampai selesai, ya.

KAMU PUNYA KISAH HIDUP MENARIK UNTUK DIJADIKAN BUKU NAMUN BINGUNG CARA MENULISKANNYA?

Pengertian Apa Itu Cerita Fiksi Ilmiah

Photo by Pixabay on Pexels.com

Cerita fiksi ilmiah adalah satu genre penulisan cerita fiksi spekulatif yang berisi unsur-unsur imajiner dan mungkin tidak eksis di dunia nyata. Cerita fiksi ilmiah dalam bahasa Inggris disebut sebagai science fiction dan pada umumnya tidak jauh dari dunia ilmu pengetahuan.

Pada banyak cerita fiksi ilmiah, ciri-ciri yang paling umum sekaligus juga menjadi tema yang paling banyak diangkat adalah tentang petualang waktu, konsekuensi ilmu teknologi, ruang angkasa dan setting masa depan.

Pada banyak kasus, fiksi ilmiah kadang bergandengan pula dengan jenis novel lainnya seperti distopia dan utopia. Biasanya tema ini mengangkat kemajuan teknologi masa depan sekaligus juga konsekuensinya yang mengerikan.

Jenis Cerita Fiksi Ilmiah

Jika dilihat dari ciri-ciri fiksi ilmiah yang paling banyak dijadikan sebagai tema penulisan novel, setidaknya ada dua kategori besar jenis cerita fiksi ilmiah yang dapat dibedakan, yaitu;

Fiksi Ilmiah Epik (Hard Sci-fi Novel)

Photo by Pixabay on Pexels.com

Jenis yang pertama adalah hard sci-fi novel yang lebih mudah untuk diterjemahkan sebagai cerita fiksi ilmiah epik.

Jenis cerita fiksi ilmiah epik didasarkan pada fakta-fakta ilmiah yang memang sudah teruji.

Pada umumnya jenis cerita fantasi ilmiah epik ini terinspirasi dari berbagai cabang ilmu pengetahuan yang populer seperi fisika, kimia, astronomi, geologi dan lain sebagainya.

Fiksi Ilmiah Sosial (Soft Sci-fi Novel)

Jenis ini tidak terinspirasi dari ilmu pengetahuan pasti dan kaku seperti fisika, kimia, astronomi dan mate matika. Sebaliknya, jenis cerita fiksi ilmiah sosial lebih banyak terinspirasi dari beberapa ilmu pengetahuan yang lebih lunak seperti antropologi, sosiologi, demografi, dan psikologi.

Baik fiksi ilmiah epik mau pun fiksi ilmiah sosial mungkin saja memiliki istilah yang berbeda di beberapa tempat. Akan tetapi secara garis besar, dua kategori inilah yang paling umum digunakan untuk membedakan jenis novel fiksi ilmiah.

Sub Genre Paling Umum yang Berhubungan dengan Fiksi Ilmiah

Photo by Pixabay on Pexels.com

Sebagai sebuah genre penulisan fiksi yang terkait erat dengan ilmu pengetahuan, cerita fiksi ilmiah juga menyebar luas dalam banyak sub genre penulisan lainnya.

Beberapa sub genre yang paling umum bersanding dengan fiksi ilmiah misalnya adalah;

  1. Fiksi Fantasi – Fiksi ilmiah yang seringkali diilhami dari mitologi, cerita rakyat dan juga dunia sihir.
  2. Fiksi Supranatural – Fiksi ilmiah yang berhubungan erat dengan pengetahuan rahasia, misteri, sihir, spiritualisme dan kemampuan psikis.
  3. Fiksi Utopia – Fiksi ilmiah yang berkaitan erat dengan pandangan penulis tentang masyarakat yang sempurna atau peradaban yang ideal, yang seringkali berisi satir.
  4. Fiksi Distopia – Fiksi ilmiah yang merupakan lawan dari fiksi utopia. Bercerita tentang satu peradaban yang penuh masalah, tidak ideal, dan dipenuhi kehancuran. (segala sesuatu tentang penulisan novel distopia bisa kamu lihat disini)
  5. Roman Luang Angkasa – Fiksi ilmiah yang berkisah tentang romansa, konflik dan petulangan dengan setting luar angkasa. Jika kamu menulis di platform seperti wattpad, fiksi ilmiah roman ini bisa menjadi pilihan untuk kamu coba.
  6. Space Western – Fiksi ilmiah yang mengkombinasikan culture genre barat.
  7. Cyberpunk – Fiksi ilmiah yang menyandingkan antara teknologi canggih dengan masyarakat yang kurang maju dan cenderung rusak.
  8. Steampunk – Fiksi ilmiah yang memadukan teknologi dengan tenaga mekanis dari uap.

Beberapa Unsur Klasik Cerita Fiksi Ilmiah

Photo by Pixabay on Pexels.com

Sebagai satu jenis karya sastra yang dekat dengan ilmu pengetahuan, fiksi ilmiah populer pula dengan sebutan sebagai ‘sastra gagasan atau sastra ide’. Maksudnya adalah; bahwa melalui cerita fiksi ilmiah, berbagai gagasan yang berhubungan erat dengan ilmu pengetahuan dapat diangkat oleh penulis dan dikomunikasikan ke masyarakat.

Kamu tentu pernah mendengar contoh cerita fiksi sains sebelumnya, bukan?

Nah ide yang diangkat dalam fiksi ilmiah ini biasanya sangat kompleks dan rumit.

Ketika yang diangkat adalah fiksi ilmiah tipe sosial yang berhubungan erat dengan dunia sosiologi, antropologi, dan lain sebagainya, maka konsepnya bisa menjadi lebih ramai dan complicated lagi.

Namun demikian, unsur-unsur klasik yang paling sering ada dalam dunia penulisan fiksi ilmiah adalah sebagai berikut;

  • Time Travel (penjelajahan waktu)
  • Teleportasi
  • Telepati, Telekinesis dan Pengendali Pikiran
  • Mutan, Alien dan Makhluk Luar Angkasa
  • Perang Planet
  • Paralel Alam Semesta
  • Dunia Khayalan
  • Sejarah Alternatif
  • Teknologi Spekulatif
  • Artificial Intellegence dan Komputer

Beberapa Contoh Novel Fiksi Ilmiah yang Populer di Dunia

Sumber gambar: Liputan 6

Ada banyak karya contoh cerita fiksi ilmiah yang dapat kamu temukan dengan mudah, baik dalam bentuk buku mau pun film.

Beberapa contoh yang cukup populer misalnya adalah sebagai berikut;

  1. 1984 yang ditulis oleh George Orwell diterbitkan tahun 1949. Novel fiksi ilmiah ini berkisah tentang satu masyarakat distopia masa depan yang menunjukkan bagaimana kekuasaan dan campur tangan pemerintah telah menguasai kehidupan sehari-hari masyarakat.
  2. 20.000 Leagues Under the Sea yang ditulis oleh Jules Verne, terbit tahun 1870. Novel fiksi ilmiah ini bercerita tentang dua hal yang masih sangat jauh pada tahun ia diterbitkan yakni; eksplorasi dunia bawah laut dan kapal selam berteknologi canggih.
  3. The Man in the High Castle yang ditulis oleh Philip K. Dick, terbit tahun 1962. Ini adalah novel cerita fiksi ilmiah yang memaparkan sejarah alternatif seumpama pada perang dunia kedua, sekutu (NATO) berhasil dikalahkan oleh Uni Soviet (Fakta Warsawa).
  4. 2001: A Space Odyssey yang ditulis oleh Arthur C. Clarke, terbit tahun 1968. Ide yang diangkat dalam novel fiksi ilmiah ini adalah tentang time travel yang dilakukan oleh alien dari masa lampau yang menjelajah ke berbagai planet lain dalam upaya mencerdaskan para penghuninya.
  5. Dune yang ditulis oleh Frank Hebert, terbit pada tahun 1965. Ini adalah novel fiksi ilmiah yang menyampaikan gambaran bagaimana masyarakat antar bintang bisa hidup pada masa depan.

6 Tips Menulis Cerita Fiksi Ilmiah

Nah untuk kamu yang tertarik menulis cerita fiksi ilmiah, Penulis Gunung memiliki beberapa tips yang bisa kamu praktikkan.

Awali dengan Sedikit Riset

Photo by Kindel Media on Pexels.com

Sebagai sebuah buku fiksi yang cenderung didasarkan pada ilmu pengetahuan, riset akan membantu kamu untuk menuliskannya.

Jika kamu misalnya memilih untuk menulis cerita fiksi ilmiah epik, maka membaca informasi tentang fisika, kimia, astronomi dan mate matika mungkin akan membantumu. Berselancar saja tentang apa yang mungkin membuat kamu tertarik pada situs, channel youtube atau apa saja yang menyajikan tentang informasi ilmu-ilmu pasti tersebut.

Sementara untuk kamu yang ingin menulis sastra yang lebih lembut, maka fokus riset dapat kamu arahkan pada berbagai disiplin ilmu populer tentang antropologi, sosiologi atau pun psikologi.

Ingatlah Selalu bahwa Fiksi Ilmiah adalah Tentang Ide

Tips kedua yang bisa kamu aplikasikan saat menulis cerita fiksi ilmiah adalah dengan jangan melupakan bahwa genre ini adalah tentang ide, tentang gagasan yang diilhami oleh ilmu pengetahuan.

Jadi bagaimana konkretnya?

Cara yang paling sederhana adalah dengan mengajukan pertanyaan kepada dirimu sendiri mengenai satu gagasan cerita yang memiliki korelasi dengan ilmu pengetahuan. Ini bisa jadi asumsi egois tentang satu subyek yang kemudian kamu bangun dunia imajinernya.

Pertanyaan tersebut misalnya begini;

  • Apa yang akan terjadi jika pada tahun 1950 an Indonesia dengan kekuatan perang yang dimiliki berhasil menggalang kekuatan besar kemudian mengalahkan Sekutu dan Uni Soviet sekaligus (fiksi sejarah alternatif)
  • Apa yang terjadi jika pada tahun 2045 serangan alien benar-benar menjadi kenyataan di bumi?
  • Apa yang akan terjadi di 100 tahun lagi jika perang dunia ketiga benar-benar terjadi?
  • Dan lain sebagainya.

Pastikan Kamu Memiliki Cerita yang Bagus

Photo by Suzy Hazelwood on Pexels.com

Jika kamu sudah memiliki gagasan atau ide untuk menulis novel fiksi ilmiah, itu belum cukup. Hal lain yang kamu butuhkan adalah cerita. Persisnya adalah cerita yang bagus.

Ada beberapa rekomendasi fiksi ilmiah wattpad yang mungkin pernah kamu baca. Beberapa rekomendasi itu memiliki gagasan yang menarik tentang satu obyek fiksi ilmiah yang didasarkan pada pemikiran ilmu pengetahuan dan teknologi. Sayangnya banyak gagasan ini yang hanya berdiri pada pemikiran dominan, bukannya sebuah cerita. Sedangkan cerita fiksi ilmiah hanya bisa disebut novel jika ia memiliki cerita yang menarik.

Jadi selain memiliki gagasan, bingkai pula ide kamu tersebut dalam satu gagasan cerita yang bagus.

Hadirkan konflik di dalamnya, bangun tokoh protagonis, antagonis dan juga tritagonis yang kuat untuk menyempurnakan idenya.

Ciptakan Dunia yang Menarik

Ekosistem pendukung dunia fiksi ilmiah harus menarik, itu satu tips selanjutnya yang bisa kamu ingat dan praktikkan.

Deskripsikan bagaimana menariknya dunia tersebut. Apakah ini adalah dunia utopia dengan segala idealisme peradaban impian? Apakah ini adalah dunia distopia dimana kehancuran umat manusia telah menjadi satu kenyataan tak terbantahkan? Atau, apakah ini adalah satu koloni manusia di luar angkasa yang penuh kejutan?

Ciptakan dunia yang menarik dalam cerita fiksi ilmiahmu. Komponen-komponen dunia tersebut dapat kamu bangun berdasarkan teori ilmu pengetahuan atau pun hanya imajinasimu saja,

Pastikan Aturan Dunia yang Kamu Ciptakan Konsisten

Photo by samer daboul on Pexels.com

Bagaimana fantastis dan anehnya dunia fiksi ilmiah yang kamu ciptakan, ia tetap harus memiliki aturan yang konsisten untuk diterapkan. Harus ada hukum yang jelas dan konsisten dalam dunia tersebut supaya itu masuk akal dan tetap kredibel bagi dunia para pembaca.

Misalnya begini;

Di bumi, manusia mengenal istilah gravitasi dimana semua benda ditarik oleh inti bumi. Gravitasi adalah sesuatu yang pasti di bumi yang kemudian membuat buah apel jatuh dari tangkainya, atau apa pun yang kamu lempar ke atas, akan kembali lagi ke permukaan bumi.

Nah, kamu bisa menciptakan peraturan yang serupa konsistensinya dalam dunia cerita novel fiksi ilmiah yang kamu tuliskan.

Fokus pada Pengembangan Karakter

Tips terakhir yang dapat kamu aplikasikan dalam penulisan fiksi ilmiah adalah dengan tetap berfokus pada pengembangan karakter. Kamu bisa memberikan porsi besar pada gagasan saintifik yang kamu bangun, namun untuk ukuran sebuah cerita, karakter tetap adalah yang utama.

Jadi, pastikan kamu membangun karakter dan mengembangkannya dengan baik melalui konflik dan alur cerita.

Ingat pula pada bagian ini untuk mengaplikasikan busur karakter guna memastikan keraktermu benar-benar bertumbuh, berkembang dan sesuai dengan tujuan cerita.

BACA JUGA:

Nah, itu adalah jawaban yang cukup lengkap untuk pertanyaan apa itu fiksi ilmiah.

Sekarang kamu pasti jauh lebih mengerti tentang penulisan cerita fiksi ilmiah, bukan?

Oh ya jika kamu tertarik untuk menulis jenis novel fiksi ilmiah pula, maka 6 tips yang diuraikan di atas bisa membantu kamu untuk mewujudkannya.

Selamat mencoba!

Ingin jadi penulis?

Yuk, gabung di kelas menulis online dan mulai ciptakan mahakaryamu

Anton Sujarwo

Saya adalah seorang penulis buku, content writer, ghost writer, copywriters dan juga email marketer. Saya telah menulis 17 judul buku, fiksi dan non fiksi, dan ribuan artikel sejak pertengahan tahun 2018 hingga sekarang.

Dengan pengalaman yang saya miliki, Anda bisa mengajak saya untuk bekerjasama dan menghasilkan karya. Jangan ragu untuk menghubungi saya melalui email, form kontak atau  mendapatkan update tulisan saya dengan bergabung mengikuti blog ini bersama ribuan teman yang lainnya.

Tulisan saya yang lain dapat dibaca pula pada website;

Saya juga dapat dihubungi melalui whatsapp di tautan ini.

Fortopolio beberapa penulisan saya dapat dilihat disini:

6 tanggapan untuk “APA ITU CERITA FIKSI ILMIAH; PENGERTIAN, JENIS DAN CONTOHNYA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: