5 CERITA INSPIRATIF KEHIDUPAN NYATA PALING POPULER DI INDONESIA

Di Indonesia, ada sangat banyak contoh cerita inspiratif kehidupan nyata yang dapat diambil sebagai pelajaran berharga. Berbagai cerita ini muncul baik dari zaman lampau, mau pun pada zaman modern. Pesan penun inspirasinya adalah yang membuat kisah-kisah ini tetap tak lekang dimakan usia.

Kira-kira, apa saja cerita inspiratif dalam kehidupan nyata paling terkenal di Indonesia tersebut?

Berikut, Penulis Gunung telah merangkum 5 di antaranya.

KAMU PUNYA KISAH HIDUP MENARIK UNTUK DIJADIKAN BUKU NAMUN BINGUNG CARA MENULISKANNYA?

5 Cerita Inspiratif Kehidupan Nyata Paling Terkenal di Indonesia

Dalam kehidupan sehari-hari, seringkali kita menemukan satu kejadian yang memiliki kesan mendalam. Kejadian ini bisa saja sangat sederhana, namun kesan dan inspirasi yang dibawanya tetap bertahan bahkan hingga waktu yang lama.

Kisah kehidupan sehari-hari memang penuh dengan pelajaran yang layak untuk direnungkan. Bahkan jika kita mampu membuka mata, telinga dan hati secara lebih peka, sangat banyak sekali hikmah yang dapat dipetik sebagai inspirasi untuk menambah kebijaksanaan.

Nah, apakah kamu pernah menemukan hal semacam itu pula di sekitarmu?

Dengan kompleksnya persoalan yang dihadapi oleh manusia, beragam pula cara untuk menghadapinya. Kadang-kadang manusia memikiki cara yang luar biasa untuk melewati persoalan-persoalan tersebut. Hal inilah yang kemudian menerbitkan sebuah kesan inspiratif atas apa yang ia lakukan.

Ada cerita inspiratif perjuangan, ada cerita inspiratif tentang semangat pantang menyerah, ada cerita inspiratif tentang kesabaran, keteguhan, kesetiaan dan lain sebagainya. Intinya, selama satu cerita mampu membuat seseorang merasa lebih positif dan terpercik semangatnya untuk sesuatu, maka itu dapat dikatakan sebagai cerita inspiratif.

Di Indonesia, berikut ini beberapa di antaranya yang paling terkenal.

1. Cerita Inspiratif Tentang Empati

Photo source: Kumparan

Cerita ini saya dapatkan dari salah satu video yang diceritakan oleh Sandiaga Salahuddin Uno. Beliau menjabat sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif saat artikel ini ditulis. Namun cerita ini sendiri sudah lama saya dengar, sebelumnya pernah dimuat di blog www.arcopodojournal.com.

Cerita ini tentang William Suryajaja, founder Astra Internasional. Di antara 10 cerita inspiratif tentang empati yang pernah saya baca, ini adalah salah yang paling saya sukai.

Tahun 1998,

Pada saat puncak kerusuhan terjadi dimana massa begitu beringas untuk merusak, menjarah, dan membakar apa saja di hadapan mereka. Areal pusat pertokoan dimana milik si pengusaha juga tak luput dari amuk massa. Semua toko dirusak, dijarah, dan dibakar.

Entah mengapa hanya satu yang sama sekali tidak disentuh oleh massa, padahal posisi dan bentuknya sama dengan toko lainnya. Hanya banner nama dan papan balihonya saja yang yang membuat toko itu berbeda.

Oleh para direktur dan manajer, hal yang ‘ajaib’ tersebut dilaporkan kepada sang pengusaha dalam sebuah pertemuan terbuka.

“Semua pertokoan dan perusahaan di lingkungan sekitar kantor kita habis, Pak. Semua dijarah, dirusak, dan beberapa diantaranya ada yang dibakar” seorang manajer membuka suara dan menjelaskan situasinya.

“Iya, Pak. Semuanya musnah, kecuali toko kita saja, hanya toko kita saja yang selama” sambung manajer yang lainnya dengan wajah sumringah.

“Benar, Pak. Kita harus bersyukur karena massa sama sekali tidak mengusik kantor dan toko kita” seorang anggota direksi yang lain menimpali dan diamini dengan senyum oleh hampir semua orang dalam ruang tersebut.

Hanya satu orang yang tidak senang mendengar kabar itu, yaitu sang pengusaha itu sendiri. Ia hanya tertunduk, matanya memejam, sama sekali tidak tampak raut kegembiraan di wajahnya.

Melihat gelagat seperti itu, orang-orang dalam ruangan tersebut mulai saling pandang. Menunda senyum simpul mereka yang terlampau sudah diumbar dan menunggu apa yang bakal dikatakan oleh sang bos besar setelah itu.

“Saya sungguh malu mendengar apa yang kalian katakan”

Sang pengusaha membuka suara, ada getaran kemarahan terdengar disana. Kemudian ia meunduk sebentar sembari memejamkan matanya, lalu mengangkat wajahnya dan kembali berkata.

“Saya malu mendengar apa yang kalian katakan hari ini. Kalian semua sungguh keterlaluan, tidakkah kalian lihat saudara-saudara kita di sana yang usahanya hancur, bisnisnya dijarah, tokonya dibakar, sementara kalian mengajak saya untuk mensyukuri hal itu?”

Mendadak suasana dalam ruang itu hening laksana kuburan, tak ada yang berani berbicara. Semuanya terdunduk, malu sekaligus takut, mereka sama sekali tidak menyangka, berita gembira yang mereka bawa akan disambut dengan cara yang berbeda oleh sang pengusaha.

“Belajarlah untuk tidak selalu melihat segala sesuatunya dari sudut pandang kepentingan kita sendiri. Belajarlah untuk melihat juga dari sudut pandang orang lain, dari sudut pandang saudara kita yang dijarah, dari sudut pandang orang-orang yang mungkin kehilangan semuaya karena pristiwa ini”

Semua tetap membisu, menunduk dalam rasa malu yang semakin dalam

2.     Cerita Inspiratif Tentang Semangat Pantang Menyerah

Photo source: GNFI

Ini salah satu kisah yang tak bisa saya lupakan sejak saya membacanya pertama kali sewaktu masih Sekolah Dasar.

Cerita inspiratif tentang pantang menyerah dari Jawa Barat ini mengajarkan bahwa apa pun kondisinya, akan selalu ada jalan keluar dari setiap masalah.

Tahun 1982

Letusan gunung Galunggung membuat ibu setengah baya bernama Nyi Eroh atau Mak Eroh harus bekerja lebih keras untuk mencukupi kebutuhan keluarganya. Suaminya sakit-sakitan dan tidak mampu lagi mencari nafkah. Sementara itu sawah yang menjadi satu-satunya sumber pangan keluarga, mengalami kekeringan sehingga tidak bisa lagi ditanami padi.

Dengan posisinya sebagai tulang punggung keluarga, Mak Eroh melakukan apa saja pekerjaan yang bisa ia lakukan. Ia berjualan singkong, berjualan janur, masuk hutan mencari kayu bakar, mencari jamur, atau apa pun saja yang bisa ia tukar dengan beras. Selama itu halal dan tidak melanggar hukum, Mak Eroh akan tempuhi demi keluarganya.

Dikarenakan seringnya keluar masuk hutan, Mak Eroh menemukan sumber air yang ia pikir bisa digunakan untuk mengairi sawahnya.

Hanya saja ada bukit liat cadas sepanjang 45 meter yang menghalangi upaya Mak Eroh. Akan dibutuhkan upaya sangat serius untuk bisa menaklukkan bukit itu. Melihat fisik dan latar belakang Mak Eroh, jelas bukit cadas itu diluar jangkauan Mak Eroh. Setidaknya dalam pemikiran penduduk desa.

Namun Mak Eroh tidak perduli. Berbekal belencong, cangkul dan tali dari batang-batang pohon sejenis rotan, Mak Eroh bergelantungan selama 47 hari tanpa henti memapas tebing cadas yang berbahaya demi air untuk sawahnya.

Mulanya penduduk menertawakan upaya Mak Eroh, namum mereka bungkam setelah melihat hasilnya. Apa yang dilakukan Mak Eroh telah menginspirasi hampir 20 orang laki-laki lain untuk membantunya.

Pada akhirnya saluran irigasi yang dirintis Mak Eroh tidak hanya mengairi sawah keluarganya saja, melainkan persawahan desanya, dan dua desa tetangga lainnya.

3.     Cerita Inspiratif Tentang Kasih Sayang Ibu, Semangat Pantang Menyerah dan Juga Ketekunan

Photo Source: Pikiran Rakyat

Cerita inspiratif singkat beserta pesan moralnya berikut sangat layak untuk kita teladani. Ibu adalah sosok yang sangat mulia, sosok yang menjadi malaikat banyak manusia hebat di dunia. Termasuk sosok dalam cerita ini, yakni Sandiaga Salahuddin Uno.

Tahun 1997

Karir bisnis Sandi sebenarnya berawal karena keterpaksaan. Tahun 1997 saat krisis moneter hebat melanda dunia, perusahaan besar tempat ia menjabat sebagai executive vice president tidak selamat dari badai krisis yang membuatnya ikut di-PHK. Sebelumnya, penghasilan Sandi Uno telah mencapai $8000 per bulan disana.

Krisis yang parah itu pun menyapu habis investasi yang selama ini Sandi gadang-gadang bisa menyelamatkan ekonominya jika sesuatu yang buruk menimpanya.

Tentu adalah pukulan yang berat bagi Sandi saat itu ketika harus pulang lagi ke Indonesia dan menjadi pengangguran. Apalagi saat itu ia baru saja berumah tangga.

Mas sandi menggambarkan kondisi itu seperti dalam penuturannya berikut;

“Tidak dapat saya lukiskan betapa dropnya pikiran saya saat itu. Saya baru saja menikah, dan harus kembali lagi ke rumah orang tua saya dengan menempati kembali kamar saat saya masih bujangan dulu. Namun kali ini saya harus menempatinya bersama anak dan isteri saya

Pada tahap ini juga mas Sandi melukiskan bagaimana cinta dan dukungan dari sang Ibunda untuk dirinya.

“Seringkali tanpa sepengetahuan saya, Ibu saya memasukkan uang di saku celana saya, karena ia tahu saya sama sekali tidak memiliki uang, walau hanya untuk sekedar ongkos angkot buat mencari kerja”

Namun dalam titik dasar inilah Sandiaga Uno menemukan jalan hidupnya sebenarnya, yaitu sebagai seorang pengusaha.

Melihat background beberapa profesinya sebelumnya yang banyak bersinggungan dengan dunia investasi, bersama salah seorang sahabatnya, Roeslan Roeslani, Sandi mendirikan PT. Recapital Advisors, sebuah perusahaan konsultan keuangan.

“Kantor kami waktu itu adalah bekas sebuah salon, jadi ada banyak cermin dimana-mana. Jadi untuk mengajak calon klien ke kantor adalah seseuatu yang tidak mungkin kami lakukan. Bagaimana nanti kesan mereka? Bagaimana mungkin mereka akan mempercayai perusahaan yang ukuran kantornya hanya 4 x 4 meter untuk mengelola dan memberi masukan pada keuangan mereka yang asetnya jumlahnya miliaran?”

Banyak sekali penolakan yang mereka terima saat menawarkan jasa konsultasinya. Bahkan ada perusahaan yang setelah keuangannya membaik malah tidak mau membayar jasa konsultannya.

“Satu sosok yang memberi saya kesempatan pertama itu adalah pak Dahlan Iskan. Saya masih ingat sekali saat saya hanya diberi waktu sekitar 5 menit untuk mempresentasikan jasa konsultasi saya kepada beliau di dalam lift. Mungkin pak Dahlan Iskan takut juga saya cekik jika tidak diterima” ujar Sandi sambil tersenyum pada sebuah kesempatan.

Perlahan bisnis yang dirintis Sandi dan rekannya mulai membuahkan hasil. Dedikasi dan profesionalisme mereka mulai banyak dikenal hingga kepercayaan untuk menjadi konsultan perusahaan-perusahaan pun banyak berdatangan.

4.     Cerita Inspiratif tentang Sikap Optimis

Photo source: Gesuri

Di samping bermuatan sejarah, ini juga sangat tepat menjadi kisah inspiratif untuk siswa karena penuh dengan nilai perjuangan para pendiri bangsa. Cerita ini adalah salah satu kisah yang sangat menarik tentang bagaimana sebuah persiapan dan rasa optimisme akan menemukan momentumnya pada saat yang tepat.

Tahun 1945

Sidang BPUPKI sudah berlangsung dalam upaya mempersiapkan dasar-dasar negara merdeka republik Indonesia. BPUPKI sebagai lembaga bentukan Jepang pada saat itu menjadi wadah bagi tokoh bangsa untuk mempersiapkan dasar negara Indonesia yang akan merdeka seperti yang dijanjikan oleh Jepang.

Tanggal 29 Mei 1945, Muhammad Yamin menyampaikan gagasannya mengenai dasar negara, namun tampaknya belum mendapat sambutan yang cukup. Dua hari kemudian, tanggal 31 Mei 1995, giliran Dr. Supomo yang menyampaikan pemikiran beliau mengenai dasar negara Indonesia. Namun seperti halnya gagasan Muhammad Yamin, gagasan Dr. Supomo pun belum mendapat persetujuan mutlak oleh anggota rapat.

Ir. Sukarno mendapat giliran untuk menyampaikan pendapatnya pada tanggal 1 Juni 1945. Gagasan Sukarno ini ia beri nama Pancasila yang terdiri dari lima pokok penting yaitu; Kebangsaan Indonesia, Internasionalisme dan Peri Kemanusiaan, Mufakat atau Demokrasi, Kesejahteraan Sosial dan Ketuhanan Yang Maha Esa.

Pada akhirnya ide Sukarno inilah yang kemudian disetujui dan diolah kembali hingga menjadi pancasila yang kita ketahui saat ini.

Akan tetapi, tahukah kamu kapan sebenarnya Sukarno mempersiapkan gagasan dan pemikirannya mengenai konsep negara merdeka Republik Indonesia itu?

Ternyata Sukarno mempersiapkan dasar negara merdeka itu sudah sejak lama, persisnya sejak tahun 1918 melalui ide yang perolehnya pada saat membaca buku-buku tentang dasar negara lain. Meskipun pada saat itu Indonesia masih dalam cengkraman penjajahan Belanda, Sukarno yakin bahwa Indonesia akan merdeka secepatnya.

Atas dasar optimisme dana keyakinan itulah Ir. Sukarno mulai merumuskan konsepnya mengenai pancasila sebagai dasar negara Indonesia.

5.     Cerita Inspiratif tentang Sifat Pemaaf dan Jiwa Mulia

Photo source: Bantan Raya

Kisah inspiratif selanjutnya yang juga sangat terkenal di Indonesia adalah mengenai kemuliaan hati Buya Hamka, sastrawan dan ulama besar Indonesia.

Dalam dunia literasi tanah air, Hamka adalah nama besar. Karya-karya fenomenalnya seperti Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck, Di Bawah Lindungan Ka’bah, Terusir dan Merantau ke Deli telah menjadi legenda sastra tanah air.

Akan tetapi tidak banyak yang tahu bahwa trnyata di balik tulisannya yang luar biasa, Hamka juga memiliki hati yang mulia dan penuh maaf.

Pada masa order lama,

Hamka kerap menjadi obyek fitnah dan serangan terkait profesinya sebagai seorang ulama dan juga sastrawan. Partai Komunis Indonesia (PKI) dan Lekra atau Lembaga Kebudayaan Rakyat adalah dua organisasi yang rajin menyerang Hamka. Bahkan, banyak buku-buku Hamka yang dibakar oleh Lekra.

Saat itu, Pramaoedya Ananta Toer, penulis novel tetralogi Pulau Buru, memimpin satu surat kabar bernama Harian Bintang Timur. Nah, surat kabar pimpinan Pramoedya ini seringkali menyerang Hamka, termasuk dengan mengatakan bahwa roman Tenggelamnya Kapal Van Der Wijk adalah sebuah plagiat.

Namun yang paling berdampak ketika opini yang dihembuskan Harian Bintang Timur mengarahkan Hamka pada tuduhan perencanaan kudeta. Sebuah tuduhan yang membuat sang penulis besar Indonesia berakhir selama 2,5 tahun dalam penjara.

Menariknya setelah ia bebas dari penjara, Hamka tidak sedikit pun merasa dendam kepada Pramoedya.

Bahkan ketika Pramoedya mengutus puterinya yang hendak menikah untuk datang kepada Hamka dan meminta bimbingan agama, Hamka menyanggupinya dengan hati lapang. Dalam salah satu ceramahnya, Hamka juga sangat bersyukur telah dipenjara karena dengan cara itulah ia bisa menyelesaikan mahakarya terbesarnya; Tafsir Al-Azhar.

Keputusan Pramoedya yang mengutus anaknya untuk menemui Hamka dinilai sebagai satu simbolik permintaan maaf tulus darinya. Di pihak lain, kesediaan Hamka memenuhi permintaan maaf Pramoedya juga menjadi satu bukti bahwa Hamka telah memaafkannya pula.

Hari ini kita mengenang keduanya; baik Hamka mau pun Pramoedya, sebagai sastrawan besar Indonesia. Sebagai generasi yang hadir belakang mereka, kita banyak belajar dan mengambil teladan dari keduanya.

BACA JUGA:

  1. 3 CONTOH CERITA INSPIRATIF DIRI SENDIRI YANG BISA KAMU TULIS DENGAN MUDAH
  2. BEGINI CARA MENULIS CERITA INSPIRATIF YANG BAGUS
  3. 49 CONTOH PENGALAMAN PRIBADI YANG SEMPURNA UNTUK IDE MENULIS NOVEL

Nah, itu adalah 5 cerita inspiratif kehidupan nyata yang paling populer di Indonesia. Dari lima cerita ini saja, ada sangat banyak pelajaran yang bisa kita peroleh sebagai generasi muda Indonesia.

Sebagai penulis, salah satu cara terbaik untuk meneladani nilai-nilai kebaikan dalam sejarah adalah dengan menulis, berkarya dan menyebarkan nilai-nilai luhur tersebut.

Jadi, semangat menulis selalu, ya.

Mau jadi penulis?

Yuk, gabung di kelas menulis online Penulis Gunung ID

Apa itu protagonis
Penulis terbaik
Ghost writer Indonesia

Anton Sujarwo

Saya adalah seorang penulis buku, content writer, ghost writer, copywriters dan juga email marketer. Saya telah menulis 17 judul buku, fiksi dan non fiksi, dan ribuan artikel sejak pertengahan tahun 2018 hingga sekarang.

Dengan pengalaman yang saya miliki, Anda bisa mengajak saya untuk bekerjasama dan menghasilkan karya. Jangan ragu untuk menghubungi saya melalui email, form kontak atau  mendapatkan update tulisan saya dengan bergabung mengikuti blog ini bersama ribuan teman yang lainnya.

Tulisan saya yang lain dapat dibaca pula pada website;

Saya juga dapat dihubungi melalui whatsapp di tautan ini.

Fortopolio beberapa penulisan saya dapat dilihat disini:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: