10 Ide Cerita Novel Romantis

Meskipun terdengar sederhana, menemukan ide yang tepat untuk menulis cerita novel romantis tidak semudah kedengarannya. Bagi beberapa orang, menemukan ide cerita penulisan novel romantis yang tepat bahkan adalah sesuatu yang sangat menantang.

Nah untuk kamu yang sedang mencari ide untuk menulis cerita romantis, berikut beberapa ide yang bisa kamu gunakan dari Penulis Gunung id.

Kamu punya kisah hidup menarik untuk dijadikan buku namun bingung cara menuliskannya?

10 Ide Pilihan untuk Inspirasi Menulis Cerita Novel Romantis

Novel Cerita Romantis
Photo by Lisa Fotios on Pexels.com

Menulis novel genre romantis adalah salah satu jenis tulisan yang penulis mudah untuk mempelajarinya. Para penulis pemula usia remaja yang baru belajar untuk menulis cerpen atau novel sekali pun, biasanya memilih genre ini untuk tulisan pertama mereka.

Di kelas menulis online Penulis Gunung Id, bahkan saya menemukan bahwa 7 dari 10 orang peserta memilih tema romantisme sebagai debut pertama mereka dalam berkarya.

Biasanya ide penulisan berasal dari pengalaman mereka sendiri selama ini. Beberapa bercerita tentang cinta masa remaja, beberapa bercerita tentang perjuangan bersama kekasih membangun mahligai rumah tangga, beberapa yang lain bahkan bercerita lika-liku perpisahan dan kisah cinta mereka yang rumit.

Apa pun itu, sebagian besar tidak keluar jauh dari pengalaman mereka masing-masing.

Itu adalah sebab lain mengapa Kelas Menulis Kisah Hidup dan Pengalaman Pribadi adalah yang paling banyak peminatnya.

Lantas bagaimana jika ini keluar dari pengalaman nyata yang pernah dialami, namun benar-benar cerita novel romantis yang murni fiksi?

Nah, saya menemukan banyak kendala terjadi pada peserta kelas saya, terutama pada bagaimana mereka menemukan ide cerita paling menarik dari konsep cerita novel romantis itu sendiri.

Untuk menjawab hal tersebut saya pernah memposting artikel tentang 15 ide cerita yang menarik untuk menulis novel genre fiksi romantis. Hari ini saya akan menambahkan lagi ide tersebut dengan 12 ide cerita novel romantis yang bisa kamu gunakan sesuka hatimu.

Apakah kamu akan mengemasnya dalam skenario novel cinta remaja, novel cinta terlarang, novel cinta setelah menikah atau skema apa pun, semua ide cerita ini nantinya sangat fleksibel untuk kamu terapkan.

Jadi, mari kita mulai dari ide yang pertama.

1. Ide Cerita Romantis Sang Pendaki Gunung

Novel cerita romantis
Photo by Taryn Elliott on Pexels.com

Tulis sebuah novel romantis tentang acara reuni SMA dimana karakter utama memutuskan untuk mendaki gunung seorang diri karena kecewa dengan janji teman-temannya untuk mendaki bersama namun tapi tidak ditepati.

Di gunung, tokoh utama berpikir ia benar-benar akan seorang diri.

Tapi ternyata tidak.

Di tempat yang dulu merupakan tempat mereka pernah mendaki bersama, telah berdiri satu tenda lain yang nampaknya juga hanya dihuni oleh satu orang.

Tidak ada perjanjian, tidak ada pesan whatsapp atau kontak melalui messenger di facebook, tapi tenda yang berdiri itu ternyata milik orang yang sangat berarti bagi tokoh utama selama masa SMA.

Malam ini, di tengah pengkhianatan janji teman-teman seangkatan untuk reuni, mereka berdua dipertemukan kembali. Di bawah payung bintang-bintang dan dalam dekapan gunung-gunung yang mekar.

2. Ide Cerita Romantis Lantai 25

Tulis sebuah cerita dimana tokoh utama memiliki musuh bebuyutan di kantor yang sangat ia benci. Keduanya sering terlibat dalam percekcokan, persaingan dalam prestasi dan juga banyak adu argumentasi.

Di suatu hari ketika karyawan lain telah memilih untuk pulang, keduanya terpaksa pulang lebih lama karena ada tugas mendadak yang harus diserahkan keesokan harinya.

Sialnya, ketika tugas itu hampir saja selesai, listrik tiba-tiba mati yang membuat semuanya gelap. Lebih buruk lagi lift tidak dapat digunakan untuk keluar gedung, sementara kantor mereka sendiri ada di lantai 25.

Kondisi itu mempertemukan keduanya yang tidak menyangka jika mereka telah terjebak dalam situasi yang sama.

Menghabiskan malam sambil melihat kerlap-kerlip lampu kota yang listriknya masih menyala, keduanya dipaksa untuk mengenal satu sama lain dan menemukan bahwa mereka sebenarnya adalah dua orang yang ditakdirkan memiliki banyak keserasian.

3. Ide Cerita Romantis Kutukan Manusia Srigala

cerita novel romantis
Photo source: Pinterest

Ini bukan cerita novel romantis pengantin baru, tapi kamu bisa membuat misalnya terjadi di hari valentine atau tahun baru yang terlampau meriah.

Jadi, tulis sebuah cerita tentang tokoh utama cerita yang berjanji untuk menghabiskan malam dengan kekasihnya. Setelah momen valentine atau tahun baru baru usai, keduanya berencana untuk menikmati malam yang istimewa.

Sayangnya tokoh utama tidak pernah menduga bahwa ini adalah malam yang dijanjikan untuk sang kekasih. Satu malam yang terjadi hanya satu kali dalam setiap tahun dimana ia akan kembali ke wujud aslinya; manusia srigala.

Apa yang akan terjadi selanjutnya?

Apakah kamu ingin membuat si manusia srigala membantai kekasihnya? Atau justru meminta bantuan pada sang kekasih untuk melepaskannya dari kutukan sebagai manusia srigala?

4. Ide Cerita Romantis Detektif dan Pencuri Rahasia

Selanjutnya kamu bisa menulis sebuah cerita romantis dengan genre thriller atau kriminal dimana tokoh utama adalah seorang detektif swasta yang disewa untuk menyelidiki sebuah pencurian barang berharga.

Penyelidikan itu membawa sang detektif pada tersangka yang menarik, seorang wanita dengan kepribadian yang membuatnya mulai tergoda.

Perlahan tapi pasti penyelidikan itu berubah menjadi jalinan asmara yang kuat. Latar belakang sang pencuri dan alasannya melakukan pencurian justru membuat detektif semakin jatuh cinta.

Perasaan itu membawa sang detektif masuk dalam pengejaran penjahat yang sesungguhnya, yakni orang yang sebenarnya telah mencuri lebih banyak dari di gadis cantik yang selama ini ia selidiki.

5. Ide Cerita Romantis Perjalanan Suci

cerita novel romantis
Photo by Monstera on Pexels.com

Tulis sebuah cerita fiksi romantis inspiratif religius dimana tokoh utama terbang ke Tanah Suci untuk melakukan ibadah.

Tanpa ia sangka, agen perjalananan yang memberangkatkannya digunakan pula oleh seseorang yang selama ini menjadi pengharapan dari doa-doa yang panjatkan di waktu SMA. Di Tanah Suci, dibawah bayang-bayang kekhusu’an ibadah, Tuhan menautkan hati keduanya.

Hanya saja yang menjadi permasalahan adalah, masing-masing sudah memiliki tunangan di tanah air.

Apa yang akan terjadi selanjutnya? Apakah keduanya akan melupakan rasa cinta mereka? Atau justru terjebak dengan perasaan lama dan mengkhianati tunangan mereka.

Kamu dapat menjawabnya sendiri.

6. Ide Cerita Romantis Petualang Waktu 2086

Sekarang tulis sebuah cerita tentang tokoh utama cerita yang menjalaninya kehidupannya yang sangat membosankan. Hari demi hari ia lewati dengan monoton, tak ada gairah sama sekali.

Semua berubah ketika di suatu pagi yang redup tokoh cerita menemukan seorang pria yang tengah sekarat. Tokoh utama ingin menelpon ambulan atau polisi, namun pria asing itu melarangnya. Entah bagaimana tokoh utama cerita kemudian mematuhinya.

Pria itu kemudian mengaku bahwa ia adalah seorang time traveller, ia datang dari masa depan, tepatnya dari tahun 2086. Sayangnya ia terjebak di dunia saat ini karena mesin waktu yang ia gunakan mengalami kerusakan. Ia membutuhkan waktu beberapa lama untuk membenahinya kembali.

Pertemuan itu membuat tokoh utama berubah, ia mulai antusias dengan dunia teknologi. Keduanya menjalin hubungan yang sangat dekat hingga mesin waktu itu siap digunakan kembali dan sang penjelajah waktu harus pulang ke tahun 2086 kembali.

7. Ide Cerita Romance Sepasang Buronan

Penulis Gunung
Photo by KoolShooters on Pexels.com

Tulis sebuah novel romantis tentang seorang buronan yang melarikan diri ke sebuah pegunungan. Di satu tempat ia berjumpa dengan seorang wanita yang ternyata juga sedang melarikan diri dari kejaran polisi.

Tidak mudah bagi keduanya untuk membangun rasa saling percaya karena latar belakang mereka, tapi mereka berhasil juga akhirnya. Keduanya mulai saling akrab dan memutuskan untuk meneruskan pelarian mereka secara bersama-sama.

Sepasang buronan itu mulai melakukan tindakan melawan hukum kembali untuk bertahan hidup. Dengan merampok beberapa mobil yang melewati hutan persembunyian mereka, mereka memiliki cukup uang untuk merencanakan kehidupan yang lebih baik setelahnya.

Sayangnya pada saat melakukan aksi perampokan yang terakhir, sang pria tertangkap dan terancam hukuman mati, sementara kekasihnya berhasil melarikan diri.

8. Ide Cerita Romance Ciuman Pembawa Maut

Tulis sebuah novel romantis horor tentang tokoh utama cerita yang merasa shock ketika kekasih hati yang ia cium semalam ternyata tewas keesokan paginya. Penyelidikan mengatakan bahwa itu kematian yang biasa, tidak ada tanda kekerasan atau hal yang mencurigakan apa pun.

Dua tahun kemudian tokoh utama cerita perlahan berusaha memulihkan diri, ia kembali menjalin hubungan dengan seorang pria.

Sayangnya kejadian dua tahun lalu terulang kembali, hanya selisih dua malam setelah ia memberikan si pria ciuman selamat malam setelah menonton film terbaru di bioskop.

Mulanya tokoh utama berpikir ini adalah satu kebetulan. Namun ia juga menemukan pola yang sama dalam dua kematian itu.

Penemuan itu kemudian diperkuat lagi dengan kematian ketiga sekitar satu tahun setelahnya, dan kematian keempat tidak lama kemudian.  Semua itu membuat tokoh utama depresi berat dan hampir saja bunuh diri.

Seorang pria kemudian membantunya untuk sembuh dari depresi.

Tapi hal yang ditakutkan kembali terjadi karena mereka berdua sama-sama telah jatuh cinta. Berbeda dengan para pria sebelumnya, tokoh utama benar-benar tidak ingin kekasihnya mati kali ini.

9. Ide Cerita Romance Perjuangan yang Hampa

Penulis Gunung
Photo by Pixabay on Pexels.com

Tulis sebuah cerita tentang dunia distopia yang hancur akibat perang nuklir. Di sebuah kota tiga orang berhasil selamat dan melakukan perjalanan jauh untuk menemukan tempat perlindungan yang lebih aman dan masih layak huni.

Tiga orang itu adalah dua pria dan satu wanita.

Berbagai pengalaman dan perjuangan selama perjalanan membangkitkan rasa cinta kedua pria kepada si wanita. Tokoh wanita tidak menjatuhkan pilihan pada salah seorang mereka, tapi jelas sikapnya memberikan harapan kepada keduanya sekaligus.

Perjalanan penuh luka dan drama itu akhirnya sampai di sebuah kota berpenghuni dan masih layak huni. Ketiganya berhasil selamat, jika memang itu tujuan mereka.

Sayangnya tidak demikian dengan cinta di antara mereka, karena setibanya di tempat baru, tokoh wanita justru jatuh cinta dan memilih orang lain yang baru saja ditemuinya di sana.

10. Ide Cerita Romance Dunia Paruh Baya

Sekarang tulis sebuah cerita yang lebih jauh dari novel cinta remaja atau sekedar novel romantis wattpad yang lebih banyak berkisah tentang hubungan anak-anak muda yang baru menginjak kedewasaan. Di ide cerita yang terakhir ini saya ingin mengajak kamu untuk mencoba menulis kisah romantisme yang sedikit lebih dewasa.

Jadi, tulis sebuah cerita tentang tokoh protagonis yang berprofesi sebagai pengacara yang setiap pagi harus mengantar anaknya ke sekolah. Tokoh utama cerita ini seorang duda, ia kehilangan isterinya hampir lima tahun sebelumnya.

Ia berjumpa dengan seorang perempuan lain yang juga mengantarkan anaknya di sekolah yang sama. Perjumpaan yang hampir setiap hari ini membangkitkan perasaan cinta di antara keduanya.

Tiga bulan kemudian seorang pria mendatangi sang pengacara dan memintanya untuk menuntut seorang wanita yang diduga melakukan penculikan dan juga pembunuhan berencana. Tokoh utama menyangggupi permintaan itu.

Sayangnya ia tidak tahu jika wanita yang dituntut adalah perempuan yang selama ini ia temui saat mengantar anaknya di sekolah.

BACA JUGA:



Penulis terbaik

Anton Sujarwo

Saya adalah seorang penulis buku, content writer, ghost writer, copywriters dan juga email marketer. Saya telah menulis 19 judul buku, fiksi dan non fiksi, dan ribuan artikel sejak pertengahan tahun 2018 hingga sekarang.

Dengan pengalaman yang saya miliki, Anda bisa mengajak saya untuk bekerjasama dan menghasilkan karya. Jangan ragu untuk menghubungi saya melalui email, form kontak atau mendapatkan update tulisan saya dengan bergabung mengikuti blog ini bersama ribuan teman yang lainnya.

Tulisan saya yang lain dapat dibaca pula pada website;

Saya juga dapat dihubungi melalui whatsapp di tautan ini.

Fortopolio beberapa penulisan saya dapat dilihat disini:

Related Posts