29 Quotes Menulis Pilihan Terbaik Untuk Penulis

Setidaknya ada 29 quotes menulis pilihan yang bisa membantumu untuk lebih bersemangat menyelesaikan penulisan novel yang sedang kamu lakukan. Quotes ini ada yang datang dari penulis besar dunia yang terkenal dengan karya-karya mereka. Quotes ini tidak hanya kutipan indah, tapi juga memiliki kekuatan untuk dibuktikan efektivitasnya.

Nah apa sajakah quotes pilihan dari penulis tersebut?

Kamu punya kisah hidup menarik untuk dijadikan buku namun bingung cara menuliskannya?

Daftar Isi Artikel

27 Quotes Menulis Pilihan untuk Para Novelis dalam Berkarya

Quotes menulis pilihan

Quotes motivasi menulis memang bukan hal yang menentukan keberhasilan dalam berkarya. Quotes tentang penulisan juga bukan ukuran kehebatan seorang penulis. Tapi hampir selalu dapat dipastikan bahwa dibalik quotes yang disusun, tersimpan cerminan manifestasi praktiknya yang telah dibuktikan oleh penulisnya sendiri.

Kamu mungkin sudah pernah mendengar quotes menulis J.K. Rowling yang meminta kamu untuk jangan pernah menyerah. Dalam kehidupanannya sendiri, J.K. Rowling ditolak sangat banyak penerbit sebelum novel Harry Potter karyanya bisa merajai penjualan novel fiksi hingga kini.

Atau kamu juga pernah membaca quotes menulis Pramoedya Ananta Toer yang berbicara tentang warisan pemikiran dalam menulis. Dalam kehidupannya sendiri, Pramoedya menjadi salah satu maestro sastra Indonesia dengan karya emasnya; Tetralogi Pulau Buru.

Intinya adalah, hampir semua quotes menulis adalah kristalisasi prinsip penulisnya sendiri.

Nah hari ini secara khusus saya akan membagikan beberapa quotes menulis terbaik yang sudah saya rangkum dari beberapa sumber. Quotes ini sendiri dibagi dalam beberapa jenis sesuai dengan proses penulisan novel, yakni mulai dari ide hingga publishing.

Harapan saya, dengan membaca quotesquotes powerfull ini nanti, semangat menulismu akan terus berkobar untuk menghasilkan mahakarya terbaik.

1. Quotes Tentang Menemukan Ide dalam Menulis Novel

Quotes menulis pilihan
Photo source: The Write Practice

Quotesquotes berikut adalah tentang ide dalam penulisan novel atau penulisan cerita lainnya.

Apa pun jenis buku yang ingin kamu tuliskan, fiksi atau non fiksi, beberapa kutipan menarik tentang ide penulisannya ini semoga bisa memberimu energi lebih besar untuk mengeksekusinya.

Memang benar manusia bisa menghasilkan ide menulis dengan melihat alam sekitarnya. Tapi ide itu tidak muncul dari luar, ide selalu terbit dari dalam diri penulis itu sendiri. Jiwa yang luas adalah samudra dimana ide-ide menganak sungai dalam pikiran seorang penulis.

A Wan Bong

Ketika saya menulis buku, saya tidak pernah mengatakan pada diri saya sendiri bahwa saya akan menghasilkan sebuah karya seni. Saya menulis karena ada beberapa kebohongan yang ingin saya ungkapkan, saya menulis karena ada beberapa fakta yang ingin saya lukiskan. Hal pertama yang menjadi perhatian saya adalah bagaimana semua itu bisa didengar oleh orang lain.

George Orwell

Tidak ada hal yang harus ditulis. Yang harus kamu lakukan hanyalah duduk di depan mesin ketik atau laptop kemudian mulai berdarah dengan kata-kata.

Ernest Hemingway

Setiap buku memilih penulisnya dan bukan sebaliknya. Proses penulisannya sendiri kadang-kadang tidak sepenuhnya dilakukan dalam kesadaran atau dalam kondisi rasional.

Salman Rusdie

Hanya ada empat hal untuk diceritakan; Kisah cinta antara dua orang, kisah cinta antara tiga orang, perebutan kekuasaan, dan perjuangan dalam perjalanan. Kita semua sebagai penulis, hanya menulis ulang kisah-kisah ini dalam imajinasi yang tidak terbatas.

Paulo Coelho

2. Quotes Tentang Menulis Naskah Pertama Novel

quotes menulis pilihan

Menyelesaikan naskah pertama adalah salah satu tantangan terberat dalam menulis novel. Tidak sedikit para penulis pemula yang gagal pada langkah ini dan membiarkan naskah terbengkalai hingga sekian lama. Salah satu penyebab yang paling umum adalah karena mereka memaksakan kesempurnaan pada naskah pertama.

Quotes tentang naskah pertama adalah quotes untuk penulis pemula yang ideal karena mereka biasanya terlalu berfokus untuk membuat naskah pertama yang sempurna.

Segala sesuatu dalam hidup dapat ditulis jika kamu memiliki keberanian melakukannya, dan imajinasi untuk berimprovisasi, Bagaimana pun juga musuh terburuk dari semua kreativitas adalah keraguan diri sendiri yang tidak dilawan.

Silvia Plath

Saat-saat yang paling menakutkan dalam menulis adalah tepat ketika kamu belum memulainya.

Stephen King

Kita harus terus melompat dari atas tebing dan mengembangkan sayap pada saat turun.

Kurt Vonnegut

Apa pun yang bisa kamu lakukan atau impikan, maka mulailah. Setiap keberanian memiliki kejeniusan, kekuatan, dan keajaiban didalamnya.

Johann Wolfgang

Inspirasi tidak datang setiap hari dan menunggunya adalah penyebab banyak penulis gagal menghasilkan karya mereka sejak awal. Mulai saja duliu dan inspirasi itu akan mendatangimu dengan sendirinya.

A Wan Bong

3. Quotes Tentang Membaca Ulang Naskah Pertama dan Memperbaikinya

quotes menulis pilihan
Photo source: The Write Practice

Setelah naskah pertama selesai, hasilnya bisa sangat kacau. Dan itu normal.

Plot yang tidak jelas, karakter yang inkonsisten, latar yang membingungkan hingga salah ejaan yang tersebar dimana-mana akan selalu ditemukan dalam setiap naskah pertama.

Bagi beberapa penulis pemula, ini akan membuat mereka depresi bahkan putus asa untuk meneruskannya. Padahal poin yang disampaikan sebelumnya adalah sama bahwa naskah pertama selalu tidak pernah sempurna.

Nah, jika itu juga menimpa kamu ketika mengevaluasi kembali naskah pertamamu, quotes berikut bisa membantumu untuk bersikap lebih tepat.

Buku yang bagus tidak pernah ditulis, itu selalu ditulis ulang.

Phyllis A. Whitney

Jangan katakan bahwa bulan memiliki sinar, tunjukkan saja kilatan cahayanya pada pecahan kaca.

Anton Chekhov

Seorang penulis yang cermat akan menanyakan empat hal dalam setiap tulisannya yaitu; Apa yang ingin saya katakan? Kata-kata apa yang paling tepat untuk mengatakannya? Gambar atau ilustrasi apa yang akan membuatnya lebih jelas? Apakah gambaran yang digunakan cukup tepat untuk memiliki pengaruh?

George Orwell

Tidak ada jalan pintas. Menulislah dan tulis ulang. Saat tidak menulis atau menulis ulang maka membacalah.

Larry L. King

Hal-hal yang paling indah biasanya didorong kegilaan kemudian ditulis dengan akal.

Andre Gide

4. Quotes Tentang Menulis Ending dan Bagian Akhir Novel

quotes menulis pilihan
Photo source: Thesaurus

Bagian ending sebuah novel adalah bagian kunci dimana pesan cerita sebenarnya dipusatkan. Ada banyak penulis dunia yang menyarankan menulis ending untuk tidak terlalu terburu-buru supaya mendapatkan hasil yang sesuai.

Kamu mungkin sudah memiliki beberapa ide untuk menyelesaikan novel yang kamu tulis dengan ending seperti apa. Menariknya ending juga kadang-kadang menanamkan rasa ragu yang besar dari penulisnya sendiri.

Jika kamu belum begitu yakin dengan ending cerita yang kamu pilih, atau kamu merasa kehilangan semangat ketika masuk pada bagian ini, beberapa quotes tentang akhir sebuah cerita ini mungkin bisa menyalakan semangat kamu lagi.

Manusia akan mendapatkan lebih banyak rasa hormat ketika ia memiliki akhir yang tidak bahagia.

Julian Quinn

Tidak ada cerita yang benar-benar berakhir dan mencapai ending. Itu hanya keputusan dimana penulis memutuskan untuk berhenti menceritakannya.

Frank Herbert

Dalam menulis ending sebuah novel, saya merasa bahwa saya mungkin tidak bisa mencapai tempat yang saya inginkan. Akan tetapi merasa yakin bahwa telah tiba pada tempat yang memang sudah seharusnya.

Douglas Adams

Kebanyakan penulis menganggap aktivitas menulis itu sama seperti olahraga perkasa yang macho seperti gulat atau bertarung. Terus terang menulis sama sekali tidak seperti itu. Menulis adalah proses merangkak yang lamban ke garis akhir. 

Amy Poehler

Jika kamu menulis untuk orang lain dan orang lain itu tidak menghargai apa yang kamu tuliskan, maka kamu akan kecewa. Jika kamu menulis untuk pembaca, tapi pembaca juga tidak memberi kamu realitas yang sesuai dengan harapanmu, maka kamu juga akan kecewa. Namun jika kamu menulis untuk dirimu sendiri, maka tidak ada yang dapat mendikte perasaanmu apa pun hasilnya nanti.

A Wan Bong

5. Quotes Tentang Menulis dan Menerbitkan Novel

quotes menulis terbaik

Pada akhirnya novel yang kamu tuliskan selama berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun itu harus diterbitkan pula supaya bisa menjangkau dunia pembaca. Apakah kamu memilih menerbitkannya melalui penerbit mayor, ataukah kamu memilih jalur independen dengan self publishing, semuanya tidak akan mudah.

Untuk mendapatkan penjualan dan menghasilkan uang dengan menulis, masih menjadi perjuangan yang berat dan menantang. Untuk itu, beberapa quotes berikut bisa membantu kamu untuk mempersiapkan diri menghadapinya.

Menerbitkan buku itu seperti memasukkan wasiat ke dalam botol dan melemparkannya ke laut. Beberapa botol akan tenggelam dan menghilang, beberapa lagi selamat sampai di daratan dan dibaca untuk kemudian dihargai, atau disalahartikan, atau dimengerti dengan sangat baik oleh mereka yang membenci wasiat tersebut. Dan kamu sebagai penulis tidak akan pernah tahu termasuk bagian mana pembaca novelmu.

Margaret Atwood

Menulis buku dan menerbitkannya itu seperti berhubungan seks. Pertama kamu mungkin melakukannya untuk cinta, kemudian kamu melakukannya karena sebuah hubungan, dan terakhir sangat mungkin kamu harus melakukannya karena uang.

Virginia Wolf

Dunia penerbitan itu sangat pemalu, hanya pembaca yang jauh lebih berani.

Kiran Desai

Saya menerbitkan buku-buku saya sendiri. Kadang saya melakukannya untuk uang, kadang saya melakukannya karena khawatir tidak ada waktu untuk menerbitkannya di hari esok.

A Wan Bong

6. Quotes Penulisan Umum

quotes menulis terbaikl

Sebagai pelengkap motivasimu untuk menulis, berikut saya tambahkan 5 quotes menulis terbaik dalam tema yang paling umum.

Ada quotes Ali bin Abi Thalib tentang menulis, ada quotes tentang menulis dalam islam dari Imam Syafi’i dan ada juga beberapa quotes lain dari para penulis yang menginspirasi semangatmu dalam menghasilkan tulisan dan konsisten di dalamnya.

Tidak ada yang bisa menghalangi orang dari mati, tapi dengan menulis, ia masih memiliki peluang untuk ‘hidup abadi’.

A Wan Bong

Ilmu itu bagaikan hasil panen atau hasil buruan yang disimpan di dalam karung, menulis adalah cara mengikatnya.

Imam Syafi’i

Setiap penulis akan mati, hanya karyanyalah yang abadi. Maka tulislah sesuatu yang membahagiakan dirimu di akhirat nanti.

Ali bin Abi Thalib

Jika kamu bermimpi menjadi seorang penulis, maka cara mewujudkannya adalah dengan menulis.

Epictetus

Sehebat apa pun bakat dan talenta seorang penulis, tetap tidak akan dapat mengalahkan ketekunan, disiplin dan konsistensi.

A Wan Bong

BACA JUGA:


Abadikan kisah hidupmu

Yuk, bergabung dalam kelas menulis online Penulis Gunung ID dan mulai hasilkan mahakaryamu

technical writer

Penulis terbaik

Anton Sujarwo

Saya adalah seorang penulis buku, content writer, ghost writer, copywriters dan juga email marketer. Saya telah menulis 19 judul buku, fiksi dan non fiksi, dan ribuan artikel sejak pertengahan tahun 2018 hingga sekarang.

Dengan pengalaman yang saya miliki, Anda bisa mengajak saya untuk bekerjasama dan menghasilkan karya. Jangan ragu untuk menghubungi saya melalui email, form kontak atau mendapatkan update tulisan saya dengan bergabung mengikuti blog ini bersama ribuan teman yang lainnya.

Tulisan saya yang lain dapat dibaca pula pada website;

Saya juga dapat dihubungi melalui whatsapp di tautan ini.

Fortopolio beberapa penulisan saya dapat dilihat disini:

Related Posts

6 thoughts on “29 Quotes Menulis Pilihan Terbaik Untuk Penulis

Comments are closed.

%d blogger menyukai ini: