Lompat ke konten
Beranda » Blog » 15 TIPS UNTUK MENINGKATKAN SKILL MENULISMU

15 TIPS UNTUK MENINGKATKAN SKILL MENULISMU

Meningkatkan skill menulis

Sama seperti bidang keterampilan lainnya, untuk meningkatkan skill menulis sebenarnya prinsipnya tidak berbeda. Semakin sering kamu melatih keterampilan menulismu, semakin mahir kamu melakukannya. Semakin tepat metode latihan yang kamu gunakan, akan semakin cepat pula kamu melihat hasilnya.

Pertanyaan terpentingnya kemudian ialah; bagaimana cara meningkatkan skill menulis dan apa metode yang paling ideal untuk melatihnya?

Nah, dalam artikel ini saya akan mengajak kamu untuk melihat 15 tips paling ampuh untuk mengasah dan meningkatkan skill writingmu.

KAMU PUNYA KISAH HIDUP MENARIK UNTUK DIJADIKAN BUKU NAMUN BINGUNG CARA MENULISKANNYA? COBA KONSULTASIKAN DISINI

Tips Ampuh untuk Meningkatkan Skill Menulis

Meningkatkan skill writing
Photo by lilartsy on Pexels.com

Menjadi seorang penulis yang produktif dan mampu menghasilkan karya terbaik adalah impian banyak orang. Persepsi bahwa penulis menghasilkan banyak uang juga ikut mendorong banyak orang mendambakan profesi sebagai seorang writer atau author.

Sayangnya tidak banyak yang mau jujur untuk mengatakan bahwa menjadi penulis juga sebenarnya tidak mudah. Terutama jika kamu benar-benar ingin menjadi penulis yang kompeten, hebat dan mampu menghasilkan karya terbaik. Ada sebuah perjalanan panjang yang harus ditempuh untuk bisa sampai pada kondisi tersebut.

Supaya perjalananmu untuk mencapai tujuan itu lebih mudah, berikut beberapa tips yang dapat kamu praktikkan untuk meningkatkan skill writingmu.

Apakah kamu menulis fiksi, non fiksi, technical writing atau hanya sekedar menulis untuk buku diary, 15 tips ini akan membuat keterampilan menulis yang kamu miliki meningkat dengan drastis.

1. Tetapkan Tujuan Kamu Menulis

Hal utama dan paling penting untuk menjadi seorang penulis yang sukses adalah dengan menentukan terlebih dahulu; untuk apa sebenarnya kamu menulis?

Jadi, tetapkan tujuan, dorongan dan motivasimu untuk menulis.

Semakin jelas tujuan yang kamu miliki dalam aktivitas menulismu, semakin bertenaga kamu menjalani prosesnya.

Menulis ribuan kata setiap harinya, melakukan riset dan mengedit ulang tidak akan menjadi masalah jika kamu telah memiliki tujuan yang kuat dalam menulis.

2. Menulis Setiap Hari

Penulis terbaik manapun telah menjadikan menulis sebagai rutinitas harian mereka. Project penulisan besar seperti ghost writing buku, penulisan autobiografi atau skenario film sulit untuk dikerjakan jika kamu tidak terbiasa melakukannya setiap hari.

Menulis setiap hari adalah metode untuk meningkatkan writing skill yang paling efektif untuk apa pun jenis tulisan yang kamu hasilkan.

Tidak masalah apakah kamu menulis buku, menulis diary, artikel atau hanya status untuk sosial media sekali pun. Pastikan saja bahwa kamu melakukannya secara konsisten di setiap hari.

3. Menulis di Pagi Hari

Meningkatkan skill menulis
Photo by Ivan Samkov on Pexels.com

Kapan waktu favoritmu untuk menulis dan mengalirkan darah dengan kata-kata seperti ungkapan Ernest Hemingway?

Saya secara pribadi memilih waktu yang paling tepat adalah di pagi hari, atau tepatnya di subuh hari. Berkisar antara pukul 03:00 WIB hingga 06:00 WIB adalah waktu emas bagi saya untuk menulis. Setelah beristirahat yang cukup, menulis pada saat itu benar-benar sangat menyenangkan.

Namun ini bukan sebuah keharusan. Kamu mungkin memiliki waktu favorit menulis yang berbeda dan itu sama sekali tidak masalah. Kapan pun waktu terbaik pilihanmu untuk menulis, pastikan saja kamu melakukannya dengan konsentrasi dan pikiran yang segar.

4. Terbiasalah dengan Riset

Cara meningkatkan kemampuan menulis satu ini bukan hanya untuk penulis teknikal atau non fiksi, bahkan penulis fiksi pun harus terbiasa melakukannya. Riset bagaimana pun juga, adalah bagian dari proses penulisan itu sendiri.

Walau mungkin kamu sudah cukup baik menguasai satu materi penulisan, tetap jangan meninggalkan proses riset. Riset disamping memberi kamu persepsi dari sudut pandang yang berbeda, juga bisa menjadi sumber kemunculan ide untuk tema penulisan lainnya.

5. Berlatih dengan Outline

Outline atau kerangka tulisan juga adalah bagian krusial dari mengasah keterampilan menulis. Jika kamu seringkali menemukan dirimu menulis secara acak tanpa struktur yang jelas, outline adalah cara untuk membuat alurnya menjadi lebih tersusun rapi.

Ada banyak sekali manfaat yang bisa kamu dapatkan dari mempraktikkan outline saat menulis, mulai dari memastikan kamu tidak kehilangan ide penulisan sampai menjaga tulisanmu untuk tetap berada pada jalur yang benar.

 6. Coba Template Ide Penulisan

Cara meningkatkan skill menulis
Photo by Suzy Hazelwood on Pexels.com

Saya menulis banyak sekali ide penulisan yang bisa digunakan sebagai premis cerita. Baik fiksi atau pun non fiksi, ide-ide dapat menjadi semacam percikan api yang menyalakan gagasan yang jauh lebih besar dalam benakmu.

Jadi, cobalah untuk menantang dirimu sendiri dengan menggunakan beberapa ide penulisan dan mengubahnya berdasarkan imajinasi dan pikiramu sendiri.

Jika kamu adalah penulis yang tertarik dengan fiksi romantis, beberapa ide ini mungkin akan menarik hatimu.

7. Bawa Catatan dan Pena Kemana Saja

Ide muncul tidak mengenal tempat, waktu dan keadaan. Kamu mungkin terinspirasi ketika sedang menonton film, sedang berjalan-jalan atau pun sedang menikmati secangkir kopi di serambi belakang rumah.

Kamu pastinya tidak ingin ide brilianmu, kalimat puitismu atau pun kata-kata super indah yang terlintas di benakmu menjadi hilang dan terlupakan begitu saja, bukan?

Nah, satu-satunya cara untuk memastikan hal itu tidak terjadi adalah dengan membekali dirimu dengan buku catatan dan pena kemana pun kamu pergi. Jadi, kapanpun ide tersebut muncul, pena dan kertasmu akan mengikatnya dengan segera.

8. Menulislah Seperti Kamu Mengobrol

Penting sekali membangun komunikasi dua arah dalam penulisanmu. Anggap saja pembacamu ada di depanmu dan sedang mendengarkan apa yang sedang kamu tuliskan melalui suaramu secara langsung.

Kamu dapat menyapa mereka, menanyakan persetujuan mereka atau mungkin sedikit bercanda.

Bahasa yang resmi dan formal menjadi perlu kamu praktikkan ketika kamu sedang menulis untuk sesuatu yang konteks yang formal pula. Saran terbaiknya adalah, biasakan dirimu untuk menulis baik dengan cara formal mau pun dalam bahasa yang lebih santai.

9. Jadilah Pendongeng

Cara meningkatkan skill menulis
Photo by Angela Roma on Pexels.com

Storytelling adalah metode paling efektif untuk menyampaikan pesan apa saja. Apakah kamu menulis komik, cerpen, email marketing, atau apa pun saja, storytelling akan membuatnya menjadi lebih mudah diterima pembaca.

Storytelling sama dengan mendongeng. Ini mungkin keterampilan yang dipandang sebelah mata, namun dalam menulis, ini sangat besar perannya untuk kesuskesanmu

Tulisanmu yang mengalir seperti dongeng, dilengkapi dengan karakter, konflik dan amanat, bahkan akan jauh masuk ke dalam dunia bawah sadar para pembaca.

10. Bangun Empati dengan Pembaca

Penulis yang memiliki empati memiliki kesempatan lebih besar untuk membangun hubungan yang lebih erat dengan pembacanya. Apakah kamu menulis fiksi atau menulis artikel untuk kepentingan promosi, pastikan kamu bisa menemukan cara untuk melihat permasalahan seperti bagaimana cara pembacamu melihatnya.

Menempatkan diri seolah-olah kamu adalah bagian dari pembaca akan memberikan kamu sudut pandang yang lebih luas pada dunia mereka.

Dengan cara itu permasalahan mereka, harapan mereka dan impian mereka akan lebih mudah untuk kamu tangkap dan terjemahkan melalui tulisanmu.

11. To the Point

Dalam penulisan apa pun, hindari gaya yang berbelit-belit dan terlalu banyak basa basi.

Basa basi hanya boleh kamu gunakan jika itu memang merupakan karakter tokoh dalam ceritamu. Namun, jika basa basi itu hanya kamu gunakan supaya tulisan kamu lebih panjang dan jumlah katanya lebih banyak, maka itu adalah ide buruk.

Pembaca tidak suka berbelit-belit, berputar-putar dan basa-basi. Sampaikan apa yang kamu inginkan dalam tulisan dengan lugas, jelas dan to the point.

12. Tulis Apa yang Membuat Kamu Tertarik

Jika kamu menangis saat menulis, pembacamu juga akan menangis saat membaca

Robert Frost

Sesuatu yang membuat kamu tertarik untuk menulis akan memiliki kekuatan yang sama bagi pembaca. Hal-hal yang menjadikan kamu terpesona akan memberikan pesona pula untuk pembaca.

Jadi tips yang kedua belas ini adalah dengan menulis apa yang membuat kamu tertarik.

Dengan menulis hal-hal yang kamu sendiri terpesona, tulisanmu biasanya akan lebih kuat dan lebih menarik bagi pembaca.

13. Ambil Jeda

Meningkatkan skill menulis
Photo by Du00f3 Castle on Pexels.com

Dalam kelas menulis online Penulis Gunung ID saya mewajibkan peserta kelas saya untuk mengambil jeda setelah menulis naskah pertama mereka. Waktu jeda adalah keharusan dalam menulis supaya pikiran dan mata menjadi lebih segar pada saat kembali ke naskah untuk melakukan editing.

Dalam menulis buku non fiksi, buku fiksi atau buku jenis apa pun, saya menyarankan paling tidak mengambil waktu jeda minimal satu pekan sebelum kembali ke naskah.

Namun jika kamu menulis artikel, cerpen, atau apa saja yang lebih singkat daripada buku. Waktu jeda juga harus ada walaupun hanya untuk melemaskan otot-otot dan meminum secangkir kopi.

14. Baca Tulisanmu dengan Lantang

Ada dua cara yang bisa kamu lakukan dalam tips ini.

Tips pertama adalah membaca sendiri tulisanmu dengan suara keras, kemudian menemukan kalimat-kalimat yang terdengar aneh dan membingungkan. Setelah kamu identifikasi kalimat tersebut, identifikasi pula kesalahannya untuk diedit kemudian.

Tips kedua adalah dengan meminta temanmu untuk mendengarkan kamu membacanya dan memintanya untuk memberi penilaian bagian mana saja yang membutuh penulisan ulang.

Atau sebaliknya, kamu juga bisa meminta temanmu untuk membacakan tulisanmu dengan lantang dan kamu yang mengidentifikasi bagian-bagian yang membingungkan.

15. Perbanyak Membaca, Menulis, dan Berlatih

Tips terakhir yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan skill menulis adalah dengan memperbanyak membaca, menulis ulang dan melatih penulisanmu secara rutin.

Penulis manapun akan mampu menulis hanya sebaik kemampuan mereka dalam membaca.

Jika kamu rajin membaca, maka penulisanmu pun akan semakin baik dari waktu ke waktu. Untuk mempercepat keterampilan menulismu mencapai tingkat yang lebih tinggi, maka melatihnya dengan berbagai cara seperti di atas adalah hal yang bisa kamu lakukan.

Selamat mencoba.

BACA JUGA:

Kelas Menulis Online

Menjadi Penulis

Tidak harus jadi hebat untuk memulainya, tetapi Anda harus memulai supaya jadi hebat. Yuk, gabung bersama Kelas Menulis Online sekarang.

Penulis terbaik

Anton Sujarwo

Saya adalah seorang penulis buku, content writer, ghost writer, copywriters dan juga email marketer. Saya telah menulis 19 judul buku, fiksi dan non fiksi, dan ribuan artikel sejak pertengahan tahun 2018 hingga sekarang.

Dengan pengalaman yang saya miliki, Anda bisa mengajak saya untuk bekerjasama dan menghasilkan karya. Jangan ragu untuk menghubungi saya melalui email, form kontak atau mendapatkan update tulisan saya dengan bergabung mengikuti blog ini bersama ribuan teman yang lainnya.

Tulisan saya yang lain dapat dibaca pula pada website;

Saya juga dapat dihubungi melalui whatsapp di tautan ini.

Fortopolio beberapa penulisan saya dapat dilihat disini:

Terimakasih atas waktu anda membaca artikel ini. Senang sekali jika Anda berkenan meninggalkan komentar atau pendapat Anda sendiri mengenai subyek dalam artikel ini. Terimakasih.

%d blogger menyukai ini: