Lompat ke konten
Beranda » Blog » 3 BISNIS UNTUK MENGHASILKAN UANG BAGI PENULIS

3 BISNIS UNTUK MENGHASILKAN UANG BAGI PENULIS

Jika kamu mengartikan aktivitas menulis juga sebagai cara untuk menghasilkan uang bagi penulis, kamu harus berkenalan dengan bisnis dalam dunia penulisan. Bagaimana pun juga, kamu bisa membangun karir yang sukses dalam dunia menulis melalui banyak cara.

Dalam artikel lain mungkin kamu sudah membaca bagaimana cara menjadi penulis online yang menghasilkan uang. Menjadi penulis artikel untuk blog, mengikuti lomba penulisan, menulis di platform novel online, dan lain sebagainya. Apa pun opsi yang disampaikan dalam artikel seperti itu, kamu tetap harus memilih satu profesi sebagai cara menghasilkan uang dari aktivitas menulis.

Tapi bagaimana jika membangun bisnis sebagai penulis? Apa pilihan bisnis yang paling menarik dan menguntungkan bagi seorang penulis?

Nah jika kamu adalah seorang penulis sekaligus juga memiliki jiwa enterpreneurship, tulisan dalam artikel ini ideal sekali untuk kamu ikuti.

KAMU PUNYA KISAH HIDUP MENARIK UNTUK DIJADIKAN BUKU NAMUN BINGUNG CARA MENULISKANNYA? COBA KONSULTASIKAN DISINI

Pilihan Jenis Bisnis untuk Menghasilkan Uang Bagi Penulis

Cara menghasilkan uang bagi penulis
Photo by Alexander Mils on Pexels.com

Hal pertama yang harus kamu pahami terlebih dulu untuk mengembangkan jiwa wira usaha sebagai penulis adalah dengan menganggap menulis adalah sebuah bisnis. Jadi, pekerjaan menulis harus kamu anggap sebagai sebuah bisnis, bukan hanya sekedar menyalurkan inspirasi dan merangkai kata-kata.

Sebagai penulis, buku yang kamu tulis adalah produk yang kamu hasilkan, sementara pembaca yang membacanya adalah pelanggan atau customer bisnismu. Jika kamu sudah pernah menulis buku dan memiliki pembaca, artinya kamu sudah punya produk dan pelanggan. Selamat, itu berita yang bagus.

Tapi kabar pahitnya adalah; buku yang ditulis tidak bisa menjual dirinya sendiri.

Ada sangat banyak penulis yang berharap setelah menulis satu dua buku dan menerbitkannya, penjualannya akan meledak dan ia bisa menghasilkan banyak uang. Sayangnya itu seringkali tidak terjadi. 97% buku yang diterbitkan di dunia hanya terjual di bawah 300 copy saja sepanjang masa.

Nah jika kamu menerbitkan buku dengan tujuan mendapatkan keuntungan dan memperoleh penghasilan dari sana, beberapa hal ini perlu untuk kamu pertimbangkan.

4 Unsur Penting dalam Membangun Bisnis Sebagai Penulis

Sebagai seorang penulis, ada 4 komponen yang dimiliki dan menentukan kesuksesan bisnis yang ia kerjakan. Empat komponen tersebut adalah produk, aliran pendapatan, basis pelanggan dan biaya.

Jika kamu mampu membangun empat komponen ini dalam karir kepenulisanmu dengan baik dan seimbang, tidak diragukan lagi bahwa kamu akan sukses menghasilkan banyak uang sebagai seorang penulis nantinya.

Sekarang mari kita mulai dari komponen yang pertama.

Produk Seorang Penulis

Elemen penting pertama dalam bisnis sebagai penulis adalah produk.

Secara sederhana produk adalah segala sesuatu yang dihasilkan oleh penulis untuk memperoleh pendapatan atau uang.

Produk yang dihasilkan penulis tidak hanya berbentuk buku yang dicetak dan dijual di banyak toko buku. Berbagai jenis lain yang termasuk produk dari seorang penulis misalnya adalah; e-book, audiobook, artikel berbayar, buku cetak dan buku kerja.

Penghasilan atau gaji penulis lepas diperolehnya saat produknya terjual dan digunakan oleh pelanggan. Nah, jika penulis lepas itu menulis artikel, blog post, puisi atau apa saja, maka artikel, blog post dan puisi itulah yang juga menjadi produknya.

Aliran Pendapatan Penulis

Satu produk yang dihasilkan oleh seorang penulis, dapat menghasilkan beberapa aliran pendapatan sekaligus. Satu buku yang ditulis misalnya bisa menghasilkan beberapa pemasukan sekaligus jika diubah menjadi e-book, audibook, video atau kursus.

Semakin banyak aliran pendapatan yang bisa dihasilkan oleh sebuah produk, maka semakin besar peluang bagi penulis untuk megumpulkan lebih banyak uang.

Dengan arus perkembangan dunia teknologi seperti sekarang, potensi aliran pendapatan seorang penulis juga bisa menjadi lebih banyak. Bahkan satu jenis produk dan satu jenis aliran pendapatan pun dapat dikembangkan menjadi lebih luas cakupannya.

Misalnya begini;

Kamu menulis sebuah buku dalam bentuk e-book. E-book itu kamu jual di platform besar seperti google play book, di amazon, di marketplace nasional dan di kelas pengajaran. Dengan demikian aliran pendapatan yang kamu miliki pun akan memiliki peluang lebih besar.

Basis Pelanggan Penulis

Cara menghasilkan uang bagi penulis
Photo by cottonbro on Pexels.com

Pelanggan seorang penulis tentu saja adalah para pembaca buku-bukunya.

Nah, sekali lagi ketika ingin mengembangkan jiwa wira usaha sebagai seorang penulis, kamu perlu melihat pembacamu sebagai customer. Setelah memastikan cara pandang itu, tugas kamu kemudian adalah dengan memvisualisasikan apa saja kebutuhan pelangganmu.

Beberapa penulis membangun segmentasi khusus sebagai basis pelanggan mereka. Basis pelanggan inilah kemudian yang menentukan kesuksesan seorang penulis yang berhubungan langsung pula dengan aliran pendapatan dan produk mereka.

Basis pelanggan dapat dibangun dengan berbagai cara. Di sosial media, melalui video youtube, melalui subscriber blog, dan melalui email. Atau bahkan dengan cara yang lebh tradisional lagi.

Pembiayaan Bisnis Penulis

Biaya bagi seorang penulis adalah segala harga yang ia harus keluarkan untuk bisa menghasilkan produk dan aliran pendapatan.

Jika kamu adalah seorang penulis independen yang menerbitkan bukumu secara mandiri, maka biayanya adalah segala hal yang kamu butuhkan supaya buku tersebut bisa terbit. Ini termasuk pembuatan cover, percetakan, pemasaran dan lain sebagainya.

Jika buku itu kemudian diubah kembali menjadi audiobook atau materi kursus atau pelatihan, maka biayannya adalah apa pun yang dibutuhkan supaya e-book dan audiobook tersebut dapat menjadi aliran pendapatan yang aktif bagi penulis.

3 Jenis Bisnis Paling Populer Bagi Penulis untuk Menghasilkan Uang

Nah, setelah mengetahui 4 unsur penting dalam membangun bisnis sebagai seorang penulis, lalu apa saja bisnis yang bisa kamu teknuni untuk mendapatkan cukup uang?

Di Indonesia ada banyak pilihan profesi bagi seorang penulis untuk menghasilkan uang. Dari sekedar menjadi penulis blog, ghost writer, tehnical writer hingga menjadi seorang penulis skenario untuk film, video atau channel youtube.

Namun jika berbicara tentang bisnis bagi seorang penulis dengan mencakup 4 unsur sebelumnya, setidaknya ada 3 cara bagi penulis yang ingin menghasilkan uang dengan bisnisnya sendiri, yaitu;

1. Menerbitkan Buku dengan Volume Besar

Cara menghasilkan uang bagi penulis
Photo by Element5 Digital on Pexels.com

Satu cara menghasilkan cukup banyak uang bagi seorang penulis adalah dengan menjadi penerbit sekaligus. Jadi, disamping menulis dan menerbitkan buku kamu sendiri, kamu juga dapat menerbitkan buku karya orang lain.

Fokus untuk menghasilkan banyak uang bagi penulis dalam bisnis ini adalah dengan menerbitkan sebanyak mungkin buku komersial yang paling berpotensi laris. Penjualan buku dalam jumlah yang banyak adalah aliran pendapatan utama jika kamu memilih bisnis penerbitan untuk menghasilkan uang.

Jika kamu memilih jenis bisnis penerbitan bervolume tinggi sebagai cara mencetak banyak uang, kamu juga perlu cermat untuk melihat pasar yang paling banyak peminatnya.

Untuk buku fiksi kamu mungkin harus banyak melihat buku-buku dengan genre yang paling laris di Indonesia. Religi romantis, misteri romantis, horor dan romance dewasa adalah beberapa genre yang memiliki banyak peminatnya. Untuk kategori buku non fiksi, kamu mungkin harus lebih banyak memperhatikan buku-buku motivasi, panduan, tutorial dan sebagainya.

Intinya adalah jika kamu memilih penerbitan bervolume tinggi sebagai bisnis untuk menghasilkan uang sebagai penulis, fokusmu adalah penjualan dalam jumlah besar untuk buku-buku yang paling laris di pasaran.

Membangun Bisnis Sambil Terus Bekerja

Cara yang paling banyak dilakukan oleh para penulis di seluruh adalah ini; menulis, menghasilkan buku, perlahan-lahan membangun bisnis penulisan dan sambil terus bekerja. Ketika pendapatan dari bisnis sudah mencukupi untuk kebutuhan, bekerja dapat ditinggalkan.

Haruki Murakami adalah seorang manajer klub musik jazz sembari ia menghasilkan karya-karya terbaiknya. Setelah profesinya sebagai penulis sudah mampu mem-backup semua kebutuhannya, barulah Haruki meninggalkan pekerjaan dan gajinya sebagai manajer klub jazz.

Anne Rice juga begitu sebelum terjun dalam dunia penulisan secara totalitas, ia adalah pemeriksa klaim asuransi. John Green juga sama, ia merupakan asisten penerbitan dan editor produksi sebelum mendapatkan kemapanan sebagai seorang penulis yang sukses.

Tidak perlu merasa malu jika kamu harus terus bekerja sambil mengembangkan karirmu sebagai penulis.

Pekerjaan dan penghasilan yang stabil adalah investasi paling ideal untuk mendukung karir sebagai penulis. Ini semakin penting artinya jika misalnya kamu adalah seorang penulis indie yang menuliskan karyamu secara independen. Akan ada banyak biaya dan tagihan untuk itu. Gaji tetap dari pekerjaan utama untuk sementara bisa mengatasinya.

Menerbitkan Buku dan Mengajarkannya

Cara menghasilkan uang bagi penulis
Photo by u795d u9e64u69d0 on Pexels.com

Ini adalah salah satu jenis bisnis paling populer yang bisa dikembangkan seorang penulis. Kamu dapat membangun karier sebagai penulis sekaligus menjadi otoritas yang mengajarkan hal yang kamu tulis tersebut kepada orang lain.

Ada banyak penulis buku non fiksi yang juga menjadi orang yang mengajarkan apa yang ia tulis dalam bentuk kursus, seminar, pelatihan dan lain sebagainya.

Kamu pastinya pernah mendengar nama Ary Ginanjar Agustian yang mempopulerkan metode ESQ sekaligus juga mengajarkan hal tersebut dalam berbagai pelatihan, bukan?

Atau kamu juga kenal dengan nama Ippho Santosa yang populer sebagai penulis buku 7 Keajaiban Rezeki yang sekaligus menjadi domain yang mengajarkan hal tersebut dalam berbagai pelatihan.

Saya pun melakukan hal yang sama saat ini. Untuk buku ilmu kepenulisan yang saya tulis seperti Cara Menulis Kisah Hidup Menjadi Buku Memoar atau Autobiografi, saya juga mengajarkannya dalam Kelas Menulis Online yang saya bimbing.

Nah, jika kamu adalah seorang penulis yang menulis buku dengan ilmu yang bisa kamu bagikan kepada orang lain, jenis bisnis satu ini jelas bisa kamu lakukan. Kamu bisa membuka kursus, mengadakan event pelatihan dan lain sebagainya.

Kesimpulan

Setelah membaca beberapa model bisnis yang bisa kamu pilih untuk menghasilkan uang sebagai seorang penulis di atas, sekarang tentukan mana yang akan kamu pilih. Kamu juga dapat mengkombinasikan beberapa jenis bisnis sebagai aliran pendapatan untuk memberikan kecepatan dan peluang yang lebih baik untuk karir menulismu.

Sebagai bantuan untuk memilih model jenis bisnis penulisan yang bagaimana paling tepat bagimu untuk menghasilkan uang, menjawab pertanyaan berikut akan memudahkannya.

  • Produk apa yang akan kamu hasilkan dari profesimu sebagai penulis?
  • Aliran pendapatan mana yang paling ingin kamu wujudkan?
  • Siapa pasar produkmu, bagaimana kamu mengidentifikasi basis pelangganmu?
  • Bagaimana kamu akan membiayai operasional bisnis tersebut?

Dengan menjawab pertanyaan ini sedetail mungkin, semakin jelas juga peta kesuksesan sebagai penulis yang bisa kamu bangun.

Jadi, selamat mencoba.

BACA JUGA:

Ceritakan kisah hidupmu

Abadikan kisah hidup menjadi novel dengan mempelajari caranya di kelas menulis kami

Penulis terbaik

Anton Sujarwo

Saya adalah seorang penulis buku, content writer, ghost writer, copywriters dan juga email marketer. Saya telah menulis 19 judul buku, fiksi dan non fiksi, dan ribuan artikel sejak pertengahan tahun 2018 hingga sekarang.

Dengan pengalaman yang saya miliki, Anda bisa mengajak saya untuk bekerjasama dan menghasilkan karya. Jangan ragu untuk menghubungi saya melalui email, form kontak atau mendapatkan update tulisan saya dengan bergabung mengikuti blog ini bersama ribuan teman yang lainnya.

Tulisan saya yang lain dapat dibaca pula pada website;

Saya juga dapat dihubungi melalui whatsapp di tautan ini.

Fortopolio beberapa penulisan saya dapat dilihat disini:

Terimakasih atas waktu anda membaca artikel ini. Senang sekali jika Anda berkenan meninggalkan komentar atau pendapat Anda sendiri mengenai subyek dalam artikel ini. Terimakasih.

%d blogger menyukai ini: