Lompat ke konten
Beranda » Blog » 12 CARA MENJADI PENULIS ONLINE YANG MENGHASILKAN UANG

12 CARA MENJADI PENULIS ONLINE YANG MENGHASILKAN UANG

Ada sangat banyak cara menjadi penulis online yang menghasilkan uang dalam jumlah besar di internet. Tidak masalah penulisan jenis apa pun yang kamu kuasai, jika kamu tertarik menghasilkan lebih banyak uang dengan cara menulis, kesempatan ini terbuka lebar buatmu.

Nah, apa saja yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan lebih banyak uang dari skill menulis yang kamu miliki?

12 Cara Menjadi Penulis Online yang Menghasilkan Uang dengan Mudah

cara menjadi penulis online yang menghasilkan uang
Photo by Karolina Grabowska on Pexels.com

Menjadi seorang penulis di era digital sekarang memungkinkan kamu untuk membangun karir mandiri secara online. Ada banyak sekali cara yang bisa kamu gunakan untuk menghasilkan uang dari profesi menulis. Kamu tinggal memilih ingin menekuni bidang apa yang paling cocok untuk kamu lakukan.

Kamu mungkin mengenal beberapa aplikasi menulis menghasilkan uang dimana kamu bisa mengirim novel, cerpen dan puisi, kemudian mendapatkan uang dari aplikasi tersebut. Cara ini menjadi gambaran umum bagi para penulis pemula ketika membayangkan kehidupan seorang penulis era digital mendapatkan uang mereka, Namun ketahuilah, sebenarnya ada lebih banyak cara yang menarik untuk dilakukan.

Apa pun jenis penulisan yang kamu minati; Fiksi, non fiksi, penulisan akademik, skenario dan lain sebagainya, semuanya bisa kamu berdayakan untuk menghasilkan banyak uang secara online.

Lantas apa saja cara tersebut?

Berikut 12 di antaranya;

1. Membangun Blog

cara menjadi penulis online yang menghasilkan uang
Photo by Canva Studio on Pexels.com

Blogging adalah salah satu cara menghasilkan uang online yang sangat relevan bagi seorang penulis. Ada ribuan para penulis dengan berbagai latar belakang tema penulisan yang sudah sukses meraup banyak uang dari membangun blog.

Jadi, jika kamu bertanya-tanya apakah mungkin setiap penulis bisa menghasilkan cukup uang dari blog, maka jawabannya adalah IYA, blog adalah cara yang sudah teruji sekian lama.

Langkah pertama jika kamu memilih blog untuk menghasilkan uang adalah dengan memilih niche atau tema blog. Penulis gunung ini misalnya menggunakan tema penulisan sebagai niche blog. Blog saya yang lain seperti www.arcopodojournal.id menggunakan niche dunia petualangan dan pendakian gunung sebagai tema penulisan. Intinya adalah; pilih niche blog yang paling kamu sukai.

Untuk membuat blogmu menjadi lebih baik, kamu membutuhkan domain, hosting, template dan lain sebagainya. Kamu juga perlu mempelajari keterampilan tentang SEO untuk mendatangkan lebih pengunjung ke blog yang kamu buat.

Tapi ingat, membangun blog akan menuntut disiplin, konsisten dan kesabaran. Blogging bukan bisnis satu malam yang bisa langsung membuat kamu mendapatkan banyak uang dalam waktu yang singkat.

Lantas bagaimana cara mendapatkan uang dari blog sebagai seorang penulis?

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan, beberapa yang paling populer misalnya adalah;

  • Menjadi penayang bagi perusahaan iklan raksasa seperti Google Adsense.
  • Menawarkan jasa sebagai ghost writing.
  • Menjual produk fisik.
  • Menjual produk digital.
  • Affiliate marketing.
  • Menjual kursus online, pelatihan, konsultasi,
  • Dan masih banyak lagi.

2. Menulis untuk Blog Orang Lain

Cara kedua yang bisa kamu lakukan untuk menghasilkan uang secara online sebagai seorang penulis adalah dengan menulis untuk blog orang lain.

Setiap blog membutuhkan konten, sementara konten adalah tulisan atau artikel-artikel yang berisi informasi, tutorial, edukasi dan lain sebagainya. Sebagai penulis, kamu pasti bisa menuliskannya.

Ada banyak blogger yang membutuhkan penulis untuk mengisi konten blog mereka. Atau kamu juga bisa menemukan lowongan kerja penulis artikel dibayar pada banyak platform freelance online seperti project.id, freelancer, atau sribulancer.

3. Menerbitkan Buku Sendiri

Penulis Gunung

Jenis buku apa pun yang kamu hasilkan, selalu ada pilihan untuk menerbitkannya secara mandiri. Cara menerbitkan buku mandiri dengan metode self publishing dapat kamu pelajari dalam artikel ini.

Jika kamu sudah menulis sebuah buku dan tidak terpikir untuk mengirimnya ke penerbit besar, mengapa tidak menerbitkan sendiri melalui jalur indie? Penerbitan self publishing adalah jalur penerbitan yang menantang, independen dan lebih berpeluang mendapatkan banyak uang.

Jadi, jika kamu bertanya bagaimana cara mendapatkan uang dari menulis novel yang paling sederhana? Maka, menerbitkan sendiri novelmu melalui self publishing adalah opsi yang bisa kamu gunakan.

4. Membuat Konten Afiliasi

Kamu mungkin pernah melihat konten sosial media seperti facebook, twitter, pinterest, tiktok yang menempatkan tautan ke salah satu produk di matketplace, bukan?

Konten tentang masakan mungkin memberi tautan produk alat masak, sementara konten alam bebas memasang tautan untuk produk berkemah, dan seterusnya.

Nah, itu adalah konten afiliasi. Sebagai penulis kamu bisa mendapatkan uang dengan cara yang sama.

Ketika tautan pada konten yang kamu buat dikunjungi kemudian diklik oleh pembaca dan terjadi pembelian, akan ada persentase keuntungan untuk kamu yang diberikan. Besarnya sangat beragam, bisa 10%, 20% atau bahkan 50% untuk produk-produk tertentu.

5. Menjadi Penulis Script Video

cara menjadi penulis online yang menghasilkan uang
Photo by Caleb Oquendo on Pexels.com

Di samping menulis buku, mengajar di kelas menulis, saya juga kadang-kadang menulis naskah untuk video beberapa channel youtube sebagai penghasilan tambahan. Di beberapa kesempatan, saya juga mengajak beberapa penulis lain untuk bersama-sama menulis script video dalam sebuah project.

Jika kamu tertantang untuk mencari tahu cara mendapatkan uang dari menulis cerpen, maka ini adalah salah satu jawabannya. Dengan mengubah cerpen tersebut dalam naskah drama kemudian diajukan pada kreator video seperti di channel youtube, kamu bisa mendapatkan uang dari sana.

Modal terbesar dalam menulis naskah video adalah kreativitas dan imajinasi, sebagai penulis kamu pasti sudah memilikinya, kan?

Beberapa kreator video tidak membutuhkan naskah yang sempurna seperti skenario film. Prioritas mereka adalah kualitas cerita dan biasanya, plot twist yang ditawarkan.

6. Mengikuti Lomba Menulis

Cara selanjutnya yang juga bisa kamu lakukan untuk mendapatkan uang secara online dari profesimu sebagai penulis adalah dengan mengikuti lomba penulisan.

Ini mungkin sedikit terkesan ‘berjudi’ karena hanya yang memenangkan perlombaan yang akan mendapatkan uang. Namun, jika kamu memiliki cukup banyak waktu dan juga mampu menulis dengan baik, mengapa tidak mencobanya?

Ada banyak manfaat yang bisa kamu peroleh dengan mengikuti kontes menulis seperti ini selain uang. Kamu bisa mendapatkan teman sesama penulis dan membangun relasi atau kamu juga bisa belajar lebih banyak dari tulisan penulis lain.  Terlebih jika kamu menang, nama dan popularitasmu sebagai penulis juga bisa terangkat.

Ada banyak informasi perlombaan menulis yang bisa kamu temukan di internet. Kamu hanya perlu lebih jeli untuk menemukan lomba mana yang paling kamu tepat untuk kamu ikuti.

7. Menjadi Ghost Writing untuk Penulisan Akademik

cara menjadi penulis online yang menghasilkan uang

Ada banyak penulisan akademik untuk berbagai kepentingan, mulai dari penelitian, persyaratan untuk kenaikan pangkat, persyaratan untuk praktisi pendidikan dan lain sebagainya. Nah, tidak sedikit juga di antara orang-orang yang diharuskan menulis akademik ini merasa kesulitan melakukannya.

Ini tentu saja menjadi peluang untuk kamu sebagai seorang penulis.

Jika kamu cukup bagus dalam penulisan akademik, kamu dapat menjual jasamu sebagai seorang ghost writer tulisan akademik seperti skripsi, disertasi, jurnal, Penelitian Tindakan Kelas dan lain sebagainya.

Apakah hanya penulis dengan latar belakang pendidikan tinggi saja yang bisa menjadi seorang ghost writer untuk tulisan akademik?

Tentu tidak, dari latar belakang apa pun yang kamu miliki, selama kamu cukup bagus dalam menulis akademik, peluang ini terbuka lebar bagimu untuk menghasilkan banyak uang.

8. Menulis dan Menjual Lagu

Apakah kamu seorang penulis yang juga bisa menulis lagu?

Jika iya, peluang selanjutnya yang bisa kamu gunakan untuk menghasilkan uang adalah dengan menjual lagu-lagu karyamu di platform yang sudah ada. Atau jika kamu cukup kreatif untuk menemukan calon pembeli, kamu bisa menjual lagumu melalui media sosial, blog atau channel tertentu.

Dalam ruang lingkup internasional, beberapa situs berikut akan dengan senang hati membeli lagu yang kamu buat jika itu memang bagus.

  • TuneCore
  • Songbay
  • AirGigs

9. Menulis untuk Search Engine Optimazation (SEO)

cara menjadi penulis online yang menghasilkan uang
Photo by Damien Lusson on Pexels.com

Salah satu bayaran terbaik sebagai penulis online untuk menghasilkan uang adalah dengan menulis SEO. SEO sendiri adalah optimasi penulisan konten website yang menerapkan beberapa formulasi supaya lebih mudah terindeks oleh mesin pencari seperti Google, Yahoo, atau Bing, sekaligus juga ramah bagi pembaca.

Ada banyak tempat untuk mempelajari penulisan SEO. Kamu bisa berselancar di internet dan menemukan totorial menulis dengan standar SEO dalam banyak format.

Dalam edukasi penulisan SEO kamu akan diperkenalkan dengan berbagai istilah populer seperti keyword dan backlink. Setelah kamu cukup familiar dengan jenis penulisan ini, kamu pun bisa mulai menghasilkan uang secara online sebagai seorang penulis SEO.

10. Menulis Deskripsi Produk

Sebagai seorang penulis, cara lain yang bisa kamu gunakan untuk menghasilkan uang secara online adalah dengan menulis deskripsi produk.

Beberapa perusahaan berani membayar cukup tinggi supaya deskripsi produk yang mereka miliki menjadi lebih informatif dan lebih menarik bagi calon pembeli.

Nah, kamu perlu melihat peluang seperti ini dalam berbagai informasi lowongan pekerjaan untuk penulis. Atau kamu juga bisa mengpromosikan dirimu sendiri melalui platform freelance writer yang banyak terdapat di internet.

11. Ghost Writing untuk Penulisan Technical

cara menjadi penulis online yang menghasilkan uang

Technical writing sebenarnya mencakup juga penulisan untuk deksripsi produk, manual book atau buku petunjuk penggunaan, penulisan konten digital, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Setiap penulisan technical, tentu saja memiliki perbedaan dalam penyusunan dan karakteristiknya. Nah, untuk dapat menjadi ghost writer dengan kemampuan penulisan technical semacam ini, perlu bagi kamu mempelajari masing-masing struktur penulisan.

Antara menulis untuk kesehatan dan menulis untuk informasi keuangan tentu saja ada perbedaan. Namun pada umumnya technical writing lebih menitikberatkan pada tujuan tulisan sebagai edukasi dan informasi yang lengkap bagi pembaca.

12. Menjadi Admin Sosial Media

Cara selanjutnya yang juga bisa kamu lakukan untuk menghasilkan uang sebagai seorang penulis adalah dengan menjadi admin media sosial.

Ada banyak individu, perusahaan, organisasi yang ingin terus meng-update sosial media mereka namun tidak memiliki waktu untuk melakukannya. Pada umumnya mereka siap untuk membayar untuk siapa saja yang bisa melakukan hal tersebut untuk mereka.

Menjadi admin fanspage facebook, instagram, tiktok, youtube adalah beberapa profesi yang bisa coba.

Bahkan jika kamu cukup jeli menemukan peluang ini dan bisa konsisten melakukannya, kamu bisa menjadi admin di beberapa media sosial dan mengumpulkan cukup banyak uang dari profesi ini.

BACA JUGA:

Kisah hidupmu menarik?

Kamu ingin menulisnya menjadi buku tapi bingung cara melakukannya, coba konsultasikan disini

Kelas Menulis Online
Penulis Indonesia

Anton Sujarwo

Saya adalah seorang penulis buku, content writer, ghost writer, copywriters dan juga email marketer. Saya telah menulis 19 judul buku, fiksi dan non fiksi, dan ribuan artikel sejak pertengahan tahun 2018 hingga sekarang.

Dengan pengalaman yang saya miliki, Anda bisa mengajak saya untuk bekerjasama dan menghasilkan karya. Jangan ragu untuk menghubungi saya melalui email, form kontak atau mendapatkan update tulisan saya dengan bergabung mengikuti blog ini bersama ribuan teman yang lainnya.

Tulisan saya yang lain dapat dibaca pula pada website;

Saya juga dapat dihubungi melalui whatsapp di tautan ini.

Fortopolio beberapa penulisan saya dapat dilihat disini:

1 tanggapan pada “12 CARA MENJADI PENULIS ONLINE YANG MENGHASILKAN UANG”

  1. Pingback: 9 LANGKAH MENJADI PENULIS NOVEL YANG SUKSES

Terimakasih atas waktu anda membaca artikel ini. Senang sekali jika Anda berkenan meninggalkan komentar atau pendapat Anda sendiri mengenai subyek dalam artikel ini. Terimakasih.

%d blogger menyukai ini: