Lompat ke konten
Beranda » Blog » 11 MANFAAT KELAS MENULIS ONLINE BAGI PENULIS PEMULA

11 MANFAAT KELAS MENULIS ONLINE BAGI PENULIS PEMULA

Manfaat kelas menulis online

Jadi, kamu bertanya tentang apa saja manfaat kelas menulis online?

Memang kelas menulis online atau pelatihan menulis bukan hal yang wajib untuk seorang penulis mau pun calon penulis. Akan tetapi, jika kamu ingin membuat perjalanananmu sebagai seorang penulis lebih cepat mencapai kesuksesan, ini adalah cara yang ampuh untuk ditempuh.

Ada banyak manfaat yang bisa kamu peroleh dengan mengikuti kelas menulis disamping mendapatkan ilmu kepenulisan semata. Manfaat-manfaat ini akan memberikan jalan yang lebih luas bagi kariermu sebagai penulis.

Lantas, apa saja manfaat yang bisa kamu peroleh dengan mengikuti kelas menulis?

Berikut 11 yang paling penting di antaranya.

Manfaat Kelas Menulis Online untuk Seorang Penulis

kelas menulis online terbaik
Photo by Artem Podrez on Pexels.com

Sebenarnya kelas menulis online tidak hanya diperuntukkan bagi penulis pemula yang baru akan memasuki dunia menulis saja. Bahkan penulis profesional yang sudah berpengalaman juga bisa ikut dalam sebuah workshop menulis karena manfaatnya yang begitu banyak.

Dengan konsep online yang dimilikinya, kamu tidak perlu pergi ke suatu tempat khusus untuk mengikuti kelas. Hanya dengan duduk di depan laptop dan tersambung ke internet, kamu sudah bisa ikut kelas dan terhubung ke tutor penulisan dan mendengarkan arahan mereka.

Beberapa bimbingan menulis online juga menerapkan jam pembelajaran yang fleksibel, yang artinya kamu bisa menentukan jam belajarmu sendiri. Biasanya, jam belajar yang fleksibel digunakan oleh bimbingan menulis privat dengan peserta penulisan yang eksklusif.

Apa pun pilihan kelas menulis yang kamu ambil, baik privat atau pun kelas umum, beberapa manfaat berikut ini akan bisa kamu dapati bila mengikutinya dengan baik.

1. Kelas Menulis Membantumu Lebih Fokus

Hal pertama yang akan kamu peroleh ketika ikut dalam kelas menulis online adalah fokus. Dengan fokus kamu akan lebih mudah untuk mengatasi segala macam hambatan dalam dunia kepenulisan.

Fokus adalah salah satu energi yang dibutuhkan oleh seorang penulis dalam grade apa pun. Jika kamu adalah seorang penulis yang baru atau pemula, fokus akan membantu kamu untuk tetap pada tujuan kamu yang sebenarnya.

Ada banyak penulis pemula yang memiliki ide sangat menarik untuk diubah menjadi sebuah karya cerita dalam cerpen, novel, atau karya sastra yang lainnya. Namun ide yang banyak ini justru kadang menjadi sebuah penghalang mereka untuk fokus. Keinginan untuk mengeksekusi semua ide pada akhirnya justru membuat semuanya berakhir dengan kegagalan.

Nah dengan ikut kelas menulis novel online, fokusmu akan lebih terbantu.

Tutor atau mentormu dalam menulis akan memberi kamu pandangan dan bantuan untuk berfokus pada tujuan kamu yang semestinya. Sehingga beberapa ide yang menghambat kesuksesanmu dalam menulis bisa dikesampingkan.

2. Kelas Menulis Online Membantu Menanamkan Komitmen untuk Menulis

Tanpa komitmen dan tekad, kita tidak akan pernah bisa memulai. Tanpa konsisten dan disiplin, kita juga tidak akan mencapai tujuan

A Wan Bong

Komitmen dalam menulis adalah satu hal yang sangat penting. Sebaik apa pun ide cerita yang kamu miliki, jika tidak diiringi komitmen yang kuat untuk menyelesaikannya, pada akhirnya tidak akan pernah bisa menjadi sebuah karya.

Ada banyak penulis yang telah menulis opening cerita yang bagus, atau memetakan plot yang luar biasa atau, membuat karakter cerita yang memukau. Akan tetapi karena tidak didorong oleh komitmen yang kuat, naskahnya itu kemudian hanya menjadi cerita-cerita yang terbengkalai.

Dengan bergabung dalam kelas pelatihan menulis online, kamu akan lebih mampu untuk membangun komitmenmu dalam menulis.

Ketika melihat anggota lain yang sudah berhasil menulis karya mereka, kamu juga akan terpacu untuk melakukan hal yang sama. Dengan cara itu, komitmenmu untuk menyelesaikan cerita akan semakin terbangun.

3. Bimbimbang Menulis Online Memberi Motivasi Menyelesaikan Tulisan

Manfaat kelas menulis online
Photo by Monstera on Pexels.com

Kelas menulis online terbaik akan selalu menjelma layaknya seperti ‘buku panduan’ bagi seorang penulis yang mengikutinya. Di samping memberikan kamu wawasan yang lebih baik mengenai bagaimana cara menulis, kelas juga berfungsi sebagai motivator.

Dalam praktiknya, motivasi yang diberikan oleh sebuah kursus menulis online bisa saja terasa sebagai sebuah tugas bagi penulis pemula. Alih-alih merasakan dorongan motivasi untuk menjadi penulis yang disiplin, penulis pemula mungkin terus menulis hanya karena ingin mendapatkan nilai yang baik dari kelas yang diikutinya.

Namun itu tidak masalah.

Kelas menulis harus menjadi sebuah motivasi bagi para penulis, terlepas dari bagaimana pun caranya. 

Jika kamu pertama kali mengikuti kelas penulisan, bisa saja kamu menganggap semua tugas menulis hanya sebagai beban. Namun seiring waktu, justru hal tersebutlah yang akan membuat kamu tetap konsisten dalam menulis.

4. Kelas Menulis Online Memandu Teknik dan Strategi Penulisan yang Tepat

Tujuan utama seseorang mengikuti bimbingan penulisan adalah karena mereka ingin mendapatkan bimbingan. Bimbingan dibutuhkan supaya kamu yang mengikuti kelasnya dapat lebih termotivasi, memiliki tujuan atau fokus yang jelas, serta lebih mengerti cara mencapai tujuan.

Seperti halnya pemandu wisata yang memberi kamu informasi tentang arah, jam kunjungan yang tepat dan daya tarik lainnya untuk dinikmati, demikian juga dengan bimbingan dalam menulis.

Kamu mungkin bisa mencapai tempat tujuanmu dengan berkelana sendirian, tapi kamu mungkin akan berputar-putar lebih dahulu. Atau kamu juga dapat saja mencapai tempat tujuan pada saat dan waktu yang tidak tepat. Intinya kehadiran seorang pemandu wisata akan mempermudah perjalananmu untuk mencapai tujuan.

Nah, itu pula yang akan kamu peroleh dengan mengikuti kelas menulis online yang tepat.

5. Bimbingan dari Guru yang Relevan

manfaat bimbingan menulis online
Photo by Karolina Grabowska on Pexels.com

Alasan orang-orang berdatangan ke kelas menulis Raditya Dika adalah karena dia juga seorang penulis aktif. Raditya Dika adalah penulis novel, penulis skenario, konten kreator dan juga seorang entertainer yang menarik.

Akan tetapi alasan utama mengapa kelas menulisnya diminati adalah karena ia adalah penulis.

Seorang guru dalam kelas menulis harus bisa menulis, itu syarat mutlak.

Kamu tentu tidak mau belajar terbang pada ayam yang tidak bisa terbang, bukan? Belajar terbang terbaik itu kepada elang, karena ia sendiri adalah raja angkasa, yang kepakan sayapnya melayang indah mengarungi cakrawala.

Demikian juga mentor untuk kelas menulis.

Seorang mentor boleh saja tidak menulis bahasa Inggris, tidak menulis novel romantis atau tidak menulis cerpen di media massa, tapi ia harus seorang penulis yang aktif. Guru menulis itu harus memiliki karya yang membuktikan bahwa dirinya adalah orang yang tepat untuk menjadi seorang pengajar di kelas penulisan.

Mendapatkan mentor yang tepat dengan kualifikasi yang memadai seperti ini adalah manfaat yang hanya bisa kamu dapat di kursus penulisan terbaik pula.

6. Kelas Menulis Online Membantu Mengembangkan Skill Menulis

Salah satu alasan yang penting untuk menjadi peserta dalam writing class adalah untuk meningkatkan keterampilan menulis yang kamu miliki.

Ada banyak keterampilan yang harus dimiliki seorang penulis, dari yang paling remeh sampai yang paling rumit sekalipun. Menariknya semua keterampilan membutuhkan waktu yang lama untuk dipelajari. Namun, dengan bantuan guru dalam kelas penulisan, prosesnya bisa lebih cepat.

Apa saja keterampilan itu misalnya?

Kamu mungkin bisa melatih skill membaca bahan-bahan yang tepat untuk dijadikan modal penulisan berkualitas. Atau kamu juga bisa melatih untuk mengembangkan bakatmu dalam menulis cerpen, dialog, tulisan akademik, tulisan artikel ilmiah, atau apa saja yang menjadi fokus untuk kamu kembangkan.

Intinya adalah, kelas menulis online yang tepat dapat membantu kamu mengembangkan skill atau keterampilan dalam dunia menulis.

7. Kelas Menulis adalah Cara Mengeksplorasi Sesuatu yang Baru

manfaat kelas menulis online
Photo by Pixabay on Pexels.com

Ada banyak peserta yang mendaftar di kelas menulis gratis bukan karena mereka ingin menjadi penulis, melainkan mereka hanya ingin melakukan sesuatu yang baru saja. Atau dalam kasus lain, karena mereka ingin mempelajari penulisan dengan genre yang berbeda dari yang biasa mereka lakukan.

Tidak semua peserta dalam kelas penulisan akan berhasil menjadi penulis yang sukses, beberapa mundur setelah mereka mendapatkan sedikit pengalaman. Yang lainnya, mungkin akan bertahan lebih lama karena mereka menyukainya.

Saya memiliki beberapa peserta kelas yang sama sekali tidak bercita-cita untuk menjadi penulis yang hebat. Mereka masuk dalam bimbingan penulisan yang saya miliki karena ingin mencoba hal-hal baru saja.

Menariknya, justru mereka kadang lebih berhasil.

Setelah mencoba beberapa lama, mempraktikkan apa yang disampaikan secara serius, peserta yang penasaran untuk bereksplorasi itu pada akhirnya justru jatuh cinta pada dunia menulis. Itu adalah manfaat kelas menulis online yang ketujuh.

8. Kelas Menulis adalah Lingkungan yang Respect dengan yang Kamu Kerjakan

Manfaat selanjutnya dari kelas menulis adalah kamu akan dikelilingi oleh orang-orang yang akan sangat menghargai apa yang kamu kerjakan.

Banyak penulis yang merasa frustasi karena di lingkungan mereka, entah itu keluarga, sekolah, pertemanan atau apa pun saja, aktivitas menulis mereka tidak dihormati. Bahkan beberapa orang justru menganggap menulis hanya sebagai cara untuk membuang-buang waktu saja.

Nah, itu tidak akan terjadi dalam kelas literasi.

Apakah kamu ingin menulis cerita humor, menulis sastra berat layaknya seperti Hamka atau Leo Tolstoy, atau justru ingin mengembangkan cerpen satire sekali pun, lingkungan kelasmu akan menghormatinya dengan baik.

9. Kelas Menulis Online Memberi Masukan untuk Tulisanmu

Manfaat ikut kelas menulis online gratis
Photo by George Milton on Pexels.com

Meskipun belum secara resmi membuka kelas menulis online gratis di www.penulisgunung.id, saya menerima cukup banyak konsultasi gratis yang pada umumnya meminta feedback atas tulisan mereka.

Feedback atau masukan adalah hal yang wajib di dunia menulis. Ketika kamu sudah menyelesaikan tulisan dengan cara terbaik yang kamu bisa, kamu perlu bertanya kepada orang yang tepat; bagaimana hasilnya? Apa yang kurang dan apa yang berlebih?

Kelas menulis online adalah tempat yang bisa melakukan itu.

Dengan cara ini, kamu juga akan lebih mudah untuk berkenalan dengan kekuatan terbesarmu dalam menulis, apa yang bisa kamu kembangkan dengan sangat baik dan apa pula yang menjadi kelemahanmu.

Kelas menulis akan memberi feedback yang intinya akan memberi kamu kesempatan untuk menjadi lebih baik lagi.

10. Feedback yang Berkelanjutan

Kamu mungkin berargumen bahwa feedback tidak hanya bisa didapatkan dari lingkungan bimbingan menulis saja. Dalam lingkungan keluarga, kantor, teman-teman, kamu juga bisa mendapatkan feedback atas yang kamu tuliskan.

Benar, memang demikian.

Tapi, tahukah kamu apa yang membedakan keduanya?

Feedback yang kamu dapat dari lingkungan teman, sahabat atau keluarga mungkin akan terasa manis dan hampir selalu begitu. Sayangnya, kadang-kadang itu tidak jujur. Dengan alasan sayang padamu dan tidak ingin membuatmu sakit hati, lingkungan terdekatmu cenderung akan memberi feedback untuk menyenangkan hatimu.

Di kelas penulisan tidak seperti itu. Terutama jika kamu masuk dalam kelas yang memang mendorongmu untuk mencapai sesuatu yang lebih jauh baik.

Feedback benar-benar diberikan secara jujur mengenai apa yang menjadi kekuranganmu, apa yang harus kamu perbaiki dan apa pula yang bisa kamu tingkatkan.

Alih-alih membelaimu dengan pujian, kelas menulis yang terbaik kadang justru ‘menyeretmu’ keluar dari zona nyaman dan berhadapan dengan tantangan menuju kualitas terbaik dari dirimu sendiri.

11. Mendapatkan Jaringan Menulis

Akhirnya, sebuah kelas menulis online memberikan kamu manfaat yang paling mudah untuk kamu rasakan, yakni komunitas. Di tempat tersebut kamu akan terhubung dengan orang-orang yang melakukan seperti apa yang kerjakan yakni, menulis dan mencoba.

Dengan jaringan ini kamu bisa memiliki teman-teman baru, bisa saling berbagi pengalaman, atau bahkan saling berbagi peluang untuk tampil menjadi lebih baik dalam dunia kepenulisan.

Jaringan penulis akan memberi kamu semangat untuk terus menulis, terus mencoba dan mendapatkan banyak manfaat didalamnya.

Pada waktu yang sama, jaringan menulis juga menjadi tempat yang tepat untuk kamu berdiskusi, mengembangkan bakatmu dan mungkin mendapatkan resonansi yang lebih indah terkait aktivitas yang kamu kerjakan.

BACA JUGA:

Tertarik ikut kelas menulis?

Yuk, gabung bersama kami dan mulai hasilkan mahakarya terbaikmu

Penulis terbaik

Anton Sujarwo

Saya adalah seorang penulis buku, content writer, ghost writer, copywriters dan juga email marketer. Saya telah menulis 19 judul buku, fiksi dan non fiksi, dan ribuan artikel sejak pertengahan tahun 2018 hingga sekarang.

Dengan pengalaman yang saya miliki, Anda bisa mengajak saya untuk bekerjasama dan menghasilkan karya. Jangan ragu untuk menghubungi saya melalui email, form kontak atau mendapatkan update tulisan saya dengan bergabung mengikuti blog ini bersama ribuan teman yang lainnya.

Tulisan saya yang lain dapat dibaca pula pada website;

Saya juga dapat dihubungi melalui whatsapp di tautan ini.

Fortopolio beberapa penulisan saya dapat dilihat disini:

2 tanggapan pada “11 MANFAAT KELAS MENULIS ONLINE BAGI PENULIS PEMULA”

  1. Pingback: PREMIS NOVEL: ARTI, STRUKTUR DAN CONTOHNYA - Penulis Gunung

  2. Pingback: 7 PERTANYAAN UNTUK PENULIS PALING PENTING - Penulis Gunung

Terimakasih atas waktu anda membaca artikel ini. Senang sekali jika Anda berkenan meninggalkan komentar atau pendapat Anda sendiri mengenai subyek dalam artikel ini. Terimakasih.

%d blogger menyukai ini: