Lompat ke konten
Beranda » Blog » BERBAGAI MANFAAT PENTING MENULIS BAGI ENTREPRENEUR

BERBAGAI MANFAAT PENTING MENULIS BAGI ENTREPRENEUR

Sebagai seorang pengusaha atau calon pengusaha sukses, kamu tentu mengerti dengan baik seluk beluk dunia entrepreneurship. Tapi tahukah kamu, jika kamu bisa menggandakan manfaat sekaligus keuntungan jika menuliskan pengetahuanmu itu dalam sebuah buku? Jika kamu ragu, berikut saya tunjukkan manfaat menulis bagi entrepreneur dalam artikel ini.

Butuh ghost writer untuk membantu menuliskan hal-hal penting untukmu?

7 Manfaat Menulis Bagi Entrepreneur

“Jika kamu belum sukses, segala motivasi yang kamu katakan akan dianggap seperti kentut oleh orang lain. Tapi jika kamu sudah sukses, bahkan kentutmu pun akan dianggap sebagai motivasi”

Jack Ma

Kamu boleh setuju atau tidak dengan apa yang disampaikan oleh Jack Ma dalam quotes diatas. Tapi saya kali ini akan mengajak kamu untuk melihat bahwa apa yang kamu tuliskan dalam sebuah buku, bisa menjadi sangat besar nilai motivasinya. Baik untuk kamu sendiri atau pun untuk orang lain.

Menariknya, manfaat menulis bagi seorang entrepreneur ini juga akan membuktikan bahwa dengan menulis buku, kamu bahkan bisa menggandakan profit bisnismu puluhan kali lipat.

Bagaimana caranya?

Yuk, simak satu persatu.

1. Menulis Buku Meningkatkan Kredibiltas dan Rasa Hormat

man wearing judo uniform in karate bowing position
Photo by RODNAE Productions on Pexels.com

Manfaat pertama sebagai pengusaha yang dapat kamu langsung rasakan dengan menulis buku adalah meningkatnya kredibilitas dan rasa hormat.

Buku yang kamu tulis secara tidak langsung akan sangat mempengaruhi persepsi rekan bisnis, customer dan karyawan yang ada di sekitarmu.

Kredibiltas ini akan meningkat dengan pesat karena didukung pula oleh reputasi entrepreneurship yang sudah kamu miliki sebelumnya. Nah, menulis buku akan menyempurnakannya.

Customer baru cenderung akan membeli produk atau jasa dari seseorang yang sudah ‘mapan’, baik dalam bidang knowledge, wawasan atau realitas di lapangan. Buku yang kamu tulis akan memberi dukungan besar untuk membangun reputasi ini.

2. Menulis Buku Memberi Kamu Status Ahli Secara Instan

man sitting beside table with teapot outdoors
Photo by Juan Gomez on Pexels.com

Kamu mungkin kenal seorang pengusaha yang menulis buku dan menjadi ‘pakar’ dalam bidang bisnis yang ia geluti.

Emotional Spiritual Quotient yang ditulis Ary Ginanjar Agustian mendongkrak namanya sebagai ahli dalam bidang pembangungan karakter unggul. Beliau kemudian membagun pula bisnis pelatihan dan pengembangan diri yang sukses hingga sekarang.

Atau kamu kenal dengan Ippho Santosa yang menulis buku 7 Keajaiban Rezeki? Mungkin kamu juga tahu nama Saptuari Sugiharto yang menulis Kembali Ke Titik Nol? Keduanya adalah pengusaha sukses dan menjadi ahli di bidangnya masing-masing.  

Tapi coba tebak apa yang paling identik?

Keduanya adalah sosok yang mendapatkan ‘pengakuan’ sebagai ahli dalam bidang yang mereka tekuni setelah menulis buku.

Menariknya lagi, buku itu juga menjadi rujukan bagi banyak orang hingga sekarang.

3. Menulis Buku Meningkatkan Nilai Pasar atau Nilai Jual

Manfaat Menulis Bagi Entrepreneur
Photo by fauxels on Pexels.com

Manfaat selanjutnya yang bisa kamu dapatkan dengan menulis buku adalah; ini akan meningkatkan nilai pasar dan juga nilai jualmu.

Dalam cara pandang yang menarik, peningkatan value ini tidak hanya untuk dirimu secara personal saja yang akan menerimanya, namun semua aspek yang berkaitan dengan dirimu.

Jika kamu menjual produk berupa layanan jasa tertentu, calon pelanggan akan siap membayarmu lebih sebab kamu adalah orang terbaik di bidang yang kamu tekuni. Jika kamu menjual produk konvensional, digital atau apa pun, konversi harganya pun akan jauh lebih tinggi karena reputasimu sebagai penulis buku.

Belum lagi value yang kamu peroleh secara personal. Orang-orang akan lebih antusias mendengar pendapatmu karena tulisanmu telah memberitahu mereka bahwa kamu adalah sosok orang yang bernilai tinggi.

4. Menulis Buku Membuka Pintu Menjadi Konsultan

Manfaat Menulis Bagi Entrepreneur
Photo by energepic.com on Pexels.com

Dengan menulis buku di bidang yang memang kamu kuasai, misalnya entrepreneurship, kamu dapat membuka pintu bagi banyak kesempatan lain yang akan menyapa dirimu setelah itu.

Kamu bisa menjadi seorang pengajar, menjadi seorang motivator atau menjadi seorang konsultan untuk bidang yang kamu kuasai dengan baik. Buku yang kamu tulis akan segera menjadi referensi terbaik bagi orang-orang untuk belajar darimu.

Pada umumnya pengusaha yang sudah sukses senang membantu orang lain untuk mencapai kesuksesan mereka pula. Dalam menjalankan niat mulia ini, mereka biasanya hadir sebaga pembicara, mentoring dan juga dengan menulis buku.

Nah, jika kamu memiliki keinginan yang sama dan saat ini kamu belum bisa mencapainya. Menulis buku bisa jadi langkah yang bagus untuk memulainya.

5. Menulis Buku Memperluas Jaringan yang Kamu Miliki

Manfaat Menulis Bagi Entrepreneur
Photo by Vlada Karpovich on Pexels.com

Manfaat menulis bagi seorang entrepreneur selanjutnya adalah ini dapat membantumu untuk memperluas networking atau jaringan. Buku tidak saja akan menaikkan reputasimu dalam pandangan orang-orang yang sudah mengenalmu, namun juga untuk orang-orang yang belum pernah bertemu denganmu.

Dengan menulis sebuah buku yang kemudian tersebar secara online dan offline, kesempatanmu untuk dikenal lebih banyak orang semakin besar. Hal ini sudah pasti akan memperluas jaringan yang sudah kamu miliki, yang tentunya akan memperbesar bisnismu juga.

Menulis buku juga bisa membantumu yang membutuhkan pengakuan dari media tentang value-value yang bisa kamu berikan pada masyarakat.

Media bisa menganggap iklan-iklan sebagai sesuatu yang terlalu biasa, tapi bila kamu menulis buku, pengakuan yang akan kamu dapat dari media bisa berbeda.

Kesimpulan

Menulis buku bagi seorang pengusaha, memiliki sejuta manfaat yang sangat efektif untuk menaikkan reputasi dirinya secara personal, maupun meningkatkan profil bisnis yang ia miliki.

Jadi, jika kamu juga adalah seorang pengusaha atau calon pengusaha, pikirkan untuk memperlancar jalanmu menuju puncak kejayaan yang lebih dengan menulis buku.

BACA JUGA:

Butuh bantuan?

Ada pertanyaan atau butuh bantuan? Kami ada untuk membantu Anda. Hubungi tim dukungan kami yang ramah via WhatsApp.

Penulis terbaik

Anton Sujarwo

Saya adalah seorang penulis buku, content writer, ghost writer, copywriters dan juga email marketer. Saya telah menulis 19 judul buku, fiksi dan non fiksi, dan ribuan artikel sejak pertengahan tahun 2018 hingga sekarang.

Dengan pengalaman yang saya miliki, Anda bisa mengajak saya untuk bekerjasama dan menghasilkan karya. Jangan ragu untuk menghubungi saya melalui email, form kontak atau mendapatkan update tulisan saya dengan bergabung mengikuti blog ini bersama ribuan teman yang lainnya.

Tulisan saya yang lain dapat dibaca pula pada website;

Saya juga dapat dihubungi melalui whatsapp di tautan ini.

Fortopolio beberapa penulisan saya dapat dilihat disini:

Terimakasih atas waktu anda membaca artikel ini. Senang sekali jika Anda berkenan meninggalkan komentar atau pendapat Anda sendiri mengenai subyek dalam artikel ini. Terimakasih.

%d blogger menyukai ini: