Lompat ke konten
Beranda » Blog » 20 Penulis Buku Kontroversial Paling Terkenal Sepanjang Masa

20 Penulis Buku Kontroversial Paling Terkenal Sepanjang Masa

Penulis Buku Kontroversial

Sebagai sebuah karya yang merepsentasikan pemikiran pengarangnya, buku tidak jarang menjadi sesuatu yang menyulut pro dan kontra. Hingga saat ini, daftar penulis buku kontroversial terus saja bertambah. Ada banyak alasan mengapa seorang penulis bisa masuk dalam kategori kontroversial karena karyanya.

Karl Max dengan buku Manifesto Komunis-nya, Salman Rushdie dengan The Satanic Verses-nya, bahkan hingga J.K. Rowling dengan fantasi klasik Harry Potter miliknya, semua menghadirkan kontroversi di masyarakat.

Nah dalam artikel kali ini, Penulis Gunung akan mengajak kamu untuk mengulas 20 orang penulis dengan reputasi paling kontroversial di dunia.

Lantas, siapa sajakah mereka?

Kamu punya kisah hidup menarik untuk dijadikan buku namun bingung cara menuliskannya?

Daftar Isi Artikel

20 Penulis Buku Kontroversial Paling Terkenal Sepanjang Masa

Buku yang dilarang di dunia memiliki berbagai macam alasan sebagai landasan pelarangannya. Ada penulis yang memiliki reputasi kontroversial karena ide-ide dalam bukunya dinilai menentang satu tradisi yang sudah menjadi ortodoksi. Namun ada pula penulis yang mandi kontroversi karena kepribadian penulisnya sendiri.

Beberapa penulis seperti Vladimir Nabokov yang menulis novel Lolita, terseret arus kontroversi karena masyarakat menilai novelnya mengeksploitasi seks terlalu jauh. Lebih parah lagi, Lolita juga memfokuskan orientasi seksnya pada remaja di bawah umur (pedofilia).

Selain kontroversi karena mempertontonkan seks yang vulgar, beberapa penulis juga mendapat penentangan karena menggambarkan kekerasan yang berlebihah, penghasutan atau bahkan menginisiasi sebuah pemberontakan sosial.

Nah, dari 20 pengarang yang menulis buku-buku paling berpengaruh di dunia berikut ini, mana menurut kamu yang paling kontroversial?

1. Karl Marx

penulis kontroversial Karl Mark

Penulis buku kontroversial pertama yang kontroversial adalah orang yang menjadi founder dari paham marxisme dan komunisme. Karl Marx memang tidak menarik banyak simpatik di Indonesia karena pemikirannya bertentangan dengan pancasila. Namun di belahan dunia lain, sosok Karl Marx banyak mendapat pujian.

Karl Marx lahir di Jerman pada tahun 1818 dan menjadi salah satu filsuf revolusioner paling berpengaruh di abad modern. Pemikiran politik yang Karl Marx miliki membuatnya menghabiskan sebagian besar masa hidupnya dalam pengasingan.

Dua karya Karl Marx yang paling terkenal adalah Das Capital dan The Communist Manifesto. Namun selain itu, Marx juga menulis beberapa buku lain seperti The Poverty of Philosophy, Grundrisse, dan The Eighteenth Brumaire of Louis Napoleon.

Karya pemikiran intelektual Karl Mark masih dipuji dan dikritik hingga sekarang yang menjadikan ia layak dikatakan sebagai penulis buku kontroversial di dunia yang tersohor.

Karya populer Karl Mark: Das Capital dan Manifesto Komunis.

2. Friedrich Nietzsche

penulis kontroversial Friedrich Nietzsche

Dengan pemikirannya yang menarik, Nietzsche menulis dalam spektrum yang sangat luas sepanjang hidupnya. Nietzsche menulis tentang politik, sosial, kritik budaya, seni, filologi, sejarah, agama, tragedi, budaya dan juga sains.

Meskipun memiliki pengaruh yang luar biasa dengan pemikiran yang ia miliki, Nietzsche semasa hidup lebih banyak berkutat dengan penyakitnya. Ia dirawat oleh ibunya dan kemudian kakak perempuannya. Dalam masa perawatan itulah ia menulis karya-karya monumentalnya yang menuai banyak kontroversial.

Nama Friedrich Nietzsche akrab ideologi yang kemudian mengguncang dunia yaitu Nazisme dan Fasisme. Selain itu, Nietzsche melalui karyanya juga banyak menkritik dogma dan kepercayaan kristen sehingga menambah kontroversi mengenai pemikirannya.

Karya populer: Thus Spoke Zarathustra, Beyond God and Evil, On the Genealogy of Morality.

3. Nicolaus Copernicus

penulis kontroversial

Copernicus lebih terkenal dengan teorinya yang mengatakan bahwa matahari adalah pusat tata surya. Copernicus lahir di wilayah Prussia pada tahun 1473 dan menjadi salah satu pemikir besar pada masa renaissans.

Pernyataan Copernicus yang membuat kontroversi pada masa itu adalah teorinya yang mengatakan jika bumi bukanlah pusat dari tata surya, melainkan matahari.

Pemikiran ini membuat Copernicus oleh pihak gereja katolik Roma dianggap membawa pemikiran yang menyesatkan. Meskipun pada akhirnya, teori Copernicus terbukti kebenarannya.

Karya populer Nikolaus Copernicus: On the Revolutions of the Celestian Spheres, Minor Work, Commentariolus.

4. Charles Darwin

penulis kontroversial Charles Darwin

Nah, nama yang satu ini pasti sangat populer di telingamu, bukan?

Charles Darwin menjadi penulis buku kontroversial setelah pemikirannya dalam teori evolusi dan seleksi alam tersebar secara luas. Banyak orang hingga sekarang menganggap teori Darwinisme adalah sebuah kebenaran, sehingga buah pemikirannya ini masih menjadi salah satu pokok pembelajaran  sejarah di sekolah-sekolah.

Namun tentu tidak semua orang menerima teori evolusi Darwin yang jelas-jekas hanya sebuah teori semata. Butuh sebuah keseriusan yang besar untuk meyakini bahwa nenek moyang manusia adalah monyet seperti yang Darwin katakan.

Karya populer Charles Darwin: The Foundation of the Origin Species.

5. Vladimir Nabokov

penulis kontroversial Vladimir Nabokov

Walaupun bukan termasuk buku paling berbahaya di dunia, novel Lolita karya Nabokov jelas layak menyandang gelar kontroversial. Lolita menerima banyak pujian dan kritik pada waktu yang bersamaan.

Vladimir Nabokov berkisah tentang seorang pria paruh baya bernama Humbert yang memiliki minat romantisme secara khusus pada anak di bawah umur.

Gambaran seks yang vulgar dan cinta pedofilia adalah alasan utama mengapa nama Vladimir Nabokov dengan novel Lolita-nya termasuk dalam daftar penulis buku kontroversial di dunia.

Karya populer Vladimir Nabokov: Lolita

6. Oscar Wilde

penulis kontroversial Oscar Wilde

Selain karyanya, Oscar Wilde juga menjadi penulis yang kontroversial karena kelakuannya yang condong kepada prilaku gay. Novelnya sendiri yang berjudul The Picture of Dorian Gray mendapat sorotan yang tajam karena terlalu vulgar dan sangat tidak senonoh berdasarkan pandangan beberapa orang.

Oscar Wilde terkenal sebagai sosok yang pandai berbicara, jenius dan memiliki selera berpakaian yang flamboyan. Ia menulis banyak puisi, surat, dan naskah drama sebagai karya terbaiknya.

Karya populer Oscar Wilde: The Picture of Dorian Gray, An Ideal Husband, Salome.

7. Galileo Galilei

penulis kontroversial

Galileo Galilei terkenal sebagai salah satu astronom kontroversial karena keberaniannya menentang Paus Urbanus VIII. Galilei juga menjadi terkenal karena ia mendapat hukuman inkuisisi (penyiksaan) dari pihak gereja karena dinilai sesat dengan pemikirannya.

Galileo secara umum memperkenalkan teori heliosentrisme yang mendapat kecaman dari pihak gereja. Apa yang Galileo sampaikan ini kemudian oleh gereja disebut sebagai “bodoh, tidak masuk akan dan bertentang dengan kitab suci”.

Pemikiran Galileo adalah model kebebasan berpikir pertama yang mendapat respon ekstrim dari pihak gereja. Meskipun saat ini namanya telah dipulihkan sebagai ilmuwan, namun kisah hidup Galileo pada masanya tetap menjadi salah tokoh penulis buku kontroversial yang layak diingat.

Karya populer Galileo Galilei: Dialogue Concerning of the Two Chief World System, Two New Sciences, On the Shoulders of Giants.

8. Voltaire

penulis kontroversial

Voltaire adalah salah satu penulis yang sangat produktif.

Semasa hidupnya, penulis berkebangsaan Perancis ini telah menulis 2.000 buku dan 20.000 pucuk surat. Karyanya mengisi hampir semua bentuk sastra sepeti novel, cerpen, puisi, esai, drama hingga tulisan ilmiah.

Bagian yang membuat nama Voltaire kontroversial adalah kritiknya yang tajam terhadap intoleransi, dogma agama kristen katolik roma dan juga pemerintahan Perancis pada zamannya.

Akibat sikap kritisnya, banyak karya Voltaire yang mengalami sensor ketat dan tidak diperbolehkan untuk dibaca masyarakat luas pada saat itu.

Karya populer Voltaire: The Age of Louis XIV, Candide, Zaire, The White Bull

9. George Orwell

Penulis George Orwell

Karya hebat dari penulis yang memiliki nama asli Eric Arthur Blair ini misalnya adalah Animal Farm dan 1984. Dua novel ini hingga sekarang tetap menjadi rekomendasi novel distopia yang paling menarik.

George Orwell adalah seorang penulis yang sangat menarik karena kemampuannya menggambarkan pemikirannya dengan sangat jernih dalam tulisan. Selain menulis sastra, Orwell juga menulis karya ilmiah seperti jurnal dan kritik yang kuat.

Orwell menjadi sosok penulis yang dihormati hingga sekarang. Kritik sosialnya terhadap totalitarianisme, terhadap ketidakadilan dan dukungannya terhadap sosialisme demokratis adalah yang menempatkan buku-buku George Orwell sebagai karya yang kontroversial.

Karya populer George Orwell: 1984, Animal Farm, Coming Up for Air

10. Salman Rushdie

penulis kontroversial salman rushdie

Nah, ini adalah penulis buku kontroversial yang baru saja mendapat saja mendapat serangan fisik beberapa hari lalu. Dengan novel Ayat-Ayat Setan-nya, Salman Rushdie adalah penulis yang sudah sangat kontroversi.

Walaupun bukan termasuk buku kontroversial Indonesia, The Satanic Verses atau Ayat-Ayat Setan sudah ramai menjadi perdebatan sejak rilis pada tahun 1988. Di Iran nyawa Salman Rushdie dihargai sebesar hampir 50 milyar akibat tulisannya dalam The Satanic Verses.

Secara khusus, The Satanic Verses terinspirasi dari peristiwa garaniq dalam sejarah islam. Peristiwa inilah kemudian yang menjadi buah imajinasi Salman Rushdie dalam buku kontroversialnya dengan membuat gambaran yang sangat tidak pantas tentang Nabi Muhammad.

Karya populer Salman Rushdie: The Satanic Verses, Midnight Children, Shame

11. Kurt Vonnegut

Controversial author Kurt Vonnegut

Kurt Vonnegut adalah penulis Amerika yang terkenal karena karya satirnya yang menyinggung kebijakan perang Amerika – Vietnam tepat di saat perang tersebut sedang berkecamuk. Dalam karirnya selama 50 sebagai seorang penulis, Vonnegut merilis 14 buah buku yang terdiri dari novel, essay dan kumpulan cerpen.

Bagian yang membuat nama Kurt Vonnegut populer adalah novel satir gelapnya yang berjudul Slaughtherhouse Five. Novel ini memicu kontroversi di masyarakat Amerika namun tetap merajai novel bestseller versi New York Times.

Karya populer Kurt Vonnegut: Slaughtherhouse – Five, Cat’s Cradle, The Sirens of Titans

12. Simone de Beauvoir

Controversial author Simone de Beauvoir

Ini adalah penulis Perancis yang terkenal sebagai tokoh feminisme dan sekaligus meletakkan dasar perlawanan terhadap penindasan perempuan masa modern. Simone juga menulis beberapa pemikiran filsafat yang membuatnya menjadi seorang filsuf perempuan meskipun ia tidak pernah mengatakannya.

Buku kontroversial yang membuat Simone de Beauvoir ada dalam artikel ini adalah The Second Sex yang bercerita tentang dasar feminisme modern dan perlawanan terhadap penindasan kaum perempuan.

Karya populer Simone de Beauvoir: The Second Sex, The Mandarins, All Men are Mortal

13. Marquis de Sade

Penulis kontroversial Marquis de Sade

Ini adalah salah satu penulis buku paling kontroversial lainnya yang lahir di Perancis. Marquis de Sade adalah seorang penulis filsafat dan penulis pornografi yang lebih banyak menghadirkan karyanya secara ‘brutal’.

Bagian paling kontroversial dari gaya penulisan Marquis de Sade hampir meliputi semua karya-karyanya. Ia terkenal sebagai penulis kasar yang seringkali menghadirkan adegan porno dan seks yang bersamaan dengan kekerasan.

Ketika menulis tentang filsafat, Marquis de Sade juga maju tanpa memperdulikan etika, agama, atau pun hukum. Orientasi utama dari gaya menulis penulis Perancis satu ini adalah kepuasan personal.

Jika dibuat daftar peringkat penulis kontroversial sepanjang masa dengan sistem rangking, nama Marquis de Sade mungkin akan selalu ada dalam 10 besar karena ciri khasnya yang ‘mengerikan’ ini.

Karya populer Marquis de Sade: Les 120 Jurnees de Sodom, Justine, Juliette, The Crime of Love, Dialogue Between a Priest and a Dying Man

14. Aldous Huxley

Controversial author aldous huxley

Aldous Huxley adalah sosok penulis yang terhormat dari Inggris yang kemudian menghabiskan sisa hidupnya di Amerika Serikat. Selama karir penulisannya yang cemerlang, Aldous Huxley menerbitkan sekitar 50 karyanya yang terdiri dari buku fiksi, non fiksi, kumpulan cerpen dan juga esai.

Titik kontroversial penulisan Huxley mungkin ketika ia banyak mengangkat dunia distopia dan utopia pada dua novelnya yang paling populer; Brave New World dan Island.

Meskipun demikian, sebagai seorang penulis filsafat yang dihormati karena intelektualitasnya, Aldous Huxley dinobatkan hadiah nobel untuk sastra sebanyak tujuh kali.

Karya populer Aldous Huxley: Brave New World, Island, Eyeless in Gaza, Point Counter Point

15. Immanuel Kant

penulis kontroversial immanuel Kant

Penulis Jerman satu ini terkenal dalam banyak karyanya yang menarik dan membahas banyak bidang. Kant adalal seorang filsuf yang menulis dunia filsafat dan pandangan idealismenya tentang kehidupan manusia. Selain itu, Kant juga menulis tentang agama, hukum, estetika, astronomi dan permasalahan sosial.

Bagian penting dari karya tulisnya yang kemudian mengantarkan nama Immanuel Kant pada titik kontroversial adalah dukunganya terhadap ateisme.

Immanuel Kant oleh banyak kalangan, dinilai sebagai pendukung awal dari faham ateisme. Tentunya sebelum kehadiran penulis Friedrich Nietzsche dalam masa yang lebih modern.

Karya populer Immanuel Kant: Critique of Pure Reason, Filosofia de La Historia – Que Es La Ilustracion, Critique of Judgment

16. Ernest Hemingway

controversial author ernest hemingway

Kehidupannya yang bersahaja dan penuh petualangan memberikan gaya penghormatan yang berbeda untuk penulis Amerika satu ini. Ernest Hemingway melalui banyak hal semasa hidupnya, ia pernah menjadi prajurit perang, bertualang ke Afrika, menjadi reporter di Perancis dan menikahi 4 orang wanita.

Sosok Ernest Hemingway adalah kontroversial selain karyanya sendiri, terutama jika dilihat bagaimana ia mengakhiri satu pernikahannya untuk menikah dengan wanita yang lain. Seperti halnya Nietzsche, Hemingway juga menghabiskan sebagian besar sisa hidupnya dalam kondisi kesehatan yang tidak sempurna.

Kontroversi lain dari sosok Ernest Hemingway adalah ketika ia membunuh dirinya sendiri pada tahun 1961 di rumahnya di Idaho.

Karya populer Ernest Hemingway: The Old Man and the Sea, A Farewell to Arms, A Moveable Feast.

17. Alexandre Dumas

penulis kontroversial Alexandre Dumas

Ada sekitar 200 film yang terinspirasi dari karya-karya Alexandre Dumas. Dengan kemampuan menulisnya yang luar biasa dan produktivitasnya yang tinggi, karya-karya Alexandre Dumas memiliki paling banyak pembaca di Perancis, bahkan hingga sekarang.

Kamu tentunya familiar dengan film seperti The Three Musketeers, nah Alexandre Dumas ini lah yang menulis novelnya. Dalam bidang penulisan fiksi dan drama, Dumas menjadi salah satu yang terbesar dalam sejarah Perancis.

Bagian paling kontroversial dari sosok Alexandre Dumas adalah gaya hidup dan perselingkuhannya. Ia adalah seorang pria beristri namun menjalin hubungan lebih kepada 40 orang wanita lainnya. Sebagian di antaranya berakhir dengan kelahiran anak sebagai darah dagingnya.

Tulisan Dumas juga tidak begitu disukai pada masa Napoleon Bonaparte yang membuat ia harus mengasingkan diri ke Belgia, Rusia dan kembali lagi ke Perancis setelahnya.

Karya populer Alexndre Dumas: The Count of Monte Christo, The Three Musketeers, The Black Tulip, La Reine Margot.

18. Christopher Hitchens

controversial author Christopher Hitchens

Fokus kontroversi karya-karya penulis Christopher Hitchens adalah penentanganya terhadap banyak hal yang bersifat dogmatis, termasuk agama. Christopher Hitchens berpendapat bahwa semua agama salah. Menurutnya sesuatu yang memiliki pernyataan tanpa bukti dapat dibantah tanpa bukti pula.

Pada kesempatan lain, Christopher Hitchens juga melayangkan banyak kritik untuk tokoh-tokoh dunia lainnya seperti Bill Clinton, Lady Diana, Henry Kissinger hingga Mother Theresa.

Pemikirannya yang kerapkali mengkritisi agama dan keyakinan kristen adalah bagian paling pro kontra dari karya-karya Christopher Hictchens.

Karya populer Christopher Hitchens: The Missionary Position, Blaming the Victims, Left Hooks.

19. Mark Twain

controversy author mark twain

Dua karya terbesar dari penulis Amerika bernama lengkap Samuel Longhorne Clemens ini adalah The Adventures of Tom Sawyer dan The Adventures of Huckleberry Finn. Kedua karya besar dari Mark Twain ini sudah ada versi filmnya yang dapat kamu saksikan juga.

Sebagai penulis Amerika, Mark Twain berpartisipasi dalam banyak petualangan khas semasa hidupnya. Ia pernah bekerja di pertambangan, menjadi investor alat percetakan hingga menjadi pilot.

Novel The Adventures of Huckleberry Finn menjadi salah satu novel paling sukses di Amerika. Namun pada sisi yang lain, beberapa kritikan juga mengiringi karya-karya Mark Twain yang lainnya.

Karya populer Mark Twain: The Adventures of Huckleberry Finn, The Adventures of Tom Sawyer

20. J.K. Rowling

penulis kontroversial JK Rowling

Nama asli dari penulis novel fantasi epik ini adalah Joanne Rowling. Ia adalah penulis asal Inggris yang paling berhasil dari sisi penjualan buku di seluruh dunia. Hingga sekarang, nama J.K. Rowling identik sebagai miliarder pertama yang berasal dari dunia kepenulisan.

Nah, apa yang menjadi pusat kontroversial dari J.K. Rowling?

Sebelum novel Harry Potter menggoyang publik dunia dengan kesuksesan yang tak tertandingi, ide cerita ini aneh dan kontroversi bagi beberapa orang. Kehidupan penyihir seperti yang J.K. Rowling gambarkan dalam karya fiksinya, dinilai tidak menarik dan tidak tepat sebagai sebuah karya sastra yang kuat.

Karya populer J.K. Rowling: Harry Potter

Kesimpulan

Masih sangat banyak nama lain yang tampil menjadi kontroversial dengan karya-karya mereka. Nama Williem Shakespeare, Judy Blum, Anne Frank, Charles Bukowski hingga Khahlil Gibran dapat ditambahkan untuk memperpanjang daftar tersebut.

Di Indonesia, para penulis kontroversial pun cukup banyak jumlahnya. Dari Pramoedya Ananta Toer, Achdiat Mihardja hingga yang lebih modern sekarang ini.

Kontroversi atau tidaknya sebuah karya sastra, kadang memiliki ukuran yang sangat subyektif.

Shopee Mantul

Bisa jadi karena pemikiran sang penulis yang terlampau liar dan berani hingga menentang kaidah sosial ortodoksi. Atau pada kesempatan yang lain, bisa jadi pula karena kondisi sosial yang belum siap menerima karya mereka.

BACA JUGA:


Tingkatkan skill menulismu

Yuk, gabung di Kelas Menulis Online Penulis Gunung dan keterampilan menulismu akan naik satu level


Penulis terbaik

Anton Sujarwo

Saya adalah seorang penulis buku, content writer, ghost writer, copywriters dan juga email marketer. Saya telah menulis 19 judul buku, fiksi dan non fiksi, dan ribuan artikel sejak pertengahan tahun 2018 hingga sekarang.

Dengan pengalaman yang saya miliki, Anda bisa mengajak saya untuk bekerjasama dan menghasilkan karya. Jangan ragu untuk menghubungi saya melalui email, form kontak atau mendapatkan update tulisan saya dengan bergabung mengikuti blog ini bersama ribuan teman yang lainnya.

Tulisan saya yang lain dapat dibaca pula pada website;

Saya juga dapat dihubungi melalui whatsapp di tautan ini.

Fortopolio beberapa penulisan saya dapat dilihat disini:

%d blogger menyukai ini: