Lompat ke konten
Beranda » Blog » 10 Penulis Perempuan Terkenal di Dunia Paling Populer

10 Penulis Perempuan Terkenal di Dunia Paling Populer

Penulis Perempuan Terkenal

Jika menyebut nama penulis perempuan terkenal di Indonesia, akan ada banyak nama untuk disebutkan, seperti Asma Nadia, Dewi Lestari, Ayu Utami dan lain sebagainya. Para perempuan ini memiliki kemampuan menulis yang luar biasa mengagumkan selain wajah mereka yang cantik menawan.

Pada ruang lingkup yang lebih luas, nama penulis wanita terkenal dunia juga memiliki daftar yang panjang. Kamu misalnya bisa menyebut nama Joane Rowling, Agatha Christie, Anne Frank dan masih banyak lagi. Secara umum, nama-nama itu diakui memiliki pengaruh yang besar melalui karya-karya mereka.

Bagaimana kalau pengarang wanita di dunia yang paling populer sepanjang masa, siapa saja mereka?

Nah, Penulis Gunung akan mengajak kamu membahasnya dalam artikel kali ini.

Kamu punya kisah hidup menarik untuk dijadikan buku namun bingung cara menuliskannya?

10 Penulis Perempuan Terkenal Sepanjang Masa di Dunia

female author
Photo by Victoria Borodinova on Pexels.com

Jika menyebut penulis wanita yang paling populer di dunia pada beberapa tahun terakhir, ada banyak orang akan memilih nama J.K. Rowling sebagai nama yang pertama.

Ini sangat masuk akal karena popularitas J.K. Rowling dengan kesuksesan novel fantasi Harry Potter karyanya, telah melambungkan namanya sangat tinggi. Sepanjang sejarah dunia seorang penulis, belum ada pencapaian kesuksesan seperti yang bisa oleh J.K. Rowling capai.

Bahkan atas kesuksesannya ini, J.K. Rowling dinobatkan sebagai penulis terkaya di dunia. Ia adalah sosok penulis pertama yang menyandang gelar miliarder.

Tetapi jika konteksnya adalah penulis terkenal dunia paling popluler dan berpengaruh sepanjang, maka nama J.K. Rowling akan mendapat banyak saingan.

Nama lain seperti Maya Angelou atau Margareth Atwood juga akan berkompetisi untuk tropi ini. Mereka semua tidak terkecuali, memiliki keistimewaan masing-masing dengan karyanya.

Karena sangat subyektif, 10 nama penulis perempuan paling terkenal di dunia ini nanti bisa saja berbeda dengan pendapatmu. Dan itu tidak masalah sama sekali. Saya sangat senang hati jika kamu berkenan menyampaikan pendapatmu sendiri di komentar untuk hal tersebut.

Jadi, siapa saja nama penulis perempuan di dunia yang paling terkenal versi Penulis Gunung?

1. Agatha Christie

penulis perempuan terkenal Agatha Christie

Tanpa keraguan, Agatha Christie adalah salah satu penulis wanita yang paling populer di dunia. Hingga sekarang karyanya sudah terjual lebih dari dua miliar eksemplar yang membuatnya mencetak Guinnes World Records sebagai penulis fiksi terlaris sepanjang masa.

Nama panjang Agatha Christie adalah Dame Agatha Mary Clarissa Christie. Agatha lahir pada 15 September 1890 di Inggris. Ia mendapatkan gelar Dame (DBE) dari kerajaan Inggris setelah karyanya dalam sastra dan literatur mendapatkan pengakuan secara luas oleh pemerintah kerajaan Inggris.

Dalam karier kepenulisannya, Agatha Christie menghasilkan banyak sekali karya sastra spektakuler.

Ia menulis novel fiksi, kumpulan cerpen, buku non fiksi dan lain sebagainya. Nama pena lain yang ia gunakan pula dalam karyanya adalah Mary Westmacott, dan menghasilkan beberapa novel romantis untuk nama ini.

Beberapa karya Agatha Christie yang paling terkenal misalnya adalah 66 novel detektif yang bercerita banyak tentang karakter detektif imajiner Hercule Poirot dan Miss Marple. Selain itu, Agatha Christie menulis naskah The Moustrap, sebuah drama dengan rekor pementasan terpanjang dari tahun 1952 hingga 2018 dengan total tayang hingga 27.500 kali pentas.

Karya populer Agatha Christie: Hercule Poirot and Miss Marple Detective Series, And Then There Were None, The Mouse Trap.

2. Jane Austen

penulis wanita

Nama Jane Austen tidak begitu populer ketika ia masih hidup, namun justru mencapai puncak popularitasnya jauh setelah kematiannya sendiri. Namun, dengan segala pemikiran dan gaya penulisan plot setiap novel yang ia hasilkan, ada banyak orang mengakui bahwa Jane Austen adalah salah satu penulis perempuan yang luar biasa.

Jane Austen lahir pada 16 Desember 1775 dan meninggal dunia 18 Juli 1817. Selama hidupnya itu, Jane menerbitkan enam judul novel.

Secara umum, gaya penulisan Jane banyak berisi kritik dan eksplorasi terhadap budaya ketergantungan perempuan terhadap pernikahan karena mengejar status sosial dan keamanan ekonomi. Ciri khas inilah yang membuat tulisan Jane Austen terasa lebih kuat, penuh semangat independensi serta realistis.

Karya populer Jane Austen: Pride and Prejudice, Sense and Sensibility, Mansfield Park dan Emma.

3. Maya Angelou

penulis perempuan terkenal Maya Angelou

Harus jujur untuk mengakui bahwa tidak banyak penulis kulit hitam perempuan yang bisa mencapai nama besar seperti Maya Angelou.

Dengan rentang kariernya yang penuh liku-liku, Maya Angelou menjalani banyak profesi mulai dari penulis, penyair, sutradara, produser, artis, tukang masak bahkan pekerja seks di masa mudanya.

Maya Angelou lahir pada 4 April 1928 dan meninggal dunia pada 28 Mei 2014. Sebagai penulis wanita kulit hitam yang populer, Maya Angelou pernah bekerja sama dengan nama-nama pejuang hak asasi manusia yang legendaris seperti Malcom X dan Martin Luther King.

Dalam dunia penulisan, Maya Angelou terkenal karena menulis tujuh autobiografi, beberapa esai dan juga buku puisi.

Dalam menulis autobiografi, Maya menabrak banyak aturan dan struktur umum penulisan yang biasa. Ia dengan sengaja memperluas genre, mengkritik dan mengubah banyak hal yang membuat tulisannya justru semakin kuat, realistis dan istimewa.

Karya populer Maya Angelou: I Know Why the Caged Bird Sings

Klik tautan ini untuk menemukan novel Maya Angelou di Shopee

4. Margaret Atwood

penulis perempuan terkenal

Nama penulis wanita terkenal di dunia selanjutnya adalah Margaret Atwood, seorang penulis, penyair, guru, aktivis lingkungan dan kritikus sastra dari Kanada.

Margaret Atwood terkenal luas karena reputasinya yang cemerlang dalam dunia menulis. Ia adalah pemenang untuk banyak penghargaan sastra seperti Bookers Prize, Franz Kafka Prize, Princess of Asturias Award dan lain sebagainya.

Atwood lahir pada 18 Nopember 1939 dan masih terus berkarya hingga sekarang.

Sejak tahun 1961 ia telah merilis setidaknya 18 judul novel, 11 buku non fiksi, 18 buku puisi, beberapa koleksi fiksi pendek, buku anak-anak bahkan juga cerita bergambar.

Sejak menjadi penulis wanita muda hingga sekarang, karya Margaret Atwood bercerita banyak hal seperti agama, mitos, identitas, gender, kekuasaan dan juga perubahan iklim.

Karya populer Margaret Atwood: The Handmaid’s Tale, Surfacing, Cat’s Eye, The Blind Assassin.

Klik tautan ini untuk membeli novel Margaret Atwood di Shopee

5. Margaret Mitchell

penulis perempuan terkenal

Selama hidupnya, penulis perempuan terkenal yang bernama lengkap Margaret Munnerlyn Mitchell ini hanya menerbitkan satu buah novel yaitu, Gone with the Wind. Namun bagaimana pun juga, sebuah novel itu sudah cukup mengangkatnya menjadi penulis wanita yang legendaris.

Margaret Mithcell lahir pada 8 Nopember 1900 dan meninggal dunia pada tahun 16 Agustus 1949, ia adalah jurnalis dan novel Amerika yang populer.

Gone with the Wind karya Margaret Mitchell bercerita tentang era perang saudara di Amerika. Karya ini mengantarkan namanya meraih dua penghargaan bergengsi sekaligus yaitu Pulitzer Prize for Fiction dan National Book Award.

Karya populer Margaret Atwood: Gone wirh the Wind, Lost Laysen (terbit secara anumerta).

Klik tautan ini untuk membeli novel Margaret Mitchell di Shopee

6. Harper Lee

Author Harper Lee

Seperti halnya Margaret Atwood, Harper Lee juga hanya menerbitkan satu buah novel populer yang langsung mengangkat namanya sebagai penulis terkemuka. Novel Harper Lee tersebut adalah To Kill a Mockingbird.

Alur cerita atau plot dari novel To Kill A Mockingbird sendiri merupakan buah dari inspirasi pengalaman masa kecil penulisnya.

Menurut Harper Lee, kisah dalam novel tersebut merupakan kristalisasi dari pengamatannya terhadap sikap rasis dan irasionalitas yang ia lihat pada tetangga serta lingkungannya.

Novel ini kemudian mendapat sambutan yang bagus di Amerika. Setahun setelah To Kill a Mockingbird terbit, Harper Lee dinobatkan untuk Pulitzer Prize tahun 1961.

Karya populer Harper Lee: To Kill a Mockingbird, Go Set A Watchman

Klik tautan ini untuk membeli novel Harper Lee di Shopee

7. Virginia Woolf

penulis wanita

Nama lengkapnya adalah Adeline Virginia Woolf, ia lahir pada 25 Januari 1882 dan meninggal dunia pada 28 Maret 1941.

Dalam kiprahnya di dunia menulis, Virginia Woolf diakui sebagai salah satu sastrawan wanita yang membawa paham kesadaran naratif yang dikemas dalam karya sastra modernis.

Secara personal, Virginia Woolf memiliki kontroversinya sendiri terkait dengan orientasi seksualnya. Selain memiliki suami, Virginia Woolf juga memiliki hubungan romantis dengan wanita.

Beberapa karya yang juga terkenal dari seorang Virginia Woolf adalah The Voyage Out yang merupakan novel pertamanya, kemudian ia juga menerbitkan Mrs Dalloway, To the Lighthouse dan Orlando.

Akhir kehidupan Virginia Woolf cukup tragis. Banyak orang yang percaya bahwa ia secara sengaja bunuh diri dengan terjun ke sungai Ouse pada usianya yang ke-59 tahun.

Karya populer Virginia Woolf: Mrs Dalloway, To the Lighthouse

Klik tautan ini untuk membeli novel Virginia Woolf di Shopee

8. Bronte Bersaudara (Charlotte Bronte, Emily Bronte dan Anne Bronte)

penulis wanita

Ada tiga penulis novel sekaligus penyair yang kemudian populer sebagai sastrawan literatur klasik dari Inggris. Bronte bersaudara yang terdiri dari Charlotte Bronte yang paling tua, kemudian Emily Bronte dan Anne Bronte, ketiganya merilis beberapa novel secara antologi bersama-sama.

Sayangnya Bronte Bersaudara berumur pendek, dan Charlotte adalah yang paling lama hidup di antara mereka. Charlotte Bronte lahir pada 21 April 1816 dan meninggal dunia pada 31 Maret 1855.

Beberapa karya Bronte Bersaudara bersaudara yang terkenal adalah The Professor, Jane Eyre, Shirley dan Vilette.

Klik tautan ini untuk membeli novel Bronte Sister di Shopee

9. Anne Frank

penulis perempuan terkenal Anne Frank

Buku The Diary of Young Girl telah diterjemahkan ke dalam 70 bahasa. Buku ini meskipun terbit secara anumerta setelah sang penulis meninggal dunia, adalah salah satu buku paling sukses dan terkenal di dunia.

Anne adalah seorang gadis muda penulis buku diari yang kemudian menjadi sangat terkenal setelah kematiannya. Tragisnya, Anne Frank menjadi salah satu korban tahanan perang dalam peristiwa holocaust Nazi, masa ketika Hitler memburu orang-orang Yahudi.

Anne lahir pada 12 Juni 1929 dan meninggal dunia di kamp konsentrasi pada bulan Maret 1945 setelah terserang penyakit tifus.

Buku The Diary of Young Girl sendiri merupakan buku harian yang Anne tulis secara teratur saat masa persembunyiannya dari tahun 1942 hingga 1944.

Ketika ia meninggal dunia, diari ini kemudian diterbitkan oleh ayahnya, Otto Frank.

Karena isinya yang kuat dan inspiratif, buku ini segera menjadi sangat terkenal di dunia setelahnya.

Karya populer Anne Frank: The Diary of Young Girl

Klik tautan ini untuk membeli novel Anne Frank di Shopee

10. J.K Rowling

penulis perempuan terkenal JK Rowling

Penulis perempuan paling terkenal di dunia yang terakhir tentu adalah J.K. Rowling.

Ini adalah penulis wanita yang Forbes nobatkan sebagai penulis dengan bayaran paling tinggi di dunia. Novel fantasi fiksi anak-anak berjudul Harry Potter telah membawa Joanne Rowling mencapai puncak tangga finansial yang paling tinggi untuk seorang penulis.

J.K. Rowling lahir pada 31 Juli 1965 dan mendapatkan ide menulis novel Harry Potter ketika sedang menunggu kereta api yang gagal berangkat. Novel itu kemudian diajukan ke berbagai penerbit namun ditolak hingga 13 x sebelum meledak di pasaran dan mengubah hidupnya jadi jutawan.

Selain Harry Potter, Joanne Rowling juga menulis fiksi kriminal dan roman dewasa. Namun memang namanya tidak bisa lepas dari karya monumentalnya tentang anak laki-laki penyihir dari Hogwart tersebut.

J.K. Rowling terkenal sebagai penulis dan juga filantropis. Ia menyumbangkan banyak penghasilannya untuk kepentingan amal, sastra dan juga politik. Selain itu Joanne Rowling juga terkenal karena ia menentang keras transgender dan fenomena LGBT.

Klik tautan ini untuk membeli novel J.K. Rowling di Shopee

Kesimpulan

Nah, itu adalah 10 nama penulis perempuan paling terkenal di dunia versi Penulis Gunung.

Dengan reputasi, karya dan pengaruh yang mereka miliki, nama-nama ini masih terus mendapatkan pengakuan di dunia atas berbagai karya monumental yang mereka telah hasilkan.

Kamu tentunya memiliki pendapatmu sendiri mengenai nama-nama para penulis wanita yang terkenal, bukan?

Shopee Mantul

Sangat menyenangkan sekali jika kamu juga berkenan menbagikan pendapatmu itu di kolom komentar, ya.

BACA JUGA:


Tingkatkan skill menulismu

Yuk, gabung di Kelas Menulis Online Penulis Gunung dan keterampilan menulismu akan naik satu level


Penulis terbaik

Anton Sujarwo

Saya adalah seorang penulis buku, content writer, ghost writer, copywriters dan juga email marketer. Saya telah menulis 19 judul buku, fiksi dan non fiksi, dan ribuan artikel sejak pertengahan tahun 2018 hingga sekarang.

Dengan pengalaman yang saya miliki, Anda bisa mengajak saya untuk bekerjasama dan menghasilkan karya. Jangan ragu untuk menghubungi saya melalui email, form kontak atau mendapatkan update tulisan saya dengan bergabung mengikuti blog ini bersama ribuan teman yang lainnya.

Tulisan saya yang lain dapat dibaca pula pada website;

Saya juga dapat dihubungi melalui whatsapp di tautan ini.

Fortopolio beberapa penulisan saya dapat dilihat disini:

%d blogger menyukai ini: