Lompat ke konten
Beranda » Blog » Contoh Naskah Film Pendek dan Cara Membuatnya

Contoh Naskah Film Pendek dan Cara Membuatnya

Contoh Naskah Film Pendek

Dengan tingginya pengguna aplikasi video seperti YouTube dan Tiktok, tumbuh pula berbagai jenis konten video yang kreatif. Dalam artikel kali ini, Penulis Gunung akan mengajak kamu melihat contoh naskah film pendek yang dapat ditayangkan di youtube sekaligus mempelajari cara membuatnya.

Nah, bagaimana cara menulis sebuah skenario film pendek untuk tayang di youtube dan sejenisnya?

Berikut ulasan lengkapnya.

Kamu punya kisah hidup menarik untuk dijadikan buku namun bingung cara menuliskannya?

Daftar Isi Artikel

Contoh Naskah Film Pendek untuk Youtube dan Cara Menuliskannya

Contoh naskah film pendek
Photo by Martin Lopez on Pexels.com

Ada banyak contoh naskah film pendek motivasi yang sudah dihasilkan oleh tim Penulis Gunung. Sebagai jasa profesional dalam penulisan naskah kreatif, Penulis Gunung mendapat beberapa tawaran bekerjasama untuk menulis naskah drama atau film.

Jenis naskah atau script yang diminta ada berbagai macam. Ada naskah khusus drama keluarga, komedi, bahkan hingga script voice over youtube untuk tutorial peternakan.

Ada juga beberapa naskah yang dikerjakan oleh tim Penulis Gunung yang masuk dalam kategori video short. Artinya video ini untuk diubah ke dalam bahasa kamera dalam durasi yang benar-benar singkat. Misalnya maskimal hanya 2 menit.

Dalam perjalanannya kemudian, Penulis Gunung memiliki cukup bayak portofolio contoh film pendek untuk berbagai tema

Berikut ini beberapa di antaranya.

Contoh Skenario Film Pendek Tentang Pendidikan

Contoh script berikut bercerita tentang seorang anak yang tidak mau masuk pesantren. Konflik cerita seputar dunia sekolah jadi bisa juga untuk mengatakannya sebagai contoh naskah film pendek sekolah.

Dengan setting tentang dunia pendikan pondok pesantren di Kabupaten Magelang, script film ini juga merepsentasikan bagaimana keseharian santri dengan latar budaya jawa yang kental.

Contoh Naskah Film Pendek Tentang Komedi

humor
Photo by Amir Ghoorchiani on Pexels.com

Berikut adalah contoh naskah film pendek word (penulisannya seperti naskah drama biasa di microsoft word) tentang komedi. Naskah ini merupakan salah satu script untuk drama youtube yang penulisannya dilakukan oleh tim Penulis Gunung.

Dapat kamu lihat dalam contoh naskah ini bahwa format penulisannya pun sangat biasa, seperti pada teks drama pada umumnya.

Memang orientasi umum dalam menulis naskah drama youtube adalah efektivitas dan kemudahannya, baik penulisan maupun mengubahnya menjadi bahasa kamera. Bagi pembuat konten drama profesional di youtube, yang mereka butuhkan adalah ide naskahnya, bukan hal-hal teknis terkait cara memproduksi videonya.

Dalam menulis naskah film komedi, unsur utama yang menjadi pesan cerita adalah komedi, humor dan jenakanya. Intinya adalah, bagaimana kamu mengemas sebuah cerita drama yang secara umum mengajak orang untuk tertawa, rileks dan merasa terhibur.

Contoh Naskah Film Pendek Tentang Motivasi

film motivasi
Photo by SHVETS production on Pexels.com

Dalam menulis cerita untuk film pendek motivasi, unsur penting pesan cerita yang harus adalah motivasi, dorongan semangat, kesadaran untuk melakukan hal baik dan sebagainya.

Di bawah ini adalah salah satu contoh naskah film pendek durasi 5 menit yang juga tayang di sebuah channel youtube. Penulisan naskah ini juga mengutamakan pesan cerita, unsur motivasinya dan kemudahan untuk diterjemahkan menjadi video sederhana di channel youtube.

Cara Membuat Naskah Film Pendek dengan Mudah

Contoh Naskah Film Pendek
Photo by Tima Miroshnichenko on Pexels.com

Kamu juga dapat membuat naskah film pendek versi kamu sendiri. Dengan kemudahan akses memproduksi konten dalam video seperti di youtube, tiktok, atau facebook sekarang ini, kamu juga memiliki kesempatan untuk mempublikasikan film yang kamu buat dengan sangat mudah.

Namun bagaimana pun mudahnya menulis sebuah naskah drama yang pendek, kamu tetap membutuhkan beberapa cara-cara utama sebagai unsur pokoknya.

Berikut adalah langkahnya

1. Tetapkan Pesan Apa yang Ingin Kamu Sampaikan

Tidak penting apakah kamu belajar dari contoh naskah film pendek durasi 15 menit, 5 menit atau bahkan yang lebih singkat dari itu, langkah pertama yang kamu harus lakukan adalah dengan menetapkan pesan film itu sendiri terlebih dahulu.

Jadi, apa yang kamu ingin pembaca rasakan setelah menonton film yang kamu tulis naskahnya?

Jika kamu melihat contoh naskah film pendek tentang covid 19, maka pesannya adalah tentang dampak pandemi covid 19 beberapa bulan yang lalu. Hal ini pun dapat kamu kembangkan lagi dengan tujuan apakah itu mengingatkan, menginspirasi, atau mengajak untuk menjaga kesehatan dengan lebih baik dan semacamnya.

2. Buat Naskah Pertama sebagai Dasar Cerita

Ini seperti membuat kerangka atau outline dalam menulis novel. Dalam langkah ini kamu membuat garis besar film yang kamu buat secara ringkas saja.

Berikan perhatian yang cukup untuk turning poin atau titik balik dalam cerita.

Pada bagian ketika tensi cerita semakin naik untuk mencapai tujuan, juga perlu kamu tambahkan untuk memperkuat alur ceritanya.

3. Tuliskan Skenarionya

Contoh Naskah Film Pendek
Photo by Pixabay on Pexels.com

Jika kamu ingin membuat script film dalam bentuk skenario yang sempurna, maka kamu perlu mempelajari cara menuliskannya dengan baik. Termasuk pula teknis, panduan dan aturan-aturan penting dalam menulis skenario.

Akan tetapi jika kamu membuat naskah film pendek yang lebih flesksibel seperti di channel youtube dan lain sebagainya, kamu mungkin dapat membuat naskahnya dengan lebih simpel.

Bagian terpenting dari skenario seperti ini adalah kemudahannya untuk diterjemahkan ke dalam bahasa kamera oleh sang konten kreator.

Biasanya, sebagian besar akan lebih nyaman menggunakan format penulisan drama seperti contoh kedua dan ketiga yang bisa kamu perhatikan lagi di atas.

4. Berikan Plot Twist pada Cerita

Tips selanjutnya yang juga bisa kamu gunakan dalam menulis sebuah naskah film pendek adalah dengan memberikan plot twist dalam ceritanya.

Plot twist sendiri adalah sebuah pembelokan alur yang menghadirkan efek kejut bagi pembaca. Plot twist akan memberikan satu nilai istimewa bagi cerita selain mampu menarik kembali perhatian dan antuasiasme penonton ketika menyaksikannya.

Penting juga untuk kamu perhatikan bahwa plot twist tidak boleh sembarangan. Plot twist yang terbaik selalu terlihat natural, tidak dipaksakan dan efektif untuk memberikan irama yang sempurna pada cerita.

5. Baca, Edit dan Sempurnakan

penulis novel
Photo by Monstera on Pexels.com

Sebelum naskah film pendekmu kamu serahkan pada konten kreator jika pembuatan filmnya untuk youtube, pastikan kamu membacanya kembali dengan teliti.

Shopee Mantul

Perhatikan kembali apakah rangkaian peristiwanya sudah tepat untuk membangun sebuah cerita yang sempurna atau masih perlu diperbaiki. Pada langkah ini kamu mungkin harus melakukan pengeditan, revisi dan penyempurnaan naskah cerita.

Ini akan semakin menantang lagi jika kamu menulis naskah film pendek dalam bentuk skenario film yang standar seperti pada contoh pertama. Pada langkah yang kelima ini kamu juga sebaiknya memperhatikan apakah teknis penulisan naskahmu sudah tepat atau harus kembali ke proses revisi.


Tingkatkan skill menulismu

Yuk, gabung di Kelas Menulis Online Penulis Gunung dan keterampilan menulismu akan naik satu level


Penulis terbaik

Anton Sujarwo

Saya adalah seorang penulis buku, content writer, ghost writer, copywriters dan juga email marketer. Saya telah menulis 19 judul buku, fiksi dan non fiksi, dan ribuan artikel sejak pertengahan tahun 2018 hingga sekarang.

Dengan pengalaman yang saya miliki, Anda bisa mengajak saya untuk bekerjasama dan menghasilkan karya. Jangan ragu untuk menghubungi saya melalui email, form kontak atau mendapatkan update tulisan saya dengan bergabung mengikuti blog ini bersama ribuan teman yang lainnya.

Tulisan saya yang lain dapat dibaca pula pada website;

Saya juga dapat dihubungi melalui whatsapp di tautan ini.

Fortopolio beberapa penulisan saya dapat dilihat disini:

%d blogger menyukai ini: