Lompat ke konten
Beranda » Blog » 7 Manfaat Menulis Buku Harian Bagi Kesehatan ala SehatQ

7 Manfaat Menulis Buku Harian Bagi Kesehatan ala SehatQ

Manfaat Menulis Buku Harian

Jika rutin melakukannya, ada banyak manfaat menulis buku harian yang bisa kamu dapatkan. Selain mampu mengabadikan beberapa kenangan penting yang kamu alami sehari-hari, menulis buku harian juga sangat bermanfaat untuk kesehatan.

Nah, apa saja manfaat menulis buku harian untuk kesehatan?

Penulis Gunung akan mengajak kamu untuk membahasnya dalam artikel kali ini.

Kamu punya kisah hidup menarik untuk dijadikan buku namun bingung cara menuliskannya?

Daftar Isi Artikel

7 Manfaat Menulis Buku Harian untuk Kesehatan

Manfaat menulis buku harian
Photo by Pixabay on Pexels.com

Menulis adalah satu kebiasaan positif yang penuh dengan manfaat sehingga sangat layak untuk kamu biasakan. Dengan membiasakan menulis secara teratur, kamu dapat mereduksi perasaan stress, depresi hingga tingkat emosi yang berlebihan.

Sebagai salah satu kebiasaan positif, menulis pun memiliki banyak cara untuk kamu lakukan. Kamu misalnya dapat memilih menulis buku, menulis cerpen, menulis artikel, atau bahkan yang paling sederhana seperti menulis buku harian.

Menulis buku harian atau jurnaling memang terdengar sederhana, namun kegiatan ini memiliki segudang manfaat baik untuk kesehatan mental mau pun untuk produktivitas.

Beberapa manfaat dalam bidang kesehatan yang paling penting dari menulis buku harian misalnya adalah sebagai berikut;

1. Menulis Buku Harian Mampu Menjernihkan Pikiran

Dalam istilah yang lebih modern, menulis buku harian sebutannya adalah jurnaling, atau menulis jurnal harian. Tulisan ini seperti namanya, menulis apa pun yang kamu alami atau kamu anggap penting dalam periode satu hari tersebut.

Kebiasaan menulis seperti ini akan lebih mudah untuk menguraikan masalah yang kamu hadapi. Ketika pikiran sedang kusut setelah melewati hari yang berat, menuliskannya justru memiliki kekuatan untuk menguraikan kekusutan tersebut.

Untuk menuliskan apa saja yang sudah kamu lewati pada suatu hari, kamu akan ditarik untuk melihatnya kembali dengan cara yang berbeda. Dan pada banyak kasus, justru cara inilah yang dapat memberikan kejernihan pikiran kamu kembali.

Bahkan dengan kondisi pikiran yang lebih rileks, tenang dan jernih, kamu akan lebih mudah untuk melihat jalan keluar yang lebih baik terkait permasalahan apa yang kamu hadapi pada saat itu.

2. Menulis Buku Harian Membantumu Berdamai dengan Masa Lalu

Menulis buku harian jurnaling
Photo by Natasha Fernandez on Pexels.com

Beberapa orang menghadapi masa lalu yang tidak mudah dalam hidup mereka sehingga kadang-kadang hal itu menimbulkan trauma. Pada titik tertentu, rasa trauma berisiko mendegradasi semangat, optimisme dan langkah di masa depan.

Ada banyak cara yang orang tempuh untuk menghadapi trauma, dan menulis adalah salah satunya.

Ketika kamu mulai rutin menulis buku harian, kamu akan terbiasa disiplin dan melihat berbagai persoalan yang kamu hadapi secara lebih menyeluruh. Kondisi ini akan memberikan pikiran kamu kesempatan untuk terus melakukan refleksi dan evaluasi dengan apa yang sudah kamu lakukan setiap harinya.

Refleksi yang tepat dan terlatih akan efektif meningkatkan rasa syukur yang kamu miliki.

Secara bertahap dengan pembiasaan menulis buku harian semacam ini, kamu akan melihat bahwa masa lalu yang kamu tangisi sebelumnya, bisa jadi akan menjadi ladang tempat kamu melihat begitu banyak yang harus kamu syukuri darinya.

3. Mampu Mengurangi Gejala Penyakit

Menulis secara teratur sesuatu yang paling memicu stress dalam bentuk jurnaling justru mampu menekan tingkat stress tersebut secara signifikan.

Bahkan lebih jauh JAMA Network mempublikasikan sebuah hasil penelitian yang mengemukakan bahwa penderita penyakit asma dan arthritis mengawali penurunan gejala hingga 28% setelah merutinkan jurnaling.

Tidak hanya asma dan arthritis, beberapa penyakit kronis lainnya pun mampu berkurang gejalanya dengan terapi jurnaling seperti ini.

Menulis secara teratur akan memberikan kesempatan kepada otak untuk lebih rileks dengan menguraikan permasalahan secara lebih santai. Dengan kemampuan melihat masalah secara lebih santai seperti ini, tingkat stress pun secara perlahan akan berkurang.

Berbagai penyebab penyakit karena gejala stress seperti kadar leukosit tinggi, jantung sering berdebar dan kecemasan yang berlebih, juga lebih mudah untuk dinetralisirkan melalui proses jurnaling.

4. Jurnaling Harian juga Mampu Meningkatkan Fungsi Kognitif

Manfaat menulis buku harian
Photo by Ketut Subiyanto on Pexels.com

Selain mampu secara efektif meningkatkan kesehatan fisik, menulis buku harian secara berkala ternyata juga ampuh meningkatkan fungsi kognifif dan psikologis. Ada banyak penelitian yang mengemukakan bahwa hasil menulis secara teratur memiliki andil yang besar dalam menjaga kestabilan emosi dan keseimbangan mental seseorang.

Tidak ada dampak negatif menulis buku harian yang bisa mengalahkan manfaatnya.

Menulis pada waktu-waktu tertentu dan secara khusus berfokus pada persoalan yang paling tinggi perannya sebagai pemicu stress, memiliki persentase yang lebih baik untuk mengatasi stress itu sendiri.

Konsep ini memang terdengar aneh tapi memiliki bukti yang nyata.

Ada banyak peserta dalam kelas menulis di Penulis Gunung Id memiliki kondisi psikologis yang buruk saat mulai bergabung di kelas. Namun setelah menulis secara rutin selama satu bulan dalam program Menulis Kisah Hidup dan Pengalaman Pribadi Menjadi Buku Memoar atau Autobiografi, mereka justru jauh lebih ceria, damai dan rileks.

5. Menulis Buku Harian Mampu Meningkatkan Kualitas Tidur

Sebuah penelitian lain membuktikan bahwa menulis hal positif selama 15 menit yang kamu alami dalam satu hari bisa meningkatkan kualitas tidurmu pada malam harinya

Manusia kadang lebih banyak berfokus pada hal-hal negatif yang mereka alami pada satu hari sehingga hal itu kemudian mengganggu emosi mereka. Ketidakstabilan emosi kemudian memicu banyak hal yang berkaitan erat dengan gangguan kesehatan.

Berfokus pada hal negatif yang kamu alami pada satu hari mungkin akan membuat kamu merasa cemas, mudah emosi, merasa tertekan dan yang pasti; susah tidur. Pada akhirnya kesulitan untuk beristirahat juga akan membawa pada masalah kesehatan yang lebih kompleks.

Nah dengan kamu melatih diri untuk menulis berbagai hal positif yang kamu alami pada satu hari tertentu, kamu akan belajar untuk tidak lagi melihat segala sesuatu dari sudut pandang yang negatif.  

Dengan cara ini kamu tidak hanya memberi kesempatan pada tubuhmu untuk mendapatkan istirahat yang lebih layak, tapi juga akan membuat hati dan pikiranmu menjadi lebih luas dan lebih banyak bersyukur.

Kesimpulan

Nah, dengan melihat begitu banyak manfaat kesehatan yang bisa kamu dapatkan melalui menulis buku harian, mungkin muncul pertanyaan dalam hatimu; Bagaimana memulai kebiasaan ini?

Cara yang paling mudah adalah dengan melakukan refleksi menjelang tidur.

Jadi, sekitar 15 menit sebelum kamu beristirahat di setiap malamnya, coba untuk melakukan refleksi mengenai apa saja yang sudah kamu lewati pada hari itu. Ambil kertas dan pulpen, atau buat dokumen khusus di komputer, kemudian tuliskan beberapa hal yang kamu anggap penting di hari tersebut.

Awalnya ini tidak akan mudah, dan kamu mungkin hanya akan menulis sepotong kalimat saja.

Shopee Mantul

Akan tetapi setelah beberapa hari, kamu akan kaget melihat kemampuan kamu menulis semakin baik, semakin produktif dan semakin menyehatkan untuk kondisi fisik dan mentalmu.

Selamat mencoba!


Tingkatkan skill menulismu

Yuk, gabung di Kelas Menulis Online Penulis Gunung dan keterampilan menulismu akan naik satu level


Penulis terbaik

Anton Sujarwo

Saya adalah seorang penulis buku, content writer, ghost writer, copywriters dan juga email marketer. Saya telah menulis 19 judul buku, fiksi dan non fiksi, dan ribuan artikel sejak pertengahan tahun 2018 hingga sekarang.

Dengan pengalaman yang saya miliki, Anda bisa mengajak saya untuk bekerjasama dan menghasilkan karya. Jangan ragu untuk menghubungi saya melalui email, form kontak atau mendapatkan update tulisan saya dengan bergabung mengikuti blog ini bersama ribuan teman yang lainnya.

Tulisan saya yang lain dapat dibaca pula pada website;

Saya juga dapat dihubungi melalui whatsapp di tautan ini.

Fortopolio beberapa penulisan saya dapat dilihat disini:

%d blogger menyukai ini: