5 Contoh Cerita Sejarah Pribadi dan Cara Menulisnya

Contoh Cerita Sejarah Pribadi

Banyak orang merasa kebingungan ketika ingin menulis kisah pribadinya. Kebingungan ini bisa karena cara menuliskannya atau byek sejarah pribadinya sendiri. Supaya lebih mudah, berikut Penulis Gunung telah mengumpulkan 5 contoh cerita sejarah pribadi yang dapat kamu jadikan sebagai template menulis sejarah pribadimu juga.

5 Contoh Cerita Sejarah Pribadi untuk Inspirasi Menulis Sejarahmu Sendiri

Contoh Cerita Sejarah Pribadi
Photo by Todoran Bogdan on Pexels.com

Sebenarnya sangat banyak hal tentang  diri kamu yang bisa kamu tulis sebagai cerita sejarah pribadi. Kamu bisa menuliskan cerita tentang sesuatu yang remeh hingga sesuatu yang benar-benar serius.

Atau dalam bentuk yang berbeda, kamu juga dapat memilih untuk menulis panjang lebar layaknya sebuah cerpen atau dalam bentuk yang lebih singkat seperti quotes. Dengan melihat contoh cerita sejarah pribadi singkat berikut ini nanti kamu bahkan bisa mengembangkannya sesuai dengan seleramu sendiri.

Jadi instruksinya adalah; tulis satu atau dua halaman terpisah tentang topik favoritmu, kemudian kamu dapat menyusunnya menjadi sebuah buku di kemudian hari. Ini tidak harus dalam struktur kronologis, bagian terpentingnya adalah kamu dapat menulisnya dengan lepas dan senang hati.

Nah, apa saja contoh cerita sejarah pribadi yang bisa kamu tulis?

1. Tempat yang Pernah Kamu Tinggali

Tulis sebuah cerita pengalaman pribadi tentang tempat-tempat yang kamu pernah tinggali. Misalnya kamu pernah tinggal di Jakarta selama beberapa lama, kemudian pernah pula tinggal di Jogja untuk kuliah, atau malah tinggal di luar negeri untuk bekerja.

Kamu bisa memperluas tulisanmu ini mengenai apa saja yang kamu alami selama tinggal di suatu tempat. Apakah kamu memiliki kesan yang mendalam atau justru pengalaman yang tidak terlupakan.

Contoh Cerita Sejarah Pribadi tentang Tempat yang Tinggal

Saya menghabiskan hampir enam tahun di kota Gudeg untuk menyelesaikan pendidikan saya di UGM. Sebenarnya saya bisa menyelesaikan sekolah lebih cepat, hanya saja saya harus beradaptasi dengan kondisi keuangan keluarga saya yang ambruk setelah ayah meninggal dunia. Untuk bisa terus kuliah, saya harus nyambi bekerja di salah satu warung makan tidak jauh dari daerah Condong Catur.

Beberapa bulan bekerja, suatu hari pemilik warung menawari saya untuk mengelola usahanya di wilayah wisata Kopeng, Salatiga. Pak Makmur mengatakan jika saya mau menerima tawaran tersebut, ia akan memberikan saya gaji 3 x lipat dari yang bisa yang dapatkan di warung Condong Catur. Terus terang tawaran itulah yang membuat saya memutuskan untuk meninggalkan kota Jogja dan juga meninggalkan kuliah saya untuk sementara dan memilih tinggal di Kopeng.

2. Orang-orang yang Berpengaruh dari Masa Kecilmu

Contoh Cerita Sejarah Pribadi
Photo by Shuvrasankha Paul on Pexels.com

Tulis pegalaman yang kamu miliki terkait dengan orang-orang yang memiliki pengaruh di masa kecilmu. Misalnya kamu memiliki seorang kakak yang sangat perhatian, orang tua yang sering mengajakmu mendaki gunung dan lain sebagainya.

Pada bagian ini bahkan kamu juga bisa menambahkan jika yang mempengaruhimu adalah tokoh fiksi. Anggaplah misalnya kamu sangat terpengaruh dengan kisah kepahlawanan Superman dan sejenisnya.

Contoh Cerita Sejarah Pribadi Masa Kecil

Rambutnya hitam sebahu, kulitnya putih bersih, senyumnya manis, dan tutur katanya sangat sopan. Nana adalah seorang gadis cantik yang barusan saja pindah ke kampungku, ia segera menjadi idola banyak bocah seusia aku. Kami baru 7 tahun dan kami tidak tahu apa itu pacaran, tapi entah mengapa hampir semua teman sekampungku yang biasanya sering bermain layangah di sawah, sekarang pindah di halaman rumah Nana untuk bermain kelereng atau hanya duduk-duduk saja semenjak Nana tiba di kampungku.

Aku sebenarnya tak begitu tertarik untuk ikutan. Tapi di sekolah, Nana justru duduk satu bangku denganku. Ia benar-benar anak yang sangat istimewa. Karena ia berasal dari Jakarta, kadang-kadang ia bercerita kepadaku bagaimana megahnya gedung-gedung besar ibu kota. Atau pada lain kesempatan ia juga bercerita padaku bagaimana menyenangkanya naik kereta atau bajaj. Di antara semua teman-teman masa kecilku, cerita dari Nanalah yang paling melekat di benakku.

3. Perjalanan Tak Terlupakan

Kamu pastinya pernah berlibur, kan?

Nah, kamu juga bisa menulis tentang liburan yang paling kamu sukai. Tulis apa saja kesan yang kamu dapatkan dalam perjalanan tersebut dan apa pelajaran terpenting yang bisa kamu sampaikan untuk orang lain tentang kisahmu.

Contoh Cerita Sejarah Pribadi Perjalanan (Liburan)

Tidak ada tempat yang paling menyenangkan untuk aku kunjungi selain kota Makkah dan Madinah. Aku mengunjungi dua kota suci itu sekitar dua tahun yang lalu ketika aku melaksanakan ibadah umrah bersama ibuku, ayahku dan juga kedua orang adikku. Setelah selesai melaksanakan ibadah umrah seperti yang jamaah lakukan pada umumnya, ayahku mengajak kami untuk melihat banyak situs berharga selama perjalanan. Termasuk mengunjungi lokasi terjadi Perang Badar, lokasi terbunuhnya paman Rasullullah, Hamzah bin Abdul Muthalib, dan beberapa tempat lain yang penuh sejarah.

Sebelum pulang ke Indonesia, kami pada saat itu juga sempat mampir ke Turki dan menikmati indahnya kota Istambul. Kami bahkan masuk ke masjid Hagia Sophia dan sholat berjamaah di dalamnya. Ketika tour guide kami menyampaikan kisah penaklukan kota Konstantinopel ratusan tahu lalu, serasa aku masih mendengar derap kuda pasukan sang sultan memasuki wilayah kota dengan gagah perkasa.

4. Fenomena Cuaca yang Pernah Kamu Lihat atau Alami

Contoh Cerita Sejarah Pribadi
Photo by Josh Willink on Pexels.com

Selain menulis cerita sejarah pribadi masa kecil seperti kisah Nana dalam contoh sebelumnya, kamu dapat juga menulis pengalaman misalnya saat menemukan fenomena cuaca yang tidak terlupakan.  

Dalam penulisan pengalaman seperti ini, kamu bisa menggunakan sudut pandang yang lebih merdeka. Artinya kamu ingin menceritakan fenomena cuaca itu dari sudut pandang keindahannya, keistimewaannya atau justru dari dampak yang ia timbulkan.

Contoh Cerita Sejarah Pribadi tentang Fenomena Cuaca

Ternyata di atas gunung cuaca cepat sekali berubah. Sebelumnya segala sesuatu berjalan sangat lancar, langit cerah, awan berkelok, angin sepoi-sepoi dan pemandangan luar biasa indahnya. Tapi hanya sekitar 15 menit kemudian, tiba-tiba semuanya berganti. Langit menjadi menghitam dengan gelayut awan tebal yang seakan ingin ambruk, petir dan kilatan-kilatan menakutkan menggelegar di angkasa, hanya butuh sekitar lima menit kemudian hujan sudah membahana mengubah suasana mendaki gunung itu penuh dengan drama.

Menariknya, cuaca menakutkan itu juga tidak berlangsung lama. Hujan, petir dan langit gelap hanya berlansung sekitar setengah jam saja. Menjelang sore ketika kami sudah hampir mencapai lokasi mendirikan tenda, langit kembali cerah, matahari masih menyembul dengan senyum sorenya. Dan yang lebih menarik, seutas pelangi juga melengkung indah menghiasi cakrawala.

5. Pengalaman Spiritual yang Kamu Alami

Nah contoh teks cerita sejarah pribadi panjang kadang-kadang dapat mengangkat tema ini. Bahkan jika kamu tertarik dengan penulisan novel yang lebih kompleks dan komprehensif, ini adalah salah satu topik penulisan yang sangat menarik untuk kamu angkat.

Dalam sejarah pribadi yang ini, kamu menulis tentang satu pengalaman spiritual yang kamu pernah alami dalam hidupmu. Kamu dapat berfokus pada kronologis pengalamannya, pesan spiritualnya, atau hikmah di balik hal tersebut.

Contoh Cerita Sejarah Pribadi tentang Pengalaman Spiritual

Ketika ayah, ibu dan kedua adikku sedang beristirahat di hotel setelah seharian melaksanakan ibadah umrah, malam harinya aku memutuskan untuk keluar sendirian dan sholat di masjid Nabawi. Itu mungkin sekitar pukul 12 malam, waktu ketika belum banyak orang datang untuk shalat tahajud bersama.

Entah mengapa aku merasa seakan-akan ada yang menarik tanganku untuk sholat tepat di samping sebuah pilar masjid. Di tempat itu aku sholat hajat, sholat taubat dan sholat tahajud juga. Entah kapan aku bisa kembali ke tempat ini lagi, pikirku. Jadi aku akan menggunakannya sebaik mungkin yang aku bisa.

Saat berdoa mengangkat tangan, sekelebat wajah muncul dalam didepanku dengan begitu jelas. Itu adalah wajah Lestari, gadis cantik yang hampir aku nikahi setahun sebelumnya. Dalam larikan pikiran itu, aku melihat Lestari seakan-akan menangis, wajahnya pucat pasi dan meminta maaf kepadaku. Dalam tangisannya, Lestari menyampaikan penyesalannya karena terpaksa menolak pinanganku lantaran tekanan ayahnya yang mata duitan.

Esoknya, ketika aku kembali ke hotel. Ibu menyambutku dengan air mata pelukan bersama sebuah berita mengejutkan dari kampung. Lestari, gadis cantik yang menemuiku di masjid Nabawi tadi malam, ditemukan mati bunuh diri di kamarnya di kampung.

Kesimpulan

Nah, itu adalah beberapa contoh cerita sejarah pribadi yang dapat kamu ikuti penulisannya dengan mudah. Kamu pastinya dapat membuat tema penulisan lain sesuai dengan yang kamu sukai.

Kamu misalnya bisa membuat contoh teks cerita sejarah pribadi tentang keluarga, tentang persahabatan, tentang masa SMA atau yang lainnya. Selama kamu merasa cerita yang kamu miliki itu punya nilai historis dan kesan untuk kamu ceritakan, kamu pasti bisa menuliskannya dengan mudah.

Jadi, selamat menulis!

BACA JUGA:


Tingkatkan skill menulismu

Yuk, gabung di Kelas Menulis Online Penulis Gunung dan keterampilan menulismu akan naik satu level


ghost writer terbaik

Anton Sujarwo

Saya adalah seorang penulis buku, content writer, ghost writer, copywriters dan juga email marketer. Saya telah menulis 19 judul buku, fiksi dan non fiksi, dan ribuan artikel sejak pertengahan tahun 2018 hingga sekarang.

Dengan pengalaman yang saya miliki, Anda bisa mengajak saya untuk bekerjasama dan menghasilkan karya. Jangan ragu untuk menghubungi saya melalui email, form kontak atau mendapatkan update tulisan saya dengan bergabung mengikuti blog ini bersama ribuan teman yang lainnya.

Tulisan saya yang lain dapat dibaca pula pada website;

Saya juga dapat dihubungi melalui whatsapp di tautan ini.

Fortopolio beberapa penulisan saya dapat dilihat disini:

Related Posts

%d blogger menyukai ini: