Cara Membuat Postingan Blog dalam 5 Tips Sederhana

Cara Membuat Postingan Blog

Jika kamu adalah seorang penulis sekaligus juga adalah blogger, kamu pasti tahu rasanya bagaimana berpikir keras untuk membuat postingan yang baik. Menemukan cara membuat postingan blog yang ramah pembaca sekaligus ramah mesin pencari, pada banyak kasus sama pentingnya dengan topik penulisannya sendiri.

Nah, bagaimana cara membuat blog post yang berkualitas dan mudah terindeks oleh mesin pencarian google sekaligus pembaca juga menyukainya?

Saya akan mengajak kamu membahasnya dalam artikel ini.

5 Tips Ampuh Cara Membuat Postingan Blog yang Efektif

cara membuat postingan blog
Photo by Pixabay on Pexels.com

Sebagai seorang penulis, kamu sudah seharusnya dapat menggunakan skill menulismu untuk mempromosikan tulisanmu pula. Salah satu cara yang paling efektif untuk tujuan ini adalah dengan membangun blog atau website pribadi. Dengan blog kamu bisa mempromosikan buku, menjualnya, menawarkan jasa ghost writer, atau apa pun yang kamu inginkan.

Namun untuk sukses dalam blog tidak berhenti hanya sampai pada skill menulis saja.

Dalam kaitannya dengan dunia blogging, kamu juga harus memastikan bahwa tulisan kamu ada yang membacanya. Menariknya, pembaca tidak secara ajaib datang bisa begitu saja, mereka harus kamu panggil terlebih dahulu melalui cara mengunggah artikel yang tepat.

Serangkaian cara ini nantinya populer dengan istilah optimasi SEO atau Search Engine Optimazation. Intinya cara ini adalah untuk memastikan blog yang kamu tulis dan artikel yang kamu unggah, mudah untuk mesin pencari temukan sekaligus juga memberi pembaca rasa yang nyaman.

Dan ini termasuk juga bagaimana kamu menyusun artikel yang menjadi blog postinganmu.

Nah, berikut adalah 7 tips ampuh cara membuat artikel di blog bagi pemula atau untuk kamu yang sudah menggeluti dunia blog tapi masih mencari cara terbaik untuk membuat postingan artikel yang bagus.

1. Pilih Topik Artikelmu

Bahkan tidak mungkin kamu dapat membuat garis besar posting blog tanpa mengetahui apa yang ingin kamu tulis. Jadi, jika kamu belum memutuskan sebuah topik postinganmu, maka kamu harus memilihnya sekarang.

Sebaiknya topik artikel ini sesuai dengan niche blog yang sudah kamu tentukan sebelumnya. Niche adalah topik utama blogmu. Jika kamu menulis dengan tempat-tempat wisata, maka nichemu mungkin adalah travelling. Jika kamu lebih banyak mengulas tentang makanan, maka niche blog mungkin adalah kuliner.

Jadi pada langkah yang pertama ini adalah dengan memikirkan beberapa topik yang ingin kamu bahas dan relevan dengan niche yang sudah kamu tentukan. Jika kamu terbiasa dengan niche tersebut, seharusnya ada beberapa hal yang ingin kamu bicarakan tentang hal tersebut.

Bagian penting dari membuat artikel untuk blog post adalah ini seharusnya bisa menjadi suatu solusi dari satu masalah yang bisa kamu identifikasi.

Jadi, artikel blog yang baik adalah yang mampu memberikan informasi, edukasi sekaligus juga memberikan solusi dari masalah yang pembacamu hadapi.

2. Tentukan Format Postingan Artikel

cara membuat postingan blog
Photo by fauxels on Pexels.com

Umumnya ada dua jenis format artikel dalam setiap postingan blog yaitu; listicle dan how to. Listicle adalah sebuah format penulisan artikel blog menggunakan butir-butir daftar isi sementara how to adalah artikel tutorial yang memberikan informasi pada pembaca mengenai bagaimana melakukan sesuatu.

Nah,dalam langkah kedua cara membuat postingan artikel ini kamu harus menentukan formatnya; Apakah listicle ataukah how to?

Tidak ada panduan yang benar-benar kaku terkait kedua format ini, kamu bisa menyesuaikan format yang paling ideal sesuai dengan topik artikel yang kamu angkat. Jika misalnya kamu menulis “10 Novel Paling Kontroversial di Dunia” maka itu ideal kamu tulis dengan format daftar atau listicle.

Sementara jika misalnya kamu menulis “Bagamana Cara Menulis Novel” maka kamu mungkin akan menggunakan teknik penulisan tutorial atau how to.

Namun sekali lagi, format ini sama sekali bukan hal yang kaku. Dalam aplikasinya, kamu juga bisa membuat postingan artikel how to dalam format listicle. Misalnya kamu menulis artikel “Bagaimana Cara Menulis Novel” dan kamu menuraikannya dalam bentuk langkah-langkah yang sistematis.

Selain format listicle dan how to, kamu mungkin bisa menulis artikel yang murni informatif seperti “Sejarah Singkat Penulis Novel Leo Tolstoy”. Format ini memberikan kamu pilihan untuk menulis narasi informatif seperti halnya how to yang dapat kamu kombinasikan juga dengan format listicle.

Intinya adalah; pemilihan format yang tepat dalam postingan artikelmu akan memberikan rekomendasi yang tinggi bagi mesin pencari untuk menampilkan postingan blogmu.

3. Tentukan Sudut Pandang Penulisan Artikel yang Tepat

Dalam menulis artikel apa pun, sudut pandang adalah sesuatu yang penting. Ini seperti bagaimana kamu akan menempatkan diri kamu sendiri di depan pembaca. Apakah kamu akan memposisikan diri sebagai tutor mereka, teman bicara mereka, atau siapa?

Komunikasi interaktif antara pembaca dan penulis hanya akan terbangun jika pembaca merasa bahwa mereka ikut masuk dalam blog tersebut melalui sudut pandang yang kamu gunakan. Ini seperti kamu menentukn sudut pandang dalam penulisan novel, cerpen, atau cerita-cerita yang lainnya.

Sudut pandang menjadi semakin menarik ketika kamu mampu mengidentifikasi kebutuhan pembaca blogmu. Akan semakin sempurna lagi jika kamu juga mengidentifikasi apa yang bisa kamu tawarkan kepada pembaca.

Selain menggunakan kata sapaan untuk pembaca seperti kamu (seperti yang saya gunakan dalam blog ini), kamu juga bisa memilih yang lain. Sudut pandang ini membutuhkan konsistensi dalam penggunaanya sepanjang artikel. Kamu juga dapat menyebut diri kamu sendiri dengan kita, saya, kami dan lain sebagainya. Tapi tipsnya adalah, gunakan kata ganti yang memberikan kesan keakraban yang dekat.

Sudut pandang juga dapat kamu artikan sebagai cara melihat topik artikel yang akan kamu angkat. Misalnya kamu menulis kata kunci ‘novel’ di kolom pencaharian. Nah, kamu pun dapat melihat hasilnya untuk tujuan apa yang memiliki hasil tertinggi; apakah itu cara menulis novel, daftar novel terbaik, daftar novel terlaris, dan sebagainya.

Nah, kamu bisa memilih menggunakan hasil yang paling tinggi.

4. Gunakan Template Penulisan

Source: Orbit Media

Pernahkah kamu memperhatikan bahwa sebagian besar postingan blog memiliki struktur yang sangat mirip?

Nah, cara membuat postingan blog selanjutnya adalah jalan pintas yang lebih mudah. Tapi bagaimana pun kamu tetap harus menulisnya dengan baik dan menyesuikannya dengan kebutuhan pembacamu.

Faktanya, sebagian besar posting blog yang kamu baca adalah variasi dari template yang sama. Jadi kamu tidak perlu berusaha keras menemukan kembali struktur penulisan yang paling hebat. Cukup pilih template yang sesuai dengan format artikel dan kamu dapat mulai menuliskannya dengan cepat.

5. Tentukan Apa Saja yang Akan Kamu Sampaikan Dalam Artikel

Template yang kamu gunakan telah memberikan kamu kerangka penulisan yang mudah. Selanjutnya kamu perlu mencari tahu apa yang harus kamu isi dalam artikel tersebut seperti sub judul artikel dalam struktu H1, H2, H3 dan seterusnya.

Supaya lebih mudah dalam proses penulisannya, kamu dapat membuat daftar awal berdasarkan pengalaman dan pengetahuanmu sendiri. Kemudian kamu dapat menyempurnakan kerangka tersebut dengan menggunakan referensi dari sumber lain.

Misalnya begini;

Kamu ingin menulis tentang topik ‘menulis novel’, nah, kamu dapat menentukan apa saja yang akan kamu sampaikan dalam artikel tersebut yang terkait dengan penulisan novel. Untuk lebih mudahnya, umpama kamu menyusun struktur artikelnya seperti ini;

  • Apa itu novel?
  • Pengertian novel
  • Jenis-jenis novel
  • Struktur dalam novel
  • Unsur-unsur penting dalam penulisan novel
  • Cara menulis novel
  • Tips menulis novel

Artinya adalah; kamu memecah beberapa bagian penting dalam tema yang akan kamu uraikan tersebut dalam sub topik artikel dalm postinganmu nantinya. Dengan cara ini pula biasanya kamu dapat menggunakan format listicle dan how to.

BACA JUGA:



Penulis terbaik

Anton Sujarwo

Saya adalah seorang penulis buku, content writer, ghost writer, copywriters dan juga email marketer. Saya telah menulis 19 judul buku, fiksi dan non fiksi, dan ribuan artikel sejak pertengahan tahun 2018 hingga sekarang.

Dengan pengalaman yang saya miliki, Anda bisa mengajak saya untuk bekerjasama dan menghasilkan karya. Jangan ragu untuk menghubungi saya melalui email, form kontak atau mendapatkan update tulisan saya dengan bergabung mengikuti blog ini bersama ribuan teman yang lainnya.

Tulisan saya yang lain dapat dibaca pula pada website;

Saya juga dapat dihubungi melalui whatsapp di tautan ini.

Fortopolio beberapa penulisan saya dapat dilihat disini:

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *