7 Contoh Ide Cerita Hantu untuk Inspirasi Menulis Cerpen

Contoh Ide Cerita Hantu

Dunia hantu, magis, metafisik dan paranormal adalah sumber inspirasi yang besar bagi penulisan fiksi. Meskipun contoh ide cerita hantu seperti ini tidak memiliki dasar yang kuat, namun sejak dulu kala telah menjadi genre yang sangat banyak penggemarnya. Kisah tentang hantu dan makhluk gaib adalah sebuah budaya yang hampir selalu ada dalam setiap wilayah.

Nah, jika kamu ingin menulis cerita tentang hantu dan kebingungan dengan idenya, 15 ide berikut ini nanti bisa memudahkan kamu untuk menemukannya.

Kamu punya kisah hidup menarik untuk dijadikan buku namun bingung cara menuliskannya?

Kumpulan Contoh Ide Cerita Hantu untuk Inspirasi Menulis Cerita Pendek

Ketika kamu menulis tentang hantu, kamu memiliki jaringan luas sumber daya budaya dan spiritual untuk menjadi bahan penceritaan.

Ada banyak sekali jenis hantu yang bisa kamu jadikan inspirasi, dan itu tergantung setting tempat yang kamu gunakan. Kamu bisa menggunakan drakula, vampir, werewolf, bigfoot, mermaid dan lain sebagainya. Bahkan di Indonesia sendiri, kamu juga tidak akan kekurangan sumber untuk kamu gunakan dalam cerita. Kuyang, pocong, kuntilanak, genderuwo dan lain sebagainya, semuanya siap mengisi cerita hantu yang kamu tulis.

Cerita tentang hantu menjadi unik karena manusia memiliki keingintahuan yang abadi tentang hal yang tidak mereka ketahui. Dan ini tidak terkecuali untuk hal yang berhubungan dengan kematian dan beberapa bentuk kehidupan setelah kematian.

Berbagai kisah tentang hantu telah populer begitu lama karena sifatnya yang mampu memuaskan rasa ingin tahu yang tidak wajar. Selain itu, konsep ini juga seringkali membangun komentar halus tentang apa artinya hidup bagi manusia.

Nah, berikut adalah 7 contoh ide cerita hantu yang bisa kamu gunakan untuk menulis genre ini. Ide-ide ini lebih tepat untuk kamu gunakan sebagai ide penulisan cerpen sebelum kamu terjun dan mengubahnya menjadi ide cerita yang lebih besar.

1. Contoh Ide Cerita Hantu #1: Gadis Kecil di Tepi Danau

Contoh Ide Cerita Hantu
Source: PeakPX

Tulis sebuah cerita tentang sebuah rumah yang ada di tepi danau yang sepi. Rumah itu menyendiri dan jauh dari rumah yang lainnya. Karena danaunya tidak begitu besar maka orang-orang dapat dengan mudah melihat keberadaan rumah tersebut dari sisi danau yang lain.

Di dalam rumah itu tinggal seorang gadis kecil berusia sekitar 6 atau 7 tahun, seorang diri. Tidak ada orang yang melihat ada orang dewasa di rumah tersebut. Gadis kecil itu juga berangkat sekolah dan pulang sekolah seorang diri. Setidaknya tidak ada satu orang pun dari penduduk desa yang pernah menyaksikan bahwa si gadis kecil bersama orang dewasa di rumah tersebut.

Namun, seorang nelayan yang bisu pernah beberapa kali melihat bayangan orang dewasa dari jendela kamar atas dimana si gadis kecil berada. Tapi si bisu yang memiliki keterbatasan berkomunikasi dengan siapa pun itu tak pernah benar-benar dianggap oleh penduduk desa. Ia adalah nelayan miskin yang juga tinggal seorang diri.

Hingga suatu kali si gadis kecil tidak masuk sekolah selama beberapa hari yang membuat tiga temannya berinisiatif untuk menjenguknya ke rumah. Dan itulah awal dari teror yang sebenarnya yang hanya nelayan bisu yang mampu membantu menemukan jalan keluarnya.

2. Contoh Ide Cerita Hantu #2: Anakku yang Hilang

Tuliskan sebuah cerita tentang tokoh utama yang secara tragis kehilangan anak semata wayangnya dalam sebuah kecelakaan. Rasa terpukul dan kehilangan sang tokoh cerita tiba-tiba menguap ketika tiga hari sejak kecelakaan maut tersebut, hantu anaknya mulai berkeliaran di sekitar rumah.

Kehadiran hantu anak tersebut membuat tokoh protagonis merasa gembira karena ia masih memiliki banyak waktu bermain dengan anaknya. Anehnya sosok anak itu hanya tokoh utama saja yang bisa melihatnya. Suaminya, mertuanya yang sedang berkunjung, atau siapa pun saja tidak bisa melihatnya.

Tapi tokoh utama tidak perduli. Ia baik-baik saja sementara waktu dan ia menikmati kebersamaan yang aneh itu.

Namun beberapa waktu kemudian hal-hal tidak menyenangkan mulai terjadi dan karakter mulai curiga bahwa hantu tersebut bukanlah anaknya yang sesungguhnya. Situasi semakin memburuk ketika ibu mertua tokoh cerita pernah memergoki bahwa menantunya berpelukan dengan sosok yang sangat mengerikan.

3. Ide Cerita Hantu #3: Warisan Sang Nenek

Source: Deviantart

Coba tuliskan sebuah cerita hantu tentang nenek tokoh utama cerita yang meninggal dunia. Tokoh cerita sebenarnya tidak begitu sering berjumpa dengan mendiang neneknya, namun dari semua cucu yang ia miliki, tokoh utama adalah cucu yang paling sering mendapat perhatian sang nenek.

Ketika semua anggota keluarga mendapatkan warisan barang berharga dari sang nenek, tokoh utama justru hanya mendapat sekotak barang-barang pribadi dan selembar surat.

Semula tokoh utama mengira itu adalah kotak itu berisi perhiasan yang bisa ia jual dan surat itu berisi warisan yang bisa ia gunakan. Tapi ternyata tidak, kotak itu penuh dengan barang antik dan surat itu sendiri berisi mantra pemanggilan arwah.

4. Ide Cerita Hantu #4: Arwah Penasaran

Kamu bebas untuk memilih mau menggunakan sudut pandang apa dalam menulis cerita ini nantinya. Tetapi coba tulis sebuah kisah tentang seorang tokoh utama cerita yang tewas tepat pada saat kehidupannya sedang ada di atas puncak anak tangga. Ia memiliki pekerjaan bagus, rumah baru, mobil sport mahal dan baru saja menikahi kekasih hatinya.

Dengan semua kehidupan dunianya yang terlihat sempurna, tokoh cerita benar-benar tak rela untuk meninggalkannya ketika ia sendiri sudah tewas. Tokoh itu kemudian menjadi hantu yang berkeliaran di kantor, di mobil mewahnya dan juga di rumah barunya.

Sang kekasih larut dalam duka untuk beberapa lama. Tapi tentu saja setiap orang tidak bisa berduka selamanya. Akhirnya ia kemudian menemukan orang lain, menikah dan memiliki anak dan tetap tinggal di rumah yang ia beli bersama mendiang kekasihnya.

Tokoh hantu itu sekarang terjebak dalam rumah tersebut, ia mulai melihat bahwa dirinya perlahan terlupakan. Selain itu, setiap hari ia juga menyaksikan bagaimana sang kekasih yang masih hidup membangun rumah tangga dan mencapai kebahagiaan-kebahagiaan tanpa kehadiran dirinya.

Dan itu menyulut sebuah kemarahan dan dendam yang mungkin akan memuncak.

5. Contoh Ide Cerita Hantu #5: Pemburu Hantu

Contoh Ide Cerita Hantu
Source: Honorcollege

Sekarang tulis sebuah cerita tentang karakter utama yang bersama sahabat dekatnya mendirikan perusahaan pemburu hantu profesional. Perusahaan ini ini berdiri karena tokoh cerita dan sahabatnya sama sekali tidak percaya dengan dunia hantu. Jadi, dengan beberapa trik mereka berpikir mereka akan mendapatkan uang dengan mudah.

Namun sebuah peristiwa tidak terduga, partner tokoh utama tewas terbunuh dan menyisakan karakter yang tertuduh sebagai tersangka utama. Tokoh yang semula tak percaya dengan adanya  hantu mulai menyangsikan keyakinannya. Pada saat kematian sahabatnya, ia sendiri melihat bagaimana roh-roh jahat itu datang dan berusaha mencelakai mereka berdua.

Sayangya penyelidikan sekarang justru mengarah ke tokoh utama karena ia tidak bisa membuktikan kepada pihak berwenang bahwa pelakunya adalah roh jahat.

Dan ini menjadi semakin buruk karena pada saat penyelidikan berlangsung, roh jahat pengganggu itu sama sekali tak bisa dideteksi. Namun ketika tokoh utama dalam kesendiriannya kembali, roh itu kembali datang untuk mengganggu dirinya.

6. Contoh Ide Cerita Hantu #6: Ritual Pemanggilan Arwah

Tokoh ceritamu adalah seseorang yang terobsesi dengan dunia paranormal dan metafisika. Ia sangat penasaran dengan praktik perdukunan, ritual pemanggilan arwah dan lain sebagainya. Rasa penasaran ini kemudian menuntunnya untuk mencoba beberapa di antara ritual tersebut. Tapi sejauh ini tak ada yang ia dapatkan kecuali kekecewaan dan omong kosong.

Merasa tidak cukup dengan hal tersebut, tokoh cerita kemudian nekat untuk melakukan ritualnya di tempat yang lebih angker. Ia mendatangi tempat-tempat yang mengerikan seperti rumah jagal tua, kuburan misterius di tengah hutan hingga kuil dari dunia kuno yang terlarang.

Dan hasilnya sama, ia tak mendapatkan apa pun dari semua tempat tersebut. Menyadari hal itu, tokoh utama kemudian memutuskan untuk menyerah dan kembali dalam kehidupan normalnya.

Sayangnya di suatu hari, seseorang mengatakan bahwa tokoh utama diikuti oleh beberapa sosok gaib kemana pun ia melangkah. Ternyata apa yang ia lakukan sebelumnya telah menjadi magnet bagi dunia hantu untuk tidak pernah mau lepas dari kehidupannya yang ia jalani.

Dan itu benar-benar mengubah kehidupan tokoh protagonis cerita untuk selamanya.

7. Contoh Ide Cerita Hantu #7: Kapal Hantu

Kamu adalah seorang penulis yang terobsesi dengan sebuah legenda tentang kapal hantu yang berlayar di sebuah teluk tidak jauh dari sebuah kota kecil yang jauh. Berbekal rasa ingin tahu dan naluri alamiah seorang penulis, kamu kemudian mengunjungi kota itu kemudian melanjutkan perjalanan berkemah sendiri di tepian teluk yang tak berpenghuni.

Kamu menghabiskan beberapa malam dengan mengintai kemunculan kapal hantu tersebut. Namun tak ada yang muncul selama lebih dari seminggu sampai kamu memutuskan untuk pulang kembali.

Tapi tepat pada malam terakhir sebelum kamu memutuskan untuk mengakhiri pencarianmu, kamu dikejutkan oleh sebuah pesta meriah di atas kapal pesiar di tengah teluk, tak jauh dari tempatmu mendirikan tenda.

Dengan sebuah kano kamu mengunjungi kapal itu dan disambut dengan anggun di atasnya. Kamu menghabiskan beberapa lama di atas kapal tersebut sampai kamu menyadari bahwa ada banyak kejanggalan yang terjadi.

Sementara di daratan, tendamu sudah mulai dinaiki rumput dan tercabik dimakan waktu. Setahun sebelumnya, pencarian atas dirimu yang hilang dihentikan setelah tim SAR memutuskan bahwa kamu kemungkinan besar telah mati tenggelam di teluk tersebut.

BACA JUGA:

Tingkatkan skill menulismu

Yuk, gabung di Kelas Menulis Online Penulis Gunung dan keterampilan menulismu akan naik satu level

Penulis terbaik

Anton Sujarwo

Saya adalah seorang penulis buku, content writer, ghost writer, copywriters dan juga email marketer. Saya telah menulis 19 judul buku, fiksi dan non fiksi, dan ribuan artikel sejak pertengahan tahun 2018 hingga sekarang.

Dengan pengalaman yang saya miliki, Anda bisa mengajak saya untuk bekerjasama dan menghasilkan karya. Jangan ragu untuk menghubungi saya melalui email, form kontak atau mendapatkan update tulisan saya dengan bergabung mengikuti blog ini bersama ribuan teman yang lainnya.

Tulisan saya yang lain dapat dibaca pula pada website;

Saya juga dapat dihubungi melalui whatsapp di tautan ini.

Hubungi Melalui Whatsapp

Fortopolio beberapa penulisan saya dapat dilihat disini:

LIHAT PORTOFOLIO

https://api.whatsapp.com/send?phone=6281254355648

Related Posts

%d blogger menyukai ini: