Manusia Melawan Supranatural

Konflik adalah bagian paling penting dari sebuah cerita baik ia novel, cerpen, fabel atau pun storytelling di atas panggung. Dalam cerita, beberapa konflik yang paling seru kadang melibatkan unsur-unsur gaib, magis dan supranatural. Dalam sastra umum, konflik ini akrab dengan sebutan konflik manusia melawan supranatural.

Nah, apa sebenarnya yang termasuk dalam kategori konflik manusia versus supranatural dan bagaimana pula cara menuliskannya?

Saya akan mengajak kamu membahasnya dalam artikel kali ini.

Kamu punya kisah hidup menarik untuk dijadikan buku namun bingung cara menuliskannya?

Apa itu Konflik Cerita Manusia Melawan Supranatural?

Konflik cerita tokoh melawan supranatural adalah jenis konflik dalam cerita yang mengetengahkan protagonis berjuang untuk melawan kekuatan supranatural. Kekuatan yang menjadi lawan protagonis beroperasi di luar nalar. Artinya; kekuatan ini bisa saja memiliki kekuatan khusus yang karakter cerita umum tidak memilikinya.

Ada kemiripan antara konflik cerita manusia melawan supranatural dengan manusia melawan takdir. Namun secara khusus konflik karakter versus supranatural akan melibatkan beberapa hal tidak masuk akal sebagai ciri antagonis utama. Kehadiran hantu, penyihir, vampir, siluman srigala, dewa-dewa jahat adalah beberapa contoh konflik yang hadir dari konflik ini.

Beberapa genre yang akrab dengan konflik ini misalnya adalah fiksi fantasi dan fiksi ilmiah. Dalam fiksi ilmiah, manusia melawan supranatural dapat terwujud jika unsur ilmu pengetahuan atau sains yang penulis hadirkan cukup jauh melampaui hukum alam yang realistis.

Apa Saja Contoh Konflik Manusia Melawan Supranatural?

manusia melawan supranatural
Source: Republika

Sebagai sebuah konflik klasik dalam karya sastra, penulis dan pengarang telah berkreasi dengan sangat banyak jenis kekuatan supranatural yang menjadi konflik cerita. Kekuatan ini kadang muncul sebagai antagonis langsung, kadang muncul sebagai deuteragonis, tritagonis dan lain sebagainya. Namun kekuatan yang mereka miliki, tetap menjadi konflik utama dalam cerita.

Beberapa contoh yang populer dan telah sangat umum dalam penulisan konflik ini misalnya adalah:

  • Penyihir
  • Dunia gaib
  • Manusia srigala
  • Dewa-dewi dengan kekuatan mereka.
  • Hantu (apa pun jenisnya. Kamu bisa menyebut Kuntilanak dari Indonesia, Yurei dari Jepang, White Lady dari Eropa atau darimana saja).
  • Iblis (Biasanya memiliki kekuatan yang lebih hebat dari sekedar hantu)
  • Aliens
  • Ilmuwan gila (biasanya hadir dalam genre fiksi ilmiah)
  • Manusia dengan kekuatan super (seperti super hero dalam fiksi fantasi)
  • Vampir
  • Peri
  • Dan lain sebagainya.

Mengapa Pembaca Suka Konflik Manusia Melawan Supranatural?

Manusia menggunakan mitos untuk menjelaskan segala hal yang tidak mereka ketahui, termasuk yang ada di sekitar manusia itu sendiri. Kehadiran ilmu pengetahuan mampu memberi pencerahan pada beberapa hal untuk manusia ketahui lebih baik. Namun, ini tetap tidak mampu menyentuh beberapa hal lain yang hingga hari ini masih mengundang tanda tanya.

Mitos ini kemudian berkembang pula dalam sastra, dalam cerita dan dalam kehidupan sehari-hari. Satu-satunya alasan paling menarik mengapa cerita dengan konflik manusia melawan supranatural tetap meraih banyak pembaca adalah karena ia menyenangkan.

Baik ia hadir dalam bentuk film maupun buku bacaan, sesuatu yang beraroma supranatural akan memberikan kesenangan tersendiri bagi penikmatnya.

Namun selain itu, konflik cerita tokoh versus supranatural juga mampu memberi inspirasi. Manusia dan kita sendiri seringkali menghadapi konflik dalam hidup yang berada di luar kendali kita. Namun bagaimana pun juga, kita terus melawannya.

Kisah-kisah dengan para tokohnya melawan hal-hal gaib dan berhasil terlepas dari segala rintangan yang menghalanginya. Cerita seperti ini memberi tahu kita bahwa kita dapat terus berjuang dan melawan hal-hal yang nampaknya ada di luar jangkauan akal kita sendiri.

Dengan ide-ide seperti ini, konflik cerita manusia melawan supranatural sering menampilkan tema perjuangan, kegigihan, keberanian, pantang menyerah, kebaikan melawan kejahatan dan lain sebagainya.

Bagaimana Cara Menulis Konflik Manusia Melawan Supranatural?

Konflik cerita tokoh melawan supranatural adalah jenis konflik dalam cerita yang mengetengahkan protagonis berjuang untuk melawan kekuatan supranatural. Kekuatan yang menjadi lawan protagonis beroperasi di luar nalar. Artinya; kekuatan ini bisa saja memiliki kekuatan khusus yang karakter cerita umum tidak memilikinya.
Source: Japan Travel

Elemen supranatural saja tidak membuat cerita otomatis menjadi hebat.  

Untuk membuatnya hebat, ia perlu memiliki tujuan. Apakah ceritamu mewakili pertarungan antara kebaikan melawan kejahatan? Mengkritik sikap politik tertentu, atau hal-hal yang perlu kamu kritisi dalam masyarakat?

Intinya adalah: tema atau pesan apa yang ingin kamu sampaikan dengan memilih konflik manusia versus supranatural sebagai urat nadi cerita?

Selain itu, menulis konflik manusia melawan supranatural juga membutuhkan kejelasan mengenai entitas apa unsur supranatural tersebut wakili? Apakah ia mewakili kejahatan? Atau justru unsur supranatural dalam ceritamu mewakiliki kebaikan?

Beberapa hal yang perlu kamu perhatikan ketika membangun cerita dengan konflik tokoh berhadapan dengan supranatural adalah sebagai berikut:

  • Apa hukum dalam dunia supranatural ceritamu? Ingat, bahkan kekuatan gaib pun memiliki aturan.
  • Bagaimana unsur supranatural cocok dengan pesan cerita yang akan kamu sampaikan?
  • Bagaimana elemen supernatural membengkokkan hukum dalam dunia cerita?
  • Berapa banyak setting yang kamu butuhkan untuk membangun dunia yang sempurna bagi konflik tersebut?
  • Dan lain-lain.

Contoh Konflik Manusia Melawan Supranatural dalam Sastra dan Film

Ada banyak contoh menarik bagaimana konflik manusia melawan kekuatan supranatural dapat menjadi sebuah inti cerita yang menyenangkan.

Beberapa contoh yang cukup populer misalnya adalah sebagai berikut:

The Lord of the Rings

Dalam buku dan film The Lord of the Rings, konflik tokoh cerita melawan supranatural menjadi menu utama yang penulis sajikan.

Cincin Utama penuh dengan kekuatan magis yang terhubung dengan penciptanya, Sauron. Bentuk fisik Sauron memang hancur, tapi dia tetap eksis sebagai mata raksasa yang bisa melihat ke seluruh Dunia Tengah.

Cincin itu membuat pemiliknya gila, tetapi satu-satunya kesetiaannya adalah kepada Sauron.

Konflik supranatural ini menimbulkan konflik lain, seperti perang Dunia Tengah, berbagai konflik karakter, dan konflik internal Frodo. Ini adalah kisah klasik tentang kebaikan versus kejahatan.

KKN di Desa Penari

Ini adalah salah satu cerita yang sangat familiar di Indonesia, cerita yang berasal dari twit di twitter kemudian viral dan hadir menjadi sebuah film yang laris manis.

KKN di Desa Penari adalah contoh cerita konflik manusia melawan supranatural. Kehadiran Badarawuhi sang Siluman Ular yang mempengaruhi kehidupan desa adalah unsur antagonis cerita. Unsur supranatural pada bagian ini merepresentasikan kejahatan.

Namun khodam atau jin yang mendampingi tokoh Nur sebagai protagonis juga mendapatkan sudut pandang yang unik, karena ia berpihak pada protagonis. Dengan gaya seperti ini, justru konflik dalam cerita menjadi jauh lebih kaya.

BACA JUGA:

Tingkatkan skill menulismu

Yuk, gabung di Kelas Menulis Online Penulis Gunung dan keterampilan menulismu akan naik satu level

Penulis terbaik

Anton Sujarwo

Saya adalah seorang penulis buku, content writer, ghost writer, copywriters dan juga email marketer. Saya telah menulis 19 judul buku, fiksi dan non fiksi, dan ribuan artikel sejak pertengahan tahun 2018 hingga sekarang.

Dengan pengalaman yang saya miliki, Anda bisa mengajak saya untuk bekerjasama dan menghasilkan karya. Jangan ragu untuk menghubungi saya melalui email, form kontak atau mendapatkan update tulisan saya dengan bergabung mengikuti blog ini bersama ribuan teman yang lainnya.

Tulisan saya yang lain dapat dibaca pula pada website;

Saya juga dapat dihubungi melalui whatsapp di tautan ini.

Fortopolio beberapa penulisan saya dapat dilihat disini:

Related Posts

%d blogger menyukai ini: