9 Tips Menemukan Kursus Menulis Buku yang Tepat

Kursus Menulis Buku

Jika kamu saat ini sedang bimbang untuk menemukan pelatihan atau kursus menulis buku pertamamu, artikel ini bisa membantumu. Pelatihan menulis, kelas menulis, bimbingan menulis atau dengan istilah apa pun kamu ingin menyebutnya, dapat menjadi alternatif yang menarik untuk menghasilkan karyamu dengan cepat dan efektif.

Nah, apa saja yang harus kamu perhatikan ketika ingin mengikuti kursus penulisan baik untuk fiksi atau pun non fiksi?

Yuk, simak artikel selengkapnya berikut ini.

Kamu punya kisah hidup menarik untuk dijadikan buku namun bingung cara menuliskannya?

9 Tips Penting Menemukan Kursus Menulis Buku Ideal

Kursus Menulis Buku
Photo by Andrea Piacquadio on Pexels.com

Hal penting pertama mengapa kamu layak mengikuti kursus menulis buku atau bimbingan menulis semacam ini adalah karena dapat menjadi editor untuk tulisanmu. Para pelatih menulis akan memberikan feedback  bagi tulisanmu baik dari segi feedback umum atau pun feedback secara khusus.

Feedback  umum dari seorang pelatih kelas menulis misalnya ialah; ia memberikan komentar untuk tulisanmu: Apakah tulisanmu menarik, bagus, menyenangkan, unik tata cara penulisannya dan sudah benar. Kemudian pelatih penulis juga memberikan feedback  khusus dan spesifik dengan menelusuri kata per kata dari apa yang kamu tuliskan.

Selain itu, kursus menulis buku yang baik juga dapat menjadi temanmu dalam menghadapi berbagai tantangan dalam dunia menulis. Pelatih menulis yang berpengalaman tidak hanya akan memposisikan dirimu sebagai murid saja, namun lebih dari itu, ia akan benar-benar membimbingmu untuk mencapai tujuan.

Sekarang, apa yang harus kamu lakukan jika ingin mengikuti suatu bimbingan menulis?

Nah, 9 tips berikut ini dapat membantu perjalananmu untuk mendapatkan bimbingan penulisan terbaik dan sesuai dengan apa yang kamu harapkan.

1. Ketahui Di Mana Menemukan Pelatih Menulis

Tips pertama yang penting dalam perjalanan untuk menemukan kursus atau pelatih menulis adalah dengan mengetahui tempat mereka dapat kamu temukan. Dengan perkembangan dunia internet seperti sekarang ini, menemukan pelatih menulismu secara pribadi sebenarnya jauh lebih mudah.

Kamu dapat melakukan pencarian di website khusus penulisan, di blog-blog sastra yang populer dan lain sebagainya. Namun hal ini juga harus kamu tindak lanjuti dengan memverifikasi secara lebih mendalam calon pelatihan menulis yang akan kamu ikuti.

Jika kamu mengikuti kelas menulis secara umum, coba perhatikan siapa yang mengadakan kelas itu, apa kiprah mereka dalam bidang penulisan? Apakah mereka memiliki karya nyata yang dapat kamu telusuri? Dan lain sebagainya.

Hal yang sama juga terjadi ketika kamu memutuskan untuk mengambil bimbingan penulisan secara privat atau pribadi. Kamu juga dapat memeriksa apa calon pembimbing menulismu adalah orang yang memiliki kualifikasi yang cukup, memiliki web pribadi, memiliki portofolio yang bisa kamu telusuri, dan sebagainya.

Bahkan jika kamu menemukan bahwa mentor menulismu berdomisili di tempat yang tidak begitu jauh untuk kamu jangkau, maka sempatkan untuk mengunjunginya. Dengan cara ini kamu akan memiliki referensi yang jauh lebih akurat sebelum memutuskan menggunakan jasanya.

2. Teliti Kredensial dan Pengalaman Pelatih Penulismu

Siapa yang akan menjadi pelatih menulismu? Apakah ia memiliki gelar khusus yang berkaitan dengan penulisan? Buku apa yang sudah ia miliki sebagai portofolio penulisannya sendiri? Dan apakah kursus penulisan buku atau pembimbing menulis buku yang kamu pilih telah memiliki pengalaman mengajar sebelumnya?

Intinya pada tips yang kedua ini adalah; memastikan bahwa pembimbing penulisan yang akan kamu gunakan memang memiliki kemampuan sesuai yang kamu harapkan.

Hari ini, tidak semua kelas menulis dan pembimbing penulisan buku adalah sarjana dari kelas jurnalistik, sastra Indonesia atau sastra Inggris. Bahkan beberapa pelatih menulis terbaik tidak pernah belajar menulis secara khusus dalam hidupnya.

Meskipun demikian, kamu tetap harus memperhatikan apa saja yang sudah pelatih menulismu lakukan sebelum kamu membayar jasanya untuk melatihmu. Cari tahu dan pelajari apa saja buku yang sudah ia terbitkan? Apakah ia menulis jurnal, artikel, essay, buku puisi atau apa saja?

Pelajari semuanya untuk memastikan bahwa kamu benar-benar memilih kursus menulis buku yang tepat.

3. Pastikah Biaya Kursus Menulis Sesuai Dengan Anggaranmu

confident elegant lady in eyeglasses hosting webinar
Photo by Karolina Grabowska on Pexels.com

Di luar negeri (khususnya di Amerika Serikat) dan Eropa, tarif kelas menulis biasanya dipatok per jam. Secara khusus jika kamu mengambil bimbingan menulis privat di Amerika, maka biaya pada umumnya mulai $50 untuk satu jam. Angka ini kalau dikonversi dalam rupiah berkisar Rp, 750.000 hanya untuk satu jam pembelajaran saja.

Di Indonesia, tentu ini adalah harga yang cukup mahal, bukan?

Kursus menulis privat atau pelatih penulisan pribadi tentu saja adalah satu industri yang menarik. Bagaimanapun juga, mereka memberikan keahlian tingkat tinggi dalam bidang yang telah mereka pelajari selama bertahun-tahun. Dan untuk hal itu, tidak mengherankan jika tarif yang mereka berikan cukup tinggi.

Sebagai perbandingan, di www.penulisgunung.id kami memberikan biaya yang sangat terjangkau untuk kelas menulis, bahkan untuk privat sekalipun.

Misalnya untuk bimbingan menulis privat penulisan kisah pribadi menjadi memoar dan autobiografi, biayanya adalah Rp, 749.000 hingga selesai, atau hingga novelmu siap menjadi naskah yang lengkap.

Jadi, untuk mendapatkan hasil yang maksimal, pastikan kamu mengeluarkan biaya yang sesuai dengan anggaranmu untuk pelatih menulis yang benar-benar tepat. Bimbingan penulisan terbaik tidak hanya mengajarimu cara menulis yang baik, namun juga mampu mendorong dan memotivasimu untuk berkarya dengan hasil yang maksimal.

4. Carilah Portofolio Pelatih Menulismu

Sebelum kamu setuju dan membayar sejumlah uang untuk mendapatkan bimbingan privat penulisan, luangkan waktumu untuk mengenal pembimbing penulisan tersebut. Salah satu cara yang paling menarik untuk mengenal calon pembimbingmu dalam menulis adalah dengan membaca tulisan mereka sendiri.

Sederhananya: jika kamu menyukai pekerjaan mereka, kemungkinan besar kamu akan menyukai pelatihan mereka.

Beberapa hal yang bisa kamu tanyakan pada diri sendiri ketika membaca karya seseorang yang kamu pertimbangkan untuk menjadi tutor menulismu misalnya adalah;

  • Apakah kamu menyukai gaya penulisannya?
  • Apakah ia menulis genre yang sama dengan yang kamu ingin tuliskan?
  • Apakah ia menunjukkan teknik penulisan yang benar-benar seperti yang ia promosikan?
  • Apakah karya mereka menarik dan membuatmu terinspirasi?
  • Dan sebagainya.

Kamu bisa belajar banyak tentang seorang penulis hanya dengan memperhatikan karya yang mereka tulis, kata-kata yang mereka gunakan, dan keseluruhan gaya tulisan mereka.

5. Utamakan Untuk Mengambil Kursus Menulis Buku yang Sesuai Kebutuhanmu

Kamu mungkin melihat banyak kursus menulis yang mengatakan bahwa mereka mereka dapat membantu di semua jenis penulisan. Mulai dari fiksi, non fiksi, puisi, dan bahkan copywriting atau jurnalisme. Meskipun pelatihan menulis seperti ini dapat membantumu dalam jenis genre apa pun yang ingin kamu tekuni, sebaiknya kamu tetap mengutamakan yang paling sesuai dengan penulisanmu sendiri.

Setiap jenis tulisan memiliki aturan, ciri khas dan tata penulisannya sendiri untuk mencapai hasil yang maksimal. Artinya semakin dalam dan expert orang yang menjadi pembimbing penulisanmu, maka itu semakin baik.

Jadi, jika kamu ingin menulis memoar, pastikan pembimbing menulismu memiliki buku memoarnya sendiri, walaupun itu tidak populer.

Atau jika kamu menulis jurnal, artikel atau sesuatu dengan genre non fiksi, maka pastikan pula pelatihmu dalam menulis telah menulis artikel, menerbitkan jurnal atau bahkan menulis buku non fiksinya sendiri.

6. Ketahui dengan Pasti, Bantuan Apa Sebenarnya yang Kamu Butuhkan

Kursus Menulis Buku
Photo by Andrea Piacquadio on Pexels.com

Untuk memaksimalkan hubunganmu dengan tutor bimbingan menulis privatmu, pikirkan tujuan yang ingin kamu capai bersama mereka. Memiliki arah dan tujuan akan membantu memandu hubunganmu dengan bimbingan penulisanmu menjadi lebih jelas orientasinya.

Jadi, apa saja hal-hal yang kamu ingin meminta bantuan mereka?

Hal ini sangat bergantung pada bentuk literatur apa yang kamu tulis, tetapi  kamu dapat mempertimbangkan topik berikut sebagai titik awal:

Kamu mungkin tidak tahu persis bantuan apa yang benar-benar kamu butuhkan, kamu hanya tahu bahwa kamu ingin menulis dan menjadi lebih baik. Dan ini tidak masalah, bimbingan menulis yang terbaik akan fleksibel dengan kebutuhanmu. Mereka pada umumnya dapat mengidentifikasi apa sebenarnya yang kamu butuhkan untuk menjadi lebih baik dalam menulis.

7. Pastikan Jadwal Kelasmu Kompatibel

Seberapa sering kamu ingin bertemu dengan pelatih menulismu? Apakah kamu ingin Zoom Meeting atau menelepon mereka sekali atau dua minggu sekali? Kapan waktumu siap untuk bimbingan menulis online? Ini adalah beberapa pertanyaan yang harus kamu pikirkan sebelum memutuskan untuk ikut kursus menulis buku dengan model privat.

Pahami jadwal dan kebutuhanmu dengan jelas, dan pastikan kebutuhan tersebut terpenuhi saat pertama kali berkonsultasi dengan calon tutor menulismu.

Pelatih penulisan terbaik akan memiliki jadwal yang fleksibel, meskipun tentu saja kamu tidak dapat menghubungi mereka sembarang waktu. Yang terpenting adalah pembimbing menulismu menyediakan waktu untuk bekerja dengan jadwalmu dan fleksibel dengan kebutuhan waktumu.

Misalnya jika kamu membutuhkan motivasi dan dorongan yang lebih banyak untuk menulis sehingga ingin bertemu lebih sering, maka tutor menulismu bisa memenuhi hal tersebut. Atau misalnya kamu sedang mengikuti kompetisi menulis dan ingin mendapatkan feedback  dari pembimbing sebelum mengirimkan tulisanmu ke penyelenggara, maka pastikan pula ia dapat bermurah hati untuk membantumu melakukannya.

Intinya adalah: pahami dengan jelas jadwal dan kebutuhanmu, dan pastikan kebutuhan tersebut terpenuhi saat pertama kali berkonsultasi dengan calon pembimbing menulismu.

8. Jangan Hanya Mencari Bantuan Profesional

Pelatih penulisan terbaik lebih dari sekadar editor profesional, tetapi mereka juga adalah penasihatmu, membimbingmu melalui dunia sastra, dan juga bertindak sebagai temanmu.

Dengan kata lain, jangan hanya mencari pelatih menulis pribadi yang menerbitkan buku-buku bagus. Kamu juga ingin pelatihmu menginspirasi dan memotivasi kamu, serta mengajarimu tentang industri penerbitan dan dunia penulisan pada umumnya.

Jika kamu misalnya membayar jasa seorang pelatih fitness terbaik, kamu mungkin tidak akan memilih berdasarkan otot siapa yang paling besar dan paling atletis. Itu memang masuk akal, namun akan lebih bijak jika kamu memprioritas pelatih fitness yang mampu mendorongmu dan memotivasimu untuk giat berlatih di gym sekaligus juga mampu memberikan saran terbaik untuk mengembangkan kebugaranmu.

Nah, pembimbing dalam penulisan buku juga demikian.

Tidak peduli seberapa hebat karir sastra mereka atau berapa banyak penghargaan yang telah mereka terima, yang terpenting mereka peduli dengan kebutuhanmu dan secara aktif melakukan yang terbaik untuk melihat perkembanganmu dalam menulis.

Jadi, saat pertama kali bertemu dengan calon tutor penulisan, ukur seberapa baik hubungan yang bisa kamu dapatkan. Untuk hal ini kamu tidak hanya mencari bantuan profesional tetapi juga membina sebuah hubungan. Jadi pastikan itu baik bagimu sejak awal.

9. Ingat: Pelatih Menulis Terbaik memang Memberimu Kesempatan tapi Kamu Sendirilah Kuncinya

Kelas Menulis Online
Penulis Gunung

Terakhir, ingatlah bahwa pelatih penulisan terbaik akan memintamu untuk terus maju, bahkan jika kamu sendiri sedang merasa enggan. Mereka mungkin menawarkan kamu buku untuk dibaca, saran yang menginspirasi, editing untuk untuk kamu lakukan, latihan untuk melawan writer block, dan lain sebagainya.

Tapi meskipun demikian, semua kunci kemajuan ada dalam dirimu sendiri.

Menulis adalah sesuatu yang menyenangkan sekaligus melelahkan. Dalam menulis, kamu membutuhkan banyak upaya yang tidak bisa kamu dapatkan dari tutor penulisan terbaik sekalipun. Konsistensi, kedisiplinan, semangat pantang menyerah adalah beberapa hal penting untuk sukses menjadi penulis. Dan ini sayangnya, tidak bisa sebuah kursus menulis buku atau pembimbing penulisan berikan padamu.

Mereka bisa mendorongmu untuk terus berupaya dan komitmen dengan tulisanmu, tapi kamu sendirilah kuncinya.

Jadi, jika pelatih penulisanmu menyarankan kamu untuk memperbaiki dialog, menghidupkan setting atau bahkan mencoba untuk mengirim tulisanmu secara langsung, coba saja ikuti, itu adalah kesempatan bagimu untuk berkembang.

5 Kualitas Utama Seorang Pembimbing Penulisan Terbaik

Setiap penulis akan memiliki kebutuhan berbeda yang mereka inginkan untuk dapat pelatih penulisan pribadi mereka penuhi. Tetapi terlepas dari pengalaman, gelar, atau genre penulisan, pelatih penulisan terbaik memiliki beberapa kualitas yang sama, yaitu:

1. Memiliki Kemampuan untuk Menampung dan Mempermudah Penulis

Sebagai seorang pembimbing penulisan yang profesional, tutor menyadari bahwa kehidupan sehari-harimu mungkin sangat sibuk. Atas alasanan ini, pembimbing yang terbaik juga menyadari bahwa hal itu bisa menjadi kendala untuk mengembangkan kebiasaan menulis yang konsisten.

Meskipun kamu harus mencoba berkomitmen pada tulisanmu sebisa mungkin, terkadang kamu mingkin perlu menjadwal sesi pembelajaran bersama sang tutor. Atau bahkan karena tanggung jawab dan alasan yang lain, justru kamu pun harus menunda deadline-nya.

Nah, kualitas pelatih yang terbaik harus memahami hal ini dan mampu memberikan kamu kesempatan untuk terus menulis dengan cara yang paling baik.

2. Komunikatif

Pelatih penulisan pribadi yang baik akan mudah untuk kamu ajak bicara. Kamu harus merasa nyaman membicarakan tulisanmu dengan mereka, dan mereka harus memudahkan kamu untuk mengajukan pertanyaan dan mencari bantuan yang kamu butuhkan.

Saya mempraktikkan ini dalam kelas menulis yang saya bimbing, saya secara berkala terbiasa untuk menghubungi penulis dan menanyakan progres penulisan mereka, apakah mereka menghadapi kendala dan lain sebagainya.

3. Memiliki Kemampuan untuk Berempati

Pelatih pribadi menulismu harus dapat memahami kebutuhanmu, tulisanmu, dan pengalamanmu. Seorang guru terbaik memahami dengan tepat dari mana siswa mereka berasal dan kemana ia akan mengarahkan siswanya untuk mencapai performance terbaik mereka.

Sebagai pelatih menulis, saya juga mengalami hal yang sama terutama di kelas menulis kisah hidup dan pengalaman pribadi. Saya berempati dengan apa pun masa lalu penulis saya dan mendorong mereka untuk terus menceritakannya dengan cara paling baik dan mampu membangkitkan motivasi mereka.

4. Mendorong dan Memotivasi

Seorang pembimbing kelas menulis yang terbaik, akan selalu tampil untuk mendorong dan memotivasimu melakukan yang terbaik. Pada banyak kasus, kursus menulis buku yang memiliki tutor terbaik juga membuka kesempatan yang lebar jika penulisnya ingin mengembangkan gaya penulisan yang berbeda.

Ketika kamu mengalami kebosanan, kejenuhan, writer’s block, kehilangan semangat dan lain sebagainya, pelatih penulisan yang terbaik akan tetap mendorongmu untuk melawannya dan menampilkan karyamu dengan hasil yang terbaik pula.

5. Senang dengan Kemajuanmu

Pelatih penulisan terbaik tertarik dengan pekerjaanmu dan berinvestasi dalam kesuksesanmu. Ketika kamu melakukannya dengan baik dan berhasil melalui berbagai kendala, pelatih menulismu merayakannya untukmu.

Intinya adalah; pelatih penulis yang terbaik senang dengan aktivitas penulisanmu dan mereka bangga jika kamu berhasil mencapai kemajuan-kemajuan dalam proses belajarmu itu.

Kesimpulan

Untuk mendapatkan bimbingan penulisan yang terbaik dan memang sesuai dengan kualitas yang kamu harapkan, kamu memang tidak dapat percaya begitu saja dengan iklan atau promosi yang muncul di timeline media sosialmu. Bagaimana pun juga kamu tetap membutuhkan verifikasi. Dan verifikasi terbaik bisa jadi adalah dengan menghubungi mereka dan melalui karya-karya mereka.

Di www.penulisgunung.id kamu juga dapat menemukan bimbingan penulisan untuk semua jenis penulisan yang kamu butuhkan. Namun, secara khusus bimbingan yang paling ideal adalah kami membantumu yang ingin menulis kisah hidupmu menjadi sebuah buku dalam bentuk autobiografi atau pun memoar.

Tingkatkan skill menulismu

Yuk, gabung di Kelas Menulis Online Penulis Gunung dan keterampilan menulismu akan naik satu level

ghost writer terbaik

Anton Sujarwo

Saya adalah seorang penulis buku, content writer, ghost writer, copywriters dan juga email marketer. Saya telah menulis 19 judul buku, fiksi dan non fiksi, dan ribuan artikel sejak pertengahan tahun 2018 hingga sekarang.

Dengan pengalaman yang saya miliki, Anda bisa mengajak saya untuk bekerjasama dan menghasilkan karya. Jangan ragu untuk menghubungi saya melalui email, form kontak atau mendapatkan update tulisan saya dengan bergabung mengikuti blog ini bersama ribuan teman yang lainnya.

Tulisan saya yang lain dapat dibaca pula pada website;

Saya juga dapat dihubungi melalui whatsapp di tautan ini.

Fortopolio beberapa penulisan saya dapat dilihat disini:

Related Posts

%d blogger menyukai ini: