Novel dan Novela: Pengertian dan Perbedaannya

Novel dan Novela

Dalam dunia penulisan cerita baik fiksi dan non fiksi, selain novel, cerpen atau pun roman, ada juga istilah novela atau novella. Sekilas istilah ini seringkali pembaca anggap sebagai sesuatu yang sama dengan novel secara umum. Akan tetapi pada definisi yang sesungguhnya antara novel dan novela ada perbedaan yang signifikan.

Jadi, apa sebenarnya pengertian novela dan apa pula perbedaannya dengan novel?

Artikel www.penulisgunung.id akan membahasnya untuk kamu kali ini.

Kamu punya kisah hidup menarik untuk dijadikan buku namun bingung cara menuliskannya?

Perbedaan Novel dan Novela dalam Sastra

Perbedaan yang paling mencolok dan paling menentukan dari novel dan novela adalah jumlah katanya. Meskipun beberapa penulis dan kritikus sastra memberikan definisinya masing-masing, namun jumlah kata atau panjang novel adalah bagian yang paling membedakan antara sebuah novel dan novela.

Pada umumnya novel adalah sebuah karya fiksi yang panjang katanya di atas 40.000 kata. Sementara novella atau novela memiliki jumlah kata yang lebih sedikit, panjang rata-rata sebuah novela biasanya adalah antara 17.500 hingga 40.000.

Di bawah novela, ada beberapa jenis cerita fiksi lain yang jumlahnya lebih pendek.

Misalnya cerpen atau cerita pendek yang berkisar antara 1.000 – 10.000 kata, novelet antara 7.500 – 20.000 kata, dan yang lebih pendek adalah cerpen kilat (flash fiction) yang jumlah katanya kurang dari 1.000 kata.

Beberapa Ciri Umum Novela

blur book book stack books
Photo by Pixabay on Pexels.com

Dengan jumlah katanya yang lebih pendek dari pada novel pada umumnya, maka penceritaan dalam novella juga memiliki detail dan ciri khasnya sendiri.

Dengan jumlah kata yang lebih sedikit daripada novel, kamu akan menemukan bahwa novella hanya akan membatasi cara berceritanya dalam satu atau dua sudut pandang saja. Hal ini mungkin berbeda dengan novel yang bisa saja memiliki sudut pandang cerita lebih banyak.

Novela juga memberikan fokus besar pada konflik utama dan membatasi atau bahkan meniadakan sub konflik dalam cerita. Kadang-kadang, karakter cerita juga memiliki jumlah yang terbatas untuk memberikan keleluasaan bagi penulis untuk mengeksplorasi mereka dalam jumlah kata yang tidak lebih dari 40.000 kata.

Selain itu, novela juga memiliki busur alur keseluruhan cerita yang lebih cepat dan membatasi jumlah aksi turun naik sepanjang cerita. Eksplorasi karakter cerita juga biasanya hanya berfokus pada protagonis.

Jadi, jika dirangkum secara sederhana maka beberapa ciri khas novela yang sekaligus membedakannya dengan novel dapat terlihat dari tabel berikut.

NovelaNovel
Panjang berkisar 17.500 – 40.000 kata.Panjang lebih dari 40.000 kata.
Memiliki jumlah karakter, sub konflik, dan sudut pandang yang lebih sedikit (terbatas).Memiliki karakter, konflik turunan, sudut pandang yang lebih banyak.
Memiliki busur cerita yang lebih cepat tanpa menambahkan banyak turun naik aksi.Memiliki busur cerita yang lebih kompleks dengan memasukkan aksi turun naik dalam cerita.
Pengembangan karakter pada umumnya terbatas berfokus pada tokoh protagonis.Pengembangan karakter dapat lebih luas, termasuk karakter sekunder seperti antagonis, tritagonis dan deuteragonis.

Apakah Genre Cerita Mempengaruhi Jumlah dalam Novela dan Novel?

Meskipun ciri khas utama dan pembeda secara menyeluruh dari novel dan novela adalah panjang ceritanya, ini sama sekali bukan garis yang kaku. Jumlah kata dalam penulisan novel atau novella adalah pedomannya. Dalam aplikasi penulisan realistis, genre dan cerita kamu sendirilah yang menentukan panjangnya.

Artinya adalah; akan lebih baik jika kamu memutuskan panjang kata penulisan yang kamu tuliskan berdasarkan dua pertimbangan paling penting yaitu; panjang kisah itu sendiri dan genre yang kamu tuliskan.

Terkait kisah ceritanya sendiri, artinya kamu menulis memang sesuai dengan kebutuhan ideal kisah tersebut.

Jika ceritamu sudah sempurna dengan 25.000 kata, maka tidak perlu memaksakannya menjadi 45.000 kata yang justru berpotensi untuk mengurangi kualitas cerita. Sebaliknya pula, jika kisah dalam ceritamu membutuhkan penuturan yang kompleks hingga 75.000 kata atau lebih, maka jangan membuatnya sesingkat 30.000 kata.

Intinya adalah; sesuaikan panjang cerita dengan kebutuhan kisah itu sendiri.

Pertimbangan kedua adalah terkait genrenya cerita yang kamu tuliskan.

Jika kamu berkisah tentang novel fiksi ilmiah atau fantasi epik yang complicated, maka setidaknya kamu membutuhkan 80.000 untuk membangun cerita yang menarik. Dan kebalikannya, jika kamu menulis fiksi komedi romantis, horor, misteri dan sejenisnya, mungkin kamu tidak perlu menulis lebih dari 70.000 kata.

Kesimpulan

Poin penting pertama yang harus seorang penulis sepakati terkait panjang cerita fiksi dalam novel dan novela adalah; Bahwa panjang cerita tidak menentukan kualitas.

Ada banyak cerita novel dengan bangunan cerita yang panjang memiliki kualitas yang mengagumkan. Namun tidak sedikit pula novela-novela, cerpen atau bahkan flash fiction memiliki jumlah kata yang terbatas, namun kualitas tetap sangat hebat.

Jangan memperbanyak jumlah kata hanya karena kamu ingin menulis novel sehingga memberikan kesan yang bertele-tele. Dengan cerita pendek, novelet atau novela, kamu juga mampu menghasilkan karya sastra yang luar biasa.

Kamu butuh ghost writer profesional untuk menyelesaikan pekerjaanmu?

ghost writer terbaik

Anton Sujarwo

Saya adalah seorang penulis buku, content writer, ghost writer, copywriters dan juga email marketer. Saya telah menulis 19 judul buku, fiksi dan non fiksi, dan ribuan artikel sejak pertengahan tahun 2018 hingga sekarang.

Dengan pengalaman yang saya miliki, Anda bisa mengajak saya untuk bekerjasama dan menghasilkan karya. Jangan ragu untuk menghubungi saya melalui email, form kontak atau mendapatkan update tulisan saya dengan bergabung mengikuti blog ini bersama ribuan teman yang lainnya.

Tulisan saya yang lain dapat dibaca pula pada website;

Saya juga dapat dihubungi melalui whatsapp di tautan ini.

Fortopolio beberapa penulisan saya dapat dilihat disini:


Related Posts

%d blogger menyukai ini: