BEGINI CARA MEMBUAT KATA PENGANTAR PTK UNTUK KENAIKAN PANGKAT

Sebenarnya membuat kata pengantar PTK untuk kenaikan pangkat tidaklah sulit. Seperti halnya menulis kata pengantar untuk beberapa karya tulis lainnya, kata pengantar PTK untuk kenaikan pangkat tidak memiliki perbedaan yang signifikan. Namun demikian, beberapa orang yang belum pernah menuliskannya tetap saja masih merasa bimbang.

Nah, sebenarnya bagaimana membuat kata pengantar yang tepat untuk PTK kenaikan pangkat?

Penulis Gunung kali ini akan membahasnya.

ANDA TERKENDALA MENULIS PTK UNTUK KENAIKAN PANGKAT YANG WAKTUNYA SUDAH MEPET?

Membuat Kata Pengantar PTK untuk Kenaikan Pangkat yang Mudah dan Memenuhi Standar

Photo by cottonbro on Pexels.com

Tenaga pendidik dalam berbagai tingkatan pengabdian harus memenuhi kriteria tertentu untuk dapat mengajukan kenaikan pangkat mereka. Salah satu persyaratan yang menjadi kriteria tersebut adalah keharusan menghasilkan karya tulis berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Penelitian Tindakan Sekolah (PTS).

Baik PTK mau pun PTS hakikatnya sama-sama bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam mengidentifikasi permasalahan pendidikan kemudian menemukan jalan keluarnya. PTK atau PTS adalah sebuah karya tulis ilmiah yang berangkat dari penelitian dengan orientasi perbaikan kualitas pendidikan.

Menariknya tidak sedikit guru yang merasa kerepotan dan terkendala dalam menulis PTK atau PTS ini.

Kendala menulis PTK atau PTS ini sangat beragam, mulai dari kendala waktu hingga kendala teknis lainnya. Nah, salah satu kendala teknis itu misalnya kesulitan menyusun struktur penulisan PTK, menulis daftar isi PTK, atau bahkan hanya sekedar membuat kata pengantar untuk PTK itu sendiri.

Oleh sebab itu, kali ini Penulis Gunung akan berfokus pada bagaimana menulis kata pengantar PTK untuk kenaikan pangkat tersebut.

Pengertian Kata Pengantar PTK Kenaikan Pangkat

Photo by Ann H on Pexels.com

Kata pengantar dapat diartikan sebagai bagian pendahuluan dari sebuah karya tulis yang berisi sambutan, ucapan terima kasih, persembahan dan lain sebagainya. Pada beberapa kata pengantar, penulis juga bercerita sekilas mengenai apa saja yang telah ia lewati untuk menghasikan karya tulis tersebut.

Lalu, samakah antara kata pengantar dan prakata?

Nah ini menarik karena dilihat dari fungsinya, kata pengantar dan prakata tidak jauh berbeda. Akan tetapi dipandang dari subyek penulisnya, kata pengantar dan prakata adalah dua hal yang berbeda.

Kata pengantar ditulis oleh orang lain yang sifatnya mengantarkan karya tulis tersebut kepada pembaca dengan cara biasanya memberikan beberapa latar belakang yang relevan. Sementara prakata ditulis oleh penulis karya tersebut secara langsung yang menyampaikan persembahannya atas karyanya kepada pembaca.

Jadi sekarang jelas kan, bahwa kata pengantar PTK naik pangkat yang disusun oleh Bapak Ibu Guru sebutan yang tepat adalah prakata bukannya kata pengantar?

Komponen Penting dalam Penulisan Kata Pengantar PTK atau PTS

Photo by Karolina Grabowska on Pexels.com

Meskipun sifatnya hanya sebagai sebuah kata sambutan, baik kata pengantar atau prakata juga tidak dapat ditulis secara sembarangan, ada serangkaian komponen yang harus dimiliki oleh satu pengantar karya tulis supaya memenuhi standar yang baik.

Baik kata pengantar PTK Paud, TK, SD, SMP atau untuk SMA sekali pun, komponen-komponen ini nantinya tidak akan jauh berbeda.

Berikut adalah unsur-unsur yang seyogyanya ada dalam sebuah kata pengantar atau prakata sebuah karya tulis;

Ucapan Rasa Syukur Kepada Tuhan Yang Maha Esa

Unsur penting pertama yang harus ada dalam sebuah kata pengantar atau prakata adalah ucapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Menyampaikan rasa syukur bukan hanya untuk kata pengantar PTK PAI (Pendidikan Agama Islam), tapi seluruh bidang studi. Apakah Anda mengampu mapel Matematika, Sejarah atau apa saja, mengawali pengantarnya dengan ucapan syukur adalah satu keharusan.

Berikut contohnya;

Allhamdulillahirabbilalamin, syukur yang dalam ke hadirat Allah Yang Maha Kuasa hingga atas kemudahan dari sisi-Nya juga saya dapat melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini.

Tujuan Penulisan Karya Ilmiah

Prakata atau kata pengantar juga harus menjelaskan untuk apa penulisan karya tulis tersebut dimaksudkan.

Secara khusus dalam PTK atau PTS untuk kenaikan pangkat, penulis biasanya menyampaikan bahwa tujuan penulisan adalah sebagai laporan hasil penelitian untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan sebagainya.

Begini contohnya;

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan sebagai upaya untuk meningkatkan efektivitas proses pembelajaran di SMA Negeri 4 Sukamaju, Jawa Tengah.

Informasi Pelaksanaan Penulisan Karya Tulis

Photo by Jess Bailey Designs on Pexels.com

Hal yang juga biasanya disebutkan dalam penulisan kata pengantar adalah informasi penjelasan mengenai pelaksanaan proses penulisannya sendiri. Kadang-kadang dalam PTK, penulis juga menyebutkan mapel yang diampunya.

Seperti kata pengantar PTK matematika di bawah ini;

Secara khusus, penelitian difokuskan pada mata pelajaran matematika yang menjadi materi pelajaran yang diampu olen penulis.

Penjelasan Tentang Bimbingan atau Bantuan dari Pihak Tertentu

Selanjutnya unsur yang juga tidak kalah penting adalah penulis atau peneliti mengakui bahwa proses penulisan PTK atau PTS tersebut tidak dapat dilakukan tanpa bimbingan dan dukungan orang lain.

Ini adalah bagian dari kesempurnaan tata bahasa dalam kata pengantar PTK doc, di samping juga menjadi semacam pengakuan senioritas dan kerendahan hati sang penulis.

Contohnya begini;

Terlaksananya Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dengan tertib, lancar serta berhasil dengan maksimal tidak mungkin jika tanpa dukungan dari berbagai pihak. Bantuan, support, saran dan bimbingan dari Bapak Kepala Sekolah, rekan pendidik yang lebih senior dan teman-teman guru yang lain sangat berarti bagi saya.

Ucapan Terimakasih untuk Bantuan Proses Penulisan Karya Tulis

Setelah menyampaikan adanya dukungan dan bantuan pihak tertentu, bagian selanjutnya adalah dengan mengucapkan terimakasih atas hal tersebut.

Berikut ini contohnya;

Untuk itu pada kesempatan ini, saya ingin menyampaikan rasa terimakasih yang mendalam atas kemurahan hati dan dukungan yang telah diberikan untuk saya.

Harapan Penulis Atas Selesainya Karya Tulis

Photo by Skylar Kang on Pexels.com

Sebagai sebuah karya tulis yang membutuhkan perjuangan untuk bisa diwujudkan, penulis tentunya memiliki harapan atas terbitnya karya tulis tersebut.

Secara khusus dalam penulisan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Penelitian Tindakan Kelas (PTS) harapan ini biasanya tetap berorientasi pada tujuan penulisan karya tulis itu sendiri.

Berikut contohnya;

Dengan hasil penelitian yang telah penulis lakukan, penulis berharap hal ini dapat menjadi pendorong rekan-rekan guru untuk melakukan penelitian serupa dalam upaya meningkatkan kualitas belajar mengajar dan mencapai tujuan pembelajaran yang maksimal.

Kesediaan Penulis Menerima Kritik dan Saran

Ini adalah bagian yang menjadi lanjutan statement kerendahan hati seorang penulis. Pada bagian ini penulis menyampaikan bahwa ia siap menerima saran dan kritik yang sifatnya membangun atas karya tulis yang ia buat.

Untuk lebih jelasnya, ini contoh yang bisa Anda cermati;

Dengan mempertimbangkan berbagai hal, saya menyadari masih memiliki banyak keterbatasan pengetahuan dan wawasan mengenai kaidah-kaidah penelitian yang baik dan benar. Atas dasar itulah kemudian, saya sangat mengharapkan adanya kritik dan saran dari berbagai pihak sebagai pertimbangan utama bagi saya untuk melakukan perbaikan di masa mendatang.

Penutup Kata Pengantar dan Doa

Ini adalah bagian dimana penulis menutup prakata yang ia sampaikan dengan menyampaikan harapan-harapan. Dalam Penelitian Tindakan Kelas atau Penelitian Tindakan Sekolah, ini adalah bagian yang opsional. Artinya Anda boleh menggunakannya atau tidak.

Begini contohnya;

Meskipun sangat sedikit nilanya, namun semoga Tuhan Yang Maha Esa mencatat pula penyusunan hasil Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini sebagai salah amal jariyah bagi penulis.

Waktu, Tempat dan Nama Lengkap Penulis

Photo by Taryn Elliott on Pexels.com

Nah, untuk yang terakhir adalah dengan mencantumkan nama penulis atau peneliti, tempat penulisan dan waktunya.

Bagian ini adalah opsional. Beberapa PTK atau PTS juga memenuhi standar yang cukup walaupun misalnya hanya ditulis dengan keterangan ‘Peneliti/Penulis’ saja.

Ini contohnya;

Magelang, 23 Februari 2022, Anton Sujarwo

Contoh Kata Pengantar PTK Kenaikan Pangkat

Untuk memberikan Anda gambaran yang lebih lengkap mengenai format kata pengantar PTK untuk kenaikan pangkat, berikut contoh yang bisa Anda pelajari lebih lanjut;

Allhamdulillahirabbil’alamin, syukur yang dalam ke hadirat Allah Yang Maha Kuasa hingga atas kemudahan dari sisi-Nya juga saya dapat melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dengan tujuan sebagai upaya untuk meningkatkan efektivitas proses pembelajaran di SMA Negeri 4 Sukamaju, Jawa Tengah. Secara khusus, penelitian difokuskan pada mata pelajaran matematika yang menjadi materi pelajaran yang diampu olen penulis.

Dengan mempertimbangkan berbagai hal, saya menyadari masih memiliki banyak keterbatasan pengetahuan dan wawasan mengenai kaidah-kaidah penelitian yang baik dan benar. Atas dasar itulah kemudian, saya sangat mengharapkan adanya kritik dan saran dari berbagai pihak sebagai pertimbangan utama bagi saya untuk melakukan perbaikan di masa mendatang.

Terlaksananya Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dengan tertib, lancar serta berhasil dengan maksimal tidak mungkin jika saja tanpa dukungan dari berbagai pihak. Bantuan, support, saran dan bimbingan dari Bapak Kepala Sekolah, rekan pendidik yang lebih senior dan teman-teman guru yang lain sangat berarti bagi saya. Untuk itu pada kesempatan ini, saya ingin menyampaikan rasa terimakasih yang mendalam atas kemurahan hati dan dukungan yang telah diberikan untuk saya. Secara khusus, beberapa orang yang sangat layak untuk mendapatkan haturan terimakasih adalah;

  • Kepala Sekolah SMA Negeri 4 Sukamaju, Jawa Tengah
  • Rekan-rekan guru di SMA Negeri 4 Sukamaju
  • Seluruh siswa SMA Negeri 4 Sukamaju
  • Semua pihak yang secara langsung atau tidak langsung, yang disadari atau pun tidak, yang telah membantu peneliti selama proses penelitian hingga selesai dengan hasil yang optima

Peneliti

BACA JUGA:

Jadi,

Anda butuh bantuan penulis profesional untuk menyelesaikan PTK Anda?


anton sujarwo

Anton Sujarwo

Saya adalah seorang penulis buku, content writer, ghost writer, copywriters dan juga email marketer. Saya telah menulis 17 judul buku, fiksi dan non fiksi, dan ribuan artikel sejak pertengahan tahun 2018 hingga sekarang.

Dengan pengalaman yang saya miliki, Anda bisa mengajak saya untuk bekerjasama dan menghasilkan karya. Jangan ragu untuk menghubungi saya melalui email, form kontak atau  mendapatkan update tulisan saya dengan bergabung mengikuti blog ini bersama ribuan teman yang lainnya.

Tulisan saya yang lain dapat dibaca pula pada website;

Saya juga dapat dihubungi melalui whatsapp di tautan ini.

Fortopolio beberapa penulisan saya dapat dilihat disini:


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: