5 PEKERJAAN GHOSTWRITER INDONESIA YANG PALING TINGGI BAYARANNYA

Salah satu profesi di tanah air yang memiliki bayaran cukup tinggi dan layak dipertimbangkan adalah menjadi bagian dari ghostwriter Indonesia. Potensi penghasilan dari profesi ini bisa mencapai ratusan juta rupiah untuk ghostwriter dengan spesifikasi tertentu. Meskipun tetap belum menyamai penghasilan ghostwriter luar negeri, tapi itu sudah cukup tinggi, bukan?

Hal ini kemudian menarik banyak orang untuk terjun menjadi freelance ghostwriter Indonesia. Sayangnya, sangat sedikit sekali penulis siluman yang kemudian dapat meraih penghasilan fantastis seperti itu.

Dari profesinya, jasa ghost writer memiliki berbagai jenis pekerjaan yang memiliki spesifikasinya sendiri-sendiri. Nah, di antara berbagai jenis pekerjaan tersebut, setidaknya ada 5 yang paling populer di Indonesia dan cukup tinggi bayarannya.

5 Jenis Pekerjaan Ghostwriter Indonesia dengan Potensi Bayaran yang Paling Menarik

Source: Blog archive

Potensi gaji ghost writer yang cukup tinggi seringkali menjadi motivasi utama mengapa profesi ini banyak diminati. Meskipun secara realistis, pendapatan yang tinggi juga menuntut konsekuensi yang tinggi pula. Pengalaman, reputasi, fortopolio dan wawasan adalah beberapa hal yang mempengaruhi besarnya tarif seorang ghost writer.

Untuk menjadi seorang ghostwriter profesional yang memiliki peluang untuk mendapatkan bayaran tinggi, seorang penulis setidaknya harus memiliki beberapa kriteria sebagai berikut.

BACA JUGA:

Beberapa Hal Umum yang Menjadi Kriteria Ghost writer Profesional

Untuk menjadi seorang ghost writer profesional, kamu setidaknya harus memiliki beberapa kriteria dibawah ini;

Bertanggung Jawab

Photo by Anastasia Shuraeva on Pexels.com

Tanggung jawab seorang ghostwriter meliputi deadline pekerjaan, kejujuran dalam proses penulisan, dan komunikasi yang terjalin secara intensif dengan klien atau author yang menggunakan jasanya.

Responsible adalah hal utama dalam dunia penulisan bayangan atau ghost writer. Tanggung jawab yang  dilakukan dengan baik, juga yang pada akhirnya akan mampu membangun reputasi kamu sebagai ghost writer berpenghasilan tinggi nantinya.

Fleksibel

Photo by Teona Swift on Pexels.com

Kriteria kedua dari seorang ghostwriter profesional dan memiliki peluang untuk mendapat bayaran tinggi adalah fleksibel. Kamu yang berprofesi sebagai penulis lepas dan terbiasa berurusan dengan berbagai jenis klien, pasti akan lebih mudah menyesuaikan diri terkait fleksibilitas ini.

Secara spesifik, fleksibel dalam profesi ghost writer adalah kemampuan yang kamu miliki untuk mengalah dan mengikuti kemauan klien seumpama terjadi perbedaan pendapat, ide, materi dalam proses penulisan yang kamu kerjakan.

Terbuka pada Kritik

Penulis mana pun harus terbuka kepada kritik jika ia ingin maju, terlepas apakah ia seorang penulis bayangan atau tidak.

Harga ghost writer profesional yang tarifnya sama seperti dokter-dokter dan pengacara mahal itu juga adalah orang yang terbuka pada kritik. Dalam konteks yang lebih sederhana, mereka menganggap kritik sebagai bagian dari proses memperkaya pikiran dan ide mereka.

Mampu Melakukan Riset

ghost writer Indonesia
Source: Blog Archive

Siapa pun orang yang kemudian menawarkan diri untuk menjadi seorang ghost writer, maka ia harus menguasai kriteria yang satu ini yakni, bisa melakukan riset. Riset dibutuhkan untuk membuat penulisan kamu menjadi lebih kuat, lebih otentik dan komprehensif.

Di samping itu, pentingnya jasa ghost writer  yang mampu dalam melakukan riset adalah agar dapat menyamakan voice dengan author atau klien.

Pandai Beradaptasi

Adaptasi dalam dunia penulis siluman atau penulis bayangan adalah hal yang paling menantang dan cukup sulit untuk dilakukan.

Bagian ini meminta kamu untuk mampu menyesuaikan gaya penulisanmu dengan gaya yang dimiliki oleh klien atau author. Sehingga authentic-nya hasil karya yang dibuat nantinya, lebih kredibel untuk dinisbahkan atas nama si author.

Kreatif

Photo by Ann H on Pexels.com

Tidak semua klien yang menggunakan jasa seorang ghost writer memberikan semua sumber dan deskripsi jelas yang mereka inginkan. Kadang-kadang beberapa penulis bayangan hanya mendapatkan permintaan menulis dengan tema A, B, C atau D, sementara isinya sendiri, diserahkan kepada sang ghost writer.

Nah, tantangan seperti ini mengharuskan kamu untuk kreatif supaya mampu menyelesaikannya dengan kualitas terbaik.

Serba Bisa

Kriteria terakhir untuk menjadi penulis berpenghasilan tinggi dalam bisnis ghost writer, adalah kamu harus mempelajari berbagai jenis penulisan yang diinginkan klien. Penulisan fiksi, jurnal, artikel SEO, buku motivasi, biografi dan lain sebagainya, sebisa mungkin dapat kamu kerjakan.

Serba bisa mungkin membutuhkan waktu dan terdengar tidak berkelas, tapi dalam dunia ghost writing, kemampuan itu akan mendorong kamu untuk berhak mendapatkan bayaran yang lebih tinggi.

Berbagai Pekerjaan Ghost writer Indonesia yang Berpotensi Memiliki Bayaran Tinggi

ghostwriter Indonesia
Source: Penulis Gunung Archive

Gaji ghost writer sangat bergantung pada jenis pekerjaan penulisan apa yang dilakukannya. Semakin sulit subyek penulisan, maka semakin tinggi bayarannya. Sebaliknya, semakin dianggap mudah satu subyek penulisan, maka honor ghost writer yang akan diterimanya juga akan lebih rendah.

Nah, bagi para penulis bayangan di Indonesia, beberapa jenis pekerjaan penulisan berikut adalah kesempatan bagi mereka untuk mendapatkan bayaran yang lebih menarik.

INI JUGA MENARIK:

Ghost writer Buku

Photo by Vlada Karpovich on Pexels.com

Para pengisi lowongan ghost writer harus mempelajari bagaimana caranya menulis buku. Itu adalah skill utama untuk sukses dalam bisnis ini. Penulisan buku adalah sumber project penghasilan paling besar dari seorang ghost writer Indonesia.

Penetapan harga Ghost writing buku sendiri memiliki banyak faktor penentu seperti genre, jumlah halaman, kebutuhan riset dan lain sebagainya. Untuk buku-buku dengan kelas yang lebih mudah untuk dikerjakan misalnya buku motivasi, bisnis, remaja, dan gaya hidup, umum bayarannya berkisar dari 10 hingga 25juta.

Sementara untuk buku-buku yang lebih sulit dan membutuhkan lebih banyak riset dan penelitian, studi untuk kasus tertentu, atau pembahasan yang kompleks dan rumit, bayarannya berkisar antara 25 hingga 50 juta rupiah.

Menariknya lagi, untuk ghost writer profesional dengan pengalaman dan reputasi yang lebih kuat, bayaran ini bahkan bisa terus melonjak hingga ratusan juta rupiah.

Ghost writer Teknikal writing

Photo by Ivan Samkov on Pexels.com

Jika mendapatkan tarif ghost writer melalui penulisan buku kamu anggap peluangnya kecil, maka fokuslah pada jenis pekerjaan yang kedua ini yakni, teknikal writing atau penulisan teknis.

Penulis teknis atau technical writer memiliki banyak spektrum jenis pekerjaan yang dapat kamu tekuni salah satunya. Beberapa jenis yang paling populer dan terkenal berpotensi memiliki bayaran menarik misalnya adalah;

  • Teknikal writer untuk penulisan proposal.
  • Teknikal writer untuk penulisan review atau ulasan produk.
  • Teknikal writer untuk penulisan akuntansi, keuangan dan finansial.
  • Teknikal writer untuk penulisan studi kasus.
  • Teknikal writer untuk penulisan laporan resmi perusahaan.
  • Teknikal writer untuk penulisan konten internet.
  • Teknikal writer untuk penulisan copywriting dan internet marketing.
  • Teknikal writer untuk penulisan manual guide atau instruksi penggunaan produk.
  • Teknikal writer untuk penulisan komunikasi dan konsultan.
  • Teknikal writer untuk penulisan kesehatan, farmasi dan medis.
  • Teknikal writer untuk perencanaan bisnis.
  • Dan lain sebagainya.

Ghost writer Fiksi

Photo by George Milton on Pexels.com

Meskipun tidak begitu populer dalam dunia ghost writer Indonesia, namun pekerjaan yang satu ini juga cukup menarik untuk kamu lirik. Penulisan fiksi adalah jenis penulisan yang seutuhnya mengandalkan kemampuan imajinasi, beberapa pihak rela membayar mahal untuk seseorang yang mampu melakukan hal ini.

Kamu mungkin saja akan diminta untuk menulis cerpen, menulis novel atau pun menulis puisi. Walau pada umumnya bayarannya tidak setinggi penulisan teknikal atau buku, tapi honor ghost writer untuk kategori fiksi cukup menggiurkan untuk kamu kantongi.

Ghost writer Ebook

Ghostwriter Indonesia
Source: Blog Archive

Menjadi penulis ebook adalah salah satu jenis pekerjaan ghost writer Indonesia yang cukup banyak diminati dan hasilnya cukup layak. Transisi berbagai lini industri ke digital tentunya membutuhkan panduan berupa rangkaian tulisan secara digital pula. Dan itu bentuknya adalah ebook.

Nah, penulisan ebook ini bisa kamu tekuni pula jika kamu merasa cukup berbakat dibidangnya.

Dengan aplikasi sederhana dan pengerjaan yang mungkin tidak begitu lama, kamu akan mendapatkan upah ghost writer yang layak dari pekerjaan penulis bayangan yang satu ini.

Ghost writer Lagu & Naskah Pidato

Photo by Elina Sazonova on Pexels.com

Nah, untuk jenis pekerjaan ghost writer yang terakhir dan memiliki bayaran cukup tinggi adalah ghost writer lagu dan juga naskah pidato. Bagi kamu yang cukup bagus dalam bidang seni, mengolah kata indah, dan mungkin juga memiliki sedikit pengalaman komunikasi massa, jenis pekerjaan ini bisa kamu coba.

BACA JUGA:

Photo by RODNAE Productions on Pexels.com

Sekarang, jika kamu adalah seorang penulis yang ingin menekuni jasa ghost writer, kamu dapat terus berlatih mengasah kemampuanmu dan mungkin memilih salah satu dari beberapa jenis pekerjaan ghost writer Indonesia bergaji tinggi di atas. Apa pun yang kamu pilih, semoga kamu sukses menekuninya, ya.

Sedangkan untuk kamu yang sedang mencari jasa ghost writer profesional untuk menyelesaikan pekerjaanmu, kamu bisa menghubungi saya di website www.penulisgunung.id dan membangun kerjasama yang menarik. 

Dengan pengalaman yang saya miliki sebagai penulis profesional yang telah menulis 15 judul buku atas nama sendiri, ratusan karya tulis ghost writing berupa artikel, jurnal, buku dan essay, kamu akan mendapatkan karya yang sangat ideal atas nama kamu sendiri. Fortopolio penulisan saya sendiri bisa kamu lihat disini.

Jadi, jangan ragu menghubungi saya melalui tautan di bawah ini, ya!


anton sujarwo

Anton Sujarwo

Saya adalah seorang penulis buku, content writer, ghost writer, copywriters dan juga email marketer. Saya telah menulis 14 judul buku, fiksi dan non fiksi, dan ribuan artikel sejak pertengahan tahun 2018 hingga sekarang.

Dengan pengalaman yang saya miliki, Anda bisa mengajak saya untuk bekerjasama dan menghasilkan karya. Jangan ragu untuk menghubungi saya melalui email, form kontak atau  mendapatkan update tulisan saya dengan bergabung mengikuti blog ini bersama ribuan teman yang lainnya.

Tulisan saya yang lain dapat dibaca pula pada website;

Saya juga dapat dihubungi melalui whatsapp pada tautan di bawah ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog di WordPress.com

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: